Skip to main content

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
Images source: Xten.id

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Sama halnya seperti motor bebek maupun motor sport, motor matic pun juga membutuhkan oli. Durasi penggantian oli sepeda motor matic idealnya adalah setelah menempuh jarak 2000 hingga 3000 Km.

Akan tetapi meski belum menempuh 3000 Km, sepeda motor Anda mengalami-mengalami gejala seperti berat saat di gas di jalan menanjak, maka oli harus segera diganti. Berbeda dengan sepeda motor jenis lainnya, sepeda motor matic harus diisi dengan dua jenis oli, yaitu oli gardan dan oli mesin.

Oli gardan adalah oli yang berfungsi melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan dan juga memperlancar sistem transmisi otomatis. Oli gardan tidak perlu diganti sesering oli mesin karena memang kinerjanya tidak terlalu berat, namun jika jarang atau tidak pernah diganti sama sekali membuat komponen-komponen motor seperti CVT menjadi rusak.

Sementara itu, oli mesin adalah oli yang berfungsi menjaga mesin agar selalu bekerja dengan baik dan tidak mengalami masalah. Mengganti oli mesin secara rutin itu wajib hukumnya agar sistem komponen mesin yang ada di dalamnya tidak mengalami kerusakan.

Dalam memilih oli mesin motor, oli tersebut harus bisa melindungi komponen-komponen mesin pada sepeda motor.

TOC / Daftar Isi

Bagaimana Cara Mengetahui Oli Motor Sudah Harus Diganti?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, umumnya oli motor matic diganti tiap setelah menempuh 3000 Km. Tapi mungkin kilometer motor Anda agak rusak, motor tidak pernah dipakai bertahun-tahun, atau mungkin belum 3000 Km tapi tarikannya sudah berat. Lalu, bagaimana cara tahu kapan oli motor harus diganti.

Sebenarnya, jenis oli memiliki jangka waktu penggantian yang berbeda-beda. Misalnya:

  • Mineral Oil harus diganti setiap menempuh 2000 Km sampai 3000 Km
  • Semi- Synthetic Oil harus diganti setiap menempuh 5000 Km sampai 6000 Km
  • Synthetic Oil harus diganti setiap menempuh 7000 Km sampai 10000 Km

Tapi bagaimana jika Anda tidak tahu jenis oli apa yang digunakan? Atau bagaimana jika Anda tidak tahu persis kapan terakhir kali mengganti oli motor?

Singkatnya, ada 7 tanda yang menunjukan Anda harus segera ganti oli motor, yaitu:

Back to Content ↑

1. Oli Sudah Hitam

Yang pertama, warna oli akan terlihat hitam dan gelap jika sudah kotor. Ini adalah tanda paling utama Anda sudah harus ganti oli dengan yang baru.

Jika motor matic Anda belum pernah dimodifikasi sama sekali, terdapat alat untuk mengecek kondisi oli bernama Dipstick. Beberapa model motor keluaran terbaru mungkin punya semacam jendela atau lubang untuk mengintip langsung warna oli.

Oli yang masih bersih pastinya berwarna coklat cerah. Lama-kelamaan, warnanya akan semakin gelap dan sampai menjadi hitam.

Kadang ada mesin yang belum menempuh 3000 Km tapi olinya sudah jadi hitam. Jadi pastikan Anda cek kondisi oli paling tidak satu bulan sekali, dan langsung menggantinya secepat mungkin kalau sudah ketahuan kotor.

Back to Content ↑

2. Teksturnya Berpasir dan Kotor

Selain hitam, tanda oli kotor yang berikutnya adalah punya tekstur seperti berpasir. Untuk cara cek yang satu ini, Anda mungkin harus menyentuh sedikit saja oli dari dipstick, kemudian digosok-gosok di antara jari.

Akan tinggal butiran-butiran seperti pasir di permukaan jari Anda. Itu artinya, oli sudah kotor dan harus diganti.

Tapi tenang saja, butiran pasir ini bukan tanah yang masuk ke tempat oli atau semacamnya. Selama tempat oli motor Anda tidak bocor dan tidak pernah melewati jalan berlumpur, hal semacam itu tidak akan terjadi.

Butiran pasir ini merupakan sisa-sisa pembakaran yang diangkut oleh oli dari mesin.

Sebenarnya memiliki butiran sisa pembakaran adalah bukti bahwa oli yang Anda gunakan berkualitas dan dapat membersihkan mesin dengan baik.

Back to Content ↑

3. Oli Sudah Expired

Jika Anda beli oli dalam kemasan yang ingin pasang sendiri, perhatikan tanggal kadaluarsa di kemasan oli tersebut. Karena seperti minyak jenis apapun, oli memiliki tanggal kadaluarsa.

Umumnya tanggal kadaluarsa oli adalah sekitar 5 tahun sejak diproduksi.

Setelah lebih dari 5 tahun, komponen kimia yang terdapat dalam oli tersebut akan pecah dan menjadi komponen lain. Sehingga kerja oli tidak maksimal dalam mendinginkan dan membersihkan mesin.

Jika semakin lama ditunda, mesin lama kelamaan bisa rusak karena pembakaran tidak sempurna.

Masalah seperti ini sering terjadi pada pemilik motor yang jarang menggunakan kendaraannya, tapi tetap dipanaskan setiap seminggu sekali.

Karena berpikir belum 3000 Km, mereka menggunakan motor tersebut seperti biasa saja. Padahal kondisi oli di dalamnya sudah tidak bagus lagi.

Back to Content ↑

4. Suara Mesin Lebih Kencang dari Biasanya

Tanda motor harus ganti oli yang berikut ini pasti bisa langsung Anda sadari. Apalagi jika motor dipakai setiap hari untuk melewati jalan-jalan yang sepi.

Mesin motor yang menggunakan oli berkualitas akan mengeluarkan suara halus, bahkan hampir tidak terdengar jika Cc-nya kecil. Ketika digas pun, suaranya tidak nyaring sampai membuat telinga sakit.

Sedangkan jika olinya sudah kotor, suara mesin akan jadi semakin keras, getaran mesin jadi lebih kencang, dan tarikan motor jadi lebih berat. Tanjakan-tanjakan yang biasanya bisa dilewati dengan mudah jadi membutuhkan perjuangan ekstra.

Hal ini dikarenakan gesekan pada mesin jadi semakin banyak. Sebab oli sudah kotor dan tidak bisa melumasi mesin dengan baik lagi.

Back to Content ↑

5. Muncul Lampu Peringatan di Dashboard

Selanjutnya ada tanda harus ganti oli motor yang paling mudah, yaitu dengan melihat lampu peringatan di dashboard motor. Jika dashboard motor matic Anda masih berfungsi sebagaimana mestinya, maka lampu peringatan akan berkedip jika kondisi oli sudah kotor dan harus diganti.

Lampu peringatan ini tidak pasti menyala ketika sudah menempuh 3000 Km saja. Jika baru sekitar 2000 Km tapi sering berkendara di tempat panas dan banyak sisa pembakaran, maka lampu akan langsung menyala.

Selain itu, lampu peringatan ini juga akan menyala jika kondisi oli berada di bawah jumlah standar.

Jika lampu dashboard motor Anda sudah rusak, ada cara lain yang bisa digunakan untuk melihat kondisi oli tanpa bongkar motor. Salah satunya dari oil level yang ada pada tangki oli.

Oil level akan menunjukan berapa banyak oli yang masih tersimpan. Jika jumlahnya di bawah normal, artinya ada 2 kemungkinan.

  • Ada kebocoran pada tangki oli
  • Kondisi oli sudah terlalu tua dan harus diganti

Jika ada kebocoran pada tangki oli, pastinya mudah dilihat karena akan ada tetesan oli di bawah motor.

Back to Content ↑

6. Asap Berwarna Kebiruan

Kondisi mesin motor matic yang normal akan mengeluarkan asap berwarna putih atau agak bening dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Jika asap sudah hitam dan mengebul, sudah pasti ada masalah pada mesin motor yang harus segera diperbaiki.

Tapi bukan hanya hitam dan putih, asap dari knalpot juga bisa berwarna agak kebiruan.

Asap berwarna biru ini bisa disebabkan karena beberapa penyebab, di antaranya:

  • Pembakaran tidak sempurna pada mesin karena oli sudah kotor
  • Oli bocor ke bagian mesin yang panas
  • Oli tercampur dengan bensin

Jika memang hanya karena pembakaran tidak sempurna, Anda cukup mengganti oli saja.

Tapi kalau ternyata oli memang mengalami kebocoran, baik karena ada yang retak, mengisi terlalu penuh, atau memasang segelnya tidak benar, maka kerusakannya harus diperiksa lebih lanjut lagi.

Back to Content ↑

7. Lupa Kapan Terakhir Kali Ganti Oli

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, oli memiliki tanggal kadaluarsa sekitar 3 tahun sampai 5 tahun. Tanggal tepatnya bisa Anda lihat di bagian kemasan oli.

Tapi jika motor sudah lama sekali tidak pernah dipakai, atau lupa kapan terakhir kali ganti oli karena tidak dicatat, ada baiknya Anda ganti saja lagi. Hal ini juga berhubungan dengan masalah keamanan dan agar jika ada kerusakan pada mesin, kondisinya bisa diketahui sebelum menjadi parah.

Sebab mesin motor yang jarang dipakai, apalagi jarang dipanaskan, akan berdebu, kotor, bahkan beberapa bagiannya ada yang berkarat. Salah satunya disebabkan karena bagian-bagian tersebut tidak pernah tersentuh oli.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk langsung mengganti oli motor jika lupa kapan terakhir kali menggantinya. Khususnya jika motor tersebut sudah lama tidak digunakan dan dalam waktu dekat ingin kembali dikendarai sehari-hari.

Back to Content ↑

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Produksi dan Laboratorium Oli X-TEN

Cari oli terbaik untuk sepeda motor matic? Demi sepeda motor kesayangan Anda jangan sampai asal memilih!. Jangan sampai setelah memakainya justru membuat sepeda motor semakin bertambah rusak.

Perkenalkan ini dia Oli X-TEN, oli produksi dari PlanetBan dengan teknologi ESTER yang tidak dimiliki oleh oli merek lain umumnya. Kandungan Full-Synthetic Ester pada Oli X-TEN adalah oli dengan kelas pelumas tinggi sehingga lebih tahan lama.

Mengapa X-TEN tahan lama? Karena oli yang satu ini dibuat dan diformulasikan khusus dengan canggih agar kualitasnya terjaga. Proses pembuatannya dibuat semaksimal mungkin sehingga hasil produknya juga maksimal. (Lihat Video Youtube Di Atas!)

Mengapa Harus Memilih Oli Motor Matic X-TEN?

X-TEN, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia
Images source: Xten.id

Bukan yang lain, rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia hanyalah X-TEN dari PlanetBan. Bukan tanpa alasan, sebab produk oli yang satu ini memiliki banyak sekali keunggulan.

Apa sajakah keunggulannya?

Back to Content ↑

1. Olinya Tahan Lama

Olinya Tahan Lama
Images source: Xten.id

Oli X-TEN, Oli tahan lama beda dengan oli merek lainnya. Oli X-TEN untuk motor bisa tahan hingga 5000 Km jauhnya.

Berbeda dengan oli biasa yang mengharuskan Anda mengganti oli sesering mungkin sehingga banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Berdasarkan pengalaman dari salah satu pengendara motor, setelah 5.152 Km ganti oli berkurangnya hanya sedikit saja. Ini membuktikan bahwa Oli X-TEN benar-benar tahan lama berkat adanya kandungan Ester di dalamnya.

Anda yang ingin oleh tahan lama, nggak mau ganti-ganti oli terus, maka gunakanlah oli X-TEN dari PlanetBan.

Back to Content ↑

2. Entengnya Tahan Lama

Entengnya Tahan Lama
Images source: Xten.id

Oli motor matic X-TEN, walaupun digunakan hingga 5000 Km tarikannya tetap saja enteng tidak terasa berat sama sekali. Dari awal mengisi sampai akhir masa pemakaian, tarikan motor akan selalu enteng.

Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman saat berkendara. Dan hal ini juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan. Beruntunglah ada X-TEN, yang bisa membuat kendaraan Anda nyaman dikendarai.

Back to Content ↑

3. Bikin Mesin Tahan Lama

Bikin Mesin Tahan Lama
Images source: Xten.id

Selain olinya tahan lama dan entengnya juga tahan lama, salah satu alasan mengapa X-TEN layak masuk dalam rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia karena oli X-TEN bisa membuat mesin motor matic tahan lama, tidak mudah aus, dan juga tidak mudah rusak.

Bayangkan saja jika sepeda motor mesinnya rusak terus, sudah pasti tidak bisa digunakan. Kalaupun dipaksakan untuk dipakai, sangat berbahaya bisa menimbulkan kecelakaan.

Adapun hal yang membuat mesin bisa tahan lama karena Oli X-TEN ada Lapisan Ester X-TEN yang melindungi mesin dari sisa pembakaran oli. Dan mesin pun jadi adem, bersih, bertenaga, dan juga hemat BBM.

Back to Content ↑

4. Telah Digunakan Oleh Jutaan Motor

1.727.823 Motor yang Telah Menggunakan Oli X-TEN

Jutaan orang telah menyadari, bahwa oli X-TEN adalah oli terbaik untuk kendaraan mereka. Termasuk itu sepeda motor matic.

Sampai saat ini total sudah lebih dari 1.727.823 orang telah mempercayakan oli X-TEN untuk melumasi motor matic mereka. Rata-rata mereka merasa puas dengan oli ini karena bikin mesin jadi tahan lama.

Ingin motor memiliki performa yang bagus? Ikuti 1,7 juta pengguna tersebut dengan menggunakan oli X-TEN dari PlanetBan.

Back to Content ↑

5. Bersertifikat Nasional dan Internasional

Oli X-TEN sangat layak masuk ke dalam rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. Sebab oli ini telah diakui secara nasional dan internasional.

Oli X-TEN sudah mengantongi sertifikat dari Standar Nasional Indonesia (SNI) dan juga sertifikasi Japanese Automotive Standards Organization (JASO) dari Jepang.

Jadi, produk oli motor satu ini sudah sangat terbukti kualitasnya dan tidak perlu diragukan lagi keunggulannya!.

Back to Content ↑

6. Sangat Mudah Didapatkan

Selama ini saat mencari oli motor, mungkin Anda harus mendatangi bengkel terlebih dahulu. Kalau tidak ada di bengkel A, cari di bengkel B, tidak ada lagi cari di bengkel C dan seterusnya.

Ini membutuhkan waktu yang lama dan tentu saja sangat ribet. Berbeda halnya dengan oli X-TEN, Anda bisa mendapatkannya dengan sangat mudah.

Melalui website Xten.id, Anda bisa mengecek secara langsung lokasi PlanetBan yang ada di sekitar Anda dan juga mengecek ketersediannya. Jadi, tidak perlu keluar rumah lagi.

Atau kalau mau lebih mudah, Anda tinggal menelepon customer service dan dalam waktu singkat, oli langsung datang ke tempat Anda. Mau diisikan juga? Tentu saja bisa.

Back to Content ↑

7. Pembayaran Sangat Mudah

Proses pembelian hingga pembayaran oli X-TEN dapat dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan Anda tidak harus keluar rumah sekali karena pembayaran bisa dilakukan via transfer rekening bank.

Pembelian selain dilakukan secara langsung, juga bisa melalui marketplace PlanetBan.

Tidak mau transfer dulu? Tak perlu khawatir, karena PlanetBan juga melayani sistem pembayaran Cash On Delivery (COD). Jadi, pembayaran dilakukan saat oli sudah sampai di rumah Anda.

Back to Content ↑

Apa Saja Jenis Oli X-TEN yang Dijual PlanetBan?

PlanetBan menyediakan beberapa jenis oli untuk digunakan sepeda motor Anda, tentu saja dengan kualitas yang sangat mumpuni. Apa sajakah itu?

Back to Content ↑

1. Oli Mesin Motor

PlanetBan menyediakan oli untuk mesin motor matic maupun motor jenis lainnya dengan kandungan Ester Oil berteknologi tinggi. Oli mesin dari PlanetBan memiliki masa pakai yang sangat lama serta memiliki tingkat penguapan yang rendah.

Back to Content ↑

2. Oli Gardan

Jenis oli kedua yang dijual PlanetBan adalah oli gardan. Oli yang satu ini memang dikhususkan untuk motor matic guna melancarkan pergerakan gear transmisi dan meminimalisir gesekan komponen.

Kalau Anda ingin CVT motor matic Anda tahan lama, maka ganti secara rutin dan teratur oli gardan Anda dengan oli X-TEN.

Back to Content ↑

3. Auto Chemicals

Selain itu, PlanetBan juga menyediakan Auto Chemicals. Auto Chemicals merupakan sebuah cairan High Performance Additive yang mampu bekerja dalam suhu 100 derajat celcius dan berfungsi untuk membantu kinerja mesin motor Anda agar selalu dalam keadaan baik.

Back to Content ↑

Daftar Produk Oli X-TEN untuk Motor Matic Anda

Bagi Anda pengguna motor matic, ada banyak sekali varian oli yang bisa dipilih sesuai dengan kapasitas motor matic Anda. Apa sajakah itu? Berikut beberapa daftar dan juga spesifikasinya:

Back to Content ↑

1. X-TEN XT-40 MATIC

X-TEN XT-40 MATIC
Images source: Xten.id

Oli X-TEN XT-40 Matic adalah produk oli motor matic terbaik khusus 110-125 Cc. Dengan waktu penggantian oli yang 2X lebih lama dari oli lainnya (Setiap ±5000 Km) sehingga dapat mengefisiensikan biaya. Oli ini dibanderol seharga Rp 45.000 saja.

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN XT-40 Matic:
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 800ml
  • SNI: 7069:2:2012

Back to Content ↑

2. X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40 (X-DEM 10W40)

X-TEN DOUBLE ESTER MATIC 10W40 (X-DEM 10W40)
Images source: Xten.id

Anda punya sepeda motor sport matic? Rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia inilah yang cocok untuk motor sport matic tersebut. Setelah memakainya, Anda akan merasakan sensasi terbaiknya mengendarai sepeda motor sport.

Untuk mendapatkan produk oli X-TEN Double Ester Matic 10W40 (X-DEM 10W40) ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 89.000 saja.

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN Double Ester Matic 10W40 (X-DEM 10W40):
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SN
  • Isi: 900ml
  • NPT: KESDM RI XC002E1104010519

Back to Content ↑

3. X-TEN MAX SUPER MATIC

X-TEN MAX SUPER MATIC
Images source: Xten.id

Produk Oli X-TEN selanjutnya adalah X-TEN MAX Super Matic yang diperuntukkan sepeda motor matic di atas 150 Cc. Memberikan lapisan film yang sangat baik hingga celah terkecil, sehingga tetap prima pada suhu dan RPM tinggi, dan waktu penggantian oli 2X lebih lama dari oli lainnya (Setiap ±5000 Km). Harganya hanya Rp 60.000 saja.

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN MAX Super Matic:
  • Viskositas: SAE 10W-40
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 1000ml
  • SNI: 7069:2:2012

Back to Content ↑

4. X-TEN XT-30 MATIC

X-TEN XT-30 MATIC
Images source: Xten.id

X-TEN XT-30 MATIC oli khusus untuk motor matic 125-150 Cc, dengan degradasi minim dan waktu penggantian oli 2X lebih lama dari oli biasa (Setiap ±5000 Km). Produk oli motor matic terbaik di Indonesia yang satu ini, dibanderol dengan harga minim juga yaitu Rp 45.000

Back to Content ↑

Spesifikasi Oli X-TEN XT-30 Matic:
  • Viskositas: SAE 10W-30
  • Sertifikasi: JASO MB / API SL
  • Isi: 800ml
  • SNI: 7069:2:2012

Dan masih banyak lagi produk rekomendasi oli yang lainnya. Untuk daftar lengkapnya bisa Anda cek langsung di situs resmi Xten.id atau melalui situs marketplace PlanetBan.com

Back to Content ↑

Nah, itulah dia uraian lengkap tentang Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia yaitu Oli X-TEN. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!