Skip to main content

Cara Video Call Whatsapp di Laptop

Cara Video Call Whatsapp di Laptop

Cara Video Call Whatsapp di Laptop

Belum banyak orang yang tahu jika cara video call Whatsapp di laptop sebenarnya bisa dilakukan. Biasanya, pengguna Whatsapp hanya tahu jika video call bisa dilakukan di smartphone saja, tapi sebenarnya tidak, Anda juga bisa video call melalui laptop.

Sebagai aplikasi messenger terbesar di dunia, Whatsapp tentu ingin memaksimalkan pengalaman penggunaan aplikasi kepada seluruh penggunanya. Untuk itulah layanan video call di Whatsapp bisa dilakukan melalui beberapa perangkat. Salah satunya adalah laptop.

1. Cara Video Call Whatsapp di Laptop dengan Emulator (Bluestack)

Pada dasarnya, Whatsapp hanya ditujukan bagi mereka yang menggunakan smartphone, namun pihak Whatsapp menyediakan versi web agar pengguna PC juga bisa mengaksesnya. Meski begitu, Whatsapp web tidak bisa melakukan panggilan video secara langsung layaknya menggunakan HP.

Jika Anda ingin menggunakan PC untuk melakukan panggilan video, maka dibutuhkan aplikasi tambahan seperti emulator. Berikut adalah cara video call Whatsapp di Laptop atau PC menggunakan Bluestack:

Langkah 1 – Download dan Instal Bluestack

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan menginstal Bluestack terlebih dahulu. Bluestack merupakan software emulator yang disediakan gratis oleh pengembangnya sehingga Anda bisa mengunduhnya secara cuma-cuma.

Silahkan kunjungi situs resmi Bluestack di https://www.bluestacks.com/id/index.html. Kemudian klik Unduh Bluestack dan tunggu hingga proses selesai. Jika aplikasi sudah terunduh, silahkan jalankan agar Bluestack terinstal di PC/laptop Anda.

Langkah 2 – Jalankan Bluestack

Jika Bluestack sudah berhasil terinstal di PC Anda, silahkan jalankan dengan melakukan double klik pada ikon Bluestack. Nantinya Anda akan diarahkan menuju tampilan awal Bluestack yang menyerupai tampilan Home Screen di smartphone Android.

Langkah 3 – Instal Whatsapp

Saat Bluestack dibuka, belum banyak aplikasi Android yang terinstal. Untuk itu, silahkan buka Google Play Store di dalamnya lalu cari aplikasi Whatsapp. Jika sudah ketemu, silahkan klik Install. Selanjutnya, Anda bisa menunggu download dan instal selesai.

Sebelumnya, untuk bisa menggunakan Google Play Store Anda harus login terlebih dahulu ke akun Google Anda. Untuk itu, silahkan buka aplikasi Google di Bluestack atau melalui pengaturan, kemudian login ke akun Google Anda.

Langkah 4 – Jalankan Whatsapp

Jika Whatsapp sudah berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah menjalankannya. Setelah itu, silahkan login ke akun Whatsapp yang digunakan. Nantinya, pihak Whatsapp akan meminta konfirmasi dengan mengirimkan kode OTP ke nomor yang digunakan.

Siapkan HP yang menggunakan nomor tersebut. Jika kode OTP sudah dikirim, silahkan masukkan kode yang bersangkutan untuk melanjutkan proses login ke akun Whatsapp di Bluestack.

Langkah 5 – Lakukan Video Call

Sampai di sini Anda sudah bisa melakukan panggilan video ke nomor Whatsapp yang diinginkan. Caranya dengan memilih salah satu kontak di halaman Kontak, kemudian pilih ikon Video Call.

Anda juga bisa melakukan video call melalui halaman percakapan. Silahkan pilih halaman percakapan antara Anda dengan salah satu orang yang ingin Anda hubungi. Di bagian atas terdapat ikon Video Call. Klik ikon tersebut dan panggilan video akan berlangsung.

Sebenarnya trik sosmed ini cukup merepotkan, sebab proses instalasi Bluestack sendiri cukup memakan waktu. Belum lagi Anda harus mengunduh dan menginstal Whatsapp karena aplikasi tersebut tidak tersedia secara otomatis di dalamnya. Anda bisa menggunakan cara ini jika memang diperlukan saja.

2. Cara Video Call Whatsapp di Laptop Tanpa Menggunakan Emulator

Cara yang berikutnya bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan emulator. Hal ini berkat fitur yang telah ditambahkan oleh Facebook di Whatsapp Web untuk menyaingi layanan tatap muka seperti Zoom atau Google Meet.

Facebook selaku induk perusahaan dari Whatsapp baru-baru ini meluncurkan layanan Messenger Room untuk memfasilitasi pengguna Whatsapp di PC. Layanan ini mengintegrasikan antara Whatsapp dengan Facebook Messenger. Untuk menggunakannya, silahkan simak cara berikut ini:

Langkah 1 – Kunjungi Whatsapp Web

Silahkan kunjungi Whatsapp Web menggunakan browser Anda di PC, seperti Chrome, Firefox, Opera, dll. Agar lebih mudah, ketik saja “whatsapp web” di kolom pencarian Google. Nantinya, Google akan menampilkan situs yang dimaksud di daftar teratas.

Langkah 2 – Login ke Akun Whatsapp

Berikutnya, Anda akan diarahkan ke halaman awal Whatsapp Web yang menampilkan QR Code cukup besar. Silahkan scan QR Code tersebut menggunakan aplikasi Whatsapp di smartphone.

Caranya, buka aplikasi Whatsapp. Setelah itu, klik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar, lalu pilih Whatsapp Web. Secara otomatis, layar di smartphone akan masuk ke mode scan. Silahkan arahkan kamera scanner ke layar di PC Anda pada bagian QR Code.

Secara otomatis, Whatsapp Web akan login ke akun Anda lengkap dengan percakapan terakhir yang Anda sedang lakukan.

Langkah 3 – Masuk ke Messenger Room

Langkah selanjutnya adalah membuat sebuah room dengan cara masuk ke salah satu percakapan, lalu klik tombol attach (ikon penjepit). Di sana terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih, salah satunya adalah Room. Pilih opsi tersebut.

Jika sudah, Anda akan diarahkan ke tab baru di dalam browser yang mengarah ke pembuatan Messenger Room. Silahkan login ke akun Facebook Anda dan buat Room baru. Setelah berhasil, akan ada link yang bisa dibagikan ke banyak orang.

Langkah 4 – Undang Orang Lain

Selanjutnya, silahkan salin tautan atau link yang telah disediakan kepada orang yang Anda kehendaki. Nantinya, link tersebut akan mengarahkan seseorang untuk bergabung ke dalam Room yang telah Anda buat. Dengan begitu, panggilan video bisa dilakukan.

Cara video call Whatsapp di laptop ini pada dasarnya hanya menggunakan fitur-fitur yang ada di Facebook Messenger yang memang sudah memiliki fitur tersebut sebelumnya. Hanya saja fitur tersebut kini sudah terintegrasi dengan Whatsapp.

Meski begitu, cara ini akan lebih mudah dilakukan dibanding menggunakan emulator, sebab yang dibutuhkan hanyalah browser saja dan tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Agar bisa saling terhubung, setiap member yang ingin bergabung harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

3. Kelebihan dan Kekurangan Video Call Menggunakan Laptop

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan saat kita memutuskan untuk video call menggunakan laptop. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut bisa Anda lihat pada penjelasan berikut ini:

3.1. Kelebihan:

  • Tampilan layar lebih lebar
  • Proses multitasking lebih mudah dan nyaman
  • Tidak perlu menggunakan holder agar kamera tidak goyang
  • Lebih mudah jika laptop harus sambil dicharge. Berbeda dengan smartphone yang sulit untuk dikondisikan jika posisi stop kontak terlalu tinggi dan kabel charger berukuran pendek

3.2. Kekurangan:

  • Kualitas perekaman tidak lebih bagus dari smartphone saat ini
  • Kurang fleksibel
  • Merepotkan, karena menyalakan laptop tidak lebih praktis dibandingkan dengan smartphone

KESIMPULAN:

Dari kedua cara video call Whatsapp di laptop yang telah dijelaskan di atas dapat Anda coba jika suatu saat membutuhkan percakapan tatap muka virtual yang tidak memungkinkan untuk dilakukan di smartphone. Hal itu mengingat percakapan video yang terkadang sangat dibutuhkan di saat tertentu. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!