Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Oppo A15s

Oppo A15s

Review Spesifikasi dan Harga Oppo A15s

Resmi dirilis pada tanggal 18 Desember 2020 lalu, Oppo A15s hadir dengan suguhan RAM yang besar, yaitu 4GB. Harga yang ditawarkan untuk dapat memboyong 1 unit smartphone ini juga cukup terjangkau dengan hanya berada di kisaran harga 2 jutaan saja.

Smartphone ini adalah varian dari seri A15 yang sampai saat ini masih diminati oleh banyak konsumen di Indonesia. Jika Anda merupakan salah satu peminat dari ponsel pintar ini, silahkan simak ulasan berikut. Kami akan mengulasnya secara lengkap, mulai dari spesifikasi, fitur dan juga harga.

1. Review Oppo A15s

Sebagai salah satu varian dari seri Oppo A15, tentu Oppo A15s memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Beberapa perbedaan yang ada terletak pada RAM, storage, dan kamera selfienya. Untuk mengetahui spesifikasi lebih lengkap, langsung saja simak ulasan di bawah ini:

1.1. Desain Body

Oppo A15s hadir dengan body belakang yang terbuat dari plastik polycarbonate. Terdapat 2 pilihan warna yang disediakan untuk smartphone seri ini, yaitu dynamic black dan juga mystery blue. Masih dari body belakang, triple camera dengan modul persegi terpasang di sisi kiri atas smartphone ini.

Tak ketinggalan LED flash juga melengkapi ketiga kamera tersebut. Agak ke turun sedikit ke arah tengah bawah terdapat sensor sidik jari yang cukup mudah dijangkau meskipun hanya dengan satu tangan. Jika dilihat, body belakangnya berkesan simpel dan bersih.

Kamera depan dari smartphone ini terletak dengan desain waterdrop atau berupa lengkungan kecil di bagian atas layarnya. Ketebalan dari smartphone ini hanya sekitar 7,9 mm saja dan masih terbilang cukup tipis. Sementara beratnya juga tergolong ringan dengan hanya mencapai 177 gram saja.

1.2. Display Layar

Layar di smartphone ini berukuran 6,52 inch dengan rasio screen-to-body mencapai 88,7%. Hasilnya, Oppo A15s memiliki bezel di kanan dan kiri yang cukup tipis. Begitupun di sisi atasnya yang juga cukup tipis dengan lengkungan kamera di tengahnya.

Sementara bezel di bagian bawah didesain cukup tebal, tetapi tidak akan mengganggu pengalaman menggunakan tombol navigasinya. Layar di HP ini memiliki resolusi 1600 x 720 pixels atau setara HD+. Meski belum mencapai resolusi FHD, tampilannya masih terbilang tajam dan nyaman dilihat.

Untuk panel yang digunakan berupa panel IPS LCD yang tentunya memiliki sudut pandang yang cukup luas. Sayangnya, layar Oppo A15s masih belum dilengkapi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass sehingga Anda perlu memasang tempered glass agar layarnya tidak mudah tergores.

1.3. Spesifikasi Hardware

Beralih ke sektor hardware, smartphone ini menggunakan chipset Mediatek Helio P35. Chipset ini sedikit lebih baik dari Snapdragon 625, tetapi belum bisa menyaingi Snapdragon 636. Untuk urusan pengolah grafis, smartphone ini menggunakan IMG GE8320.

Kecepatan CPU yang dihasilkan dari penggunaan chipset di atas bisa mencapai 2,3 GHz. Cukup tangguh untuk menjalankan game dan aplikasi terbaru. Oppo A15s juga menyediakan 2 slot SIM card dengan salah satunya digunakan bergantian dengan microSD.

Untuk keperluan multitasking dan ruang penyimpanan, seri terbaru dari Oppo ini sudah menggunakan RAM 4GB yang didukung internal storage sebesar 64 GB dan juga 128 GB. Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa mengoleksi banyak aplikasi untuk menunjang beragam aktivitas harian Anda.

1.4. Kamera

Di sektor kamera, smartphone ini mengusung triple kamera di belakang dengan rincian 13 MP wide camera, 2 MP macro censor, dan 2 MP depth censor. Anda bisa berkreasi menciptakan beragam mode foto dengan salah satunya mode bokeh, yaitu fokus ke objek utama dengan background blur.

Di sektor depan, kamera selfie beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2 yang siap digunakan untuk kebutuhan selfie atau video call. Kamera depan di smartphone ini mampu menghasilkan video 1080p30fps, begitupun kamera belakangnya.

Berbagai mode kamera juga tersedia di sini, mulai dari foto biasa, mode video, mode profesional, mode malam, mode panorama, potret, fotografi selang waktu, gerakan lambat, dll. Hal ini akan membuat Anda bebas berkreasi dengan kamera di smartphone ini.

1.5. Baterai

Baterai di smartphone ini berjenis Li-Poly dengan kapasitas sebesar 4.230 mAh. Kapasitas yang cukup untuk beraktivitas seharian tanpa perlu takut kehabisan. Untuk urusan pengisian daya, Oppo A15s sudah menggunakan teknologi fast charging 10W yang mampu mengisi daya lebih cepat.

Agar bisa digunakan seharian, sebaiknya Anda menggunakan smartphone ini dengan aktivitas ringan hingga sedang. Untuk pemakaian yang lebih berat seperti mengedit video, bermain game, atau streaming multimedia, sebaiknya selalu sediakan powerbank dan juga charger di dekatnya.

1.6. Fitur

Pembahasan dari segi fitur, seri A15s ini tidak jauh berbeda dengan A15 biasa. Mulai dari sensor (proximity, accelerometer), adanya fingerprint, dan juga masih tersedianya FM radio untuk mendengarkan siaran di saluran favorit Anda.

Sayangnya, smartphone ini masih menggunakan mini port USB biasa dan belum menggunakan USB type-C. Meski begitu Anda masih tetap bisa melakukan proses transfer yang dengan cukup cepat, begitupun mode fast chargingnya yang cukup efektif.

1.7. OS dan Software

Menggunakan tampilan antar muka khas Oppo, yaitu ColorOS 7.2 yang berjalan di atas sistem operasi Android 10 (Oreo) menjadikan smartphone ini cukup nyaman untuk digunakan. Semua fiturmya berfungsi dengan baik tanpa ada bug yang mengganggu.

Menggunakan kombinasi Android 10 dan juga ColorOS 7.2 dari Oppo ini sudah mampu menghadirkan fitur-fitur Android terbaru dengan sangat baik. Di sini Anda bisa menggunakan mode gelap (dark mode), split screen, floating notification, dll.

1.8. Kelengkapan Pembelian

Dalam paket pembeliannya, Anda akan mendapatkan beberapa barang utama dan juga tambahan sebagai pelengkap untuk penggunaan ke depannya. Barang-barang tersebut antara lain:

  • 1 unit smartphone OPPO X15s
  • 1 kabel USB
  • 1 adaptor (kepala charger)
  • SIM card ejector (jarum pembuka kartu SIM)
  • Buku panduan
  • Kartu garansi
  • Case smartphone (pelindung body smartphone)

1.9. Harga

Di beberapa toko online, smartphone ini dijual di kisaran harga Rp 2,3 jutaan saja. Harga yang masih terjangkau untuk kelas mid-range. Untuk harga offline, biasanya akan ada selisih sekitar 100 – 200 ribu lebih mahal dari harga onlinenya.

2. Spesifikasi Lengkap Oppo A15s

  • OS: Android 10 (Oreo) – ColorOS 7.2
  • Ukuran Layar: 6,52 inch
  • Resolusi Layar: 1600 x 720 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi)
  • Chipset: MediaTek Helio P35 (12 nm)
  • CPU: Octa-core 2,1 GHz
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Kamera Belakang:
    • 13 MP (lensa wide) PDAF
    • 2 MP (micro)
    • 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (wide)
  • Type Screen: AMOLED
  • RAM/Storage: 4/64GB, 4/128GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 4.230 mAh, (Fast charging 10W)
  • Type USB Type-C: No
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: No
  • Jaringan 5G: No
  • Harga Pasaran (Perkiraan): Rp. 2,3 – 2,5 juta

3. Penutup

Untuk memenuhi kebutuhan smartphone kelas menengah, Oppo A15s sudah cukup layak untuk digunakan. Meski sektor kamera dan juga baterainya bukan yang terbaik, kedua sektor tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!