Skip to main content

5 Tahapan Membuat Artikel SEO Terlengkap

SEO

5 Tahapan Membuat Artikel SEO Terlengkap

Membuat artikel SEO itu susah atau gampang? Jawabannya tergantung. Kadang, ketika kita mencoba membuat artikel SEO, tulisan tersebut tidak muncul di Google. Tapi ada juga, teman yang ketika membuat artikel SEO, tidak sampai seminggu, tulisannya langsung masuk ke Google page one. Apa rahasianya? Sebelum membahas ke arah bagaimana membuat artikel SEO, ada baiknya kamu membaca link url yang satu ini https://www.ahrefs.com/

Oke, mari kita mulai membahas bagaimana membuat artikel SEO.

5 Tahapan Membuat Artikel SEO Terlengkap

TOC / Daftar Isi

1. Riset Kata Kunci

Ubersuggest

Hal pertama yang kamu lakukan adalah riset kata kunci. Ada dua cara awalan yang bisa dipilih sebelum memulai riset kata kunci. Kamu menulis tentang topik apa yang kamu suka, kemudian riset bagaimana tingkat kesusahannya.

Atau kamu riset tingkat kata kunci, pilih yang palih mudah tingkat kesusahannya, kemudian buat artikel yang terkait kata kunci tersebut.

Link url untuk riset kata kunci https://neilpatel.com/ubersuggest

Back to Content ↑

2. Gunakan Schema Markup

Schema MarkUp RankMath

Apa sih schema markup itu? Schema Markup adalah kode yang dapat Anda pasang di situs website Anda untuk membantu mesin pencari menemukan hasil yang lebih informatif pada website Anda.

Membuat artikel SEO melalui optimasi schema markup anda dapat meningkatkan rasio klik tayang atau click through rate (CTR).

Ada cara mudah membuat artikel SEO dengan Schema Markup. Kamu bisa menggunakan RankMath sebagai panduannya dengan tipe Rich Snippet Article.

Link url Rank Math https://rankmath.com

Back to Content ↑

3. Setiap Photo Harus Ada Alt Text

Alt Text

Google tidak bisa membaca gambar yang Anda sisipkan dalam tulisan. Untuk itu, setiap photo yang ada di dalam website Anda, harus diberikan Alt Text sebagai penjelasan / keterangan dari photo tersebut.

Fungsi Alt Text ini akan muncul ketika setiap pengguna internet mencari kata kunci yang Anda masukkan pada Alt Text. Usahakan Alt Text sesuai dengan kata kunci percarian Anda.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Sub Heading

Sub Heading

Sub Heading yang dimaksud adalah H2, H3 dan seterusnya. Sub Heading digunakan ketika Anda memberikan bagian penekanan pada tulisan paragraf yang baru.

Banyak sudah tips bagaimana membuat artikel SEO yang menyarankan bagaimana menggunakan Sub Heading seharusnya. Sub Heading ini juga bisa nanti Anda masukkan ke dalam table of content di awal tulisan. Seperti contoh artikel ini membuat artikel SEO dengan TOC / Table Of Content.

Anda bisa menggunakan plugin atau coding sendiri. Bebas. Kalau saya lebih menyarankan untuk coding. Karena dengan ketambahan plugin, akan membuat load page website Anda jadi lebih lambat.

Back to Content ↑

5. Submit ke Google Search Console

Setelah semua artikel selesai ditulis, hal terakhir adalah mensubmit url artikel ke Google Search Console. Biasanya tulisan yang baru dibuat, tidak akan otomatis di index Google. Maka dari itu kita harus mendaftarkannya secara manual.

Tips tambahan dari saya di langkah ke lima ini, pastikan URL Permalink kamu sudah ramah SEO. Kamu bisa mengaturnya di pengaturan back end di menu setting. Hindari url yang sifatnya sulit dibaca oleh Google.

Sekarang tulisan kamu sudah siap untuk onpage SEO. Tinggal share di media social kamu deh.

Link url Search Console https://search.google.com/search-console

Back to Content ↑

Special Note :

Banyak yang salah paham ketika membuat artikel SEO. Kebanyakan berpikir ketika membuat kemudian posting, artikel teraebut otomatis akan langsung muncul di halaman pertama dengan kata kunci yang sudah ditentukan.

Faktanya, terdapat ribuan artikel di internet dengam keyword sama, dan sudah menulis terlebih dahulu. Sehingga secara Google Index, artikel tersebut lebih dulu popular dibandingkan tulisan Anda karena sering diklik dan dibaca.

Selain itu ada faktor lain, yaitu dari website itu sendiri. Seperti peringkat Domain Authority, umur website yang lebib tua dan lainnya. Setidaknya, dengan membuat artikel dengan lebih ramah SEO, memudahkan algoritma mesin pencarian Google menjelaskan apa isi konten tersebut. Meningkatkan kemungkinan artikel dan website tersebut berada di halaman 1 Google.

BACA JUGA : Jasa Web Cilegon - Jasa Web Design Murah Di Cilegon