Skip to main content

Mengenal Zilliqa Coin dan Peluang Metapolis

Mengenal Zilliqa Coin dan Peluang Metapolis
Mengenal Zilliqa Coin dan Peluang Metapolis
Images source: Blog.zilliqa.com

Mengenal Zilliqa Coin dan Peluang Metapolis

Dunia cryptocurrency bergerak sangat cepat. Kemunculan koin-koin baru kerap menyulitkan para kolektor menentukan koin mana yang memiliki potensi bagus. Jika anda berminat memiliki Zilliqa coin, ada baiknya membaca artikel ini sampai tuntas.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Zilliqa Coin?

Zilliqa merupakan salah satu produk coin cryptocurrency yang diluncurkan oleh sekelompok komunitas crypto. Koin Zilliqa dikenal dengan kode ZIL. Zilliqa menawarkan project dengan teknologi terbaru untuk mengatasi permasalahan pada generasi BTC dan ETH.

Suplai Koin ZIL dibatasi sebanyak 21 Miliar. Dimana pada saat ini peredarannya masih di angka 11 Miliar. Hal ini tentu menunjukan bahwa masih terdapat peluang besar untuk meningkatnya harga Zilliqa.

Back to Content ↑

Sejarah dan Latar Belakang Zilliqa

Zilliqa coin pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Para pendiri mengklaim bahwa Zilliqa merupakan generasi ketiga pada dunia blockchain. Pada generasi ketiga ini, Zilliqa hadir untuk memecahkan permasalahan skalabilitas.

Skalabilitas merupakan kemampuan sebuah cryptocurrency untuk memfasilitasi sejumlah transaksi besar tanpa proses melambat. Zilliqa menggunakan Sharding untuk mengatasi permasalahan ini. Sejumlah cryptocurrency lain yang sedang mengangkat isu ini adalah ETH 2.0 dan IOTA.

Back to Content ↑

Konsep Jaringan Zilliqa

Zilliqa coin hadir untuk mengatasi permasalahan sharding transaksi di jaringan cryptocurrency. Permasalahan yang muncul pada cryptocurrency generasi pertama dan kedua, yaitu melambatnya kemampuan jaringan ketika komunitasnya semakin membesar.

Zilliqa memiliki jaringan yang menyerupai Etherium. Dimana Zilliqa menjadi platform public yang mengizinkan para pengembang untuk membangun smart contract di atasnya. Zalliqa membagi jaringan ke group-group node yang disebut shard. Setiap Shard terdiri dari 600 node. Sistem kerja shard menyerupai mini blockchain yang membuat transaksi lebih cepat.

Jumlah transaksi yang diproses oleh Zilliqa mampu mendekati jumlah transaksi Visa yang mencapai 8000 per detik. Zilliqa mampu memproses 2828 transaksi per detik. Dimana blockchain generasi pertama dari BTC hanya mampu memproses 7 transaksi per detik, dan generasi kedua ETH hanya mampu memproses 15 transaksi per detik.

Back to Content ↑

Komunitas Zilliqa

Zilliqa coin sudah terintegrasi dengan Binance Smart Chain. Tidak hanya itu, Zilliqa juga sudah menjadi bagian dari Pancake Swamp. Tidak hanya itu, Zilliqa sudah merilis teaser projek Metapolis yang serupa dengan Metaverse besutan Facebook.

Back to Content ↑

Project Besar Besutan Zilliqa

1. Metapolis

Metapolis merupakan dunia metaverse yang dirilis oleh Zilliqa. Berdasarkan informasi website resmi Zilliqa, Metapolis diluncurkan pada Januari 2022. Beberapa gambar teaser sudah mulai dirilis oleh Zilliqa.

Mengusung konsep Play-to-Earn metapolis menarget para komunitas gamer untuk bergabung ke dalam ekosistem. Tidak hanya itu, Zilliqa juga telah merilis roadmap metaverse yang akan dirilisnya.

Tim Zilliqa menilai bahwa roadmap yang telah diluncurkan pasti akan memikat para komunitas untuk membangun Metapolis. Zilliqa memaparkan bahwa akan ada banyak customable avatar dan lingkungan yang dapat dibangun.

Back to Content ↑

2. NFT ZRC-7

Setelah berhasil mengeluarkan NFT ZRC 6. Zilliqa berusaha kembali merilis NFT ZRC-7. Hal ini dilakukan oleh para pengembang untuk menjamin komunitas bahwa Zilliqa dibangun untuk sesuatu yang berkelanjutan.

Zilliqa melihat bahwa berbagai project NFT menggunakan struktur meta data yang berbeda. Begitu juga pada penyimpanan asset NFT. NFT ZRC-7 hadir untuk menyediakan standar tentang cara menyusun metadata pada penyimpanan off-chain.

Pada ZRC-7 jenis struktur metadata dibagi menjadi dua yaitu, struktur metadata koleksi dan struktur metadata token. Metadata koleksi bersifat opsional. Dimana para penggunanya dapat memberi deskripsi global dan asset NFT ke pasar NFT dan metaverse.

Pada metadata token, ZRC-7 bersifat lebih universal. Dimana NFT ini dirancang untuk lebih luas dan tidak terbatas pada penggunaan tertentu. Berbeda dari para pendahulunya ZRC 1 an ZRC-6 yang memiliki url unik pada setiap tokennya.

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan Zilliqa Coin

1. Potensi Keunggulan Zilliqa

  • 1.1. Mengatasi Skalabilitas dengan Shrading

    Zilliqa memiliki keunggulan sebagai suatu model jaringan baru. Hal ini mempermudah Zilliqa untuk membangun model dan sistem yang lebih fleksibel dalam perancangannya. Tidak seperti kompetitornya, ETH 2.0.

    ETH memiliki banyak keterbatasan dalam pengembangan jaringan shard. Hal ini dikarenakan ETH sudah memiliki batasan proteksi yang dibangun pada jaringan pertamanya.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Biaya dan Waktu Transaksi

    Dengan pengembangan Shard node pada Zilliqa jelas akan mempersingkat waktu pada memproses transaksi. Tidak hanya itu, biaya transaksi yang dibebankan juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya.

  • Back to Content ↑

2. Potensi Kelemahan Zilliqa

  • 2.1. Kompetitor ETH 2.0

    Kemampuan Zilliqa saat ini mengungguli project yang sedang dibangun oleh ETH. Namun, jika ETH 2.0 berhasil diluncurkan, apakah market akan tetap bertahan di Zilliqa? Hal ini tentu menjadi PR besar untuk Zilliqa dalam mempertahankan komunitas yang dimiliki saat ini.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Bahasa Pemrograman Scilla

    Zilliqa meluncurkan bahasa pemrograman sendiri yang bernama Scilla. Tujuan dari pembuatan bahasa baru ini untuk mengidentifikasi resiko-resiko keamanan. Posisi ini menempatkan para penambang harus mempelajari suatu bahasa baru untuk membangun dep di atas Zilliqa.

    Apakah Zilliqa mampu meyakinkan para penambang untuk tetap bertahan di dalam komunitasnya?

  • Back to Content ↑

Harga Zilliqa Coin

Harga ICO di tahun 2017 Zilliqa senilai $ 0.0038 atau setara Rp 55. Harga tertinggi ZIL berada pada bulan April 2021, senilai Rp 3.163. Dimana investor yang memegang harga ICO sudah meraup keuntungan 50x lipat.

Sepanjang perkembangannya, harga Zilliqa fluktuatif. Tahun 2019 – 2020 harga ZIL stagnan di bawah Rp 100. Dimana harga terendah Zilliqa sejak peluncurannya berada di harga Rp 60. Harga ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan harga ICO di 2017.

Back to Content ↑

Cara Membeli Zilliqa Coin Melalui TokoCrypto

Anda dapat dengan mudah membeli Zillica Coin melalui TokoCrypto. Sampai tulisan ini dibuat, harga koin ZIL berada di angka Rp 575. Harga tertinggi harian berada di angka Rp 590 dan terendah Rp 550. Lantas bagaimana cara membelinya?

Pertama-tama anda perlu membuat akun diri anda. Kemudian lakukan penukaran pada menu dompet TokoCrypro. Anda perlu menukarkan saldo Rupiah yang akan dikonversi menjadi Binance IDR (BIDR). Nilai konversi dapat anda pantau pada halaman yang sama.

Setelah berhasil menukarkan BIDR, anda dapat mentransaksikan BIDR ke koin ZIL yang anda inginkan. Bacalah kondisi market untuk mendapatkan harga terbaik dari ZIL. Lakukanlah HODL beberapa waktu hingga project Metapolis dilirik dan mulai dipakai oleh banyak pihak.

Proses penjualan koin dan pencairan dana pun mudah dan cepat. Anda hanya perlu melakukan pengajuan penawaran harga jual. Ketika kondisi market sesuai maka pengajuan anda akan disetujui sesuai dengan nomor antrian.

Back to Content ↑

Setelah melihat keseluruhan informasi mengenai Zilliqa, mulai dari komunitas hingga project yang dikembangkan, apakah anda tertarik untuk membeli Zilliqa coin? Jangan lupa ya, belinya lewat TokoCrypto yang sudah terjamin kualitasnya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!