Skip to main content

10 Tokoh Teknologi Dunia

Tokoh Teknologi Dunia

10 Tokoh Teknologi Dunia

Kemajuan teknologi yang membawa kepada dunia modern sekarang tidak terlepas dari orang-orang yang berpengaruh besar di dalamnya. Tokoh-tokoh teknologi tersebut menciptakan banyak karya. Dari karya inilah dunia semakin berkembang hingga mencapai kemajuan.

Di era globalisasi saat ini, pekerjaan setiap orang tidak terlepas dari digitalisasi teknologi. Hal ini berarti bahwa teknologi berperan besar dalam memudahkan urusan manusia. Lantas, siapa saja sebenarnya orang hebat dibalik pesatnya modernisasi sekarang? Berikut 10 tokoh dunia yang berpengaruh di bidang teknologi

TOC / Daftar Isi

1. Bill Gates

Bapak teknologi yang kerap disebut sebagai orang terkaya di dunia ini dikenal dengan sistem operasi Microsoft. Walaupun ia bukan orang pertama yang membuat sistem operasi, tetapi Microsoft karyanya telah membantu banyak pengguna komputer di dunia.

Sumber informasi menyebutkan Gates dianggap menjiplak Graphic User Interface. Sementara GUI sendiri dianggap menjiplak Xerox PARC. Dianggap menjiplak dan kemudian sukses dengan Microsoftnya, membuat Gates pernah dituntut undang-undang monopoli di Amerika Serikat.

Back to Content ↑

2. Steve Job

Bagi pengguna Apple mungkin tahu tokoh ini. Inovasinya di berbagai bidang, menjadikan Steve Job sebagai bapak teknologi terkenal. Melalui perusahaan Apple-nya ia merevolusi dunia musik dengan iPod dan iTunes.

Selain itu, pada 2007 ia juga merilis iPhone. Beberapa waktu setelahnya iPad rilis dan memopulerkan tablet kepada masyarakat.

Dari berbagai karya Jobs, ia memperlihatkan bahwa produknya sangat penting dan dapat membuat beragam kemudahan dalam hidup manusia. Alhasil, hal ini terbukti sampai sekarang.

Back to Content ↑

3. Tim Berners Lee

Kamu tentu merasakan kemudahan mengakses informasi di zaman ini. Kenikmatan tersebut, tak lain adalah karena jasa Tim Berners Lee. Word Wide Web atau WWW yang kita kenal saat ini merupakan ciptaan Lee. Selain itu, dialah orang pertama yang membuat browser dan server website. Situs pertama ciptaannya beralamat info.cem.ch.

Dikenal sebagai penemu WWW tak membuat Lee besar hati. Lee tak mematenkan World Wide Web hingga sekarang setiap orang bebas mengaksesnya. Sungguh hasil karya Lee sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Back to Content ↑

4. Larry Page

Tokoh jenius dibalik Google adalah Larry Page. Setelah dua tahun ide pendirian ini muncul dari kepala seorang Larry, pada September 1998 Google dirintis. Ia sendiri sebagai CEO dengan rekannya, Sergey Brin sebagai co-founder Google.

Ide awal Google berasal dari Page. Kemudian Brin yang sama-sama kuliah di Stanford University membantunya. Mereka berhasil mendapatkan pendanaan awal sebanyak USD 1 juta dari teman dan keluarga mereka yang percaya ide ini akan sukses. Akhirnya Google didirikan dengan kantornya di sebuah garasi.

Dalam kurun waktu satu tahun, startup ini berkembang pesat. Google membutuhkan pendanaan dan akhirnya mencari investor. Oleh salah seorang investor, ia menyatakan akan berinvestasi dengan syarat Page turun dari jabatan CEOnya karena dianggap belum berpengalaman. Dengan berat hati, ia pun menyetujui. Page dan Brin akhirnya sadar bahwa Google membutuhkan CEO sekelas dunia. Dari beberapa kandidat, kemudian terpilihlah Eric Schmidt sebagai CEO yang baru.

Back to Content ↑

5. Jack Ma

From zero to hero diserukan oleh orang terkaya di China, Jack Ma. Jack Ma adalah pendiri Alibaba.com. Sebelumnya, ia hanya berprofesi sebagai seorang guru bahasa Inggris. Puluhan kali melamar pekerjaan, tetapi belum diterima. Akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan retailer online yang dikenal dengan nama Alibaba Group.

Alibaba.com merupakan situs pertama yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli / buyer luar negeri. Dari perusahaannya ini menarik banyak investor dalam waktu yang cepat.

Back to Content ↑

6. B J Habibie

Bapak teknologi Indonesia ini masuk dalam tokoh teknologi Indonesia yang berpengaruh. Melalui buku biografinya, yaitu The True Life of Habibie, dunia mengenal sosok jenius seorang Habibie. Pada 1976, ia mendirikan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio. PT tersebut merupakan industri pesawat terbang pertama di Asia Tenggara. Industri Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tahun 1985. Pada akhirnya, tahun 2008 kembali direstrukturisasi menjadi PT. Dirgantara Indonesia.

BJ. Habibie menjadi menteri riset dan teknologi dalam periode 1983-1998. Selain itu, Habibie mendirikan pusat industri strategis yang menjadi cikal bakal industri teknologi.

Back to Content ↑

7. Martin Cooper

Di zaman modern seperti sekarang, siapa yang tidak kenal dengan gawai? Perkembangan teknologi yang pesat bukan tidak mungkin semua orang telah mengenal handphone. Namun, tahukah kamu siapa otak jenius yang menemukan handphone?

Tokoh ini bernama Martin Cooper. Ia adalah seorang bapak teknologi industri komunikasi nirkabel, terutama bidang spektrum radio. Dari penekunan ilmunya di bidang ini, membantu Martin mengembangkan handphone.

Pada tahun 1973 ia berhasil menemukan handphone. Namun, baru sepuluh tahun setelahnya, barang tersebut masuk pasar. Dengan penemuannya ini, ia dikenal menjadi orang pertama yang melakukan panggilan telepon menggunakan handphone.

Back to Content ↑

8. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah orang dibalik perusahaan e-commerce Amazon. Perusahaan ini mulai berdiri tahun 1994. Sejak tahun itulah, perdagangan tradisional sedikit tergeser posisinya. Awalnya, Amazon hanya menjual buku secara online. Seiring berjalannya waktu, Bezos memperluas ranah bisnisnya.

Selain itu, Amazon juga memimpin Artificial Intelligence (AI). Hal ini dilakukan melalui software bernama Alexa. Adapun di bidang enterprise, Amazon mengenalkan AWS, yaitu layanan penyimpanan berbasis cloud. Layanan tersebut digunakan perusahaan teknologi untuk menunjang platform onlinenya.

Back to Content ↑

9. Mark Zuckerberg

Sebagian orang menganggap drop out dari kampus besar dunia merupakan hal yang bodoh dan sangat disayangkan. Namun, apabila ditelisik kembali, faktanya tidak demikian. Seorang dengan ide visioner percaya ia mampu mewujudkan goal meskipun justru keluar dari kampusnya.

Mark Zuckerberg, pria yang meninggalkan kuliahnya demi fokus mengembangkan Facebook. Jejaring sosial yang dipakai oleh lebih dari 2 miliar penduduk dunia ini, lahir dari ide brilian Mark. Tujuan Mark adalah untuk menciptakan sosial media yang menghubungkan seluruh manusia meskipun terpaut jarak dan waktu.

Kemampuan Facebook dalam berinovasi memang tak diragukan lagi. Bahkan, ia bersama dengan Instagram dan Whatsapp menjadi tiga media sosial yang dimiliki setiap orang. Saat ini, Mark Zuckerberg terus meluaskan inovasinya dengan layanan Virtual Reality dan Artificial Intelligence.

Back to Content ↑

10. Elon Musk

Dijuluki sebagai Iron Man di dunia nyata, Elon Musk mempunyai kontribusi besar terhadap pengembangan transportasi berbasis teknologi. Pada 2002, ia meluncurkan karyanya yaitu Space Exploration Technologies. Produk yang menghabiskan kekayaannya tersebut sering disebut dengan nama “Space X”. Perusahaan ini mengembangkan roket dan wahana untuk keperluan misi luar angkasa.

Pada tahun 2008 lalu, lembaga antariksa dunia, NASA melakukan kerja sama dengan Space X. NASA menggelontorkan dana sekitar 1,6 miliar dollar AS atau setara dengan 21,3 triliun rupiah untuk proyek tersebut.

Tahun selanjutnya, atas kerja sama itu kemudian diluncurkan Falcon 1, yaitu roket berbahan cair yang pertama kalinya mengorbit bumi. Tak cukup sampai disitu, pada 2012 kembali diluncurkan Falcon 9 ke ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Karya besar Musk lainnya adalah Tesla, sebuah perusahaan mobil listrik. Visinya untuk menggembangkan moda transportasi yang ramah lingkungan. Dari kecintaannya terhadap lingkungan, Musk kemudian menjadi investor utama Solarcity.

Back to Content ↑

Kamu semakin mengenal tokoh-tokoh hebat yang membawa perubahan dunia modern seperti sekarang. Mereka semua memiliki kontribusi besar dalam perkembangan teknologi dunia. Kira-kira, siapa tokoh teknologi yang menjadi favoritmu?

Sumber:

  • 20 Tokoh Berpengaruh di Industri Saat Ini – Kompas
  • 7 Bapak Teknologi Dunia Paling Berpengaruh, No. 2 Jasanya Sering Dilupakan! – Line Today
  • Tak Hanya Nadiem, Ini 10 Tokoh Teknologi yang Masuk Dunia Pemerintahan – Info komputer