Skip to main content

Review Samsung Galaxy A02 dan Kekurangan Yang Dimiliki

Samsung Galaxy A02

Review Samsung Galaxy A02 dan Kekurangan Yang Dimiliki

Pada bulan Januari 2021 silam, Samsung mengenalkan produk terbaru lanjutan dari seri A dan kali ini diberi kode nama Samsung Galaxy A02. Ponsel ini hadir sebagai salah satu smartphone kelas entry level dengan target pengguna masyarakat kelas menengah kebawah.

Meskipun hadir sebagai ponsel entry level, namun produk dari Samsung ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, ponsel ini cocok digunakan untuk produktivitas sedang atau bisa juga digunakan untuk anak sekolahan.

1. Review Samsung Galaxy A02

1.1. Desain Body

Sebagai ponsel keluaran baru, Galaxy A02 ini bisa dibilang memiliki desain body yang minimalis. Pada bagian sisi kiri hanya ada slot untuk kartu SIM, sedangkan pada sisi kanan terdapat dua tombol, yaitu tombol power dan volume (+)/(-).

Salah satu yang menarik dari desain body ini adalah pada bagian belakang atau backdoornya. Desain backdoor kali ini dibuat sedikit berbeda dari kebanyakan lainnya, yaitu terdapat garis-garis yang memanjang miring dari arah kanan ke kiri.

Material yang digunakan pada backdoor adalah plastic frame dan adanya garis-garis tersebut tentunya akan menghindari dari bekas tangan Anda. Hal inilah yang kemudian membuatnya nyaman digenggam dan ringan, mengingat beratnya hanya sekitar 206 gr saja.

1.2. Display Layar

Tipe layar yang tertanam pada Samsung Galaxy A02 adalah PLS IPS. Bagi yang belum mengetahui, PLS IPS merupakan variasi yang lebih baik dibandingkan IPS saja. Ini bisa dilihat dari kejernihan layar dan warna yang dimiliki.

Ukuran layar yang dimiliki adalah 6.5 inch dan ini bisa dibilang sudah besar, cocok untuk menonton film maupun bermain game. Rasio kerapatan layarnya hampir menyentuh angka 82% dan bisa dibilang sudah bagus untuk sekelas entry level.

1.3. Performa Ponsel

Dapur utama ponsel ini dibekali oleh prosesor dari Mediatek MT6739 yang bisa dibilang merupakan keluaran beberapa tahun silam. Jika dibandingkan prosesor Qualcomm Snapdragon 625, performa dari prosesor Mediatek ini kalah cukup jauh.

Namun kelebihan dari Mediatek ini adalah memiliki kecepatan RAM 567MHz. Namun performanya ini didukung oleh CPU Quad-Core 1.5 GHz yang akan membuat performanya menjadi lebih baik. Sektor grafisnya dibekali oleh PowerVR GE8100 yang membuat grafisnya menjadi lebih tajam.

Variasi RAM yang dimiliki hanya 2/3GB dengan pilihan internal 32GB/64GB. Ini sangat wajar mengingat Galaxy A02 ini memang masuk sebagai ponsel kelas menengah kebawah. Sehingga tidak cocok untuk produktivitas yang tinggi dan bermain game berat.

1.4. Kualitas Kamera

Produk dari Samsung ini dibekali dua kamera utama dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP. Dengan resolusi yang tidak besar ini, kamera utamanya mampu menghasilkan gambar yang bagus untuk sekelas entry level. Menariknya disini adalah 2 MP ini difungsikan sebagai kamera makro.

Hasil dari kamera makro ini juga tidak kalah baik jika dibandingkan dengan entry level sekelasnya. Pada kamera utamanya yang memiliki resolusi 13 MP ini memiliki fasilitas wide camera. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas.

Beralih ke kamera depan dengan resolusi 5 MP. Hasil kameranya bisa dikatakan sudah baik dan untuk merekam video juga cukup baik. Fokus pada kamera depan maupun belakang ketika digunakan untuk merekam bisa dibilang baik karena memiliki perpindahan fokus yang cepat.

1.5. Daya Tahan Baterai

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A02 ini adalah dari segi kapasitas baterai yang dimiliki, yaitu 5000mAh. Dengan kapasitas yang besar, ponsel ini mampu bertahan hingga 12 jam untuk penggunaan standar.

Sama seperti kebanyakan ponsel entry level lain, baterai yang dimiliki adalah versi tanam. Artinya adalah Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk menggunakan charger resmi dengan input output yang disarankan.

1.6. Sistem Operasi dan UI

Meskipun ponsel kelas menengah kebawah, Galaxy A02 ini sudah menggunakan Sistem Operasi 10 atau yang dikenal sebagai Android Q. Sistem operasi yang dimiliki ini tergolong variasi yang masih baru karena diluncurkan pada triwulan akhir tahun 2019 silam.

UI yang digunakan sudah mengalami peningkatan, yaitu menggunakan versi One UI 2.0. Versi ini mengalami peningkatan pada tampilan yang lebih minimalis dan user friendly. Tampilan keyboard, icon dan sebagainya juga telah diubah menjadi lebih baik.

1.7. Harga

Dengan fasilitas dan fitur yang dimiliki, ponsel ini dibrandol seharga sekitar Rp. 1.500.000,00 saja. Harga ini bisa dibilang sudah terjangkau untuk sekelas entry level. Adapun variasi warna yang dimiliki adalah Hitam dan Biru saja.

2. Spesifikasi Samsung Galaxy A02

  • Jaringan Internet: 2G, 3G, 4G
  • Dimensi: 164 x 75.9 x 9.1 mm
  • Berat: 206 gr
  • SIM:
    • Single SIM (type Nano-SIM)
    • Dual SIM (tipe Nano-SIM)
  • Type Layar: PLS IPS
  • Ukuran Layar: 6.5 inch
  • Resolusi: 720x1600 px
  • Sistem Operasi: Android 10 dengan Tampilan UI dari One UI 2.0
  • Processor: Mediatek MT6739W (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex A53
  • GPU: PowerVR GE8100
  • MicroSD: Ada
  • RAM/Internal: 2GB/32GB, 3GB/32GB, 3GB/64GB
  • Kamera Utama:
    • 12 MP (wide)
    • 2 MP (makro)
  • Fitur Kamera: LED Flash
  • Video Kamera Utama: 1080p@30fps
  • Audio Jack 3.5 mm: Ada
  • Bluetooth: 5.1
  • WLAN: Wi-Fi Direct, Hotspot, Wi-Fi 802.11
  • GPS: Ada dengan fitur Glonass, A-GPS
  • NFC: Tidak Ada
  • Radio: Ada
  • Type USB: USB Tipe 2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000mAh
  • Pilihan Warna: Hitam dan Biru

3. Kelebihan

3.1. Nyaman Digenggam

Seperti yang telah direview sebelumnya, dengan desain body yang minimalis dan ukuran yang besar, ponsel ini masih nyaman digenggam. Terlebih ukurannya tersebut bisa diselipkan ke dalam kantong celana maupun dompet berukuran panjang.

3.2. Baterai Besar

Sebagai ponsel entry level, baterai yang dimiliki tergolong besar dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Baterai yang besar ini tentu bisa digunakan untuk browsing, chatting, bermain media sosial dan aktivitas lain selama berjam-jam.

3.3. Mendukung microSDXC

Jika beberapa ponsel entry level memiliki kapasitas internal yang besar dan tidak mendukung microSD, maka untuk Samsung Galaxy A02 justru kebalikannya. Internal yang ditawarkan hanya variasi 32/64GB saja dan masih bisa ditambahkan microSDXC untuk menambah kapasitas penyimpanan.

3.4. Masih Menggunakan Audio Jack 3.5mm

Dengan mempertahankan audio Jack 3.5mm ini tentu menjadi kelebihan tersendiri. Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari headset dengan audio Jack tersebut mengingat masih banyak yang beredar di pasaran.

3.5. Ada Radio FM

Bagi beberapa orang, fitur radio ini bisa digunakan untuk menemani ketika jalan-jalan atau sedang bersantai. Dengan dipertahankannya fitur ini, tentu akan membuat pecinta radio tertarik untuk melirik ponsel keluaran Samsung kali ini.

4. Kekurangan

4.1. Tidak Ada NFC

Ponsel ini tidak memiliki fitur NFC, padahal beberapa ponsel entry level lainnya ada yang memiliki fitur NFC. Adanya fitur NFC ini sebenarnya cocok digunakan pada aktivitas tertentu seperti transfer file dan lain sebagainya. Meskipun demikian, beberapa orang tidak terlalu memikirkan tidak adanya NFC ini.

4.2. Belum Ada Sensor Fingerprint

Fingerprint merupakan salah satu fitur menarik yang sebaiknya disajikan pada ponsel entry level. Sayangnya untuk Galaxy A02 ini belum mendukung untuk memudahkan melakukan lock maupun unlock ponsel.

4.3. Tidak Mendukung Fast Charging

Dengan daya baterai kapasitas 5000mAh, ponsel ini belum mendukung fast charging. Artinya adalah untuk pengisian daya hingga penuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Kondisi ini patut dipertimbangkan, utamanya jika Anda tidak menyukai pengisian dalam waktu lama.

Bagi Anda yang ingin mencari ponsel entry level dengan harga terjangkau, Samsung Galaxy A02 ini bisa dicoba. Terlebih bagi yang ingin mencarikan ponsel untuk anak belajar secara daring selama masa pandemi Covid-19 atau untuk produktivitas sedang. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!