Skip to main content

Review Lengkap Spesifikasi Oppo A51W (Mirror 5)

Oppo A51W (Mirror 5)

Review Lengkap Spesifikasi Oppo A51W (Mirror 5)

Dirilis secara resmi pada tanggal 14 Juli 2015, Oppo Mirror 5 atau dikenal juga dengan Oppo A51W menjadi salah satu smartphone lama yang masih diminati oleh beberapa pengguna. Desainnya yang simpel namun terlihat mewah dan elegan menjadi salah satu daya tariknya.

Mengusung desain body yang cukup ramping dengan ketebalan 7,65 mm membuat smartphone satu ini nyaman digenggam dan mudah dibawa kemana-mana. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi hardware dan juga fitur-fiturnya? Untuk lebih lengkapnya bisa Anda lihat pada ulasan di bawah ini.

1. Review Lengkap Oppo A51W (Mirror 5)

Selain desainnya yang cukup elegan, spesifikasi dari smartphone ini masih bisa diandalkan, khususnya untuk aplikasi sehari-hari, seperti Whatsapp, browser, kamera, serta beberapa aplikasi media sosial dan juga game-game ringan.

Agar semakin tidak penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Oppo A51W ini, silahkan simak ulasan berikut:

1.1. Desain

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, body dari smartphone ini terbilang cukup tipis dengan ketebalan yang hanya 7,65 mm saja. Bobotnya pun terbilang ringan dengan nilai timbangan yang hanya mencapai 160 gram. Sangat cocok digunakan oleh Anda yang menyukai desain HP compact.

Body belakangnya memiliki aksen permata yang berhasil membuatnya terlihat mewah dan elegan. Desain minimalis dengan balutan aksen permata tersebut sukses membuat smartphone ini berkesan premium, apalagi saat digenggam oleh satu tangan sembari dioperasikan.

Peletakan kamera belakang di smartphone ini cukup standar, yaitu berada di sisi sebelah kiri atas (dilihat dari arah belakang) yang juga dilengkapi dengan LED flash persis di bawahnya. Sementara kamera depannya terletak di sebelah kiri dari speaker telepon.

1.2. Display

Beralih ke sektor display dari Oppo A51W yang datang dengan layar berukuran 5 inch. Layar tersebut memiliki rasio screen-to-body sebesar 67,5%. Sementara untuk resolusinya, 540 x 960 pixels yang menghasilkan kerapatan pixel sebesar 220 ppi density).

Pada bagian layarnya, smartphone ini menggunakan panel IPS LCD yang menghasilkan tampilan gambar yang cukup baik. Kelebihan dari panel IPS adalah sudut pandangnya yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu berpindah-pindah posisi untuk melihat isi layarnya.

Untuk menjaga layar smartphone tetap aman dari segala bentuk goresan, sebaiknya Anda menggunakan pelindung layar (Tempered Glass). Pasalnya, smartphone ini masih belum dilengkapi dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass.

1.3. Spesifikasi Hardware

Meski tidak begitu spesial, hardware di smartphone ini masih sanggup untuk menjalankan aplikasi maupun game-game ringan yang ada saat ini. Dimulai dari chipset yang digunakan, Oppo A51W menggunakan processor dari Qualcom, yaitu Snapdragon 410 (28 nm).

Dengan teknologi processor berjumlah 4 inti core, smartphone ini mampu mencapai kecepatan prosesor mencapai 1,2 GHz. Di sektor GPU, ada Adreno 306 yang siap mengolah kebutuhan grafis di HP ini. Semua itu ditopang dengan RAM sebesar 2GB dan internal storage sebesar 16GB.

Jika kapasitas penyimpanan dirasa kurang, Anda bisa menambahkan microSD ke dalamnya, namun Anda hanya bisa menggunakan satu SIM card saja jika pilihan untuk menggunakan micro SD yang diambil. Hal itu karena SIM 2 berlaku hybrid dengan slot micro SD.

1.4. Kamera

Di sektor kamera, Oppo A51W memiliki kamera belakang beresolusi 8 MP Autofocus dengan LED Flash di dekatnya. Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 5 MP. Anda bisa melakukan mode perekaman 1080p30fps menggunakan kamera belakang di smartphone ini.

Sedangkan kamera depannya hanya mampu mencapai mode perekaman 720p30fps saja. Meski begitu kemampuan selfie di kamera depannya cukup baik dengan fitur Beautify 3.0 yang dapat menangkap foto selfie secara natural dengan mudah.

Selain itu, Oppo A51W dapat melakukan pemrosesan gambar Pure Image 2.0+ yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas HD. Hal itulah yang menjadi nilai lebih dari smartphone ini.

1.5. Kapasitas Baterai

Baterai di smartphone ini memiliki kapasitas 2.420 mAh. Kapasitas ini sama dengan smartphone pendahulunya, yaitu Oppo R1X. Jika untuk penggunaan ringan, seperti chat, browsing, atau panggilan suara, smartphone ini bisa untuk seharian.

Akan tetapi, jika penggunaannya cukup berat, maka Anda harus selalu menyediakan powerbank atau charger kemanapun Anda pergi. Hal itu karena kapasitasnya yang terbilang kecil untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa yang cukup berat.

Terlebih lagi, teknologi fast charging juga belum ada di smartphone yang dirilis lebih dari 5 tahun yang lalu ini.

1.6. Fitur

Untuk urusan fitur, tentu kita tidak bisa banyak berharap pada smartphone yang dirilis lebih dari 5 tahun yang lalu. Smartphone terbaru sudah pasti akan menghadirkan fitur-fitur yang jauh lebih baik dan juga lengkap. Meski begitu, Oppo A51W bukannya tanpa fitur sama sekali.

Anda masih bisa merasakan beberapa sensor yang bekerja pada perangkat ini, yaitu sensor proximity yang akan mematikan layar untuk menghindari layar tersentuh secara tidak sengaja, sensor accelerometer untuk mengukur kecepatan benda, serta compass untuk menentukan mata angin.

Jika Anda masih suka mendengarkan radio, smartphone ini masih menghadirkannya untuk Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa mendengar siaran dari channel radio favorit Anda.

1.7. Software dan OS

Smartphone ini menggunakan UI ColorOS 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop. Anda masih bisa menjalankan beberapa aplikasi menggunakan OS ini, namun beberapa aplikasi lainnya mungkin sudah tidak kompatibel lagi karena membutuhkan versi Android yang lebih baru.

Pembaruan di smartphone ini tampaknya juga hanya sampai Android Marshmallow, sehingga Anda harus puas dengan fitur-fitur di OS tersebut dan tidak bisa merasakan fitur-fitur terbaru Android seperti dark mode, split screen, float notification, floating windows, dll.

1.8. Harga

Pada awal perilisannya dulu, Oppo A51W dihargai Rp 2.999.000. Bahkan, dengan harga tersebut, penjualan di beberapa hari usai perilisannya terbilang cukup laris. Kini harga smartphone ini sudah jauh turun. Anda bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp 1.200.000.

Untuk harga second dari smartphone ini bisa dijual hingga Rp 800 ribu jika unitnya masih bagus dan tidak banyak kekurangan pada komponen-komponennya.

2. Spesifikasi Oppo A51W

  • OS: Android 5.1 (Lollipop) – ColorOS 2.1
  • Ukuran Layar: 5 inch
  • Resolusi Layar: 540 x 960 pixels, (~220 ppi density)
  • Chipset: Snapdragon 410 (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1,2 GHz
  • GPU: Adreno 306
  • Kamera Belakang: 8 MP AF, 1080p30fps
  • Kamera Depan: 5 MP, 720p30fps
  • Type Screen: IPS LCD
  • RAM/Storage: 2/16GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 2.420mAh
  • Type USB Type-C: No
  • Fingerprint: No
  • NFC: No
  • Jaringan 5G: No
  • Harga Pasaran (Perkiraan): Rp 1,2 juta (Rp 800 ribu - Second)

3. Penutup

Dibanding HP keluaran terbaru, Oppo A51W tentu akan jauh tertinggal dari segi spesifikasi dan juga fitur. Namun jika Anda menyukai smartphone dengan kamera yang tidak bisa dibilang jelek, serta desain body yang terlihat mewah dan elegan, maka smartphone ini bisa Anda coba. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!