Skip to main content

3 Contoh dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

3 Contoh dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
3 Contoh dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Images source: Multisolusi

3 Contoh dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Disadari atau tidak, surat lamaran bisa menjadi nilai plus bagi perusahaan untuk menerima ataupun menolak pelamar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat diperlukan disini, selain persyaratan yang lainnya.

Jika Anda selama ini hanya membuat surat lamaran kerja secara asal-asalan saja. Maka kini, ada baiknya untuk memulai membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan aturan penulisan yang baik dan benar, yang bisa Anda ambil dan tiru dari laman https://mamikos.com/info/ seperti berikut ini.

TOC / Daftar Isi

3 Contoh dari Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, tentunya hal ini akan membuat perusahaan yang Anda lamar tersebut akan merasa yakin dengan kesungguhan Anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Bukan hanya itu saja, membuat surat lamaran kerja yang benar juga akan membuat kredibilitas Anda sebagai pelamar, sekaligus calon tenaga kerja bisa sekaligus diperhitungkan. Misalnya kredibilitas pelamar yang bisa dilihat dari kerapian tulisan, penulisan yang sesuai dengan EYD, penggunaan sapaan, hingga penggunaan bahasa yang sopan, dan yang lainnya.

Untuk itu, ada baiknya agar Anda bisa menyimak salah satu contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini. Agar Anda bisa belajar, sekaligus mempraktekkannya sendiri. Khususnya jika Anda akan melamar pekerjaan nantinya.

Adapun contoh surat lamaran kerja yang dimaksud yaitu:

Back to Content ↑

1. Menggunakan Bahasa Resmi dan To The Point

Sebenarnya, hampir semua surat lamaran kerja memang diwajibkan untuk menggunakan bahasa resmi. Namun pada surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa resmi, namun juga disertai dengan penggunaan bahasa yang jelas, dan tidak bertele-tele (To the point).

Dalam arti, surat lamaran kerja ini memang dibuat dengan menjelaskan tujuan dari si pembuat surat lamaran kerja tersebut, yaitu untuk melamar pekerjaan. Tanpa disertai dengan pemberian informasi lainnya. Misalnya, umur si pelamar, alamat tempat tinggal si pelamar, dan yang lainnya. Dimana semua informasi tersebut sebenarnya telah tertulis pada daftar riwayat hidup. Adapun contoh surat lamaran dengan kategori seperti ini, diantaranya:

    Bandung, 21 Februari 2002

    Hal: Lamaran Kerja

    Kepada Yth,
    Manajer Personalia
    PT UNIKOM Indonesia
    Jl. Soekarno Hatta no 443
    Bandung

    Dengan hormat,

    Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan yang saya lihat pada website UNIKOM beberapa waktu yang lalu. Maka dari itu, saya mengajukan diri untuk melamar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, sebagai digital marketing.

    Saya memiliki pengalaman kerja sebagai digital marketing selama 8 tahun. Selain itu, saya juga memiliki keahlian dalam mengelola campaign iklan di berbagai media sosial. Seperti Facebook Ads, Tik Tok Ads, serta Google Ads.

    Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini saya lampirkan beberapa berkas/dokumen penting pendukung lainnya. Diantaranya:

    • Daftar Riwayat Hidup
    • Scan/fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Fotokopi ijazah terakhir
    • Pas foto ukuran 3x4 (2 lembar)
    • Sertifikat Keahlian Digital Marketing

    Demikian surat lamaran kerja yang saya buat. Besar harapan saya untuk diterima bekerja di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih.

    Hormat saya,

    Erlin Wiguna

Back to Content ↑

2. Menyertakan Informasi Lainnya Mengenai Diri Pelamar

Jika pada contoh surat lamaran kerja yang pertama hanya menjelaskan tujuan si pelamar untuk melamar pekerjaan, tanpa disertai informasi pribadi lainnya. Maka pada contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar selanjutnya, Anda juga bisa menambahkan beberapa informasi lainnya, yang berkaitan dengan diri Anda pribadi.

Meskipun mungkin, isi surat lamaran tersebut terkesan sedikit bertele-tele, namun tujuannya tak lain, agar pimpinan perusahaan tersebut bisa segera mengetahui kepribadian Anda, hanya dengan membaca surat lamaran tersebut. Meskipun memang, informasi pribadi tersebut telah tertulis pada daftar riwayat hidup.

Namun hal ini tidak menjadi masalah, namun justru akan lebih memudahkan manajer personalia/pimpinan perusahaan dalam mencari informasi pribadi dari si pelamar, tanpa harus membuka kembali daftar riwayat hidup si pelamar.

Contoh dari surat lamaran kerja dengan kategori seperti ini diantaranya:

    Kepada Yth,

    Manajer Personalia
    PT UNIKOM Indonesia
    Jl Soekarno Hatta no 443
    Bandung

    Dengan hormat,

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

    • Nama: Cepi Arya Muhammad
    • Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 5 September 1993
    • Alamat: Jalan Coblong no 52, Bandung
    • Nomor Telepon: 0813-1335-6522

    Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan yang saya lihat beberapa waktu yang lalu, di media sosial Instagram, pada tanggal 19 Februari 2022. Maka dari itu, saya mengajukan diri untuk bergabung sebagai digital marketing di perusahaan bapak/Ibu.

    Saya memiliki kemampuan dalam mengelola campaign iklan pada Google Ads, Tik Tok Ads, dan juga Facebook Ads. Selain itu, saya juga dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, serta memiliki skill copywriting yang bisa diperhitungkan.

    Sebagai bahan pertimbangkan, saya sertakan beberapa dokumen penting lain seperti:

    • Daftar riwayat hidup
    • Fotokopi ijazah terakhir
    • Fotokopi KTP
    • Pas foto ukuran 3x4 (2 lembar)
    • Pas foto ukuran 2x3 (2 lembar)
    • Sertifikat keahlian

    Besar harapan saya, semoga Bapak/Ibu bisa meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran kerja yang saya buat ini, dan memberikan kesempatan bagi saya untuk melakukan wawancara, sekaligus menerima saya sebagai tim digital marketing di perusahaan Bapak/Ibu.

    Demikian surat lamaran ini saya buat, dan terima kasih.

    Hormat saya,

    Cepi Arya Muhammad

Back to Content ↑

3. Menambahkan Informasi Pribadi, Tanpa Adanya Kepala Surat, Tanggal Surat dan Perihal

Jika pada poin nomor 2 merupakan contoh surat lamaran dengan menyertakan informasi pribadi pelamar, namun masih ditulis dengan menggunakan kepala surat, tanggal surat dan perihal. Maka dalam contoh surat lamaran kerja dari https://mamikos.com/info/ selanjutnya, Anda bisa menyimak contoh penulisan surat lamaran kerja yang disertai dengan informasi pribadi. Sekaligus tidak disertai dengan adanya kepala surat, tanggal surat dan juga perihal.

Contoh surat lamaran kerja dengan informasi pribadi pelamar, dan tanpa adanya kepala surat ini diantaranya:

    Dengan hormat,

    Perkenalkan saya,

    • Nama: Diah Putri Oktavia
    • Umur: 28 tahun
    • Jenis Kelamin: Perempuan
    • Pendidikan Terakhir: S1 Manajemen Bisnis
    • Nomor telepon : 0813-1313-5242

    Dengan surat lamaran ini, saya mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin, sebagai digital marketing. Saya memiliki pengalaman sebagai digital marketing selama 8 tahun, dan mahir melakukan campaign iklan di Facebook Ads, Google Ads, dan juga Tik Tok Ads.

    Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen pendukung seperti:

    • Daftar riwayat hidup
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi ijazah terakhir
    • Pas foto 3x4 (2 lembar)
    • Sertifikat keahlian digital marketing

    Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya agar bisa diterima bekerja dan bergabung dengan tim digital marketing pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

    Hormat saya,

    Diah Putri Oktavia

Back to Content ↑

Itu dia 3 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, yang bisa Anda tiru dan praktekkan sendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai surat lamaran kerja lainnya, Anda bisa mengunjungi laman https://mamikos.com/info/ sebagai referensinya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!