Skip to main content

Kesulitan Belajar? Berikut Waktu Tepat untuk Belajar

Kesulitan Belajar? Berikut Waktu Tepat untuk Belajar

Kesulitan Belajar? Berikut Waktu Tepat untuk Belajar

Belajar bagi sejumlah siswa merupakan hal yang menyenangkan. Akan tetapi, tak sedikit juga yang merasa kesulitan dalam belajar. Hal tersebut lantaran mereka tidak menyukai mata pelajaran tertentu yang dianggap lebih sulit mereka pahami. Nah, sebenarnya, ini hanya masalah waktu saja. Saat kamu belajar di waktu yang tepat, materi yang kamu pelajari terasa lebih mudah diterima otak.

Otak memiliki gelombang yang berbeda di setiap jam. Oleh karena itu, ketika akan menerima materi pelajaran, berilah porsi yang tepat agar mudah dicerna otak.

Berikut waktu yang terbaik otak untuk belajar

TOC / Daftar Isi

1. Jam 07.00-09.00 Fokus Memperhatikan Pelajaran

Pagi hari terkenal dengan waktu yang fresh bagi otak. Udara sejuk di pagi hari membuat oksigen banyak masuk ke otak. Akibatnya, otak bisa berfungsi secara optimal. Penelitian membuktikan para peserta didik memiliki konsentrasi belajar yang tinggi saat pagi hari. Karena hal inilah, kelas di sekolah biasanya dimulai pada waktu pagi.

Selain dapat memberikan semangat belajar, waktu pagi juga paling tepat untuk memerhatikan materi pelajaran. Saat jam 07.00-09.00 otak mengeluarkan hormon cinta, yakni hormon oksitosin. Hormon ini membawa mood yang baik. Pengaruh perasaan yang positif (positive feeling) ini menyebabkan segala hal di sekitar sangat mudah diterima masuk ke otak.

Agar kondisi tubuh dan otakmu optimal untuk menerima materi pelajaran, sebelum berangkat sekolah pastikan kamu sudah sarapan. Kebiasaan makan pagi dapat menjaga fungsi otak. Nah, dengan begitu, kamu telah merasa siap untuk belajar.

Back to Content ↑

2. Jam 09.00-11.00 Menciptakan Ide Kreatif

Ide kreatif sering kali dibutuhkan dalam pembelajaran. Bahkan, beberapa mata pelajaran, seperti kewirausahaan menuntut penciptaan ide kreatif seperti itu. Tak jarang siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide. Hal itu disebabkan oleh batas waktu penemuan ide mereka. Nah, tentu waktu yang tepat untuk menemukan ide kreatif ini bisa kamu coba terapkan.

Waktu pagi menjelang siang dalam kisaran jam 09.00-11.00 adalah waktu yang tepat digunakan untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan ide kreatif. Pada jam ini, hormon stres dikeluarkan oleh otak. Pikiran seseorang tidak akan tertekan ataupun terganggu banyak distraksi hal yang tak diperlukan. Oleh karena itu, jam 09.00-11.00 otak lebih fokus lagi dalam berpikir.

Manfaatkan pikiran fokus di jam-jam ini dengan mencoba menuangkan sejumlah ide kreatif. Biasanya ide seperti ini membutuhkan pemikiran yang cukup panjang dan fokus. Cobalah untuk memaksimalkan fungsi otak dalam penciptaan ide kreatif pada jam tepat ini.

Back to Content ↑

3. Jam 11.00-14.00 Cocok Belajar Materi Baru

Waktu siang hari di jam 11.00-14.00 cocok digunakan untuk memikirkan hal-hal berat. Bagi kamu yang ingin belajar materi baru, cobalah belajar di jam tersebut. Seorang peneliti Jerman menyebutkan di jam tersebut hormon tidur, yakni hormon melatonin menurun tajam. Penurunan ini menyebabkan tubuh (otak) lebih siap untuk mengerjakan sesuatu yang lebih sulit.

Meskipun waktu ini cocok untuk mempelajari materi baru atau mengerjakan tugas berat, kamu tetap harus menjaga konsentrasi. Multitasking atau melakukan pekerjaan secara bersamaan tidak baik bagi otak. Hal tersebut bisa membuat seseorang kehilangan konsentrasi. Pastikan kamu berfokus pada satu pekerjaan dahulu sebelum berpindah mengerjakan pekerjaan lain.

Saat di sekolah, di waktu ini terdapat jeda istirahat. Pastikan kamu tidak lupa makan siang demi menjaga performa kinerja otakmu. Manfaatkan waktu ini untuk mendalami materi-materi yang sulit. Kinerja otak mendukung pengerjaan tugas yang sulit dapat menjadi lebih mudah karena tubuh menjaga konsentrasi penuh.

Back to Content ↑

4. Jam 14.00-15.00 Latihan Soal Ringan

Setelah hormon tidur tadi menurun, maka pada jam 14.00-15.00 justru hormon tersebut sedang naik kembali. Hal ini terjadi setelah tubuh mencerna makan siang. Kondisi tubuh menarik darah dari otak ke perut sehingga oksigen di otak menjadi berkurang. Keadaan ini cenderung memicu kantuk. Banyak siswa yang mulai mengantuk pada jam-jam tersebut. Tak jarang pelajaran matematika yang diberikan pada jam ini, kurang mampu dipahami oleh mereka. Telebih lagi, jika siswa harus mendengar cerita guru sejarah di jam tersebut. Seketika kelas dipenuhi oleh kondisi siswa yang menyandarkan kepala ke meja masing-masing.

Tenang, meskipun begitu, kamu tetap bisa belajar ringan di jam ini. Cukup latihan soal yang tidak butuh pemikiran dalam. Jika perlu, sebelum memulai belajar kembali, kamu bisa beristirahat dahulu sembari minum air putih. Sementara untuk melawan kantuk yang dapat muncul kembali, kamu bisa berjalan-jalan sebentar. Tujuannya agar dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Back to Content ↑

5. Jam 15.00-18.00 Belajar Kelompok

Ternyata belajar kelompok cocok di waktu sore. Pada jam 15.00-18.00 otak sedang dalam kondisi sangat lelah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan kolaborasi melalui belajar kelompok. Tugas yang memiliki batas waktu (deadline) tetap harus diselesaikan bagaimana pun juga. Cara yang paling tepat dilakukan yakni dengan bekerja kelompok.

Meskipun di jam ini kamu bisa istirahat sebentar, tetapi pekerjaan kelompok rasanya cukup ringan dilakukan. Melalui kerja kelompok terjadi pembagian tugas. Hal tersebut menjadikan otak tak bekerja dengan keras. Selain itu, kamu juga tidak akan merasa lelah dengan cara belajar kelompok seperti ini.

Back to Content ↑

6. Jam 18.00-20.00 Mengerjakan Tugas

Di jam malam pukul 18.00-20.00 dipastikan kamu telah pulang dari sekolah. Setelah sehari penuh belajar di sekolah, waktu rileks di rumah bisa kamu nikmati. Kamu cukup mengulang materi pelajaran dan mengerjakan tugas saja. Pada jam ini otak bekerja sangat efektif digunakan untuk mengingat kembali.

Para peneliti menemukan, di jam malam tersebut, hormon melatonin menurun. Artinya, otak dalam kondisi pemeliharaan. Kamu bisa mengerjakan tugas di waktu khusus ini. Selain terasa rileks, kamu juga tidak akan merasa terbebani. Bekerjalah dengan konsentrasi agar tugas cepat selesai. Setelahnya, kamu bisa menikmati waktu yang berkualitas bersama keluarga.

Back to Content ↑

7. Jam 20.00-22.00 Aktivitas Santai

Setelah menempuh beragam waktu belajar seharian, di jam 20.00-22.00 kamu bisa aktivitas santai. Misalnya menonton televisi, bermain dengan adik, ataupun bermain sosial media sebagai hiburan. Diketahui pada kondisi ini terjadi transisi peningkatan hormon melatonin. Tubuh akan mengambil perubahan kondisi dari terjaga menjadi mengantuk.

Hal ini sejalan dengan tenggelamnya matahari yang juga menurunkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Tidak adanya paparan sinar matahari menyebabkan hormon semangat itu memudar. Dengan demikian, di jam tersebut kamu disarankan hanya melakukan aktivitas santai.

Back to Content ↑

8. Jam 22.00 ke atas Waktu untuk Tidur

Minimal kurang dari atau pada jam 22.00 kamu sudah tidur. Aktivitas belajar di sekolah tentu membuatmu lelah bukan? Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, yakni 7-8 jam sehari. Hal ini bertujuan agar semangat dan kinerja otak kembali optimal untuk menjalani aktivitas di hari esok. Dengan tidur yang cukup, kamu tidak akan merasa lesu ketika di sekolah.

Selain itu, sebelum tidur disarankan tidak bermain ponsel. Pasalnya, radiasi layar telepon genggam justru membuat seseorang insomnia. Gangguan tidur ini dapat membuat otak tidak mendapat porsi istirahat yang cukup. Dikhawatirkan jika tidur terganggu, kinerja otak juga akan menurun.

Back to Content ↑

Nah, itu dia waktu yang tepat bagi otak untuk menerima pelajaran. Jangan ragu lagi untuk selalu mencuri “start belajar” agar dapat mencapai prestasi maksimal. Manfaatkan waktu terbaik otak untuk belajar tersebut ya sobat!