Skip to main content

8 Aplikasi Pembuat Video Animasi

Pencil2D Animation

8 Aplikasi Pembuat Video Animasi

Konten animasi semakin hari kian dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari edukasi, materi promosi, presentasi, dll. Untuk membuatnya tentu dibutuhkan aplikasi pendukung dengan fitur yang lengkap. Aplikasi pembuat video animasi ini secara khusus akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pada praktiknya, ada cukup banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat video animasi. Jika Anda ingin aplikasi yang lebih powerful dan lengkap, maka aplikasi di PC bisa Anda pilih. Untuk penggunaan yang lebih sederhana, aplikasi pembuat animasi di HP bisa Anda pilih.

8 Aplikasi Pembuat Video Animasi

Ada 2 platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat video animasi, yaitu PC dan juga smartphone. Aplikasi-aplikasi berikut akan meliputi kedua platform tersebut. Langsung saja, inilah aplikasi pembuat video animasi yang bisa Anda gunakan:

1. Pencil2D Animation

Aplikasi pembuat animasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Pencil2D Animation. Aplikasi ini cukup sederhana untuk membuat video animasi 2 dimensi (2D) di PC Anda. Bagi pemula, ini adalah aplikasi yang cocok untuk digunakan karena memiliki tampilan dan tools editing yang simpel.

Jika Anda hobi menggambar karakter-karakter dalam komik, aplikasi ini bisa menjadi langkah awal untuk membuat versi animasinya. Memanfaatkan drawing tablets, Anda bisa menggambar karakter-karakter tersebut di aplikasi ini, lalu mengeditnya agar bisa bergerak sesuai keinginan.

Saat diunduh, aplikasi ini hanya berukuran sekitar 100MB saja. Penggunaannya pun tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Silahkan berkreasi sesuai keinginan Anda dan buat animasi 2D terbaik Anda.

2. Blender

Masih untuk PC, aplikasi pembuat video animasi berikutnya bernama Blender yang merupakan salah satu aplikasi open source. Aplikasi ini kompatibel digunakan untuk Windows, Linux hingga MacOS. Fitur-fitur di dalam aplikasi ini cukup lengkap untuk membuat animasi.

Tidak hanya bagi pemula, aplikasi ini bahkan masih diandalkan oleh kalangan profesional untuk mengembangkan animasinya. Fiturnya yang lengkap, serta pengoperasiannya yang cukup mudah membuat aplikasi ini diminati oleh berbagai elemen pengguna.

Selain animasi, aplikasi ini sering juga dimanfaatkan untuk membuat model 3D, motion tracking, game, dan sebagainya. Kemampuannya ini membuat Blender bisa menjadi aplikasi pembuat video animasi terbaik yang wajib Anda miliki di PC atau laptop.

3. DAZ Studio

DAZ Studio adalah aplikasi pembuat video animasi yang bisa Anda gunakan secara gratis. Di sini, Anda bebas berkreasi menghasilkan video animasi dengan durasi tertentu. Tools yang bisa digunakan juga cukup lengkap sehingga Anda bisa membuat animasi 3D yang keren.

Efek 3D yang bisa dihasilkan di sini meliputi render, pose dengan tingkat tekstur sampai ke kulit, hingga pembuatan animasi model. Anda tidak akan bingung dalam waktu yang lama, karena aplikasi ini cukup mudah untuk dioperasikan bahkan untuk pemula sekalipun.

Hal itu terlihat dari user interface dan juga peletakan tools di aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Bagi Anda yang menggunakan Windows 64 bit, minimal RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah 3GB.

4. Synfig Studio

Satu lagi aplikasi pembuat video animasi yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa berlangganan adalah Synfig Studio. Memiliki mekanisme yang hampir sama dengan Pencil2D Animation, aplikasi ini juga mampu menghasilkan animasi 2D yang keren.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat animasi bergaya seperti AnimasiNopal di Youtube. Animasi yang terbilang simpel namun tetap berkesan. Sayangnya, tampilan antar muka di aplikasi ini masih terkesan jadul sehingga pihak Synfig Studio membuatkan video training di laman resminya.

DI sini, Anda bisa menambah geometris, memberi distorsi, menggunakan berbagai efek, serta transformasi dan berbagai penyesuaian lainnya. Ada juga gambar vektor dan juga bitmap yang tersedia di aplikasi ini untuk dibuat video cut outnya.

5. Maya

Aplikasi Maya merupakan aplikasi pembuat animasi, pemodelan, simulasi, serta render 3D yang cukup terkemuka. Aplikasi ini juga cukup sering digunakan oleh para animator profesional dan juga perusahaan animasi untuk menghasilkan karya animasi 3D tingkat tinggi.

Banyak tools bisa Anda terapkan di aplikasi ini. Silahkan berkreasi dalam membuat animasi, karakter, lingkungan, hingga realitas virtual. Salah satu tool setnya, yaitu MASH, bisa Anda gunakan untuk menambah node baru. Node tersebut terdiri dari kurva, placer, dunia, sinyal, dll.

Agar penggunaan aplikasi ini lebih maksimal, sebaiknya Anda menggunakan PC atau laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Dengan begitu proses rendering dapat berjalan dengan normal. Selain itu, Anda juga bisa membuat video animasi dengan durasi yang lebih panjang.

6. Draw Cartoons 2

Beralih ke aplikasi pembuat video animasi untuk smartphone, kali ini ada Draw Cartoons 2 yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Zalivka Mobile Cartoons dan bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store dengan ukuran file sekitar 75MB.

Disini, Anda bisa membuat animasi dengan mudah. Jika Anda tidak ingin membuat desain karakter sendiri, maka Anda bisa menggunakan template karakter yang sudah disediakan oleh aplikasi Draw Cartoons 2 ini. Karakter tersebut selanjutnya bisa Anda atur sedemikian rupa pergerakannya.

Dari video animasi yang sudah Anda buat, Anda juga bisa menambahkan voice over di dalamnya. Selanjutnya, file bisa Anda simpan dalam format mp4. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan kesatuan video animasi yang utuh dan bisa dinikmati secara audiovisual.

7. FlipaClip

Meski ukurannya hanya 31MB, aplikasi FlipaClip ini tidak bisa dianggap remeh. Aplikasi pembuat video animasi besutan Visual Blaster ini menawarkan user interface yang sederhana tetapi memungkinkan Anda untuk membuat sketsa, storyboard dan juga animasi di dalamnya.

Aplikasi ini bisa digunakan di hampir semua platform mobile, tak terkecuali untuk perangkat Samsung yang memiliki stylus untuk pengoperasiannya. Setelah video berhasil dibuat, Anda bisa menyimpan file tersebut ke dalam format mp4 maupun GIF, serta membagikannya ke berbagai media sosial.

Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store. Anda juga tidak perlu berlangganan untuk menggunakan fitur-fitur di dalamnya. Salurkan kreativitas Anda di dalam aplikasi ini dan hasilkan video animasi yang menarik.

8. Stick Nodes

Stick Nodes adalah aplikasi pembuat video animasi yang lebih mengedepankan karakter stick sebagai karakter di dalamnya. Karakter seperti ini mengingatkan kita pada game atau animasi stickman yang dahulu sering kita temui dalam bentuk flash player.

Untuk mengunduhnya, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu di Google Play Store. Ukurannya juga tidak akan membuat memori di HP Anda penuh karena hanya mencapai 25MB saja. Buatlah animasi stick yang simpel namun tetap berkesan saat dilihat.

Penutup

Berbagai aplikasi pembuat video animasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak hanya aplikasi dengan kemampuan tingkat tinggi, tetapi juga aplikasi yang lebih simpel dan bisa Anda gunakan di smartphone. Silahkan pilih sesuai kebutuhan animasi yang ingin Anda buat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!