Skip to main content

5 Jurusan Unik di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia!

5 Jurusan Unik di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia!

5 Jurusan Unik di Dunia, Nomor 4 Ada di Indonesia!

Bagi kamu anak SMA yang akan menginjak bangku kuliah mungkin saat ini sedang galau menentukan jurusan kuliah. Entah karena belum mengetahui minat atau bisa karena pertentangan dengan orang tua. Nah, jurusan di kuliah itu sangat penting menentukan masa depanmu. Sebab, di bangku perkuliahan, awal tujuan hidup dimulai.

Ternyata, ada sederetan daftar jurusan kuliah yang unik di dunia. Salah satunya ada di Indonesia, lho! Penasaran? Langsung saja kamu bisa simak informasi berikut.

TOC / Daftar Isi

1. Astrobiologi

Jurusan unik pertama adalah astrobiologi. Pernah mendengar program studi ini sebelumnya? Kamu mungkin sedikit berpikir jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu astronomi dan biologi. Asumsi tersebut kamu adopsi berdasarkan nama jurusan ini, kan? Tidak ada salahnya menyimpulkan demikian. Akan tetapi, kamu wajib mengetahui informasi yang sebenarnya.

Astrobiologi adalah ilmu yang mengkaji tentang kehidupan di luar Bumi. Dalam arti lain, ilmu ini mempelajari tentang alam semesta dan luar angkasa. Selain itu, ilmu astrobiologi juga meneliti asal-usul dan evolusi awal kehidupan di Bumi. Bidang kajian ilmu astrobiologi bisa mencakup ilmu keplanetan, geologi, biologi evolusi, astrofisika, biologi molekuler, dan kimia.

Uniknya lagi, program studi ini hanya tersedia di dua Universitas di Amerika Serikat, yakni Universitas Pennsylvania dan Universitas Washington. Sementara di Indonesia, terdapat jurusan yang mirip dengan astrobiologi, yakni ilmu astronomi yang bisa kamu temukan di Institut Teknologi Bandung.

Bagi kamu yang bercita-cita sebagai astronot atau peneliti antariksa, jurusan kuliah ini cocok untukmu. Apalagi jurusan ini menawarkan prospek kerja yang dengan gaji yang menggiurkan. Adapun prospek kerja jurusan unik ini bisa di bidang penelitian, dosen, pengajar, science communicator, NASA, atau lembaga antariksa lainnya. Berminat? Siapkan fisik dan mental jika ingin bekerja di bidang antariksa ya sob!

Back to Content ↑

2. Seni Komik

Pernah menduga sastrawan hebat bidang cerita komik ternyata berkembang dari jurusan Seni Komik? Atau baru pernah mendengar jurusan unik yang satu ini? Saat ini, program studi Seni komik baru tersedia di Minneapolis College of Arthropods and Design yang terletak di negara Amerika Serikat.

Sesuai namanya, program studi ini mempelajari tentang ilmu membuat komik. Bahan studinya mengenai bagaimana membuat garis, warna, komposisi, dan pengembangan karakter serta pengembangan jalan cerita komik. Tujuan program studi ini ialah agar mampu menghasilkan karya komik yang kompleks dan menarik bagi pembaca.

Prospek kerja jurusan langka di dunia ini bisa bekerja sebagai seorang ilustrator, penulis cerita komik, bekerja di perusahaan penerbitan komik, atau bekerja di industri komik. Karena sangat langka dan unik, gaji profesi bidang ini tentu sangat menggiurkan. Tertarik belajar seni komik?

Back to Content ↑

3. Bisnis dan Teknologi Penyelaman

Memang ada bisnis penyelaman? Tunggu dulu, nyatanya jurusan bisnis dan teknologi penyelaman tersedia di universitas dunia loh, tepatnya di Florida Keys Community College. Perguruan tinggi di Amerika Serikat ini menawarkan program studi dengan prospek kerja cukup menjanjikan. Profesi lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang penyelaman, peneliti bawah laut, fotografer bawah laut, dan lain sebagainya. Jurusan ini ternyata cocok juga dijadikan bahan bisnis. Sebab, belum banyak orang yang memiliki kemampuan di bidang teknologi penyelaman.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia penyelaman, kamu bisa mencoba belajar ilmu bisnis dan teknologi penyelaman. Selama perkuliahan, kamu akan mempelajari manajemen bisnis penyelaman sampai dengan penyelamatan dalam penyelaman darurat di laut dalam. Aktivitas kompleks seperti ini sudah tentu tidak sembarang orang bisa melakukan.

Syarat utama mengikuti program studi ini ialah kamu mempunyai fisik yang kuat. Sebab, laut dalam lebih berbahaya dibandingkan dasar laut atau laut dangkal. Terlebih lagi nanti kamu akan melakukan misi penyelaman yang juga membutuhkan tantangan. Jika kamu melakukan pekerjaan di bidang penyelaman, bawalah suasana dirimu selalu “asyik” dengan pemandangan bawah laut. Dengan begitu, kamu akan merasa tenang dan mampu berpikir jernih meskipun dalam keadaan darurat.

Back to Content ↑

4. Seni Perkerisan

Di Indonesia ternyata terdapat jurusan unik nan aneh. Jurusan seni perkerisan merupakan jurusan satu-satunya yang ada di dunia. Meskipun langka, jurusan seni di Institut Seni Surakarta (Solo) ini hanya menerima 25 mahasiswa baru setiap tahunnya. Akan tetapi, dengan jumlah yang sangat sedikit tersebut, jurusan seni perkerisan juga sepi peminat. Dilansir dari rektor ISI Surakarta bahwa mahasiswa yang masuk jurusan ini hanya delapan orang. Walaupun demikian, program studi yang dibuka semenjak enam tahun silam ini telah meluluskan sejumlah mahasiswa hebat di bidang seni.

Bagi kamu siswa SMA yang berminat di bidang seni, khususnya seni perkerisan, kamu bisa memilih program studi ini di ISI Solo. Peluang diterima di jurusan ini juga sangat besar mengingat persaingan yang sangat longgar.

Sementara itu, ditinjau dari pihak perguruan tinggi, rektor ISI Solo menuturkan bahwa keberadaan jurusan ini cukup penting. Hingga saat ini, belum ada institusi pendidikan formal yang menyelenggarakan program studi perkerisan. Padahal, keris merupakan salah satu peninggalan budaya yang sangat penting.

Dari sisi lain, adanya jurusan ini sebagai konsekuensi dari pengakuan badan kebudayaan dunia, UNESCO, tentang warisan budaya dunia asal Indonesia, yakni keris. Oleh karena itu, pihak ISI Solo akan terus mempertahankan program studi ini meskipun peminatnya sangat terbatas.

Back to Content ↑

5. Ilmu Studi Holokaus

Sudah pernah mendengar Holokaus? Istilah ini terdengar sangat asing di telinga kita. Sebenarnya, apa itu Holokaus? Berdasarkan informasi history.com, Holokaus adalah salah satu kejahatan genosida yang dilakukan kepada sekitar enam juta orang Yahudi di Eropa. Kejahatan genosida ini terjadi pada saat Perang Dunia II.

Program ini didalangi oleh Adolf Hitler, seorang militan Jerman yang terkenal kejam. Kekejaman yang dilakukan pihak Jerman merenggut jutaan nyawa di seluruh daerah jajahan Partai NAZI. Nah, ternyata ada loh jurusan yang mempelajari tentang Holokaus ini. Jurusan unik ilmu studi Holokaus bisa kamu temui di Elmhurst College, Amerika Serikat.

Mahasiswa program studi ini akan mempelajari tentang karakteristik, sejarah, dampak, dan implikasi manusia dalam keadilan sosial dari fenomena Holokaus. Jurusan ini tak hanya mengajak mahasiswanya untuk mempelajari hal tersebut. Melainkan juga mahasiswa jurusan tersebut bisa menerima pelatihan mengenai konseling korban selamat, pencegahan kejahatan dalam perang, sampai dengan sastra akibat peristiwa genosida di zaman abad 20 an tersebut.

Back to Content ↑

Nah, itu dia 5 jurusan unik di dunia. Sudah tahu, nomor 4 adalah program studi milik Indonesia. Jurusan unik dengan peminat sedikit membuka peluang besar bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan di jurusan tersebut. Khususnya di Indonesia, jurusan seni perkerisan tidak ada salahnya untuk kamu jadikan pilihan. Apalagi bagi kamu yang berminat dalam bidang kesenian. Melestarikan budaya Indonesia adalah cita-cita yang luhur, bukan?