Skip to main content

Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus dan Sudah Teruji

Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus dan Sudah Teruji
Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus dan Sudah Teruji
Images source: Techbullion.com

Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus dan Sudah Teruji

Mengurus penggajian bisa dikatakan pekerjaan yang rumit, apalagi jika dilakukan secara manual dengan jumlah karyawan yang banyak akan memakan waktu yang lama. Bisa dibayangkan 10-15 tahun yang lalu, HRD harus bekerja ekstra mengerjakan seluruh administrasi karyawan, tak hanya gaji tapi juga pajak dan BPJS.

Namun, sejak era revolusi industri 4.0 dan teknologi internet semakin berkembang semua kegiatan melelahkan itu bisa diatasi dengan adanya Payroll software. Ya, saat ini sudah banyak bermunculan software HRD dan Payroll yang memudahkan pekerjaan para praktisi HR sekaligus mempersingkat waktu kerja mereka.

TOC / Daftar Isi

7 Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus Untuk Bisnis

Sudah saatnya Anda beralih menggunakan Payroll software untuk membantu kelancaran bisnis perusahaan Anda. Tentu sebelum itu, Anda harus mengenal terlebih dahulu ciri-cirinya agar tidak salah dalam memilih.

Salah satu ciri Payroll software yang bagus pastinya sudah teruji dan memiliki tingkat akurasi baik dalam menghitung gaji pegawai. Alasan kenapa Anda perlu mengetahui ciri dari software Payroll dikarenakan di Indonesia ada beberapa kebijakan terkait perhitungan gaji karyawan.

Jangan sampai HRD harus melakukan pengecekan dan penghitungan ulang karena software yang dipilih tidak akurat. Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan platform Payroll yang baik, berikut ciri-ciri Payroll software yang harus diketahui.

Back to Content ↑

1. Perhatikan Tampilan Situsnya

Ibarat ketika Anda ingin membeli suatu barang atau properti, pasti hal pertama yang dilihat adalah tampilannya. Begitu pula saat Anda pertama kali mengunjungi situs software Payroll, perhatikan apakah tampilan mukanya memiliki User Experience (UX) dan User Interface (UI) yang baik.

Maksudnya yaitu sebuah situs harus responsive, loading cepat, dan mudah digunakan. Anda perlu memperhatikan keseluruhan isi menu dari situs Payroll tersebut, apakah blognya selalu update, apakah tersedia Chat Customer Care-nya, atau adakah error pada halaman tertentu, dan lainnya.

Back to Content ↑

2. Programnya Selalu Update

Ciri berikutnya adalah program software Payroll harus selalu update secara otomatis, baik itu sistem penggajiannya hingga perpajakan. Ini penting mengingat peraturan tentang Payroll di Indonesia selalu terus berubah sehingga Anda harus memastikan tidak akan ada masalah yang terjadi di kemudian hari.

Back to Content ↑

3. Perhatikan Kelengkapan Fiturnya

Kelengkapan fitur sudah jadi kewajiban yang harus ada dalam software payroll dan harus saling berhubungan satu sama lain sehingga menghasilkan perhitungan yang akurat. Sejumlah fitur yang wajib dimiliki software Payroll, adalah:

  • Absensi
  • Perhitungan gaji atau Payroll
  • Perhitungan Pajak Penghasilan 21
  • Menghitung BPJS
  • Klaim Reimburse
  • Menghitung lembur
  • Request cuti

Fitur-fitur tersebut harus dapat menghasilkan laporan yang saling terintegrasi dan dapat digunakan secara optimal sesuai kebutuhan bisnis perusahaan.

Back to Content ↑

4. Akses yang Fleksibel

Di era teknologi ini, fleksibilitas jadi hal yang mutlak. Untuk itulah software Payroll yang digunakan harus dapat diakses di perangkat apa pun, dimana saja, dan kapan saja dengan lebih mudah. Bahkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya dapat dirubah atau di edit secara customize sehingga dapat disesuaikan dengan ekosistem di perusahaan Anda.

Selain itu, kemudahan mengakses softwarenya tak hanya dilakukan oleh HRD saja tetapi juga oleh karyawan. Tujuannya agar karyawan dapat melihat sendiri rincian gaji yang diterimanya setiap bulan.

Back to Content ↑

5. Keamanan Data Terjamin

Keamanan juga termasuk hal yang sangat penting. Software yang dipilih harus dapat menjamin keamanan dari serangan baik yang disengaja maupun tidak.

Maka dari itu pastikan software Payroll tersebut memiliki lapisan pengaman yang baik sehingga sulit untuk dibobol peretas.

Back to Content ↑

6. Memiliki Layanan Tim yang Baik

Software untuk HRD dan Payroll terbaik dibangun oleh tim yang handal dan ahli. Oleh karena itu, memiliki tim layanan yang baik akan membantu Anda dalam berkonsultasi mengenai kebutuhan dan hambatan apa saja yang kemungkinan terjadi dalam penggajian.

Dengan begitu, software yang akan digunakan akan sangat cocok dengan proses bisnis di perusahaan Anda.

Back to Content ↑

7. Terdapat Sistem Komputasi Awan

Saat ini, sudah ada bermacam-macam jenis Payroll Software Indonesia untuk penggajian. Ada software yang perlu proses instalasi, software internal yang dibuat perusahaan sendiri, hingga software as a service atau biasa disebut SaaS.

Biasanya, SaaS menggunakan sistem komputasi awan atau berbasis cloud sehingga sangat membantu Anda dalam hal akses. Dengan demikian, Anda dapat mengaksesnya dimanapun dan dari perangkat apapun selama terhubung dengan jaringan internet.

Back to Content ↑

Demikian uraian singkat mengenai Ciri-Ciri Payroll Software yang Bagus dan Sudah Teruji. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!