Skip to main content

Review Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 adalah ponsel peringatan 10 tahun yang pas untuk Samsung dan seri S-nya. Ini memberikan perubahan dengan layar Infinity-O yang tampak baru begitu besar sehingga menggantikan kamera depan, dan kamera belakang tiga lensa yang mengambil foto ultra-lebar.

Teknologi sensor sidik jari dalam layarnya akan membantu Anda dengan baik, sementara Wireless PowerShare-nya dapat melayani Anda dengan baik. Banyak perubahan yang hadir di S10 ini. Galaxy S10e dan S10 Plus mengapitnya dari kedua sisi koin sebagai opsi yang lebih baik.

Galaxy S10e yang lebih kecil, lebih sederhana, lebih terjangkau (yang menawarkan processor tingkat atas yang sama). Galaxy S10 Plus yang lebih besar, lebih tahan lama dan lebih sarat kamera. Bagi mereka yang membutuhkannya dengan porsi yang pas, Samsung Galaxy S10 5G bisa menjadi pilihan utamanya.

Dengan semua opsi lain ini, apakah Galaxy S10 masih layak dipertimbangkan? Singkatnya, ya. Untuk itu, berikut ini kami berikan review Samsung Galaxy S10.

1. Spesifikasi Samsung Galaxy S10

  • Harga: mulai dari Rp. 6.500.000,00
  • Resolusi layar: 6.1-inch Dynamic AMOLED (3040 x 1440)
  • Kamera belakang: 16-MP ultrawide (ƒ/2.2), 12-MP dual-pixel wide (ƒ/1.5, ƒ/2.4), 12-MP telephoto (ƒ/2.4)
  • Kamera depan: 10-MP dual-pixel (f/1.9)
  • CPU: Qualcomm Snapdragon 855
  • RAM: 8GB
  • Kapasitas penyimpanan: 128GB, 512GB
  • microSD: Yes, up to 512GB
  • Baterai: 3,400mAh
  • Warna: Prism Black, Prism White, Prism Blue, Prism Green (except U.S.), Flamingo Pink (except U.K.)
  • Ukuran: 5.9 x 2.77 x 0.3 inches
  • Berat: 5.5 ounces

2. Tampilan Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10 dari segi tampilan, alih-alih mengembangkan tampilan Infinity-O yang unik dengan menyematkan lensa kamera depan langsung di layar, Samsung Galaxy S10 menghindari tren tersebut untuk menghilangkan Bezel seperti smartphone lainnya.

Samsung Galaxy S10 menggunakan punch hole pada kamera depannya yang dapat disamarkan dengan wallpaper pintar dari Samsung. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaan layar smartphone.

S10 memecahkan rekor DisplayMate untuk kecerahan tampilan, akurasi warna dan kontras gambar, dan daftarnya terus berlanjut, sehingga S10 memperoleh A + untuk tampilan yang hampir sempurna.

Layar AMOLED S10 mencakup 208,2 persen dari gamut warna sRGB dan memberi peringkat 0,38 Delta-E untuk akurasi warna (angka yang mendekati 0 lebih baik).

Samsung Galaxy S10 mencapai kecerahan puncak 611 nits saat kami menyorotkan senter pada sensornya, membuat panel ponsel hampir seterang pada S10 Plus (625 nits). Pixel 3 sangat redup jika dibandingkan, hanya mencapai 362 nits.

3. Desain Samsung Galaxy S10

Selain tampilan punch hole, Galaxy S10 sama dengan setiap smartphone lain di pasaran. S10 6,1 inch memiliki dimensi yang sama persis dengan 6,1 inci Apple, iPhone 11 tetapi lebih ringan satu ons penuh. S10 bukanlah perangkat satu tangan bagi kita yang memiliki tangan mungil.

Review Samsung Galaxy S10 dari segi desain yaitu, S10 hadir dalam warna yang sama dengan Galaxy S10 Plus, yang menawarkan beberapa opsi sederhana (seperti putih dan hitam) dan beberapa yang lebih berani (biru, Flamingo Pink).

Seperti semua model Galaxy S, S10 memiliki peringkat tahan air IP68, yang berarti dapat bertahan di air hingga 5 kaki (1,5 meter) selama setengah jam. Itu sangat bagus di ranah ponsel andalan, dan karenanya menjadikan Galaxy S10 tempat di daftar ponsel terbaik.

4. Kamera Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10 dari segi kamera yaitu S10 dan S10 Plus memiliki satu perbedaan utama, selain dari ponsel yang lebih besar dengan layar yang lebih besar, S10 Plus dilengkapi dengan kamera depan 8 MP, sensor kedalaman, dan kamera depan untuk selfie yang lebih baik.

Kedua perangkat tersebut memiliki efek potret diri, yang memungkinkan efek lain, termasuk latar belakang tersapu angin dan hitam-putih.

Tetapi S10 mencapai efek tersebut dengan menggunakan perangkat lunak alih-alih lensa penginderaan kedalaman tambahan, dan ini terlihat saat membandingkan keduanya secara berdampingan.

Kamera S10 bagus, meskipun jika Anda menginginkan foto yang lebih dramatis, Pixel 3 dan Pixel 4 yang lebih baru tetap menjadi pilihan yang lebih baik, sementara iPhone terbaru menangkap bidikan yang lebih alami.

5. Keamanan Samsung Galaxy S10

Samsung tidak dapat bersaing dengan Apple dalam hal otentikasi biometrik. Ini adalah satu area di mana Samsung perlu bekerja lebih keras untuk memastikan bahwa membuka kunci ponsel Anda dan mengautentikasi pembayaran dikunci dengan pemindaian biometrik paling aman.

In display reader S10 lebih aman, karena sensor ultrasonik yang memetakan kurva 3D sidik jari Anda. Anda harus menekan sensor lebih lama dari yang Anda kira, tetapi ponsel membuka cukup cepat, dan saya menghargai bahwa ini bukan proses dua langkah, seperti pada iPhone XS.

Ada beberapa keluhan tentang sensor sidik jari ultrasonik Galaxy S10 yang tidak berfungsi dengan baik saat pelindung layar dipasang ke ponsel. Untungnya, Samsung mengeluarkan pembaruan yang dirancang untuk memperbaiki masalah ini segera setelah rilis.

6. Kinerja Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10 dari segi kinerja yaitu S10 Plus dan S10 yang lebih kecil memiliki spesifikasi yang persis sama, dan itu terlihat dari kekuatan kinerjanya. Dengan prosesor Qualcomm 7 nm Snapdragon 855 dan RAM 8GB, S10 dengan mudah menyamai kecepatan S10 Plus yang lebih besar.

Kedua perangkat mendapatkan skor yang sama di Geekbench 4, tes sintetis untuk performa sistem secara keseluruhan. S10 memperoleh skor multicore 10.813, menyelinap tepat di depan kinerja ponsel yang lebih besar (10.732).

Tetapi kedua S10 dengan mudah menghancurkan saingan Android mereka, termasuk Pixel 3 (7,316) dan OnePlus 6T (8,972). Samsung Galaxy S10, seperti S10 Plus, mengungguli iPhone dan flagships Android pesaing dalam tolok ukur kinerja grafis 3DMark Slingshot Extreme.

Samsung Galaxy S10 membukukan skor 5.606 pada tes OpenGL ES 3.1, tepat di belakang skor S10 yang lebih besar (5.648) dan dengan mudah mengungguli hasil dari OnePlus 6T (5.183), Pixel 3 (4.396), dan iPhone XS (4.339).

7. Battery life Samsung Galaxy S10

Baterai Galaxy S10 berkapasitas 3.400mAh tidak sebesar S10 Plus yaitu 4.100mAh. Dan seperti yang diharapkan, perangkat yang lebih kecil tidak bertahan lama dalam pengisian daya, meskipun Anda masih bisa bertahan lama tanpa mengisi ulang baterai Anda.

S10 bekerja 10 jam dan 19 menit pada Tes Baterai Panduan Tom, yang terdiri dari penjelajahan web terus menerus melalui 4G LTE. S10 Plus mendarat di dekat bagian atas daftar smartphone tahan lama kami, mencapai 12 jam dan 35 detik pada pengujian itu.

Review Samsung Galaxy S10 jika dibandingkan dengan smartphone lainnya yaitu S10 bertahan lebih lama dari iPhone XS (9:41) dan Pixel 3 XL (9:30). Dalam pertarungan iPhone 11 Pro vs Samsung S10, Pro bertahan empat menit lebih lama (10:23) daripada S10.

Ketiga model Galaxy S10 memiliki fitur Wireless PowerShare baru yang kami harapkan ditawarkan oleh setiap smartphone di pasar. Tools yang Anda aktifkan di menu pintasan dengan menggesek ke bawah, memungkinkan Anda mengisi daya perangkat yang kompatibel dengan Qi.

8. Perangkat lunak Samsung Galaxy S10

Review Samsung Galaxy S10 dari segi perangkat lunak yaitu OneUI pada Galaxy S10 efisien seperti yang dijanjikan dan cukup mudah digunakan. Menu pengaturan, misalnya, menghadirkan opsi yang jauh lebih sedikit daripada ponsel Galaxy sebelumnya.

Secara default, terdapat Aplikasi Terbaru, Tombol Beranda, dan tombol Kembali di sepanjang bagian bawah tampilan. Tetapi Anda dapat beralih ke gerakan layar penuh. Anda akan menggeser ke atas dari kiri bawah untuk kembali.

Galaxy S10 juga sekarang menawarkan beberapa fitur perangkat lunak yang lebih menarik dari Galaxy Note 10. Ini termasuk video Live Focus untuk menerapkan efek bokeh pada footage Anda dan Samsung DeX untuk PC, yang memungkinkan Anda untuk melihat notifikasi dan mengirim dan menerima pesan pada Anda.

Bahkan lebih dari setahun sejak dirilis, Galaxy S10 menawarkan kinerja super cepat dan tampilan yang indah, dengan potongan kamera yang tidak terlalu mengganggu dibandingkan dengan S10 Plus yang lebih besar dan lebih mahal.

Jika yang Anda cari hanyalah ponsel andalan Android yang lengkap dan dibuat dengan baik yang dapat melakukan semuanya termasuk bekerja dengan sepasang headphone berkabel model lama dengan harga yang Anda bisa. Samsung Galaxy S10 tetap menjadi proposisi yang tidak ada duanya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!