Skip to main content

Apa Itu Jurusan DKV? dan Mengapa Jurusan DKV Semakin Banyak Diminati Selama Pandemi?

Apa Itu Jurusan DKV? dan Mengapa Jurusan DKV Semakin Banyak Diminati Selama Pandemi?
DKV

Apa Itu Jurusan DKV? dan Mengapa Jurusan DKV Semakin Banyak Diminati Selama Pandemi?

Seiring dengan adanya wabah pandemi beberapa waktu lalu, hal ini mau tak mau membuat semua aktivitas menjadi berubah dengan sendirinya. Termasuk diantaranya dalam hal karir dan profesi. Disadari ataupun tidak, profesi sebagai desain grafis dan content creator menjadi banyak dicari di masa pandemi ini, yang membuat jurusan DKV kini mulai banyak diminati. Namun apa itu jurusan DKV? Samakah dengan jurusan desain grafis pada umumnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu Anda perlu menyimak beberapa informasi penting di bawah ini. Barulah kemudian, Anda bisa menyimpulkan sendiri mengenai jurusan yang ada di dalam fakultas Seni dan Desain ini. Yuk check it out!

TOC / Daftar Isi

Pengertian dari Jurusan DKV, dan Perbedaannya dengan Desain Grafis

Secara garis besar, jurusan DKV merupakan salah satu jurusan yang berada di dalam fakultas Seni dan Desain. Bisa dibilang, jurusan inilah sebenarnya yang paling banyak diminati, jika dibandingkan dengan jurusan lainnya yang ada pada Fakultas Seni dan Desain tersebut.

DKV sendiri merupakan singkatan dari Desain Komunikasi Visual, yang mana dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari grafis, sekaligus ilmu komunikasi yang bisa Anda sampaikan dengan menggunakan beberapa elemen visual.

Masih bingung dengan jurusan DKV ini? Sebenarnya, DKV tak ubahnya dengan jurusan desain grafis yang mungkin telah lebih dulu Anda kenal. Hanya saja, jika pada jurusan DKV ini lebih diibaratkan sebagai salah satu jurusan yang merupakan pengembangan dari desain grafis.

Dalam arti, jika pada jurusan desain grafis, Anda hanya mempelajari tentang gambar 2D dan grafis, yang dituangkan dalam media cetak saja. Maka tidak demikian dengan jurusan DKV ini. Anda bukan hanya akan diberikan materi mengenai grafis saja, namun juga lebih dari itu. Dimana Anda bisa mempelajari ilmu komunikasi dan juga ekspresif secara lebih kreatif.

Tentunya dengan menggunakan beberapa elemen visual, yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menyampaikan sebuah pesan untuk tujuan-tujuan tertentu. Contohnya yaitu membuat sebuah iklan visual dengan tujuan branding, maupun promosi produk.

Dengan kata lain, jurusan DKV ini bisa dikatakan sebagai sebagai jurusan desain yang lebih kompleks, yang menggabungkan ilmu desain grafis, dengan ilmu komunikasi secara lebih spesifik. Bahkan kini, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini mulai banyak dikembangkan, dengan mengenalkan beberapa ilmu grafis lainnya. Salah satunya yaitu ilmu grafis 3D, yang bisa diaplikasikan pada media elektronik, serta web interaktif.

Hal ini dikarenakan, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan promosi produk tidak hanya sebatas dalam pembuatan sebuah grafik 2D di media cetak saja, namun lebih dari itu, seorang content creator dan juga desain grafis hendaknya bisa lebih menguasai ilmu komunikasi dan juga grafik 3D untuk menunjang pekerjaannya.

Back to Content ↑

Mengapa Jurusan DKV Menjadi Lebih Diminati di Masa Pandemi?

Tak bisa dipungkiri, bahwa dari sekian banyak profesi yang ada, profesi sebagai desain grafis dan content creator lebih banyak dicari saat ini, khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini. Sehingga hal ini memungkinkan jurusan DKV menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati pada masa ini.

Namun sebenarnya, bukan hanya kedua profesi tersebut saja, lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual juga bisa menekuni profesi sebagai fotografer, videografer, ilustrator, animator, art director, sinematografi, art stylist, dan yang lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa jurusan yang berada di Fakultas Seni dan Desain DKV ini menjadi lebih banyak diminati. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Sebagai Salah Satu Jurusan yang Bisa Menghasilkan Content Creator yang Handal

Tak bisa dipungkiri, bahwa profesi sebagai content creator menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati selama pandemi. Hal ini dikarenakan, profesi ini bisa dikerjakan di mana saja, meskipun di rumah sekalipun.

Dengan kata lain, pada saat diberlakukannya work from home saat pandemi, maka profesi content creator bisa menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya selama pandemi. Dengan banyaknya minat masyarakat terhadap profesi ini, maka hal ini secara langsung membuat jurusan DKV menjadi lebih banyak diminati selama pandemi.

Back to Content ↑

2. Bisa Menambah Penghasilan, Meskipun Masih dalam Status Sebagai Mahasiswa

Jika pada jurusan lainnya, Anda dituntut untuk bisa lulus kuliah terlebih dahulu, barulah bisa bekerja dan bisa memperoleh penghasilan. Namun tidak demikian halnya jika Anda memilih jurusan yang satu ini.

Karena selama Anda masih berstatus sebagai mahasiswa pun, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya yaitu dengan menjadi desain grafis freelance, content creator freelance, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

3. Ilmu dan Materi yang Diberikan Tidak Pernah Kehilangan Zaman

Dengan adanya beberapa pengembangan, jurusan DKV kini bukan hanya mempelajari desain grafis 2D saja. Bahkan kini, jurusan ini telah dilengkapi dengan pemberian materi berupa ilmu komunikasi visual dan grafik 3D, yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dengan kata lain, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini merupakan salah satu jurusan yang memberikan ilmu dan materi yang sesuai dengan kebutuhan zaman (up to date).

Back to Content ↑

4. Menawarkan Skill dan Keterampilan yang Beragam

Saat Anda memilih jurusan DKV, kemudian mencari tahu mengenai apa itu jurusan DKV, maka saat itu juga sebenarnya adalah kesempatan bagi Anda untuk mempelajari keterampilan yang beragam. Dalam arti, saat Anda memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini, Anda bukan hanya berpeluang untuk mempelajari skill desain grafis 2D saja, namun juga desain grafis 3D, hingga ilmu komunikasi dan juga ilmu mengenai pemasaran serta promosi produk.

Back to Content ↑

5. Sangat Cocok bagi Mahasiswa yang Tidak Menyukai Matematika

Meskipun bisa dikatakan, materi yang diberikan dalam jurusan ini terbilang banyak, namun sejauh ini, Anda tidak akan menemukan materi yang berkaitan dengan penghitungan Matematika. Dengan demikian, bagi Anda yang tidak begitu menyukai materi pelajaran yang satu ini, maka jurusan DKV bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hanya saja, karena DKV merupakan salah satu jurusan desain, maka kemampuan menggambar akan sangat dibutuhkan disini. Untuk itu, sebelum Anda memilih jurusan yang satu ini, dan mulai mencari tahu apa itu jurusan DKV, maka Anda perlu mengasah kemampuan menggambar Anda terlebih dahulu.

Back to Content ↑

Materi yang Dipelajari pada Jurusan DKV

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini, Anda akan diberikan materi berupa desain grafis 2D, 3D hingga ilmu komunikasi. Namun sebenarnya tidak hanya sebatas itu saja, ada beberapa materi lainnya yang bisa Anda pelajari di jurusan yang satu ini. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Dasar-dasar seni rupa, yang meliputi seni rupa 2D dan 3D
  • Tipografi
  • Ilustrasi
  • Fotografi
  • Psikologi, yang meliputi teori dan prinsip-prinsip psikologi yang bisa diterapkan pada bidang visual, serta
  • Ilmu komunikasi, yang meliputi ilmu dalam hal penyampaian informasi produk, iklan produk, hingga industri kreatif

Back to Content ↑

Itu dia beberapa informasi penting mengenai jurusan DKV ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam membedakan antara jurusan yang satu ini dengan jurusan desain grafis pada umumnya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!