Skip to main content

Manfaat dan Cara Membuat Website untuk Bisnis

Manfaat dan Cara Membuat Website untuk Bisnis
Manfaat dan Cara Membuat Website untuk Bisnis
Images source: Pixabay.com

Manfaat dan Cara Membuat Website untuk Bisnis

Memiliki suatu bisnis tentunya akan membuat Anda,harus memikirkan mengenai bagaimana bisnis tersebut bisa berjalan. Namun selain itu, sebenarnya Anda juga perlu memikirkan bagaimana caranya agar bisnis tersebut bisa maju dan berkembang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda tersebut, tentunya dengan membuat sebuah website. Ada banyak manfaat membuat website untuk bisnis, yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah website untuk bisnis, ada baiknya Anda juga mengetahui sejumlah manfaat dari website bisnis tersebut. Agar nantinya, Anda bisa merasa yakin, bahwa membuat sebuah website untuk bisnis, adalah sebuah keputusan yang tepat. Baik untuk Anda sendiri, maupun untuk bisnis yang Anda jalankan.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?

Manfaat Membuat Website untuk Bisnis yang Perlu Anda Ketahui!

Mengutip dari situs tvonenews, bahwa membuat sebuah website khusus untuk bisnis, bisa menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun sebenarnya bukan hanya sebatas itu saja. Karena ada beragam manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh, jika Anda membuat sebuah website khusus bisnis ini. Berikut beberapa diantaranya:

Back to Content ↑

1. Media Promosi yang Paling Tepat

Tak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, membuat semua aktivitas bisnis bisa dilakukan melalui digital serta jejaring internet. Salah satunya dengan aktivitas promosi yang mungkin saja, dalam beberapa tahun sebelumnya, Anda hanya bisa mendapati sejumlah iklan di berbagai media elektronik dan media massa saja.

Maka kini, jangkauannya menjadi lebih luas lagi, dimana Anda bisa melakukan promosi melalui website serta sosial media. Bisa dibilang, cara ini menjadi langkah yang paling efektif dalam mengenalkan suatu produk/brand.

Karena memang, dari hari ke hari, jumlah orang yang menggunakan internet, bisa dibilang melebihi jumlah orang yang tidak mengenal teknologi digital dan internet tersebut, dalam kehidupannya sehari-hari.

Dalam arti, pada masa ini, sangat sulit untuk menemukan orang yang tidak menggunakan smartphone maupun produk-produk digital lainnya, yang berkaitan dengan internet. Dimana dengan teknologi digital dan internet tersebut, secara langsung, bisa membuat orang-orang bisa dengan mudah melihat, dan menemukan brand/produk yang Anda promosikan di website yang Anda miliki.

Back to Content ↑

2. Bisa Menarik Banyak Konsumen

Dengan promosi yang menarik, yang Anda lakukan pada website bisnis Anda, hal ini akan membuat orang-orang akan merasa tertarik untuk mengunjungi website Anda. Bahkan mungkin, dari sekian banyak pengunjung website Anda tersebut, beberapa diantaranya juga akan mulai tertarik dengan brand/produk yang dipromosikan pada website bisnis Anda tersebut.

Dengan demikian, manfaat membuat website untuk bisnis lainnya yang akan Anda peroleh nantinya, yaitu memiliki konsumen dengan jumlah yang lebih banyak. Bahkan mungkin, akan lebih banyak dari jumlah konsumen yang Anda miliki, sebelum Anda membuat sebuah website bisnis.

Back to Content ↑

3. Memudahkan Konsumen dalam Mengenal Produk

Bukan hanya dengan menampilkan produk saja, Anda juga bisa mengenalkan produk Anda tersebut, dalam website bisnis yang Anda buat. Pengenalan produk tersebut meliputi deskripsi produk, harga, review, hingga cara pemakaian produk, jika memang memungkinkan.

Hal ini akan memudahkan konsumen dalam mengenal produk yang akan mereka beli nantinya. Namun sebenarnya, cara ini juga bisa memudahkan Anda sebagai owner brand. Karena dengan begitu, konsumen tidak akan bertanya lagi mengenai deskripsi produk yang dijual, dan Anda tidak perlu lagi untuk memberikan penjelasan panjang lebar mengenai hal tersebut. Karena semuanya telah dijelaskan dalam deskripsi produk, yang ada pada website bisnis yang Anda buat sebelumnya.

Back to Content ↑

4. Memberikan Kenyamanan Pada Konsumen untuk Berbelanja Secara Online

Dengan memiliki sebuah website bisnis, Anda bisa memberikan kebebasan bagi konsumen Anda, untuk berbelanja secara online. Dengan demikian, konsumen Anda tidak perlu lagi datang ke toko, hanya untuk melihat katalog maupun berbelanja.

Bahkan dengan sistem online yang didukung oleh adanya website ini juga, memungkinkan konsumen bisa melakukan pembayaran secara online, dengan memilih metode pembayaran yang sesuai dengan yang Anda gunakan.

Back to Content ↑

5. Hemat Biaya

Meskipun pada umumnya, pemilik produk yang membuat website untuk bisnis ini memiliki gerai khusus yang melayani pembelian secara offline. Namun tak menutup kemungkinan, bahwa website untuk bisnis ini bisa Anda buat, meskipun Anda tidak memiliki gerai khusus.

Dalam arti, dengan website bisnis, Anda bisa mengelola penjualan produk secara online, tanpa harus menyetok barang/produk dalam gerai khusus. Dengan demikian, salah satu manfaat membuat website untuk bisnis ini adalah bisa menghemat biaya. Khususnya biaya untuk membuat gerai produk.

Back to Content ↑

6. Bisa Ditemukan Mesin Pencari

Bagi website bisnis yang telah dioptimasi, pada umumnya, website tersebut bisa dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Bahkan mungkin bisa berada di urutan pertama pencarian (Landing page).

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengoptimasi website bisnis Anda, segera setelah dibuat. Hal ini tentunya berkaitan dengan jumlah pengunjung yang akan masuk ke website Anda, dan juga jumlah konsumen yang Anda miliki nantinya, serta perkembangan bisnis Anda untuk kedepannya.

Back to Content ↑

Cara Membuat Website untuk Bisnis

Setelah Anda mengetahui mengenai apa saja manfaat dari website bisnis Anda, maka Anda tak perlu berlama-lama lagi, untuk segera membuat sebuah website untuk bisnis Anda. Bagi Anda yang belum tahu cara untuk membuatnya, berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Menentukan Jenis Website

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat website adalah dengan menentukan jenis dari website itu sendiri. Dimana ada banyak jenis website yang bisa menjadi pilihan. Baik itu website pribadi, website perusahaan/instansi, website sekolah, bisnis/toko online, dan yang lainnya. Karena Anda berniat untuk membuat website untuk bisnis, maka tentu saja, jenis website yang Anda pilih yaitu website bisnis/toko online.

Back to Content ↑

2. Memilih Hosting dan Juga Nama Domain

Setelah memilih jenis website, maka selanjutnya Anda bisa memilih hosting dan nama domain yang akan Anda gunakan. Hingga kini, ada banyak hosting yang tersedia secara gratis. Namun agar bisa lebih mengoptimalkan kinerja dari website bisnis yang Anda miliki, maka akan lebih baik jika Anda memilih hosting berbayar.

Sementara untuk nama domain, usahakan agar Anda memilih nama domain yang relevan dengan bisnis yang Anda jalani. Misalnya Jualkosmetikmurah.com, untuk bisnis kosmetik yang Anda miliki, Grosirfashion.com, bagi yang memiliki bisnis fashion, serta Sparepartmotor.com, bagi Anda yang menekuni bisnis penjualan sparepart motor, dan yang lainnya.

Back to Content ↑

3. Melakukan Pengaturan Hosting dan Domain

Bagi Anda yang memilih hosting dan nama domain dari provider tertentu, biasanya pihak provider akan memberitahukan bagaimana cara melakukan pengaturan hosting dan domain pada website bisnis yang telah Anda buat. Biasanya, proses ini dilakukan dengan menggunakan CPanel.

Untuk mendapatkan CPanel ini, biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Namun ada juga beberapa hosting yang juga menawarkan Cpanel secara gratis. Anda bisa memilih, apakah akan membeli hosting + CPanel, ataukah akan membeli hosting, dengan CPanel yang terpisah.

Back to Content ↑

4. Mendesain Tema dan Memasang Plugin

Sebenarnya langkah-langkah diatas, bisa dikatakan cukup untuk membuat serta menjalankan sebuah website bisnis. Namun agar tampilan website yang telah Anda buat tersebut, bisa terlihat menarik. Maka Anda bisa mendesain tema pada website Anda.

Selain itu, untuk membuat website Anda memiliki fitur keamanan yang terjamin, maka Anda bisa memasang plugin. Caranya bisa dengan menginstal tema website dan juga plugin melalui aplikasi khusus.

Back to Content ↑

5. Mengoptimasi Web

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa manfaat membuat website untuk bisnis, salah satunya yaitu bisa ditemukan oleh mesin pencari. Hanya saja, hal tersebut hanya berlaku bagi website bisnis yang sebelumnya telah dioptimasi.

Maka dari itu, sangat penting kiranya bagi Anda untuk segera mengoptimasi website bisnis Anda, agar website Anda, nantinya bisa berada di peringkat pertama mesin pencari (Landing page). Untuk mengoptimasi website ini, Anda bisa mengandalkan berbagai jasa optimasi web, yang kini telah banyak bermunculan,

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai cara dan manfaat membuat website untuk bisnis ini. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. khususnya bagi Anda yang baru memulai bisnis, dan masih merasa ragu untuk membuat sebuah website. Diharapkan, setelah menyimak ulasan diatas, Anda kini tak merasa ragu lagi untuk segera membuat website untuk bisnis Anda. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!