Skip to main content

Cara Mudah & Simple Screenshot di Laptop

Cara Mudah & Simple Screenshot di Laptop

Cara Mudah & Simple Screenshot di Laptop

Meski sangat mudah, cara screenshot di laptop bagi sebagian orang masih cukup membingungkan, terutama bagi mereka yang jarang menggunakan laptop atau mereka yang sering menggunakan laptop tetapi tidak pernah melakukan hal tersebut sebelumnya.

Jika Anda termasuk yang belum tahu cara screenshot layar di laptop, ada baiknya untuk menyimak artikel ini hingga selesai. Artikel ini akan membahas cara melakukan screenshot di layar laptop dengan mudah dan bisa dilakukan baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi tambahan.

1. Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Melakukan screenshot di layar laptop bisa dilakukan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan menggunakan tools yang sudah disediakan oleh Windows sendiri sehingga akan lebih mudah dan praktis. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan:

1.1. Menggunakan Paint

Paint adalah salah satu tools yang disediakan oleh Windows yang bisa digunakan untuk membuat gambar sederhana. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan tools ini untuk mengambil screenshot layar laptop Anda. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Langkah 1 – Posisikan Layar

    Langkah pertama untuk menghasilkan gambar screenshot di laptop adalah dengan memposisikan layar sesuai yang diinginkan. Minimize windows yang menghalangi tampilan layar yang akan diambil dan pastikan semua objeknya terlihat.

  • Langkah 2 – Tekan Print Screen (Tombol)

    Jika tampilan sudah sesuai dengan yang ingin diambil, silahkan klik tombol Print Screen pada keyboard (Biasanya ditulis : PrtScr SysRq) dan gambar akan disimpan oleh sistem di clipboard.

  • Langkah 3 – Buka Paint

    Berikutnya, buka aplikasi Paint yang bisa diakses dengan cara klik tombol Start Windows > All Programs > Accessories > Paint. Kemudian klik Paste dan tampilan layar yang sebelumnya sudah di-print screen akan muncul di lembar kerja Paint.

  • Langkah 4 – Simpan Gambar

    Jika sudah, Anda bisa menyimpan gambar hasil print screen tadi ke folder tertentu di laptop. Silahkan klik Save as lalu tentukan directory atau folder untuk menyimpan file tersebut. Berikan nama pada filenya dan klik Save.

1.2. Menggunakan Snipping Tool

Satu lagi tool yang disediakan Windows untuk memudahkan para penggunanya dalam mengerjakan sesuatu. Tool ini lebih praktis dibanding menggunakan Paint karena fungsi utamanya memang untuk mengambil screenshot.

  • Langkah 1 – Buka Snipping Tool

    Pertama-tama, buka aplikasi Snipping Tool dengan klik tombol Start Windows > All programs > Accessories > Snipping Tools. Setelah itu, aplikasi tersebut akan muncul di layar laptop Anda.

  • Langkah 2 – Tentukan Bagian Untuk Di-Screenshot

    Anda bisa mulai memilih bagian mana saja dari layar yang ingin di-screenshot. Ada 4 mode yang bisa dipilih, yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full-screen Snip.

    • Free-form Snip: Anda bisa mengambil screenshot pada layar secara bebas dan tidak harus berbentuk kotak.
    • Rectangular Snip: Anda bisa menentukan bagian mana saja dari layar untuk diambil gambarnya, namun dalam bentuk rectangular (persegi).
    • Window Snip: Anda bisa mengambil screenshot hanya pada jendela atau Windows tertentu saja.
    • Full-screen Snip: Screenshot semua bagian yang ditampilkan oleh layar di laptop.

    Silahkan pilih salah satu dari keempat mode tersebut. Nantinya, hasil dari screenshot akan muncul dan memungkinkan Anda untuk mengeditnya.

  • Langkah 3 – Simpan Gambar

    Jika sudah, Anda bisa menyimpan hasil screenshot menggunakan Snipping Tool ke dalam folder yang diinginkan. Silahkan klik Save as > Tentukan folder untuk menyimpan file > Beri nama file > Klik Save.

2. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara screenshot di laptop berikutnya bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tambahan yang harus Anda instal terlebih dahulu di Windows. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot, di antaranya:

2.1. Menggunakan Lightshot

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screenshot yang sangat populer digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Selain karena mudah dan praktis, aplikasi ini juga memberikan fitur-fitur yang sangat berguna. Agar bisa menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah 1 – Instal Aplikasi Lightshot

    Langkah pertama untuk bisa menggunakan aplikasi ini adalah dengan mendownload dan menginstal Lightshot ke PC Anda terlebih dahulu. Silahkan download melalui link berikut ini https://app.prntscr.com/en/index.html.

  • Langkah 2 – Jalankan Aplikasi

    Jika aplikasi berhasil diinstal, tombol PrtScr SysRq pada keyboard akan otomatis terintegrasi dengan aplikasi Lightshot. Jadi, setiap kali Anda menekan tombol tersebut akan muncul mode untuk mengambil bagian dari layar sebagai screenshot.

  • Langkah 3 – Pilih Bagian dari Layar

    Anda bisa memilih bagian mana saja dari layar yang akan dijadikan screenshot. Ada fitur-fitur seperti pen, membuat garis, menambah tulisan, dll. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya atau mengirimkannya ke orang lain dalam bentuk link.

  • Langkah 4 – Menyimpan, Copy Link, Share

    Jika Anda sudah menentukan tampilan screenshot, selanjutnya Anda bisa menyimpan screenshot tersebut, mengcopy link, atau melakukan share menggunakan tombol Save, Copy, atau Share yang ada di bawahnya.

2.2. Menggunakan Greenshot

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot di layar laptop adalah dengan Greenshot. Aplikasi ini termasuk aplikasi gratis dan open source yang bebas digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini juga menambahkan beberapa fitur yang membuatnya spesial.

Anda bisa membuat anotasi, memilih bagian tertentu dari layar, membuat efek blur di dalam screenshot yang dibuat, dll. Tentu saja hal ini dapat menjadikan screenshot yang dihasilkan lebih baik dibanding menggunakan aplikasi lainnya.

Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak langkah-langkah menggunakan Greenshot di bawah ini:

  • Langkah 1 – Instal Aplikasi Greenshot

    Seperti biasa, sebelum mulai menggunakan Greenshot, Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu karena aplikasi ini bukan merupakan aplikasi bawaan Windows.

  • Langkah 2 – Jalankan Aplikasi

    Di dalam aplikasi Greenshot ada beberapa pilihan mode mengambil screenshot. Mode-mode tersebut antara lain:

    • Capture Region: Di mode ini Anda bisa memilih bagian tertentu dari layar. Saat mode ini dipilih, cursor akan menjadi simbol plus (+) yang bisa Anda gerakkan untuk menentukan area screenshot.
    • Capture Window: Mode ini akan menangkap tampilan layar window yang sedang diaktifkan.
    • Capture Full-screen: Mode ini akan menangkap seluruh bagian layar yang sedang ditampilkan.

    Anda bisa memilih salah satu dari mode di atas untuk membuat screenshot. Silahkan menggunakan mode yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Langkah 3 – Mengedit Gambar

    Setelah screenshot berhasil dibuat, Anda masih bisa mengeditnya. Ada beberapa fitur seperti menambahkan teks, menambahkan anak panah, memberi nomor, dll. Dengan begitu, screenshot yang Anda hasilkan lebih interaktif dan menarik.

  • Langkah 4 – Simpan Hasil Screenshot

    Jika semua pengeditan telah selesai dilakukan, selanjutnya Anda bisa menyimpan screenshot tersebut ke folder yang telah ditentukan. Anda bisa melakukannya dengan klik Save > Pilih folder > Beri nama file > Klik Save.

Beberapa cara screenshot di laptop yang sudah kami sampaikan di atas bisa Anda coba. Untuk cara yang lebih simpel bisa menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan oleh Windows. Jika Anda ingin cara yang lebih advance, silahkan gunakan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!