Skip to main content

Apa yang Membuat File PDF Fleksibel dan Kompatibel?

Apa yang Membuat File PDF Fleksibel dan Kompatibel?
Apa yang Membuat File PDF Fleksibel dan Kompatibel?

Apa yang membuat file PDF fleksibel dan Kompatibel?

File format PDF banyak digunakan dimana-mana saat ini. Dari resume pekerjaan, tagihan, faktur, kontrak bisnis, dokumen rahasia, posting blog, dan semua jenis file yang memiliki data sensitif disimpan dalam format PDF. Para penulis saat ini juga lebih memilih untuk mengirimkan karyanya dalam format PDF sehingga penerima tidak dapat mengeditnya.

Penggunaan format PDF telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Dan ini akan menjadi tidak ada habisnya, karena orang menganggap format PDF ini sangat handal. Namun pernahkah Anda berpikir mengapa format PDF dianggap sangat handal, fleksibel, dan kompatibel?

Pertama, Anda harus tahu bahwa format PDF telah ada dalam pemasaran digital selama dua dekade terakhir. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu format tertua dan paling umum digunakan saat ini. Hal terpenting dan populer tentang file PDF, tidak diragukan lagi, adalah portabilitasnya.

File PDF fleksibel karena dapat digunakan di semua jenis perangkat. Apapun jenis sistem seluler, laptop, atau desktop yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah menggunakan format PDF tanpa batasan apa pun. Juga, perlu diketahui bahwa file PDF juga memiliki kompatibilitas dengan semua sistem operasi.

Format asli, tata letak, garis besar, font, gambar, dan semua elemen file lainnya akan ditampilkan seperti saat Anda menyimpannya dalam PDF. Jika Anda menggunakan format dokumen yang dapat diedit seperti Word, Anda akan melihat bahwa format dan gaya file Anda akan rusak. Itulah sebabnya mengapa orang lebih menyukai file PDF ini.

Alasan lain mengapa file PDF sangat populer adalah karena sangat aman. Bukan dalam arti bahwa file PDF tidak dapat diedit tetapi karena Anda dapat mengamankannya dengan kode sandi/pasword yang tepat. Anda juga dapat menentukan apakah pengguna dapat membuka, mencetak, atau mengedit file PDF. Dengan kata sederhana, format file PDF membantu Anda dalam mengontrol data Anda secara aman.

TOC / Daftar Isi

Mengapa file PDF Fleksibel?

Anda pasti akrab dengan menyimpan file word Anda ke PDF dari antarmuka Office untuk keamanan. Namun, Anda harus tahu bahwa ada banyak fitur fleksibel dari format ini selain keamanan, yang menjadikannya yang terbaik. Disini kami telah membahas beberapa hal terpenting yang harus Anda ketahui tentang file PDF.

  • Format PDF memenuhi standar ISO.
  • Format ini dianggap fleksibel karena metadata langsung disematkan ke dalam dokumen.
  • Anda dapat dengan mudah mencari teks dalam file PDF tanpa batasan apa pun. Anda juga dapat memindai file PDF dengan teknologi dan alat OCR modern.
  • Anda akan menemukan semua elemen dalam file PDF untuk reproduksi konten yang otentik. Ini termasuk font, warna, dan profil.
  • File PDF mengkonsumsi sangat sedikit ruang dibandingkan dengan file MS Word.
  • Ada opsi untuk menambahkan tanda tangan digital ke file PDF Anda.
  • Hal yang sangat penting tentang file PDF adalah bahwa mereka tetap valid tanpa batasan waktu.

Sekarang disini Anda perlu mengtahui bahwa tidak ada keraguan bahwa file PDF diterima secara luas di seluruh dunia karena kelebihan dan fitur fleksibelnya. Namun, Anda harus tahu bahwa ada juga beberapa kontra yang kurang dikenal dari format ini, yang membuat kurang kompatibel untuk sebagian orang.

Back to Content ↑

Keterbatasan file PDF yang Membuatnya Kurang Kompatibel!

Ada beberapa batasan file PDF. Namun, dibagian ini, kami hanya akan membahas 2 (dua) teratas dan solusinya yang akan membantu Anda memahami bahwa file PDF masih merupakan file yang paling kompatibel di dunia digital.

Back to Content ↑

1. Ukuran file PDF yang Besar

PDF terkenal dengan ukurannya yang cukup kecil, tetapi dalam beberapa kasus, mungkin Anda akan banyak menghadapi masalah dengan ukurannya. PDF yang berukuran besar yang tidak dapat dibuka, diunggah, dibagikan, dan bahkan tidak bisa dibaca di beberapa perangkat. Saat ini, Anda dapat menghilangkan masalah tersebut dengan alat Kompresi PDF Online https://www.duplichecker.com/id/compress-pdf.php yang dapat membantu Anda untuk mengurangi besarnya ukuran file PDF tanpa merusak kualitas.

Tidak mengetahui cara untuk memperkecil ukuran file PDF di masa lalu, itulah yang menjadi penyebab mengapa hal ini dianggap sebagai batasan besar bagi file PDF. Namun, dengan adanya alat kompres PDF Online saat ini telah memudahkan pengguna untuk mengecilkan ukuran file sehingga mudah untuk dibagikan, diunggah, serta dilihat isi file nya.

Back to Content ↑

2. Pengeditan dan Konversi

File PDF tidak dapat diedit atau dikonversi, yang merupakan batasan yang sangat besar bagi banyak orang. Jika Anda ingin mengedit file PDF dengan beberapa kesalahan besar, Anda hanya dapat melakukannya dengan mengubahnya menjadi word. Saat ini, Anda memiliki konverter PDF ke Word Online yang dapat membantu mengubah file PDF ke Word untuk diedit. Anda dapat mengedit file word, membuat perubahan didalamnya dan mengubahnya pada word ke pdf lagi. Jadi ini adalah tentang bagaimana cara Anda untuk membuang batasan dan keluar dari permasalahan.

Back to Content ↑

Singkatnya, ketersediaan penampil PDF online, kompresor, konverter, editor, dan semua alat relevan lainnya telah membuat file PDF lebih fleksibel dan kompatibel dari sebelumnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!