Skip to main content

Review Aplikasi Flip Beserta Kelebihannya

Review Aplikasi Flip Beserta Kelebihannya
Review Aplikasi Flip Beserta Kelebihannya

Review Aplikasi Flip Beserta Kelebihannya

Tidak bisa dipungkiri, dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, segalanya menjadi mudah. Tak terkecuali dengan kegiatan pengiriman uang. Jika dulu Anda perlu mentransfer uang atau mengirim uang pada ATM atau bank, kini aktivitas tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan mudah memakai sebuah ponsel pintar.

Tapi tahukah Anda bahwa pada saat ini selain mudah untuk melakukan transfer uang, sekarang juga ada transfer uang antar bank gratis, lho. Salah satu aplikasi transfer uang antar bank yang bisa Anda coba adalah Flip. Flip adalah sebuah aplikasi transfer uang antar bank gratis yang dipakai untuk transfer antar bank gratis melalui aplikasi atau web. Flip, aplikasi pengiriman uang ini bisa digunakan oleh Anda yang memiliki smartphone Android dan iOS.

Apakah pengiriman uang menggunakan Flip aman? Anda tidak perlu khawatir, karena Flip sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) sejak 4 Oktober 2016. Untuk Anda yang masih belum tahu atau masih pengguna baru, berikut langkah-langkah cara transfer uang ke bank lain menggunakan Aplikasi Flip.

Unduh dan Instal Aplikasi Flip

Tentu saja, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan aplikasi Flip secara gratis dari Google Play Store untuk Android atau dari Apple App Store jika Anda pengguna perangkat iOS.

Di Google Play Store, aplikasi Flip telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna smartphone Android dan memiliki rating hampir sempurna yaitu 4,8. Selain itu, tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan, karena aplikasi Flip hanya berukuran 39 MB.

Buat Akun Flip

Setelah aplikasi berhasil terpasang dengan sempurna pada smartphone, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah akun Flip. Untuk membuat akun Flip, Anda hanya perlu mengklik tombol Buat Akun dan mengisi formulir data pribadi termasuk nama lengkap, alamat email, dan nomor ponsel Anda.

Selanjutnya tinggal masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Flip ke nomor ponsel yang kamu masukkan tadi. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk melengkapi data diri Anda dengan mengisi formulir pada tanggal lahir, pekerjaan dan alamat tempat tinggal Anda.

Fitur yang Terdapat di Flip

Dapat melakukan transfer dari dan ke bank-bank besar di seluruh Indonesia secara gratis.

Calon penerima uang transaksi bisa menggunakan rekening bank konvensional atau aplikasi Flip.

Pengecekan setiap nomor rekening tujuan dilakukan secara otomatis sehingga penerima transfer akan lebih efisien.

Flip akan mengirimkan bukti transaksi melalui aplikasi dan email.

Mempunyai fitur live chat in-app sebagai sebuah sarana komunikatif dari customer support kepada pengguna.

Enkripsi informasi sensitif atau berikan keamanan ganda.

Fitur PPOB yang berguna untuk isi pulsa dan kuota.

Memiliki izin resmi dari Bank Indonesia.

Kelebihan Dari Aplikasi Flip

Gratis Biaya Transfer Antar Bank

Flip merupakan sebuah aplikasi pertama yang saya temui yang bisa melakukan biaya transfer antar bank dari Rp 6.500 hingga menjadi Rp 0 atau gratis. Tentu ini menjadi keunggulan utama dan memang keuntungan utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Rekening Tujuan Tidak Harus Memiliki Akun Flip

Transaksi transfer menggunakan Flip sepenuhnya merupakan transaksi perbankan. Oleh karena itu tidak perlu khawatir penerima uang tidak memiliki akun Flip karena itu sah-sah saja. Uang yang ditransfer akan sampai di rekening tujuan dengan selamat.

Sudah Terverifikasi oleh Bank Indonesia

Saya adalah orang yang cukup berhati-hati dengan aplikasi keuangan di smartphone. Hanya sebuah aplikasi resmi dari bank yang akan saya gunakan. Aplikasi Flip sendiri sebenarnya hanya pihak ketiga sebagai sebuah perantara dalam proses transfer. Semua mekanisme keuangan dilakukan oleh jaringan perbankan. Sebagai legalisasi, Flip telah terdaftar di Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68. Saya juga tidak ragu untuk menggunakannya.

Kekurangan Aplikasi Flip

Proses Verifikasi Sedikit Rumit

Dibandingkan dengan aplikasi lain yang dapat langsung dipakai setelah melakukan suatu registrasi, akun Flip hanya bisa digunakan untuk transfer setelah melewati proses verifikasi. Untuk verifikasi, Anda harus menampilkan data yang sebenarnya berupa foto KTP, foto wajah, dan foto memegang KTP.

Keluhan yang sering ditemui adalah verifikasi gagal karena gambar tidak jelas atau tidak sesuai. Bisa jadi karena posisi gambar yang salah atau blur. Tak sedikit yang mengeluhkan hal ini di halaman Flip review di Playstore. Adapun saya pribadi, saya bisa melewati proses verifikasi dengan cepat. Jadi situasi ini bisa berbeda untuk setiap orang.

Mungkin ada yang bertanya kenapa verifikasi harus serumit ini. Ini merupakan persyaratan dari Bank Indonesia agar Flip dapat terus beroperasi dan mendapatkan nomor lisensi. Ini adalah bagian dari keamanan.

Proses Transfer Lebih Lambat

Di laman resmi Flip.Id disebutkan bahwa proses transfer memakan waktu 20 menit atau lebih. Hal ini biasanya tergantung pada antrian dan jumlah transaksi pada saat itu. Dalam kasus gangguan bank, prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam. Karena semua transaksi menggunakan jaringan perbankan, gangguan bank berada di luar kendali Flip.

Saran saya, jika penerima uang dalam keadaan sangat mendesak dan tidak dapat menunggu lebih lama, mungkin bisa memilih opsi Prioritas, tapi ada biaya Rp 2.500 per transaksi. Atau tidak harus pakai Flip saja, agar langsung sampai, tapi biaya ditanggung sendiri.

Transfer Terbatas pada Jam Kerja

Aplikasi Flip memang bisa digunakan kapan saja. Namun untuk pengiriman uang hanya akan diproses pada jam kerja. Oleh karena itu jangan mengharapkan transfer uang dari Flip pada malam hari atau hari libur. Jika mendesak, jangan berharap gratis biaya transfer dari Flip. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Flip memiliki jam kerja dari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 - 20.00 WIB.

Jika di luar jam tersebut, terutama hari libur, konsumen selalu diharuskan menunggu hingga hari kerja berikutnya untuk memproses transaksi. Namun kedepannya Flip juga akan berusaha untuk dapat melakukan transaksi tanpa batas waktu dan dapat dilakukan 24 jam non stop.

Cara Transfer Uang Menggunakan Aplikasi Flip

Masuk pada aplikasi Flip dan klik tombol Kirim Uang Gratis di halaman depan.

Pilih bank tujuan dan masukkan nomor rekening. Selanjutnya, masukkan jumlah uang yang akan ditransfer > Lanjutkan.

Kemudian pilih saja metode transfernya. Untuk menghindari biaya admin, silahkan pilih metode transfer yang sesuai dengan rekening bank Anda.

Hanya dalam beberapa menit setelah Anda berhasil mentransfer uang ke akun Flip Anda, Flip akan segera memproses dan meneruskan uang ke rekening bank tujuan.

Selesai, begitulah cara menggunakan aplikasi Flip untuk mengirim uang ke bank lain tanpa biaya admin.

Demikian ulasan tentang Mereview Aplikasi Flip Beserta Kelebihannya semoga bermanfaat.