Skip to main content

Contoh Soal, Jenis, dan Tips Menjawab Tes Psikotes ala KitaLulus.com

Contoh Soal, Jenis, dan Tips Menjawab Tes Psikotes ala KitaLulus.com
Psikotes

Contoh Soal, Jenis, dan Tips Menjawab Tes Psikotes ala KitaLulus.com

Pada masa ini, psikotes bukan hanya sekedar tes psikologi saja, namun lebih dari itu. Fungsinya kini menjadi bertambah menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh semua pelamar kerja. Bagi Anda yang berniat untuk melamar pekerjaan dalam waktu dekat ini, tak ada salahnya jika Anda menyimak contoh soal, jenis, dan tips menjawab tes psikotes ala KitaLulus.com berikut ini.

Sekedar informasi, KitaLulus.com adalah salah satu platform pasang loker gratis, yang akan membantu para pencari kerja dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki. Bukan hanya itu saja, KitaLulus.com juga biasanya akan memberikan informasi dan juga tips mengenai bagaimana cara agar bisa diterima bekerja dengan baik. Seperti dengan contoh soal, jenis, dan juga tips yang akan dibahas berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Pengertian, Contoh Soal, Jenis dan Tips Menjawab Tes Psikotes

Psikotes sendiri merupakan salah satu tes yang dilakukan untuk mengetahui sejauhmana fungsi kognitif dan juga emosional dari diri seseorang. Biasanya, tes psikotes ini dilakukan dalam bentuk evaluasi dan juga tes tertulis. Baik itu dalam bentuk verbal, maupun visual, yang dilakukan oleh seorang psikolog.

Mengapa harus dilakukan psikotes? Pada umumnya, setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri mengenai kandidat dan pekerja yang sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan tersebut.

Dengan kata lain, selain menilai skill yang dimiliki oleh setiap pelamar, perusahaan juga merasa perlu untuk mengetahui karakter, atribut mental, pencapaian, kemampuan, fungsi neurologis, serta kepribadian dari setiap pelamar tersebut.

Oleh karena itulah, maka tes psikotes dianggap sebagai salah satu syarat wajib yang harus dilakukan oleh setiap pelamar, sebelum akhirnya diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan, hanya dengan mengikuti tes psikotes ini, karakter dan kepribadian seseorang bisa dinilai/diketahui dengan lebih mudah.

Dengan kata lain, jika Anda mengikuti tes psikotes yang diadakan oleh perusahaan tempat Anda melamar, maka proses lamar kerja jadi lebih mudah. Meskipun demikian, walaupun psikotes ini diadakan oleh perusahaan, namun tidak semua orang bisa menjadi pemeriksa dari hasil tes psikotes tersebut. Hanya orang-orang yang ahli dan terlatih saja yang bisa melakukannya, khususnya yang berkaitan dengan ilmu psikologi.

Oleh karena itu, maka Anda tak perlu heran, jika ternyata tes psikotes ini memang banyak dilakukan dengan mengikutsertakan seorang psikolog. Lalu bagaimana dengan contoh soal, jenis, dan tips menjawab tes psikotes tersebut? Anda tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan mengulas mengenai hal itu. Hanya pastikan saja bahwa Anda akan menyimak artikel ini hingga tuntas.

Back to Content ↑

Contoh Soal dan Jenis dari Psikotes

Pada umumnya, hasil dari psikotes akan digambarkan melalui skala angka, ataupun dinilai berdasarkan kategori. Dimana setiap soal tes yang diberikan akan membantu dalam mengobservasi tingkah laku dan kepribadian dari seseorang.

Secara garis besar, tes psikotes dibedakan berdasarkan beberapa jenis. Dimana jenis-jenis tes psikotes tersebut dinilai ataupun dikategorikan berdasarkan soal-soal psikotes yang diberikan. Untuk memudahkan Anda, KitaLulus.com, sebagai platform pasang loker gratis akan memberikan contoh soal, jenis dan tips menjawab tes psikotes, seperti yang bisa Anda simak di bawah ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Jenis Soal Verbal

Pada jenis tes psikotes verbal, Anda akan mendapatkan beberapa soal yang terdiri dari soal berupa sinonim, antonim dan juga analogi. Dimana sinonim diartikan sebagai bentuk persamaan kata, antonim adalah kebalikan kata, dan analogi diartikan sebagai korelasi makna. Contoh soal psikotes dari jenis verbal ini diantaranya:

Back to Content ↑

  • 1.1. Sinonim

    Sinonim diartikan sebagai persamaan kata. Dengan demikian, contoh soal dari tes psikotes verbal sinonim ini salah satunya seperti berikut ini:

    Mobilitas:

    1. Motivasi
    2. Dinamika
    3. Gerak
    4. Dorongan

    Jawabannya adalah Gerak

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Antonim

    Antonim diartikan sebagai kebalikan kata. Untuk contoh soal yang bisa Anda pelajari diantaranya sebagai berikut:

    Abstrak:

    1. Tidak berbentuk
    2. Niskala
    3. Berwujud
    4. Terlihat
    5. Mujarad

    Jawabannya: Berwujud

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Analogi

    Analogi dimaksudkan sebagai korelasi makna. Bagi Anda yang belum paham mengenai jenis psikotes verbal analogi ini, Anda bisa simak contoh soal, jenis dan tips menjawab tes psikotes seperti di bawah ini. Diantaranya:

    Burung – Sayap – Terbang

    1. Anjing – Lari –Ekor
    2. Cabai – Garam- Sayuran
    3. Diana – Penyanyi – Show
    4. Mesin – Bensin – Jalan
    5. Krimer – Gula – Kopi

    Jawabannya : Mesin – Bensin – Jalan

  • Back to Content ↑

2. Jenis Kraepelin/Pauli (Koran)

Merupakan jenis soal pada psikotes yang berisikan perhitungan sederhana, yang mana Anda diharuskan untuk menjumlahkan deretan angka-angka yang dimulai dari 0-9, yang disusun secara vertikal (dari atas ke bawah). Contohnya:

    2  3  5  6  7  3

    1  4  5  2  1  8

    2  7  9  5  2  3

    3  4  3  8  9  2

Jawabannya adalah: 8  18  22  21  19  16

Back to Content ↑

3. Jenis Psikotes Gambar

Pada jenis psikotes ini, Anda akan diminta untuk menggambar sebuah pohon maupun orang. Contoh soal untuk psikotes jenis ini yaitu:

  • Gambarlah pohon yang memiliki banyak ranting!
  • Gambarlah orang dengan postur tubuh yang lengkap!

Back to Content ↑

4. Jenis Wartegg

Psikotes jenis Wartegg merupakan jenis psikotes yang terdiri dari persegi panjang, yang mana dalam persegi panjang tersebut memiliki sedikitnya 8 kolom. Dimana dalam setiap kolom tersebut, Anda diminta untuk menggambar bentuk yang berbeda-beda, sesuai dengan keinginan Anda. Jenis tes psikologi Wartegg ini dikembangkan oleh Ehrig Wartegg. Salah satu contoh soal dari tes psikotes Wartegg diantaranya:

Gambarlah setiap kolom yang ada pada persegi panjang di bawah dengan 8 gambar yang berbeda!

Back to Content ↑

5. Jenis Aritmatika

Seperti namanya, jenis psikotes ini memang memberikan soal yang berupa hitungan angka. Biasanya dilakukan pada tes psikotes yang diadakan perusahaan yang bergerak di bidang data analisis, staf keuangan, software engineer, akuntan, dan yang lainnya. Contoh soal, jenis dan tips menjawab tes psikotes aritmatika ini diantaranya:

4, 7, 2, 4, 3, 7, 6

  1. 32
  2. 33
  3. 34
  4. 35
  5. 36

Jawabannya: 33

Back to Content ↑

6. Jenis Pengelompokan Kata

Untuk jenis terakhir, Anda mungkin akan diberikan soal psikotes untuk memilih kata mana saja yang ditulis secara benar. Misalnya:

  1. Fasiff
  2. Pasip
  3. Fasiv
  4. Pasiv
  5. Pasif

Jawabannya: Pasif

Back to Content ↑

Tips Menjawab Tes Psikotes Ala KitaLulus.com

Setelah Anda menyimak contoh soal psikotes yang bisa membuat proses lamar kerja lebih mudah, maka tentunya Anda perlu mengetahui mengenai tips-tips dalam menjawab sejumlah soal tes psikotes tersebut. Beberapa tips yang dimaksud diantaranya:

  • Siapkan mental dan fisik Anda untuk mengikuti psikotes tersebut
  • Pelajari terlebih dahulu beberapa contoh soal, jenis dan tips menjawab tes psikotes tersebut, sebelum Anda memulai untuk mengikuti psikotes yang sebenarnya
  • Jika Anda mengikuti tes psikotes secara online, ada baiknya Anda menyiapkan Hp Android/Smartphone, dengan jaringan internet yang stabil. Agar nantinya, koneksi tidak terputus, saat Anda tengah mengikuti tes psikotes yang diadakan oleh perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan

Back to Content ↑

Nah, Itu dia beberapa contoh soal, jenis dan tips menjawab tes psikotes ala KitaLulus.com. Jika Anda ingin lamaran Anda bisa langsung diterima perusahaan, sebaiknya Anda telah telah menyimak informasi di atas, serta mencari lowongan pekerjaan di platform yang tepat.

Dimana lagi tentunya jika bukan di platform KitaLulus.com, sebagai platform untuk lamar kerja lebih mudah. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!