Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

9 Ragam Budaya Indonesia yang Terkenal Mendunia

9 Ragam Budaya Indonesia yang Terkenal Mendunia
9 Ragam Budaya Indonesia yang Terkenal Mendunia

9 Ragam Budaya Indonesia yang Terkenal Mendunia

Setiap negara jelas mempunyai perbedaan dengan negara lainnya dari berbagai macam segi. Salah satunya dapat dilihat dengan menggunakan budaya yang dimiliki. Perbedaan ini dapat terlihat secara signifikan jika membuat perbedaan antara satu negara dengan negara lainnya. Tentunya, budaya Indonesia juga tidak kalah menarik untuk diketahui lebih lanjut lagi.

Ada berbagai macam hal yang berbeda dengan negara lainnya. Hal ini wajar terjadi mengingat negara Indonesia merupakan negara yang kaya dari berbagai macam segi. Tidak hanya mempesona dari segi keindahan alam yang ditawarkan saja. Negara Indonesia juga mempunyai banyak pesona jika dilihat dari segi budaya yang dimiliki. Karena itu, banyak turis yang suka ke Indonesia.

TOC / Daftar Isi

9 Budaya Indonesia yang Terkenal Mendunia

Tentunya, setiap indonesian culture mempunyai nilai keunikannya tersendiri. Ada berbagai macam budaya indonesia yang terkenal. Tidak hanya dari segi kesenian, budaya juga terkenal dari segi makanan hingga ke berbagai macam alat musik. Bahkan, ada juga senjata tradisional yang terkenal hingga ke luar negeri juga. Berikut ini beberapa budaya indonesia yang dikenal mendunia. Yuk Check it out!

Back to Content ↑

1. Wayang

Salah satu dari banyaknya budaya yang orang kenal adalah wayang. Kesenian yang satu ini merupakan bentuk pertunjukan dimana ada seorang dalang yang akan memainkan peran. Biasanya, akan diiringi dengan kehadiran dari musik gamelan dan tambahan suara pesinden. Ada berbagai macam kisah yang akan dilakonkan menggunakan wayang. Bisa berupa Petruk, Gareng atau Bagong.

Untuk bukti kebudayaan yang sudah mendunia ini, Wayang diakui oleh UNESCO pada tahun 2003. Ada banyak orang asing yang sudah mulai mempelajari kesenian dari tanah Jawa ini. Beberapa juga tinggal di daerah tertentu untuk mendalami ilmu kesenian wayang. Jadi, memang bukan hal asing lagi jika Anda melihat banyak turis yang menyaksikan pertunjukan wayang juga.

Back to Content ↑

2. Angklung

Orang juga mengenal angklung sebagai salah satu bagian dari budaya yang mendunia. Tentunya, hal ini wajar terjadi mengingat angklung dimainkan dalam berbagai macam acara adat Indonesia. Alat musik tradisional ini mempunyai nada ganda yang dimainkan dengan cara digoyang. Sama seperti wayang, angklung juga sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai World Heritage.

Alat musik yang satu ini memang menjadi warisan budaya alat musik yang digemari banyak negara. Tidak hanya Indonesia saja yang banyak memainkan angklung dalam berbagai macam acara. Ada banyak negara lainnya yang juga mempelajari cara memakai angklung yang sesuai. Contohnya ada di beberapa negara seperti Korea kemudian Jepang dan juga Malaysia.

Back to Content ↑

3. Keris

Selain itu, keris juga menjadi bagian dari budaya yang mendunia. Senjata tradisional ini mengandung kekuatan magis atau juga supranatural. Hal ini yang membuatnya menjadi berbeda dengan senjata lainnya. Keris memang sering digunakan anggota kerajaan untuk senjata pusaka. Bahkan, sudah digunakan sejak abad ke 9. Keris juga terkenal karena terbuat dari logam berkualitas.

Beberapa juga terkenal karena ditemukan bahan logam meteor dalam keris. Untuk gagangnya sendiri dibuat menggunakan tulang belulang. Karena itu, keris cenderung berbeda dengan berbagai macam senjata lainnya. UNESCO sendiri sudah mengakui keris sebagai bagian dari indonesian culture. Ada sertifikat sendiri untuk melakukan keris yang diberikan tanggal 25 November 2005.

Back to Content ↑

4. Tari Saman

Tari Saman juga menjadi salah satu hal yang dikenal oleh banyak orang. Tarian dari suku Gayo ini mempunyai nilai istimewanya sendiri. Tentunya, tari saman juga banyak digunakan dalam kepentingan merayakan peristiwa penting. Syair yang digunakan juga menggunakan campuran bahasa. Karena itu, menjadi tambah menarik untuk diketahui juga.

Syair dalam tari saman jelas berbeda dengan berbagai macam syair lainnya. Hal ini dikarenakan syair menggunakan campuran dari bahasa Arab dan juga Gayo. Gerakan ini menjadi terkenal karena hanya fokus pada tepuk tangan sementara anggota tubuh lainnya tidak bergerak. Tari saman juga sudah diakui sebagai daftar warisan budaya.

Back to Content ↑

5. Batik

Jelas halnya kalau batik tidak boleh dilewatkan jika membicarakan masalah budaya atau adat Indonesia. Bahkan, dapat dikatakan sebagai ikon dari negara Indonesia sendiri. Karena itu, ada banyak wisatawan yang pastinya membeli batik. Hal ini dikarenakan batik sangat unik dan sudah dikenal dari zaman kerajaan majapahit. Masih banyak batik yang menggunakan canting juga.

Back to Content ↑

6. Rendang

Tidak hanya kesenian tersebut saja yang penting untuk diketahui. Anda juga harus tahu kalau budaya dari Indonesia yang mendunia lainnya adalah rendang. Kuliner khas dunia ini memang mempunyai rasa yang lezat. Bahkan, disukai oleh semua orang Indonesia karena mempunyai rasa menarik juga. Makanan yang satu ini berasal dari Pariangan Padang dan mempunyai cita rasa khas.

Rendang adalah makanan yang terbuat dari daging dan juga rempah-rempah. Secara umum akan menggunakan daging sapi yang kenyal. Karena menggunakan banyak rempah, rasanya cukup pedas. Namun, akan sangat cocok ketika digabungkan dengan nasi panas. Tentunya, rendang juga dinikmati oleh banyak orang karena harganya yang cukup terjangkau.

Back to Content ↑

7. Gado-gado

Salah satu bagian budaya Indonesia lainnya jika dilihat dari segi makanan juga ada pada Gado-gado. Masakan Indonesia ini sudah mendunia dan dijadikan sebagai bagian budaya. Isi makanannya yang dicampur-campur membuat makanan menjadi unik. Selain itu, menggunakan sambal kacang yang rasanya unik untuk wisatawan atau turis sendiri.

Isi dari Gado-gado adalah masakan berupa sayur rebus kemudian isian telur dan juga sedikit bawang goreng. Setelah itu, akan langsung disiram menggunakan sambal kacang. Beberapa juga menambahkan lontong dan kerupuk untuk pelengkap Gado-gado sendiri. Makanan ini bahkan sudah diakui dalam estetika menurut International Cooking Competition.

Back to Content ↑

8. Soto

Makanan lain yang tidak ada di luar negeri dan dianggap sebagai bagian dari budaya adalah soto. Makanan khas satu ini sudah mendunia karena rasanya yang unik. Ada berbagai macam pilihan untuk soto tergantung pada daerahnya. Karena rasa yang terus berbeda satu dengan lainnya, orang semakin tertarik dengan soto dan membuatnya terkenal di luar negeri juga.

Untuk soto sendiri, ada berbagai pilihan soto yang menarik bagi orang luar. Ada kuah bening kemudian soto babat. Ada juga kuah santan hingga ke soto mie atau soto tangkar. Selain itu, cara menikmatinya juga unik karena ada yang menambahkan mie atau bihun hingga ke nasi.

Back to Content ↑

9. Gamelan

Pesona lainnya dari segi budaya tidak hanya ada pada Angklung saja. Banyak negara yang juga mengenal gamelan dan menjadikan alat musik ini sebagai hal yang harus dipelajari. Salah satunya adalah New Zealand School of Music. Gamelan ini dapat menghasilkan musik yang indah dan cara mainnya hanya dengan dipukul. Namun, harus memperhatikan musiknya dengan baik.

Back to Content ↑

Demikian informasi berkaitan dengan budaya Indonesia yang perlu Anda ketahui. Dengan mencari tahu informasi budaya lewat https://indonesiancultures.com/ Anda dapat mengenal lebih dalam terkait Indonesia. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!