Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Anda Ingin Lolos Beasiswa Luar Negeri? Lakukan Dulu Sejumlah Persiapan Berikut Ini!

Anda Ingin Lolos Beasiswa Luar Negeri? Lakukan Dulu Sejumlah Persiapan Berikut Ini!
Anda Ingin Lolos Beasiswa Luar Negeri? Lakukan Dulu Sejumlah Persiapan Berikut Ini!

Anda Ingin Lolos Beasiswa Luar Negeri? Lakukan Dulu Sejumlah Persiapan Berikut Ini!

Bisa dibilang, kuliah di luar negeri merupakan salah satu impian dari banyak orang. Mungkin salah satunya termasuk Anda juga, bukan? Namun karena kuliah di luar negeri ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka tak jarang, banyak orang yang menangguhkan mimpi tersebut. Namun tidak demikian halnya, jika Anda bisa mengikuti program beasiswa kuliah luar negeri.

Dimana dengan mengikuti program beasiswa ini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, tanpa dipungut biaya sepeser pun, alias Gratis. Namun, untuk mengikuti program beasiswa ini, Anda diwajibkan terlebih dahulu untuk mengikuti bimbingan persiapan beasiswa. Apa gunanya mengikuti bimbingan semacam itu dan dimana tempatmya? Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 8+ Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

Persiapan Apa Saja yang Harus Dilakukan Agar Lolos Program Beasiswa Luar Negeri?

Apakah Anda memiliki mimpi untuk bisa berkuliah di Jepang, Korea, Turki, Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara lainnya? Namun mungkin karena keterbatasan biaya, membuat rencana tersebut hanyalah angan-angan saja?

Mengapa Anda tidak mencoba untuk mengikuti program beasiswa saja? Dimana program beasiswa yang dimaksud disini adalah program beasiswa, yang memang dirancang secara khusus untuk memfasilitasi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah/study di luar negeri.

Hanya saja, untuk mengikuti program beasiswa ini, Anda tidak bisa main asal-asalan. Dalam artian, ada sejumlah persiapan khusus yang harus Anda lakukan, agar nantinya bisa lolos dari program beasiswa ini. Mau tahu, persiapan apa saja yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya:

Back to Content ↑

1. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Poin pertama yang perlu Anda lakukan agar lolos program beasiswa kuliah luar negeri yaitu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Dimana bahasa Inggris tentunya menjadi poin yang teramat penting bagi siapapun yang ingin kuliah di luar negeri.

Baik yang berkuliah dengan budget pribadi, maupun yang mengikuti program beasiswa kuliah luar negeri. Untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris Anda, maka Anda bisa mengikuti tes TOEFL maupun IELTS.

Khusus untuk Anda yang berencana mengikuti program beasiswa di beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris dengan aksen British (Britain English) maka Anda bisa mengikuti tes IELTS terlebih dahulu dengan melakukan bimbingan persiapan IELTS di berbagai penyelenggara test IELTS di Indonesia.

Back to Content ↑

2. Tingkatkan Nilai Prestasi Akademik di Sekolah/Perguruan Tinggi

Selain meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, ada hal lain lagi yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengikuti program beasiswa ini. salah satunya yaitu dengan meningkatkan, sekaligus mempertahankan nilai prestasi akademik di sekolah, bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa S1.

Serta meningkatkan nilai prestasi di perguruan tinggi, bagi yang ingin melanjutkan kuliah S2 dan juga S3 di luar negeri secara gratis. Pada umumnya, selain persyaratan-persyaratan lainnya, nilai prestasi akademik ini menjadi salah satu persyaratan utama agar lolos seleksi beasiswa untuk kuliah luar negeri ini.

Back to Content ↑

3. Mengikuti Bimbingan Persiapan Beasiswa

Setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, maka selanjutnya Anda bisa mengikuti program bimbingan persiapan beasiswa, sebagai program persiapan mendapatkan beasiswa. Apa gunanya mengikuti program bimbingan persiapan beasiswa ini? Gunanya tentu saja, agar Anda bisa lebih siap dan juga lebih matang dalam menghadapi tes seleksi beasiswa ke luar negeri nanti.

Ada beberapa tempat bimbingan maupun platform yang memang memberikan pelatihan dan bimbingan dalam menghadapi tes seleksi beasiswa ini. Salah satunya yaitu Schoters. Dimana selain Anda akan diberikan bimbingan, Schoters juga melayani konsultasi, bagi Anda yang ingin bertanya langsung mengenai hal-hal yang berkaitan dengan beasiswa kuliah luar negeri ini.

Back to Content ↑

4. Lengkapi Dokumen-Dokumen yang Diperlukan

Selain langkah-langjah diatas, Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang diperlukan untuk program beasiswa ini. Diantaranya berupa kartu identitas/KTP, foto, ijazah dan transkrip nilai, paspor, surat hasil IELTS/TOEFL, Curriculum Vitae, dan juga surat rekomendasi, jika memang ada.

Back to Content ↑

Bagaimana Caranya Agar Nilai IELTS Sesuai dengan Kriteria Beasiswa Luar Negeri?

Seperti telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa untuk mengikuti program beasiswa di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris dengan aksen British (Britain English), maka Anda perlu melakukan tes IELTS terlebih dahulu sebagai syarat utamanya.

Apa itu IELTS? Berapa nilai skor IELTS yang dibutuhkan agar bisa lolos beasiswa kuliah luar negeri ini? International English Language Test System, atau yang lebih dikenal dengan IELTS, merupakan salah satu tes kemampuan berbahasa Inggris dengan aksen/gaya British. Biasanya, IELTS ini memang dijadikan syarat utama bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan/study di negara-negara seperti Inggris, Australia, dan juga Selandia Baru.

Bisa dibilang, IELTS ini sama halnya dengan TOEFL. Hanya saja, jika TOEFL biasanya menjadi syarat utama untuk kuliah di beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris dengan aksen Amerika (American English).

Sementara bagi yang ingin kuliah di negara-negara yang memakai Britain English dalam kesehariannya, serta yang ingin menempuh pendidikan melalui jalur beasiswa, maka Anda akan diwajibkan untuk mengikuti tes IELTS.

Pada umumnya, penyelenggara beasiswa akan menetapkan nilai skor IELTS minimal sekitar 6,5. Meskipun demikian, untuk mendapatkan nilai dengan angka tersebut, Anda perlu melakukan beberapa persiapan matang terlebih dahulu.

Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, serta melakukan persiapan IELTS. Khusus untuk yang terakhir ini, Anda bisa mengikuti program pelatihan persiapan IELTS di platform Schoters. Karena Schoters dikenal sebagai platform yang menyediakan informasi terlengkap dan terupdate mengenai program beasiswa kuliah di luar negeri.

Schoters juga selalu berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Termasuk bagi Anda, yang berniat untuk kuliah dengan mengikuti program beasiswa ini.

Salah satu upaya tersebut diantaranya dengan memberikan informasi, sekaligus bimbingan mengenai bagaimana caranya untuk bisa kuliah di negeri orang, serta tips-tips apa saja yang perlu Anda lakukan agar bisa lolos beasiswa.

Dan tentu saja, untuk melengkapi persyaratan untuk bisa kuliah di luar negeri ini, yaitu dengan mengikuti tes IELTS. Hanya saja karena tes bahasa Inggris ini tidak mudah, maka Anda perlu mengikuti program bimbingan persiapan beasiswa, sebagai persyaratan persiapan untuk IELTS.

Anda bisa memilih untuk melakukan persiapan untuk IELTS di Schoters dengan durasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya persiapan IELTS untuk durasi 20 jam, 40 jam serta 60 jam. Dengan mengikuti persiapan IELTS ini, Anda bisa menjadi lebih siap saat menghadapi tes IELTS yang sesungguhnya. Tepat saat tes seleksi beasiswa yang akan diselenggarakan nantinya.

Bukan hanya itu saja, Schoters juga akan memberikan bimbingan dan juga konsultasi mengenai program beasiswa untuk negara-negara di kawasan Eropa, benua Amerika, dan juga Australia. Jadi tidak hanya sebatas mengenai informasi kuliah di negara-negara beraksen Britain English saja.

Back to Content ↑

Maka dari itu, jika Anda yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Baik yang dilakukan dengan biaya sendiri maupun dengan beasiswa luar negeri. Ada baiknya sebelum Anda melakukan sejumlah persiapan lainnya, Anda bisa membekali diri terlebih dahulu, dengan melakukan bimbingan persiapan beasiswa di Schoters, yang dikenal sebagai platform bimbingan dan kuliah di luar negeri terbaik saat ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!