Skip to main content

Ukuran Foto Postcard untuk Melamar Pekerjaan Paling Benar

Ukuran Foto Postcard untuk Melamar Pekerjaan Paling Benar

Ukuran Foto Postcard untuk Melamar Pekerjaan Paling Benar

Ukuran foto postcard penting sekali diketahui khususnya bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan. Seringkali perusahaan meminta para pelamar untuk mengirimkan sebuah foto tambahan selain pas foto sebagai berkas kelengkapan lamaran selain CV dan surat lamaran.

Tidak boleh asal-asalan dalam melampirkan foto tersebut. Tentunya ada sejumlah kriteria yang perlu dipenuhi pelamar sebelum melampirkan berkas lamaran tersebut. Berikan foto terbaik dan sesuai dengan kriteria perusahaan tujuan.

1. Apa yang Dimaksud Ukuran Foto Postcard?

Di dalam dunia percetakan foto tentu tidak akan merasa asing dengan yang namanya ukuran foto. Salah satunya ialah ukuran foto postcard. Sesuai dengan namanya maka foto postcard memiliki ukuran serupa dengan kartu pos.

Kartu pos sendiri merupakan media berupa lembaran kertas terbuka yang mana tidak dilengkapi dengan amplop guna mengirimkan pesan singkat kepada penerima. Tentunya dengan menggunakan jasa pos. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman kartu pos cukup sulit ditemukan keberadaannya.

Kartu pos mempunyai standar ukuran tersendiri. Biasanya berukuran 3R yakni 3,5 x 5 inch atau 8,9 x 12,7 cm. Dengan demikian, maka jika Anda ingin melampirkan foto postcard untuk melamar pekerjaan maka bisa menggunakan ukuran tersebut sebagai acuan.

2. Tips Membuat Foto Postcard untuk Melamar Pekerjaan

Surat lamaran kerja yang Anda kirimkan kepada pihak penerimaan karyawan tentu memiliki peranan sangat penting. Khususnya untuk menentukan apakah Anda akan bisa lanjut ke tahapan panggilan wawancara kerja atau hanya berhenti saat seleksi berkas saja.

Maka dari itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan lamaran pekerjaan harus dipersiapkan dengan baik dan secara maksimal. Seperti halnya pas foto dan foto full bodi dengan ukuran postcard. Jangan berikan foto secara asal-asalan apalagi foto yang berlebihan.

Demi mempermudah Anda dalam membuat foto postcard, maka sebaiknya coba simak beberapa tips berikut. Kiranya bisa membantu Anda dalam mempersiapkan berkas lamaran kerja terbaik demi proses seleksi lebih lanjut.

2.1. Pakaian

Berikan fokus ke busana maupun pakaian yang dikenakan untuk mengambil foto. Pastikan pakaian yang dikenakan rapih dan mampu memberikan kesan profesional. Pakaian tentu akan menunjukkan citra diri Anda. Jadi, pakailah pakaian terbaik Anda.

2.2. Riasan Wajah

Hindari penggunaan riasan wajah yang berlebihan. Hal ini sangat tidak dianjurkan ketika hendak mengambil foto postcard maupun pas foto. Alih-alih terlihat menor di kamera, justru sebaiknya Anda memakai make up yang simpel dan cenderung minimalis.

2.3. Telinga

Bagi laki-laki maupun wanita tidak berhijab, sebaiknya perhatikan bagian telinga. Usahakan supaya bagian telinga Anda terlihat saat pengambilan foto. Ini sangat penting agar di dalam foto yang dihasilkan, Anda bisa terlihat lebih rapih dan berkesan bagus.

2.4. Ekspresi Wajah

Perhatikan ekspresi wajah ketika proses pengambilan foto. Gunakan ekspresi wajah yang menarik dan cenderung natural. Hindari menggunakan ekspresi yang berlebihan atau dibuat-buat. Tentunya dengan ekspresi yang natural, maka bisa menonjolkan tampilan yang semakin berkesan.

2.5. Posisi Badan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam proses pengambilan foto postcard ialah memperhatikan posisi badan. Pastikan posisi badan harus dalam kondisi tegap. Hindari postur membungkuk. Dengan posisi badan yang tegap nantinya mampu memberikan kesan bahwa Anda merupakan pribadi yang tegas.

Setelah mempelajari beberapa tips tersebut, tentunya Anda bisa langsung membuat foto postcard. Perlu diketahui bahwa sebaiknya hindari pelampiran foto postcard yang mengambil dari akun sosial media Anda. Terlebih jika Anda mengambil foto selfie dengan gaya aneka macam yang cenderung narsis dan lucu.

3. Cara Membuat Foto Postcard

Setelah mengetahui tips dan ukuran foto postcard, maka berikutnya cobalah untuk membuat foto tersebut. Terlebih di zaman serba teknologi seperti ini sudah banyak lamaran pekerjaan yang bisa dilamar secara online. Untuk itu, penting sekali cari tahu cara membuat foto postcard untuk melamar online.

3.1. Menggunakan Cropping Tool

Untuk membuat foto seukuran postcard atau 3R maka Anda bisa memanfaatkan cropping tool. Cara ini memang terbilang jadul namun sangat efektif untuk membuat foto tersebut. Berikut merupakan cara mudah untuk membuat foto postcard dengan cropping tool.

  • Buka terlebih dahulu program Adobe Photoshop yang ada dalam PC atau laptop Anda.
  • Buka foto yang ingin dijadikan foto postcard dengan memilih menu File kemudian lanjut ke Open.
  • Berikutnya pilih foto mana yang hendal dibuka dan klik Open satu kali lagi.
  • Tampilkan kotak tools yang ada pada aplikasi tersebut dengan memilih opsi Window kemudian lanjut ke Tools.
  • Temukan Cropping Tool.
  • Tampilkan kotak options yang ada pada aplikasi mutakhir tersebut dengan memilih pilihan Window kemudian Options.
  • Pilih Crop Tools.
  • Isi ukuran angka yang diinginkan pada bagian kotak Width dan Height.
  • Apabila sudah Anda bisa mengeceknya sendiri pada tampilan layar PC atau laptop yang digunakan tersebut.
  • Jangan lupa pilih satuan ukuran yang diinginkan pada kotak tadi.
  • Klik pada salah satu bagian gambar dan drag ke bagian pojok lainnya.
  • Klik pada foto dan ketuk Crop guna melakukan eksekusi cropping.
  • Jika ingin membatalkan perintah, maka langsung tekan saja Cancel.

3.2. Menggunakan Setting Image Size

Tidak hanya memanfaatkan cropping tool saja, Anda juga bisa menggunakan setting image size demi bisa mengatur foto postcard 3R. Caranya juga sangat mudah tidak seperti halnya menggunakan cropping tool. Pastikan Anda sudah benar-benar memahami ukuran foto postcard sebelum membuatnya.

  • Buka aplikasi Photoshop yang dimiliki terlebih dahulu.
  • Jika sudah, maka buka foto mana yang ingin dijadikan seukuran postcard.
  • Lakukan pengaturan foto dengan mengklik opsi Image dan lanjut pilih Size. Anda juga bisa menggunakan cara singkat yakni menekan tombol keyboard Alt + Ctrl + I.
  • Tunggu sejenak sampai muncul kotak notifikasi Image Size.
  • Buat ukuran foto yang diinginkan menggunakan pilihan opsi width, height, resolution dan sebagainya. Ingat berapa ukuran foto format postcard yang ingin dibuat.
  • Jangan lupa klik Ok untuk menjalankan perintah.
  • Jika ingin membatalkan, maka bisa langsung mengklik pilihan Cancel yang ada dalam kotak dialog Image Size tersebut.

3.3. Menggunakan New File

Terkahir, Anda bisa membuat foto postcard yang bagus untuk melamar pekerjaan tujuan menggunakan new file pada aplikasi Photoshop. Langkah-langkah pembuatannya sangat mudah dan tidak akan membuat Anda ribet.

  • Buka program foto editor Photoshop di PC atau laptop Anda.
  • Jika sudah, langsung klik File dan pilih New.
  • Isilah kotak isian yang telah tersedia sesuai kebutuhan. Jangan lupa klik Ok untuk menjalankan perintah.
  • Klik File dan pilih Open guna membuka foto mana yang diinginkan.
  • Pindahkan foto tersebut ke file baru menggunakan Move Tool.
  • Pilih opsi Fullscreen Mode with Menu Bar untuk memudahkan pendeteksian transfrom control.
  • Aturan ukuran foto sesuai kebutuhan.
  • Lakukan crop foto jika diperlukan.

Ukuran foto postcard memang standar berada di 3R yakni 3,5 x 5 inch atau 8,9 x 12,7 cm. Pastikan Anda sudah menerapkan beberapa tips pengambilan foto postcard sebelum melakukan editan. Tentunya harus dilakukan secara maksimal demi suksesnya lamaran pekerjaan yang dituju. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!