Skip to main content

Peran Yayasan Pemberantas Kemiskinan dalam Membangun Negeri

Peran Yayasan Pemberantas Kemiskinan dalam Membangun Negeri
Peran Yayasan Pemberantas Kemiskinan dalam Membangun Negeri
Images source: Pondokkasih.org

Peran Yayasan Pemberantas Kemiskinan dalam Membangun Negeri

Faktor kemiskinan memang rentan terjadi pada hampir setiap negara berkembang. Meskipun demikian, bukan berarti kemiskinan ini tidak bisa sedikit dikurangi, bahkan mungkin diberantas. Selain pemerintah, ada peran dari lembaga kemanusiaan dan juga yayasan pemberantas kemiskinan yang tidak boleh dilupakan.

Beberapa lembaga dan yayasan tersebut melakukan berbagai program yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di tanah air. Baik itu yang diwujudkan dalam bentuk sebuah yayasan amal, maupun sebagai yayasan yang peduli terhadap bidang pendidikan, anak-anak terlantar, dan yang lainnya.

TOC / Daftar Isi

Peran Yayasan Pemberantas Kemiskinan dalam Membangun Negeri

Meskipun perannya hanya sebagai lembaga/yayasan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa peran dari yayasan ini menjadi paling dominan, dan paling dibutuhkan saat ini.

Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena hampir dari seperempat rakyat Indonesia, masih berada di bawah garis kemiskinan. Dengan demikian, faktor kemiskinan masih menjadi hal yang penting, yang memang memerlukan tindakan penanggulangan yang cermat, dan juga tepat sasaran.

Meskipun memang, pemerintah tak pernah berhenti untuk selalu membuat program-program baru yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan. Namun tetap saja, angka kemiskinan tidak mengalami penurunan yang signifikan.

Beruntungnya lagi, hingga kini telah banyak yayasan pemberantas kemiskinan dan lembaga kemanusiaan lainnya yang peduli mengenai hal tersebut. Di mana lembaga dan yayasan tersebut tak pernah ketinggalan untuk membuat sebuah program baru, dengan tujuan untuk sedikit mengurangi jumlah masyarakat miskin di tanah air ini.

Beberapa di antaranya bahkan sekaligus berperan sebagai yayasan amal, yang senantiasa memberikan bantuan kepada masyarakat setempat. Baik itu bantuan berupa kebutuhan pokok sehari-hari, dan yang lainnya.

Namun ada juga yayasan yang tidak hanya fokus pada pemberantasan kemiskinan saja. Ada juga yayasan serupa yang sekaligus berperan sebagai yayasan untuk amal, hingga berperan sebagai panti asuhan.

Seperti salah satunya Yayasan Pondok Kasih, yang menjadi yayasan untuk amal, yayasan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan, hingga sebagai panti asuhan Surabaya. Karena memang lokasi dari yayasan ini berada di kota Surabaya.

Dengan kata lain, peran yayasan-yayasan dan lembaga-lembaga kemanusiaan tersebut memiliki peran yang cukup penting dalam pembangunan. Di mana lembaga dan yayasan-yayasan tersebut senantiasa berupaya untuk membangun negeri dengan cara-cara seperti berikut:

Back to Content ↑

1. Membantu dalam Upaya Pemberantasan Kemiskinan

Cara yang pertama dan yang paling utama dari didirikannya berbagai yayasan pemberantas kemiskinan tentu saja untuk mengurangi, bahkan mungkin bisa memberantas angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Sejumlah upaya yang dilakukan biasanya meliputi pemberian bantuan, serta bertindak sebagai yayasan amal, menjalin kerja sama dengan lembaga kemanusiaan tingkat nasional dan juga internasional dalam menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan, dan yang lainnya

Back to Content ↑

2. Menyediakan Pendidikan Secara Gratis

Meskipun memang, program pendidikan gratis ini hanya diberikan pada masyarakat miskin yang berada di wilayah tertentu dan dalam skala terbatas. Namun hal ini bisa membuktikan bahwa selain sebagai yayasan amal, yayasan dan lembaga-lembaga tersebut memang peduli terhadap pendidikan anak-anak Indonesia, yang diwujudkan dengan membuat sebuah program pendidikan gratis.

Back to Content ↑

3. Memelihara dan Merawat Anak-Anak Terlantar

Selain dengan 2 cara di atas, beberapa lembaga kemanusiaan dan juga yayasan serupa juga senantiasa untuk berupaya memberikan perlindungan, hingga jaminan bagi anak-anak terlantar. Khususnya anak-anak yang memang tidak memiliki orang tua, dengan membangun sebuah panti asuhan.

Seperti salah satu yayasan di Surabaya yang bernama Yayasan Pondok Kasih, yang mendirikan panti asuhan Surabaya. Di mana panti asuhan yang satu ini diperuntukkan bagi anak-anak yang tidak memiliki orang tua, maupun yang sengaja ditinggalkan oleh orang tua mereka (Unwanted Children).

Back to Content ↑

4. Merawat dan Melindungi Orang-Orang Jompo (Lansia)

Meskipun mungkin, hal tersebut terkadang menjadi hal yang terlupakan. Namun sebenarnya, merawat dan melindungi orang-orang jompo/lansia juga sebenarnya merupakan salah satu cara untuk membangun negeri, yang dilakukan oleh beberapa lembaga dan yayasan, yang memang peduli terhadap kesejahteraan para lansia.

Hal ini dikarenakan, bahwa tidaklah mungkin akan lahir generasi-generasi muda yang cerdas dan kreatif, jika bukan karena peran dari orang tua mereka, yang mungkin kini telah menjadi lansia. Maka dari itu, para generasi muda hendaknya tidak melupakan hal tersebut. Salah satu caranya tentunya dengan mendirikan panti jompo.

Di mana panti jompo ini memang dikhususkan bagi lansia yang sudah tidak memiliki sanak saudara, maupun bagi lansia yang memiliki anak yang terlalu sibuk. Sehingga akhirnya dengan persetujuan dari orang tua dan anak itu sendiri, maka mereka menitipkannya di panti jompo.

Back to Content ↑

5. Memberikan Layanan Kesehatan Gratis

Selain sebagai yayasan amal, dan juga yayasan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan. Peran dari beberapa yayasan dan lembaga-lembaga tersebut dalam membangun negeri juga diwujudkan dalam membuat program-program yang berkaitan dengan kesehatan. Misalnya dengan memberikan layanan konsultasi dan pengobatan gratis, pemberian vaksin Covid 19, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

Yayasan Pondok Kasih, Yayasan Pemberantas Kemiskinan Surabaya

Dari sekian banyak lembaga kemanusiaan dan juga yayasan pemberantas kemiskinan, Yayasan Pondok Kasih merupakan salah satu di antaranya. Yayasan yang berlokasi di jalan Kendangsari II/82 Surabaya ini didirikan pada tahun 1991 oleh seorang perempuan asal Surabaya yang bernama Dr Hana Amalia Vandayani Ananda D.Min.

Perempuan yang akrab disapa Mama Hana ini mulai membangun Yayasan Pondok Kasih dengan terlebih dahulu mendirikan sebuah panti jompo. Barulah kemudian, yayasan yang kini dikenal sebagai yayasan pemberantas kemiskinan ini akhirnya mendirikan panti asuhan, yang ditujukan bagi anak-anak terlantar, dan yang tidak memiliki ataupun yang tidak diinginkan orang tua mereka (Unwanted Children).

Peran Yayasan Pondok Kasih sebagai yayasan amal mulai diwujudkan saat Indonesia mulai menghadapi krisis, sebelum adanya krisis moneter di tahun 1998. Di mana pada masa itu, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, dikarenakan harga kebutuhan pokok yang semakin mahal, serta pendapatan masyarakat yang tidak mencukupi.

Karena alasan tersebut, Yayasan Pondok Kasih akhirnya membuat sebuah program untuk memberikan bantuan ke masyarakat setempat. Tepatnya pada tahun 1996, dua tahun sebelum terjadinya krisis moneter.

Hingga kini, program tersebut masih berjalan. Selain program-program tersebut, yayasan yang kini mendapatkan dukungan penuh dari Indonesia Relief Fund dan juga World Blessing ini juga senantiasa melakukan berbagai upaya untuk memberantas angka kemiskinan di Indonesia melalui program-program lainnya. Seperti di antaranya:

  • Mobil Pintar. Merupakan program yang ditujukan untuk memberikan pendidikan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. Dengan berbagai edukasi dan hiburan yang diadakan melalui mobil pintar ini. Masyarakat bisa mendapatkan hiburan serta pendidikan secara gratis
  • Program Perlindungan Hak Sipil. Merupakan program perlindungan hukum bagi masyarakat sipil yang tidak mampu. Khususnya bagi masyarakat yang menjadi korban pelanggaran hak sipil
  • Festival Pemuda. Selain bergerak sebagai yayasan amal, Yayasan Pondok Kasih juga tak pernah lupa untuk selalu memberikan apresiasi bagi para pemuda dan pemudi Indonesia, melalui acara festival pemuda, yang diadakan setiap satu tahun sekali
  • Program Sekolah Online. Program pendidikan yang satu ini mengacu kepada keputusan pemerintah yang memberlakukan sistem sekolah online, selama pandemi Covid 19
  • Proyek Taman Lubang Kunci (Keyhole Garden). Merupakan proyek kerja sama dengan Go Hawai, dengan membuat sebuah kebun/taman lubang kunci, yang digunakan untuk menanam sayur-sayuran ,untuk memenuhi kebutuhan anggota panti jompo dan panti asuhan, hingga masyarakat sekitar
  • Program Layanan Kesehatan. Merupakan program rutin yang dilakukan, sebagai upaya untuk melayani kesehatan masyarakat secara gratis

Back to Content ↑

Dengan berbagai program amal dan kemanusiaan tersebut. Maka tak heran, jika akhirnya Yayasan Pondok Kasih dikenal sebagai yayasan pemberantas kemiskinan. Karena dengan program-program tersebut, secara tidak langsung bisa mengurangi angka kemiskinan di Indonesia ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!