Skip to main content

8+ Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

 8+ Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau
8+ Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau
Images source: Pixabay

8+ Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

Berbicara mengenai kuliah luar negeri pastinya dalam benak Anda terbesit mengenai biaya kuliah yang mahal. Belum lagi dengan biaya-biaya lainnya yang tentunya tidak bisa dikatakan murah. Namun sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, agar biaya kuliah di luar negeri ini tidak terasa lebih mahal.

Apa saja tips-tips yang dimaksud? Anda bisa menyimak informasinya dalam pembahasan di bawah ini. Siapa tahu, dengan membaca ulasan ini, rencana Anda untuk kuliah di luar negeri, yang sebelumnya tertunda, bisa Anda wujudkan tahun ini.

TOC / Daftar Isi

8 Tips Kuliah Luar Negeri dengan Biaya yang Terjangkau

Bagi banyak orang, kuliah di luar negeri identik dengan biaya kuliah dan juga biaya hidup yang mahal. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa tips berikut ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Mengikuti Program Beasiswa

Tips pertama yang bisa dibilang sebagai langkah jitu untuk mengantisipasi biaya kuliah di luar negeri yang mahal, tentunya dengan mengikuti program beasiswa. Dengan program ini, secara otomatis, Anda tak perlu membayar biaya kuliah, alias gratis.

Bahkan pada beberapa program beasiswa, Anda bukan hanya dibebaskan dari biaya kuliah, namun juga semua kebutuhan dan juga fasilitas telah ditanggung secara penuh oleh penyelenggara program beasiswa tersebut.

Back to Content ↑

2. Memilih Jurusan dengan Biaya Terjangkau

Meskupun program beasiswa sepenuhnya bisa menjadi solusi terbaik untuk kuliah luar negeri tanpa biaya mahal. Namun tak semua orang bisa mengikuti program ini. Hal ini tentunya berkaitan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh penyelenggara program beasiswa yang terbilang rumit.

Maka dari itu, bagi Anda yang tidak mengikuti program beasiswa, namun untuk meminimalisir biaya kuliah di luar negeri. Anda bisa memilih jurusan dengan biaya terjangkau. Meskipun mungkin saja, jurusan dengan biaya murah tersebut biasanya tidak begitu banyak peminatnya. Namun hal itu tidak menjadi masalah, selama Anda bisa mengikuti mata kuliah yang diberikan, dan jurusan tersebut sesuai dengan minat Anda.

Back to Content ↑

3. Kuliah Sambil Bekerja

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat biaya kuliah di luar negeri tidak terasa memberatkan, yaitu dengan kuliah sambil bekerja. Meskipun mungkin hal ini akan menyita waktu Anda. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan memilih pekerjaan yang bisa disesuaikan, ataupun di luar jam kuliah Anda.

Bahkan di beberapa negara tertentu, ada beberapa pelaku usaha yang sengaja mempekerjakan karyawannya yang berstatus mahasiswa, untuk bekerja paruh waktu. Sehingga Anda masih memiliki waktu untuk belajar, kuliah hingga bekerja.

Back to Content ↑

4. Mencari Pinjaman Mahasiswa (Students Loan)

Beberapa universitas ternama di luar negeri biasanya akan membentuk sebuah lembaga khusus yang memberikan pinjaman bagi para mahasiswa yang kuliah di universitas tersebut. Pinjaman ini diberikan bagi para mahasiswa yang membutuhkan biaya untuk kuliah.

Meskipun demikian, pihak pemberi pinjaman biasanya akan mentolerir pada mahasiswa peminjam dana, untuk mengembalikan pinjamannya, setelah mereka lulus kuliah dan bekerja. Sangat meringankan, bukan?

Back to Content ↑

5. Tinggal di Rumah Penduduk

Satu lagi tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi biaya kuliah dan biaya hidup selama di luar negeri. salah satunya yaitu dengan tinggal di rumah penduduk lokal. Hal ini akan sedikit mengurangi biaya, jika dibandingkan dengan tinggal di asrama ataupun menyewa apartemen misalnya.

Back to Content ↑

6. Memilih Program Studi dengan Semester Pendek

Apakah Anda telah memilih jurusan dengan biaya terjangkau, namun Anda merasa biaya kuliah tersebut masih dirasa cukup mahal? Mungkin Anda harus memilih program kuliah dengan semester pendek. Pilihlah beberapa jurusan dengan program semester yang pendek, agar biaya kuliah bisa sedikit lebih murah.

Back to Content ↑

7. Memilih Universitas dengan Biaya Terjangkau

Meskipun kuliah di universitas ternama di luar negeri menjadi pilihan banyak orang. Namun tentunya, hal itu membutuhkan biaya kuliah yang tidak murah. Sehingga jika Anda ingin kuliah luar negeri dengan biaya terjangkau, Anda bisa memilih universitas dengan biaya yang lebih murah, jika dibandingkan dengan universitas yang sudah memiliki nama besar.

Back to Content ↑

8. Membeli Tiket dari Jauh Hari

Sebelum Anda memutuskan untuk kuliah di luar negeri, Anda haruslah terlebih dahulu mencari tahu informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan universitas, program dan jurusan kuliah hingga waktu untuk mulai kuliah.

Hal ini tentunya dilakukan agar Anda bisa mempersiapkan segala sesuatu dari sebelumnya. Termasuk dengan membeli tiket ke negara yang Anda tuju tersebut. Kenapa demikian? Karena biasanya, di musim liburan maupun di awal semester pertama kuliah, seluruh tiket pesawat akan mengalami kenaikan. Sebagai akibat dari banyaknya calon mahasiswa yang akan memasuki negara tersebut.

Back to Content ↑

Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Kuliah di Luar Negeri

Beberapa orang memilih untuk kuliah di luar negeri karena beberapa alasan. Diantaranya:

  • Kualitas pendidikan di beberapa negara di luar negeri terbilang sedikit lebih maju
  • Menambah pengalaman
  • Bisa mempelajari budaya serta kultur masyarakat dari negara tempat Anda melanjutkan kuliah
  • Bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris
  • Bisa mempelajari bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris. Terutama bagi Anda yang kuliah luar negeri di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti Taiwan, Jepang, Jerman, dan yang lainnya
  • Belajar untuk bisa lebih mandiri
  • Membuka kesempatan untuk berkarir di luar negeri

Back to Content ↑

Rekomendasi Negara Terbaik yang Bisa Anda Pilih untuk Kuliah Luar Negeri

Untuk memudahkan Anda, terutama yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, namun masih bingung dalam menentukan negara mana yang akan dituju. Berikut ini ada beberapa negara yang bisa menjadi referensi. Diantaranya:

  • Amerika Serikat. Anda bisa memilih Stanford University, Massachusetts Institute of University, serta Harvard University
  • Australia. The Australians National University, The University of Sydney, dan juga The University of Melbourne bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kuliah di negara Kangguru ini
  • China. Negara ini memiliki universitas terbaik yang dikenal dengan nama Tsinghua University
  • Hongkong. Selain negara-negara diatas, Anda juga bisa memilih Hongkong sebagai negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Beberapa universitas ternama di negara ini yaitu The Hongkong University of Science dan juga The University of Hongkong
  • Jepang. The University of Tokyo merupakan salah satu universitas di negeri Sakura tersebut, yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia
  • Kanada. University of Toronto bisa menjadi pilihan bagi Anda saat Anda memasuki negara ini untuk tujuan kuliah
  • Korea Selatan. Bukan hanya drakornya saja yang populer, Korea Selatan juga terkenal dengan salah satu universitasnya yang bisa dibilang terbaik. Diantaranya Seoul National University dan juga Korea Advanced Institutes of Science and Technology
  • Swiss. Dua universitas di Swiss yang masuk ke dalam top word ranking yaitu Swiss Federal Institutes of Technology dan juga Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne
  • Singapura. Nanyang Technology University merupakan salah satu universitas terkenal dari negara dengan lambang Merlion ini

Back to Content ↑

Demikian beberapa tips dan juga negara yang bisa menjadi pilihan Anda untuk kuliah luar negeri. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai kuliah di luar negeri dengan lebih lengkap. Maka Anda bisa mengunjungi situs Blog.schoters.com yang merupakan tempat referensi persiapan kuliah luar negeri terlengkap di Indonesia. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat Ya!