Skip to main content

Pengertian Dan Cara Menggunakan People Nearby Line

People Nearby Line

Pengertian Dan Cara Menggunakan People Nearby Line

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi perpesanan tentu sudah tidak asing dengan aplikasi Line. Bahkan fitur-fitur di dalam Line ini bisa dikatakan sangat menarik sekali seperti fitur People Nearby. Sayangnya masih banyak pengguna yang tidak tahu cara menggunakan People Nearby Line.

Fitur ini menawarkan banyak sekali hal-hal yang menarik dan tentunya belum pernah Anda temui sebelumnya. Lalu apa itu fitur people nearby dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Apa Itu Fitur People Nearby?

Line merupakan aplikasi perpesanan yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak sekali. Dari waktu ke waktu, Line juga terus memberikan tambahan fitur yang sangat bermanfaat. Salah satu fitur baru itu adalah People Nearby.

Ini merupakan fitur baru yang diberikan oleh Line dengan tujuan untuk bisa menemukan pengguna Line lainnya yang berada dalam jangkauan smartphone Anda. Saat mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis akan terlihat orang-orang yang berada di jangkauan smartphone Anda.

Kemudian di dalam menu fitur ini, Anda bisa melihat foto profil yang digunakan oleh orang yang berada dalam jangkauan. Dengan itu maka Anda bisa mencari teman baru atau juga mencari pasangan. Karena bisa melihat foto profil secara langsung tanpa perlu berteman dulu.

Tapi jika Anda ingin memulai chatting dengan orang lain, maka harus menambahkan mereka ke dalam daftar teman. Jadi Anda akan mengirimkan permintaan pertemanan kepada mereka. Tapi untuk bisa chatting, mereka juga harus menerima permintaan pertemanan yang Anda kirimkan.

Jika tidak diterima maka Anda tidak akan bisa memulai pembicaraan dengan mereka. Saat Anda mengaktifkan fitur People Nearby, maka orang lain juga bisa menemukan Anda karena berada dalam jangkauan mereka.

Untuk bisa menggunakan fitur yang satu ini, Anda wajib menyalakan GPS yang ada pada smartphone. Karena tanpa mengaktifkan GPS, aplikasi Line tidak bisa melakukan pelacakan siapa saja yang berada di dekat Anda.

Memang penting sekali mengetahui cara menggunakan People Nearby Line. Jika tidak tahu caranya, maka Anda tidak bisa menggunakan fitur ini sama sekali. Degan mengetahui caranya, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan bijak.

BACA JUGA: Trik Sosmed

2. Cara Menggunakan People Nearby Line

Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini yang sangat mudah sekali. Berikut ini beberapa cara menggunakan People Nearby Line:

  • 2.1. Mengaktifkan People Nearby

    Cara menggunakan fitur ini yang pertama adalah masalah cara mengaktifkannya. Tanpa mengaktifkan fitur ini, Anda tidak bisa mencari orang lain yang dekat dengan lokasi Anda. Berikut ini cara mengaktifkannya:

    • Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Line yang ada di dalam smartphone.
    • Ketika Anda sudah berada di halaman pertama aplikasi Line, carilah menu “More Tabs” atau “Lainnya” yang berada di sisi bawah layar.
    • Jika Anda sudah menekan pada pilihan tersebut geser ke bawah dan secara otomatis akan terlihat menu pilihan “People Nearby”.
    • Saat menu People Nearby itu sudah Anda tekan, maka selanjutnya akan muncul sebuah “Perjanjian Pengguna” agar bisa menuju ke langkah selanjutnya.
    • Anda bisa menekan tombol “OK” jika setuju dengan apa yang ada di dalam Perjanjian Pengguna tersebut.
    • Berikan juga persetujuan jika aplikasi Line meminta izin untuk mengaktifkan GPS. Sebab tanpa mengaktifkan GPS, Anda tidak akan bisa menggunakan fitur People Nearby ini.
    • Langkah selanjutnya Anda akan melihat sebuah halaman baru dari Line. Isi dari halaman ini adalah daftar para pengguna Line yang berada dekat dengan lokasi Anda.
    • Ada beberapa data yang bisa Anda lihat seperti foto pengguna, jarak dan juga pesan status.
    • Untuk memperbarui siapa saja yang berada dekat dengan lokasi Anda, bisa dengan menggeser dan refresh agar terjadi pembaruan daftar. Anda bisa mencari siapa saja dna mulai berkenalan dengan pengguna Line yang lainnya.
  • 2.2. Cara Menambahkan Teman Lewat People Nearby

    Ketika sudah mengaktifkan fitur People Nearby dari aplikasi Line, tentunya Anda juga ingin menambahkan orang-orang yang lokasinya dekat untuk menjadi teman Anda. Berikut ini cara menambahkan teman:

    • Langkah pertama masuklah ke dalam menu “People Nearby” yang sudah Anda aktifkan tadi.
    • Jika sudah berada di dalam fitur People Nearby, Anda bisa melihat ada banyak sekali orang-orang yang lokasinya cukup dekat. Anda bisa melihat foto profil yang digunakan dan juga jarak mereka dengan lokasi Anda.
    • Agar bisa berkomunikasi dengan pengguna Line lain yang dekat dengan lokasi Anda, bisa menekan pada foto profil mereka.
    • Lalu ketika sudah Anda tekan, maka akan muncul sebuah tombol untuk mengirimkan permintaan pertemanan atau “Friend Request”. Tekan pada tombol tersebut dan permintaan pertemanan akan terkirim ke mereka.
    • Tapi Anda harus menunggu sampai orang yang dikirimi permintaan pertemanan itu menerimanya.
  • 2.3. Cara Melihat Permintaan Pertemanan

    Cara menggunakan people nearby Line selanjutnya adalah mengenai cara agar bisa melihat permintaan pertemanan. Kalau tidak menggunakan cara ini, maka Anda akan kesulitan mengetahuinya. Berikut ini caranya:

    • Tahap pertama tentunya Anda harus masuk ke dalam menu People Nearby seperti pada beberapa cara sebelumnya.
    • Langkah selanjutnya pastikan Anda sudah mengirimkan permintaan pertemanan kepada orang-orang yang ada di dekat Anda. Jika belum, bisa dengan menekan foto profil orang dan tekan “kirimkan permintaan berteman”.
    • Secara otomatis mereka akan menerima permintaan tersebut.
    • Lalu kalau Anda ingin melihat orang-orang yang sudah dikirim permintaan pertemanan, bisa menekan pada menu dengan gambar orang dan tanda +. Lokasi menu itu berada di sebelah pojok kanan atas layar menu People Nearby.
    • Secara otomatis Anda bisa melihat permintaan pertemanan yang sudah terkirim dan permintaan pertemanan yang sudah diterima.
    • Jika ingin melihat siapa saja yang sudah dikirimi permintaan pertemanan, bisa menekan tombol “Terkirim”. Lalu untuk melihat siapa saja yang mengirimi permintaan pertemanan kepada Anda, tekan tulisan “Diterima”.
  • 2.4. Cara Mematikan People Nearby

    Ada saatnya Anda ingin mematikan fitur People Nearby karena memang sedang tidak ingin menerima permintaan pertemanan atau juga ingin menjaga privasi. Berikut ini cara mematikan fitur People Nearby Line:

    • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu fitur People Nearby di aplikasi Line.
    • Setelah Anda berada di dalam menu tersebut, maka terlihat daftar orang yang berada di dekat Anda. Itu menandakan bahwa fitur People Nearby Anda sedang aktif.
    • Lalu jika ingin mematikan fitur People Nearby, bisa menekan tombol bergerigi yang ada di pojok kanan atas.
    • Tekan tombol “OK” untuk mulai mematikan fitur tersebut. Secara otomatis tampilan halaman menu People Nearby akan berwarna putih tanpa ada daftar foto profil orang lain. Itu menjadi pertanda bahwa fitur People Nearby sudah non-aktif atau mati.

Kehadiran fitur People Nearby Line memang sangat seru dan mengasyikkan. Tapi tentunya untuk bisa menikmati fitur itu, Anda harus tahu cara menggunakan People Nearby Line. Setelah tahu caranya, Anda bisa memanfaatkan fitur itu untuk banyak hal.