Skip to main content

Terapkan 6 Hal Ini Jika Ingin Juara Kelas

Terapkan 6 Hal Ini Jika Ingin Juara Kelas

Terapkan 6 Hal Ini Jika Ingin Juara Kelas

Pembelajaran jarak jauh jangan sampai membuat nilai merosot jauh. Pandemi covid-19 memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelajar. Pasalnya, mereka harus tetap mempertahankan nilai bahkan membuat grafik capaian prestasi akademik selalu menanjak. Hal ini sangat penting untuk kelanjutan studi. Bahkan, raport siswa SMA dapat dijadikan jalur masuk perguruan tinggi, yakni SNMPTN.

Bagi kamu yang ingin meraih nilai tinggi hingga menjadi juara kelas, kamu wajib mencoba menerapkan tips berikut.

TOC / Daftar Isi

1. Orientasi Kemampuan Akademik

Saat memasuki dunia sekolah, kamu banyak dihadapkan dengan kegiatan akademis yang dominan. Kecuali jika memilih SMK, di sana praktik lebih diutamakan. Nah, setiap juara kelas wajib berorientasi pada kemampuan akademik. Seseorang yang menjadi juara kelas pasti memiliki kemampuan akademik yang lebih baik daripada murid lainnya. Tertarik mencoba menjadi seorang yang “ambisius”?

Back to Content ↑

  • 1.1. Tetapkan tujuan

    Sebelum memulai pembelajaran, guru selalu menyampaikan tujuan pembelajaran. Tujuan belajar itulah yang nanti akan dicapai oleh para siswa. Saat kamu telah mengetahui apa tujuanmu belajar suatu materi, kamu akan lebih berorientasi menguasai materi tersebut.

    Sekolah memang hanya mengukur standar nilai tertentu, tetapi bagi kamu yang ingin menjadi juara kelas, nilaimu harus terdongkrak lebih bagus dibandingkan yang lain.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Lakukan perencanaan

    Setelah menentukan tujuan, saatnya kamu merencanakan. Kutipan tokoh terkenal menuturkan “gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.” Nah, perencanaan ini menjadi satu langkah lebih dekat dengan keberhasilan.

    Kamu bisa membuat jadwal belajar dan fokus menjalani rutinitas belajar tersebut. Diharapkan dengan mempunyai jadwal belajar yang pasti, kamu dapat lebih menguasai materi pelajaran.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Konsisten

    Konsisten menjadi kunci melakukan segala sesuatu. Meskipun telah hebat dalam perencanaan, kamu perlu konsisten dalam menjalankan jadwalmu. Dengan begitu, tujuan yang telah kamu tetapkan bisa tercapai.

  • Back to Content ↑

2. Review Kembali Materi

Kunci penting menjadi juara kelas adalah kamu menguasai materi pelajaran. Tujuannya tidak hanya mendapatkan nilai bagus, tetapi yang lebih utama kamu paham semua yang dipelajari. Review materi secara berkala. Fokuskan kepada materi yang belum kamu kuasai. Jika sudah seluruhnya, kamu bisa mulai mengulas kembali poin-poin penting materi.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mereview materi bisa dengan membuat resume yang mencakup gambaran seluruh materi. Rangkuman ini bisa kamu kembangkan dari peta konsep yang telah ada. Dengan begitu, kamu mendapat tambahan penjelasan yang semakin meningkatkan pemahaman.

Selain itu, banyak platform online yang bisa kamu manfaatkan. Saat ini, sejumlah platform online pendukung pembelajaran daring tersebut dapat diakses secara gratis. Banyak insight penting yang bisa menambah materi yang diberikan guru di sekolah. Pikiranmu akan semakin luas dan pemahaman terus meningkat.

Back to Content ↑

3. Malu Bertanya Sesat di Jalan

Pepatah ini pasti sudah sering kamu dengar. Seringkali guru bertanya tentang penjelasan yang diberikan. Siswa diminta menanggapi ataupun mengajukan pertanyaan jika kurang paham. Tanyakan hal yang sekiranya butuh penjelasan lebih lanjut. Atau tanyakan materi yang kurang dibahas oleh guru tetapi kamu ingin mengetahuinya lebih dalam.

Sesi tanya jawab seperti ini bisa dijadikan penilaian oleh guru lho. Saat kamu aktif bertanya, guru akan semakin kenal namamu. Dengan begitu, kamu dinilai sebagai anak yang aktif di mata guru tersebut. Jika telah terjadi demikian, guru cenderung lebih menaruh kepercayaan kepadamu. Misalnya, kamu ditunjuk untuk menjelaskan subbab tertentu. Hal itu menandakan kamu dianggap telah menguasai materi lebih baik dibandingkan yang lain.

Berbeda kondisi ketika kamu hanya diam. Bergerak pasif saat pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan guru kurang mengenal dirimu. Sementara saat kamu ingin menjadi juara kelas, tentu kamu harus memiliki penilaian yang baik di mata guru. Mungkin sebagian besar guru tak melihat hal ini. Sebab yang terpenting bagi mereka hanya nilai yang kamu dapat. Akan tetapi, dengan menjadi murid yang aktif, kamu mampu meraih lebih banyak bintang di kelas.

Back to Content ↑

4. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Ciri ini identik dengan siswa teladan. Mereka sangat disiplin dalam pengerjaan tugas akademik. Berbeda dengan murid lainnya, mereka cenderung bekerja lebih cepat. Sebagian siswa dikenal sebagai seorang “deadliner” yang mengumpulkan tugas ketika batas waktu. Mereka akan tergesa-gesa dan tak jarang mengerjakan tugas asal-asalan karena waktu yang terbatas.

Sebenarnya, hal ini adalah pilihan setiap siswa. Memang tidak ada yang salah dalam mengumpulkan tugas sesuai deadline. Namun, lebih baik jika kamu dapat menyelesaikannya lebih cepat. Kamu banyak mendapat keuntungan. Misalnya, waktu yang tersedia bisa kamu gunakan untuk mengulang materi kembali atau beristirahat sejenak.

Sebagai calon siswa juara kelas, kamu wajib menyelesaikan tugas sebaik mungkin. Jadilah berbeda dengan temanmu yang lain. Cara itulah yang membuatku terlihat lebih menonjol di dalam kelas. Tentu itu menarik perhatian guru karena tugasmu menggambarkan pemahamanmu terhadap materi.

Back to Content ↑

5. Buatlah Catatan Penting Pembelajaran

Juara kelas terkenal sebagai anak yang rajin. Pasalnya, mereka lebih banyak meluangkan waktu untuk belajar. Nah, cocok banget buatmu yang ingin mencoba membuat rangkuman pembelajaran. Meskipun hanya untuk konsumsi pribadi, bisa jadi rangkuman ini akan berguna untuk temanmu saat membutuhkan. Kamu yang terlatih bekerja lebih cepat akan banyak dilirik teman-temanmu.

Kegiatan mencatat sangat penting dalam pembelajaran. Aktivitas ini mengoneksikan ilmu secara langsung ke otak. Bagaimana tidak, saat kamu mencatat, kemampuan berpikir akan meningkat lebih baik daripada jika kamu hanya mendengar penjelasan.

Selain itu, cara seperti ini juga melatih kecerdasan loh! Kemampuan berbahasa yang tertinggi adalah mencatat. Sebab, saat kamu telah mampu menuliskan pengetahuanmu, berarti kamu telah paham aspek membaca dan mendengar materi pelajaran yang disampaikan. Tertarik untuk menantang diri mencoba cara ini?

Back to Content ↑

6.Temukan Sistem Belajar yang Cocok Untukmu

Salah satu faktor tercapai suksesnya pembelajaran bagi individu adalah cara belajar yang tepat. Ada yang cocok dengan sistem mendengarkan, ada yang cukup membaca saja sudah paham, ada yang belajar harus sembari mengomunikasikan, dan ada juga cara belajar melalui catatan. Cobalah temukan kamu termasuk siswa dengan cara belajar seperti apa?

Jika belum tahu, kamu bisa menerapkan sistem belajar yang ada. Misalnya metode Feynman bisa kamu coba. Jika cocok, gunakanlah metode tersebut sepanjang masa studimu. Sementara jika belum menemukan sistem belajar yang tepat, kamu bisa mengadopsi atau mengombinasikan cara-cara belajar yang membuatmu nyaman.

Masa sekolah sangat penting untuk mendapatkan “kecanduan belajar”. Proses pembelajaran yang terus menerus berlangsung dapat membuatmu bosan jika belum menemukan cara belajar yang tepat. Pastikan menerapkan sistem belajar dengan benar karena hal ini sangat berpengaruh dalam proses menuju tujuan yang ingin kamu capai.

Back to Content ↑

Menjadi yang terbaik di kelas merupakan impian sebagian besar peserta didik. Tercapainya nilai memuaskan dengan ditambah bonus sebagai juara kelas menjadi kebanggan tersendiri bagi orang tua. Oleh karena itu, lakukan yang terbaik selama proses studimu berlangsung.