Skip to main content

Webcam Laptop Terbaik Tahun 2020

Logitech C270

Webcam Laptop Terbaik Tahun 2020

Apa jadinya jika webcam laptop mengalami kerusakan dan tidak bisa dipakai lagi? Apakah Anda akan membeli laptop baru? Jawabannya tidak perlu, sebab ada banyak penyedia webcam laptop yang bisa Anda beli secara terpisah bahkan dengan kualitas yang lebih baik.

Penggunaan webcam untuk keperluan virtual meeting akhir-akhir ini memang sangat dibutuhkan. Hal itu lantaran adanya pandemik Covid-19 yang memaksa semua orang untuk saling terhubung secara virtual. Jika Anda membutuhkan webcam baru untuk keperluan tersebut, silahkan simak artikel berikut.

Daftar Webcam Laptop Terbaik Tahun 2020

Di luar sana terdapat banyak pilihan Webcam eksternal yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan webcam laptop yang mungkin saja rusak. Semakin kesini tentu saja webcam yang dihadirkan akan semakin baik. Berikut adalah daftar webcam terbaik yang bisa digunakan di tahun 2020 ini:

1. Logitech C270

Jika Anda menyukai desain webcam yang ringkas, Logitech C270 ini bisa Anda pilih sebagai kamera tambahan untuk keperluan virtual meeting. Desainnya yang mungil tetapi dengan kemampuan perekaman video 720p yang dimiliki membuatnya cocok untuk berbagai keperluan.

Anda bisa memanfaatkan webcam ini untuk kuliah online, melakukan wawancara jarak jauh, membuat video Youtube, dll. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan proses editing yang terlalu rumit untuk menghasilkan video yang bagus.

Di samping itu, Logitech menyuguhkan beberapa fitur penting yang dapat menopang kualitas video yang dihasilkan. Beberapa di antaranya adalah hadirnya microphone yang dilengkapi dengan noise cancelling untuk mengurangi kebisingan.

Ada juga fitur automatic light correction untuk mengatur pencahayaan dalam perekaman, serta adanya universal clip yang bisa Anda gunakan untuk menjepitkan webcam tersebut ke sebuah benda atau memposisikannya sesuai keinginan.

Spesifikasi & Harga Logitech C270

  • Merk: Logitech C270
  • Kualitas Perekaman: 720p
  • Jumlah Pengguna: 1 orang
  • Fitur: Microphone
  • Harga: Rp 300.000

2. Logitech BCC950

Masih dari merk Logitech, kali ini webcam yang dihadirkan merupakan salah satu webcam High End milik Logitech, yaitu BCC950. Memiliki kualitas perekaman hingga 1080p, webcam ini sangat efektif digunakan untuk rapat tim yang terdiri dari 1 – 4 orang dalam 1 ruangan kecil.

Kualitas kamera yang dihadirkan mampu merekam dengan jelas keempat orang yang melakukan teleconference. Selain itu, terdapat speakerphone yang sudah terintegrasi untuk memunculkan audio dari lawan bicara yang sedang berkomunikasi dengan pengguna.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menghubungkan ke laptop atau PC dan webcam sudah bisa langsung digunakan. Sangat praktis bukan? Webcam ini juga sudah dilengkapi dengan remote control untuk pengoperasian jarak jauh.

Kecanggihan serta banyaknya fitur yang dihadirkan oleh webcam laptop ini membuat harga jualnya cukup tinggi. Saat ini, webcam Logitech BCC950 ini dihargai senilai 4 jutaan. Webcam ini juga kompatibel dengan sebagian besar aplikasi video call.

Spesifikasi & Harga Logitech BCC950

  • Merk: Logitech BCC950
  • Kualitas Perekaman: 1080p
  • Jumlah Pengguna: 1 – 4 orang
  • Fitur: Microphone, speakerphone, remote control, noise cancelling
  • Harga: Rp 4.199.000

3. Genius FaceCam 1000x

Webcam laptop selanjutnya yang bisa Anda pilih berasal dari merk Genius, yaitu Genius FaceCam 1000x. Laptop yang memiliki harga yang cukup terjangkau ini mampu menghasilkan perekaman video hingga 720p sehingga Anda tidak perlu khawatir gambar yang dihasilkan akan buram.

Untuk memperlancar komunikasi, Genius FaceCam 1000x ini juga sudah dilengkapi dengan microphone mono. Jika Anda merasa kamera kurang dekat, Anda masih bisa melakukan hingga 3x perbesaran. Meski begitu, penggunaan webcam ini hanya untuk 1 orang saja.

Hal itu karena webcam ini tidak mendukung kamera wide seperti pada Logitech BCC950. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakannya untuk beberapa orang, Anda bisa mengatur letak duduk sedikit lebih dekat sampai seluruh anggota berada dalam satu frame camera yang dihasilkan.

Jika Anda menginginkan webcam ini, harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Webcam ini dijual di kisaran harga 200 ribuan saja. Dengan harga tersebut, webcam ini sangat layak dimiliki terutama untuk penggunaan sehari-hari seperti saat video call dengan teman atau saudara.

Spesifikasi & Harga Genius FaceCam 1000x

  • Merk: Genius FaceCam 1000x
  • Kualitas Perekaman: 720p
  • Jumlah Pengguna: 1 orang
  • Fitur: Microphone mono
  • Harga: Rp 280.000

4. Logitech B525

Salah satu fitur dari webcam laptop yang cukup berguna adalah kemampuan berputar 360 derajat. Fitur ini memungkinkan webcam untuk dipakai bergantian, terutama saat sedang rapat di dalam sebuah ruangan. Kemampuan tersebut bisa Anda temukan pada webcam Logitech B525 ini.

Selain fitur berputar 360 derajat, webcam ini juga bisa dilipat. Itulah sebabnya mengapa webcam ini sangat cocok digunakan oleh kalangan profesional yang memiliki mobilitas tinggi. Kualitas perekaman yang dihasilkan juga sangat tinggi, yaitu 1080p30 fps meskipun di cahaya yang redup sekalipun.

Penggunaan webcam ini di laptop juga sangat mudah. Anda hanya perlu plug and play untuk bisa menggunakannya. Apalagi webcam ini sudah kompatibel dengan aplikasi seperti Skype dan juga Cisco Jobber. Sudut pengambilan gambarnya juga cukup lebar, yaitu 69 derajat.

Spesifikasi & Harga Logitech B525

  • Merk: Logitech B525
  • Kualitas Perekaman: 1080p30 fps
  • Jumlah Pengguna: 1 orang
  • Fitur: Microphone omni-directional, berputar 360˚, foldable
  • Harga: Rp 845.000

5. Microsoft LifeCam HD-3000

Satu lagi webcam laptop yang memiliki bentuk cukup mungil. Kali ini datang dari perusahaan besar dunia, yaitu Microsoft LifeCam HD-3000. Webcam satu ini memiliki kemampuan perekaman video hingga 720p. Kualitas video tersebut sudah mampu menampilkan gambar dengan cukup jelas.

Di samping itu, Microsoft juga menyertakan software saat Anda menginstal driver webcam ini di laptop. Nantinya, akan ada banyak efek, animasi dan berbagai hal menarik lainnya saat Anda menggunakan webcam ini. Berbagai efek tersebut bisa Anda simpan di laptop dan membagikannya.

Untuk mempermudah komunikasi dengan lawan bicara saat video call, webcam ini sudah memiliki fitur microphone di dalamnya sehingga Anda bisa berkomunikasi tanpa harus membeli microphone tambahan. Harga dari webcam ini berkisar di angka 900 ribuan.

Spesifikasi & Harga Microsoft LifeCam HD-3000

  • Merk: Microsoft LifeCam HD-3000
  • Kualitas Perekaman: 720p
  • Jumlah Pengguna: 1 orang
  • Fitur: Microphone, aplikasi kamera
  • Harga: Rp 975.000 – 1.050.000

Cara Memasang Webcam Laptop

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan webcam di laptop diperlukan peletakkan yang baik dan benar. Selain harus menampilkan seluruh bagian yang harus ditampilkan, peletakkan webcam di posisi yang benar juga akan memaksimalkan pemanfaatan fitur seperti microphone.

Agar penggunaan webcam di laptop Anda lebih optimal, silahkan simak beberapa langkah berikut sebelum mulai menggunakan webcam:

  • Pastikan Webcam Sudah Terhubung dengan Laptop

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan webcam yang akan digunakan sudah terhubung ke PC atau laptop. Sebagian webcam sudah memiliki fitur Plug and Play yang bisa langsung digunakan jika sudah terhubung ke laptop.

    Akan tetapi, sebagian webcam lainnya perlu dilakukan pengaturan atau perlu menginstal aplikasi khusus agar webcam bisa digunakan di PC atau laptop yang bersangkutan. Untuk itu, Anda harus memastikan segala hal tersebut sudah beres sebelum mulai menggunakannya.

  • Posisikan Webcam

    Carilah angle yang pas agar seluruh bagian dari diri Anda bisa ditampilkan dengan baik. Jika kamera berada pada mode close up, pastikan wajah Anda tidak miring saat menghadap kamera. Jika mode kamera adalah wide, pastikan seluruh bagian tubuh atau seluruh tim sudah ditampilkan dengan baik.

  • Pastikan Suara Anda terdengar

    Jika webcam yang digunakan memiliki microphone, pastikan Anda sudah berada di posisi yang tepat agar microphone bisa menangkap suara Anda. Dengan begitu, komunikasi antara Anda dan partner bicara Anda akan berlangsung dengan baik.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan webcam laptop seperti yang Anda butuhkan? Beberapa daftar webcam di atas bisa Anda jadikan referensi jika nanti ingin membeli webcam untuk laptop Anda. Hal itu mengingat penggunaan webcam cukup penting selama masa WFH saat ini.