Skip to main content

Hosting Murah Uptime 99%: Pengertian Serta Cara Menghitung Persentase Uptime

Hosting Murah Uptime 99%: Pengertian Serta Cara Menghitung Persentase Uptime
Hosting Murah Uptime 99%: Pengertian Serta Cara Menghitung Persentase Uptime
Images source: Istockphoto

Hosting Murah Uptime 99%: Pengertian Serta Cara Menghitung Persentase Uptime

Anda pastinya sudah banyak mendengar mengenai provider yang menjanjikan hosting murah uptime 99%. Namun pertanyaannya kini, apakah hosting murah tersebut memang memberikan jaminan hingga 99%?

Lalu bagaimana cara mengetahui persentase dari uptime tersebut? Dan bagaimana cara untuk menghitung persentase uptime ini? Untuk menambah pengetahuan Anda, maka Anda bisa menyimak semua informasinya berikut ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Manfaat dan Cara Membuat Website untuk Bisnis

Apa Itu Hosting Murah Uptime 99%?

Hosting merupakan layanan online yang bisa digunakan untuk mengelola situs/website yang bisa dijalankan dengan jaringan internet. Hingga kini, ada 2 jenis hosting yang banyak dipilih oleh pemilik website. Diantaranya hosting gratis dan juga berbayar.

Perbedaan dari kedua jenis hosting ini tentunya mengenai layanan dan fitur yang bisa diperoleh dan dimanfaatkan oleh pengguna (User). Dimana hosting berbayar tentunya memberikan pilihan fitur yang lebih beragam.

Meskipun berbayar, namun sebenarnya Anda bisa memilih hosting murah uptime 99%. Sehingga meskipun hosting yang disediakan merupakan hosting jenis premium/berbayar. Namun biaya berlangganan yang harus Anda bayarkan nantinya tidak akan terlalu mahal, jika dibandingkan dengan hosting berbayar lainnya.

Dimanakah mendapatkan jenis hosting murah tersebut? Anda bisa mendapatkannya di provider terbaik seperti Domenesia misalnya. Bukan hanya itu saja, Domenesia juga menyediakan layanan domain id termurah.

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin Anda masih belum paham mengenai istilah uptime 99% ini. Maka dari itu, Anda bisa menyimak sedikit penjelasannya berikut ini. Uptime sendiri merupakan kapasitas dan kemampuan server dalam menjalankan website dengan tanpa ada kendala.

Dalam arti, uptime pada server ini diibaratkan sebagai suatu indikator yang menandakan server tersebut dalam keadaan hidup (On), serta selalu terhubung dengan jaringan internet tanpa putus. Dengan kata lain, semakin tinggi persentase uptime yang dimiliki oleh suatu server. Maka hal tersebut membuktikan bahwa kinerja dan performa dari server tersebut bisa dikatakan cukup baik dan bisa diandalkan.

Kebalikan dari uptime adalah downtime. Dimana persentase downtime akan dihitung berdasarkan waktu dari server tersebut dalam keadaan mati. Biasanya, beberapa provider memang menawarkan sekaligus memberikan jaminan uptime 99%.

Meskipun demikian, selain Anda memilih provider yang menjanjikan hal tersebut. Ada baiknya juga jika Anda juga memilih provider yang sekaligus memberikan layanan domain id termurah. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa menikmati hosting saja, namun sekaligus juga mendapatkan domain dengan harga yang murah.

Back to Content ↑

Bagaimana Menghitung Persentase Uptime?

Sebenarnya, saat Anda mendengar ada provider yang menawarkan layanan hosting murah uptime 99% ini. Maka persentase yang dihasilkan tidak selalu di angka 99%. Meskipun demikian, performa dan kemampuan server saat aktif (Hidup) ini bisa dikatakan hampir mendekati persentase 99%.

Dalam arti, kemampuan uptime dari server tersebut akan dihitung dalam satuan menit, yang terjadi dalam setiap tahun. Jika Anda masih belum paham mengenai cara penghitungan uptime ini, maka Anda bisa menyimak sedikit ulasan berikut ini.

Dalam setiap tahun, terdiri dari 365 hari. Dimana dalam setiap hari tersebut terdiri dari 24 jam, serta 60 menit dalam setiap jamnya. Dengan demikian, dalam 1 hari, ada sekitar 60 menit x 24 jam, yaitu sekitar 1.440 menit.

Dengan kata lain, dalam satu tahun akan diperoleh waktu sekitar 365 hari x 1.440 menit, yaitu sekitar 525.600 menit. Jika ternyata, saat Anda menemukan provider yang menghadirkan domain id termurah, sekaligus hosting dengan layanan uptime 99%.

Maka cara penghitungan persentase dari performa server, yang dihitung dalam satuan menit dalam setiap tahunnya ini diantaranya:

Uptime 99% = (1 – 99%) x 525.600

= (1 - 99/100) x 525.600

= (1 – 0,99) x 525,600

= 0,1 x 525.600

= 5.256 Menit dalam setiap tahunnya

Dari total tersebut, maka perhitungan persentase hosting murah uptime 99% ini jika dihitung dalam satuan jam dalam setiap tahunnya, yaitu 5.256 menit: 60 menit, menjadi sekitar 87,6 jam, yang berlaku dalam setiap tahunnya. Sementara jika uptime yang dimilikinya yaitu dengan persentase 99% ini, maka kemungkinan persentase downtime yang terjadi yaitu sekitar 1%.

Back to Content ↑

Cara Mengecek dan Meningkatkan Persentase Uptime pada Server Website

Pada umumnya, masalah downtime pada server website memang tidak bisa diatasi sendiri. Namun Anda bisa mengecek persentase uptime pada server yang digunakan, sekaligus bisa meningkatkan persentase uptime tersebut dengan cara seperti berikut ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Menggunakan Layanan Website Monitoring Service

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek hingga menaikkan persentase uptime ini yaitu dengan menggunakan layanan website monitoring service. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan layanan website monitoring service ini juga, Anda bisa memantau kinerja dari provider yang menyediakan hosting dengan garansi uptime dan juga domain id termurah dalam mengatasi masalah downtime ,yang terjadi pada server yang Anda gunakan.

Back to Content ↑

2. Menghubungi Provider Hosting Murah Uptime 99%

Selain cara diatas, Anda juga bisa melakukan pengecekan persentase uptime, sekaligus meningkatkan uptime, bilamana ternyata server yang Anda gunakan mengalami downtime, tentunya dengan menghubungi provider secara langsung.

Dimana provider ini merupakan sebuah perusahaan yang memang menyediakan sekaligus menawarkan hosting murah dengan persentase uptime 99% ini. Dengan demikian, jika ternyata server yang mereka janjikan ternyata mengalami downtime, maka Anda bisa segera menghubungi pihak provider tersebut. agar mereka bisa segera mengatasi masalah tersebut.

Back to Content ↑

3. Mulai Berpikir untuk Memilih Provider yang Terpercaya

Jika memang selama ini, server yang Anda gunakan sering mengalami downtime. Sementara provider yang menyediakannya menjanjikan uptime 99%. Maka Anda bisa memilih untuk menggunakan provider yang lain.

Dimana provider yang dimaksud adalah provider yang bisa dipercaya, dalam memberikan hosting dengan harga murah, namun menjamin performa uptime hingga 99%. Bukan hanya itu saja, ada baiknya juga jika Anda memilih provider yang juga bisa menyediakan domain id termurah.

Sehingga Anda tidak perlu membeli hosting dan juga domain di tempat (Provider) yang berbeda, yang tentunya hal tersebut akan sedikit merepotkan Anda. Salah satu provider yang bisa Anda percayai untuk melakukan semua itu tak lain adalah Domenesia, yang merupakan salah satu provider yang menyediakan layanan hosting, dengan harga terjangkau, serta performa hosting terbaik, bahkan hingga uptime 99%.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa hal penting terkait uptime, serta sedikit informasi mengenai provider hosting murah uptime 99%, sekaligus provider domain id termurah, Domainesia. Jika Anda membutuhkan hosting dengan persentase uptime hingga 99%, serta domain terbaik dengan harga termurah. Maka Anda bisa menghubungi Domainesia sekarang juga. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!