Skip to main content

Spek Nokia 5.3: Layak Dibeli Tahun 2020?

Nokia 5.3

Spek Nokia 5.3: Layak Dibeli Tahun 2020?

Pernah menjadi primadona pasar ponsel di tahun 2000-an, Nokia kini harus berpikir keras dalam menghadirkan smartphone dengan fitur baru untuk bisa bersaing dengan kompetitornya. Salah satu amunisi yang digunakan adalah kehadiran Nokia 5.3. Lantas, seperti apakah spek Nokia 5.3 ini?

Produk Nokia 5.3 sendiri dikeluarkan untuk bersaing di kelas mid range melawan kompetitor seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dll. Apakah spesifikasi yang coba ditawarkan oleh Nokia 5.3 membuatnya layak untuk dibeli? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini!

1. Spek Nokia 5.3

Untuk meramaikan persaingan di kelas Mid-range, Nokia tentu saja akan mencoba menawarkan spek yang tidak bisa dianggap remeh. Agar lebih jelas, berikut beberapa spesifikasi Nokia 5.3 dari berbagai sektor:

1.1. Build Quality

Nokia 5.3 memilih material plastik untuk menjadi bahan utama pada body-nya. Meski banyak orang yang kurang suka dengan material plastik sebagai material body, Nokia 5.3 mampu menghadirkannya dengan cukup baik. Memang tidak berkesan premium, tetapi tidak juga jelek.

Bagian belakang masih terasa kokoh layaknya smartphone lainnya namun tidak juga bisa dikatakan bagus. Mungkin material body inilah yang menjadi kelemahan dari Nokia 5.3. Beralih ke dimensi, Nokia 5.3 memiliki ukuran yang cukup besar terutama saat digenggam menggunakan satu tangan.

Meski begitu, Nokia 5.3 memiliki body yang tipis dan juga ringan. Tebal dari smartphone ini hanya 8,5 mm saja, sementara beratnya di kisaran 185 gram. Smartphone ini hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu Cyan, Sand, dan juga Charcoal.

Desain kaca 2,5D sebenarnya membuat build quality dari Nokia 5.3 ini menjadi lebih berkesan premium. Material plastik seolah menjadi angin lalu saat fokus kita dialihkan pada curve 2,5D di bagian depannya ini.

1.2. Display

Beralih ke sektor display, Nokia 5.3 memiliki bentang layar 6,55 inch dengan resolusi HD+ 720 x 1600 pixels, dengan screen to body ratio 20:9 (~268 ppi density). Banyak orang menyayangkan resolusi yang dibawa oleh Nokia 5.3 ini yang belum bisa menghadirkan layar Full HD.

Dengan layar lebarnya, sebenarnya Anda bisa bermain game dengan bidang permainan yang lebih luas. Begitu juga saat Anda sedang menonton video. Jika sebelumnya Anda menggunakan layar Full HD, menatap layar di smartphone ini akan sedikit terasa berkurang ketajamannya.

Untuk panel yang digunakan, Nokia 5.3 menggunakan panel IPS untuk menampilkan beragam warna dan objek di dalamnya. Tak lupa lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3 juga sudah disematkan agar layar terhindar dari goresan saat berada di kantong saku atau tas.

1.3. Spesifikasi Hardware

Spek Nokia 5.3 seringkali berada di bawah kompetitornya dengan rentang harga yang sama. Kendala ini yang harusnya menjadi perhatian penting oleh Nokia sehingga dapat menghadirkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi namun dengan harga yang ekonomis.

Untuk ukuran entry level, spek Nokia 5.3 tidak bisa dibilang menarik tetapi tidak juga buruk, semuanya terbilang lumayan. Mulai dari penggunaan chipset Snapdragon 665, memory 3/64 GB, 4/64 GB, dan 6/64 GB, hingga penggunaan GPU Adreno 610.

Untuk menjalankan game yang tergolong berat, smartphone ini cukup bisa diandalkan bahkan termasuk lancar. Untuk proses multitasking juga tidak banyak keluhan dan mungkin hanya sesekali mengalami reload halaman. Secara keseluruhan performa, smartphone ini sangat baik.

1.4. Kamera

Dari sektor kamera, spek Nokia 5.3 juga tidak terlalu wah. Di bagian belakang mengusung quad-camera yang masing-masing terdiri dari 13 MP kamera utama, 5 MP ultrawide camera, 2 MP lensa macro, dan 2 MP depth sensor. Meski begitu, kamera dari Nokia cukup jernih dan tajam.

Salah satu hal yang membuat smartphone ini unik adalah karena peletakkan kamera belakangnya yang tidak mainstream. Jika kebanyakan smartphone memposisikan kameranya di samping atas atau di bagian tengah punggung, Nokia 5.3 menempatkan keempat kameranya dengan cara melingkar.

Lebih tepatnya, empat kamera belakang yang ada di smartphone ini tersusun secara melingkar di bagian tengah punggung HP. Sementara itu, terdapat LED flash yang ada di tengah-tengahnya. Ini juga merupakan salah satu kelebihan dari Nokia 5.3 dibanding smartphone lain di luar sana.

1.5. Baterai

Nokia cukup terkenal akan keawetannya. Akan tetapi, itu dulu di saat ponsel-ponsel Nokia sedang jaya-jayanya. Lalu, apakah Nokia 5.3 ini juga memiliki kelebihan yang sama? Dengan kapasitas 4.000 mAh, nyatanya smartphone ini mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian normal.

Untuk bermain game, sepertinya smartphone ini bisa bertahan di kisaran waktu 8 – 12 jam. Dengan begitu, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir untuk membawanya seharian. Jika baterai habis, Anda bisa melakukan charging melalui port USB yang sudah mendukung USB type-C 2.0.

1.6. Sensor

Di smartphone ini, Nokia dapat dibilang tidak pelit akan sensor. Beberapa sensor penting sudah dihadirkan untuk mendukung penggunaan sehari-hari. Salah satu yang cukup penting adalah sensor fingerprint di bagian belakang sebagai metode keamanan di smartphone tersebut.

Selain itu, ada juga sensor accelerometer yang biasa kita manfaatkan untuk mengubah mode portrait ke landscape dan juga sebaliknya. Tidak hanya itu, sensor proximity yang berfungsi untuk meredupkan layar saat smartphone sedang digunakan untuk telepon.

1.7. Sistem Operasi

Spek Nokia 5.3, terutama di bagian sistem operasi tidak menggunakan sistem operasi yang dikembangkan oleh pihak Nokia sendiri layaknya MIUI pada smartphone Xiaomi. Di sini, pengguna akan disuguhkan stock Android yang terkesan simpel.

Salah satu kelebihan menggunakan stock Android adalah performanya yang ringan sehingga smartphone ini terasa ngebut saat digunakan untuk buka-tutup aplikasi. Sementara kekurangannya tentu saja tampilannya yang monoton dan cenderung membosankan.

Saat ini, sistem operasi Android yang berjalan di smartphone ini masih menggunakan Android 10 Oreo. Namun pihak Nokia memastikan bahwa Nokia 5.3 juga disiapkan untuk bisa menggunakan Android 11 sehingga masa pakai smartphone ini terbilang cukup panjang.

1.8. Fitur

Beberapa fitur coba dihadirkan oleh Nokia untuk menambah daya tarik terhadap smartphone yang mereka rilis pada bulan Juli 2020 ini. Salah satu yang cukup menarik adalah hadirnya fitur NFC yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi dengan fasilitas pembayaran elektronik seperti e-Toll.

Selain itu, fungsi AI juga dimaksimalkan di smartphone ini berkat penggunaan stock Android yang memungkinkan Google Assistant mengenali Anda lebih baik. Nantinya, semua kebiasaan Anda di smartphone bisa dicatat dan membuat pengalaman menggunakan HP menjadi lebih baik lagi.

Secara ringkas, seluruh spek Nokia 5.3 yang sudah disampaikan di atas dapat Anda lihat kembali pada list berikut ini:

2. Spesifikasi Nokia 5.3 Lengkap

  • OS: Android 10 (Oreo) – Stock Android
  • Ukuran Layar: 6,55 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
  • Chipset: Adreno 665 (11nm)
  • CPU: Octa-core (4x1.8 GHz Kryo 260 Silver dan 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Kamera Belakang:
    • 13 MP, f/1.8 (wide), PDAF
    • 5 MP 13mm (ultrawide)
    • 2 MP (macro)
    • 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Type Screen: IPS LCD
  • RAM/Storage: 3/64, 4/64, 6/128
  • Kapasitas Baterai: 4.000 mAh, (charging 10W)
  • Type USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • Infrared Port: Tidak
  • Harga Pasaran: Rp 2,9 juta

3. Kesimpulan

Secara umum, spek Nokia 5.3 tidaklah mengecewakan. Sektor baterai dan kinerja hardware sangat bisa diandalkan. Hanya saja, material plastik yang menjadi bahan utama bagian body di smartphone ini sedikit mengganjal. Meski begitu, Anda masih bisa menyiasatinya dengan memasang case. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!