Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?
Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?

Salah satu tujuan utama dari sebuah domain, adalah agar pengunjung bisa menemukan website Anda dengan cepat dan mudah. Karena itu, sebelum Anda membeli domain, Anda harus pastikan bahwa domain tersebut benar-benar mewakili peran website Anda.

Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih domain ini. Bagi Anda yang masih pemula dalam mengelola website, dan belum pernah menggunakan domain sama sekali, yuk simak beberapa informasi berikut ini!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Tahapan Membuat Artikel SEO Terlengkap

Hal-Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Domain?

Karena perannya yang begitu penting. Bahkan dibilang sama pentingnya dengan sebuah hosting. Maka dari itu, Anda tidak bisa begitu saja dalam memilih domain ini. Setidaknya ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli domain yang tepat. Diantaranya sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Pilih Nama Domain yang Sesuai dengan Website yang Dimiliki

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu bahwa nama domain yang akan Anda beli tersebut haruslah mewakili website Anda. Misalnya, jika Anda memiliki website bisnis, tentunya berbeda dengan nama domain yang digunakan untuk blog pribadi. Begitupun jika website Anda merupakan website yang terfokus pada bidang kuliner, traveling, review film, dan sebagainya.

Back to Content ↑

2. Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Selain unik dan menarik, Anda juga harus memikirkan mengenai nama domain yang mudah diingat oleh pengunjung website Anda. Karena beberapa fakta di lapangan menunjukkan, bahwa tidak sedikit beberapa pengunjung yang kemudian mengurungkan niatnya untuk mengunjungi salah satu website, hanya karena nama domain dari website tersebut sulit diingat.

Beberapa kriteria nama domain yang mudah diingat tersebut meliputi:

  • Nama yang pendek, dalam artian nama domain yang tidak terlalu panjang
  • Mudah diucapkan, sehingga mudah diketik dalam kolom pencarian. Beberapa nama domain yang sulit diketik diantaranya karena menggunakan angka, tanda hubung, hingga menggunakan ejaan yang tidak baku
  • Nama domain yang relevan dengan tema yang Anda tampilkan pada website. Misalnya jika Anda menjual produk-produk herbal, maka Anda bisa menambahkan nama domain “jamuherbal”, dan semacamnya

Back to Content ↑

3. Menggunakan Nama Brand

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang efektif bagi Anda yang memiliki website untuk tujuan menjual barang/produk. Menggunakan nama brand pada domain yang akan Anda beli, secara tidak langsung akan mengingatkan calon pembeli terhadap produk yang Anda jual. Sehingga bisa dikatakan, menggunakan nama brand pada domain, akan menjadi media promosi dan pemasaran produk yang paling efektif.

Back to Content ↑

4. Gunakan Ekstensi Domain yang Relevan

Ekstensi domain adalah istilah untuk menyebutkan huruf-huruf yang berada di belakang nama domain. Jika Anda kebetulan akan beli domain, kemudian Anda melihat beberapa huruf-huruf di belakang domain berupa .com, .id, .org, dan yang lainnya, sebenarnya itulah yang dinamakan ekstensi domain.

Meskipun sepertinya tidak memiliki arti, namun sejatinya, hal tersebut memiliki fungsi yang beragam, dan tentunya akan sangat mempengaruhi website Anda untuk kedepannya. Agar Anda tidak keliru dalam memilih ekstensi domain, yuk, simak beberapa fungsi dan arti dari beberapa ekstensi domain berikut ini. Diantaranya:

  • Ekstensi .com, digunakan untuk nama domain dari website berbasis perusahaan
  • Ekstensi .org, digunakan website dari lembaga/organisasi
  • Ekstensi domain .me, biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa website tersebut adalah website pribadi/perorangan
  • Ekstensi .co, untuk website portofolio/perusahaan
  • Ekstensi domain .info, sering digunakan pada website-website yang terfokus pada pemberian informasi
  • Ekstensi .biz, sesuai namanya, ekstensi domain ini digunakan untuk situs/website bisnis

Dari penjelasan diatas, kini Anda telah mengetahui bahwa ekstensi domain ternyata memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Bagi Anda yang berencana untuk beli domain dalam waktu dekat ini. Ada baiknya Anda menentukan ekstensi domain yang relevan dari website Anda. Selain memikirkan nama domain utama yang akan dipilih juga nantinya.

Back to Content ↑

5. Pastikan Nama Domain yang Dibeli Belum Digunakan Oleh Pihak/Orang Lain

Pastinya Anda akan merasa jengkel jika ternyata, domain yang telah Anda beli terbukti sama dengan nama domain dari orang lain, ataupun perusahaan lain. Belum lagi jika nama domain yang telah digunakan oleh orang/perusahaan lain tersebut, sebelumnya ternyata sudah dipatenkan juga sebagai nama domain resmi dari orang/perusahaan tersebut. Hal ini tentunya akan berimbas pada kerugian terhadap diri Anda sendiri.

Dimana Anda nanti bisa disangkakan melakukan tindakan pelanggaran hukum, dan dituduh sebagai pelaku Plagiarisme. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, sebelum membeli domain, maka ada baiknya Anda melakukan pengecekan nama domain di tempat pendaftaran domain.

Back to Content ↑

6. Pilih Tempat Jual Domain yang Telah Bekerjasama dengan Layanan Pendaftaran Domain

Apalah artinya, jika Anda memiliki sebuah domain, namun ternyata Anda tidak bisa menggunakan domain tersebut sama sekali. Dalam artian, domainnya tidak bisa diaktifkan, karena belum terdaftar di tempat pendaftaran domain. Karena itu, pilihlah tempat jual domain yang telah terpercaya.

Dari penjelasan diatas, tempat jual domain harusnya tidak hanya sekedar bisa menjual domain saja, namun sekaligus juga bisa mendaftarkan nama domain yang telah Anda beli tersebut, ke pusat pendaftaran domain. Dan tempat jual domain yang dapat dipercaya, biasanya sudah menjalin kerjasama dengan salah satu layanan pendaftaran domain yang ada di negara tersebut.

Seperti halnya Qwords.com yang telah menjadi Accredited Registar PANDI. Dimana PANDI ini merupakan salah satu tempat pendaftaran domain yang ada di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu khawatir, jika Anda beli domain di Qwords.com. Karena tempat penjualan domain yang satu ini akan membantu Anda dalam mendaftarkan nama domain Anda, hingga bisa langsung digunakan dan diaktifkan pada website Anda.

Back to Content ↑

7. Hal-Hal yang perlu Anda Perhatikan Lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membeli domain ini. Diantaranya:

  • Anda bisa menyisipkan kata kunci yang sesuai dengan tujuan dari website Anda. Misalnya wisatapulaujawa, parentingbatita, kulinerndeso, dan yang lainnya
  • Cantumkan daerah/kota, dimana bisnis Anda berada, ataupun lokasi dimana konten website tersebut dibuat. Artinya, jika Anda hanya membuka bisnis Anda di sekitar kawasan Jakarta saja, maka Anda bisa membuat nama domain servicelaptopJakarta, resepkulinermadura, dan semacamnya
  • Lindungi privasi dan data Anda. Meskipun hal ini jarang terjadi, namun pada beberapa kasus, membeli domain di tempat-tempat yang asal, berakibat data Anda bisa dicuri. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membeli domain di tempat-tempat terpercaya seperti halnya Qwords.com yang telah dikenal sebagai tempat jual domain dan hosting Indonesia yang bisa diandalkan dan terpercaya

Ada sekitar 500 domain yang bisa Anda pilih di tempat penjualan domain dan hosting Qwords.com ini. Bukan hanya itu saja, dengan harga domain yang terjangkau, Anda sudah bisa mengaktifkan domain Anda tersebut, untuk bisa digunakan pada website Anda. Karena jasa ini akan langsung mendaftarkan domain yang baru Anda beli tersebut ke tempat pendaftaran domain PANDI.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan beli domain. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Namun satu hal yang perlu Anda pastikan, yaitu untuk memilih tempat penjualan domain yang telah memiliki kredibilitas terpercaya, agar Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakan domain, dengan aman dan tanpa terkendala. Terima Kasih!