Skip to main content

Review Spesifikasi & Harga Xiaomi Redmi 9a

Review Spesifikasi &  Harga Xiaomi Redmi 9a

Review Spesifikasi & Harga Xiaomi Redmi 9a

Setelah kemunculan Redmi Note 9, Xiaomi lantas menghadirkan versi smartphone yang lebih ekonomis. Smartphone tersebut adalah Xiaomi Redmi 9a. Benar saja, harga Xiaomi Redmi 9a dibanderol dengan harga yang sangat murah, bahkan lebih murah dari pendahulunya, Redmi 8a.

Meskipun dijual dengan harga yang murah, smartphone ini tidak bisa dipandang remeh. Ada beberapa komponen yang membuatnya bisa disandingkan dengan smartphone lain yang bahkan memiliki harga di atasnya. Agar tidak penasaran, Anda bisa melihat ulasannya berikut ini.

1. Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 9a Lengkap

Xiaomi Redmi 9a resmi diluncurkan oleh pihak Xiaomi pada pertengahan bulan Agustus 2020 lalu. Smartphone ini dihargai Rp 1.249.000 untuk varian 2/32 GB, serta Rp 1.349.000 untuk varian 3/32 GB. Untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari smartphone ini, silahkan simak ulasan berikut:

1.1. Desain

Hal pertama yang bisa kita bahas dari Xiaomi Redmi 9a adalah dari segi desain. Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki desain yang sederhana dengan material polikarbonat sebagai bahan utama di bagian bodynya. Tentu kita tidak bisa berekspektasi lebih mengingat harganya yang bersahabat.

Letak tombol power serta volume di sisi kanan dan slot kartu SIM di sisi kiri tidak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone Xiaomi lainnya. Xiaomi tidak berusaha merombaknya karena memang posisi ini memang cukup ideal bagi sebagian besar penggunanya.

Untuk kamera, Redmi 9a menempatkannya di sisi kiri body belakang dan tidak di tengah seperti pada Redmi 8a. Sementara itu, port charging masih setia berada di sisi bawah yang juga didampingi oleh lubang speaker dan juga tombol reset.

Di bagian atas terdapat jack audio 3.5mm yang bisa Anda gunakan untuk memasang earphone. Sebagian besar pengguna Xiaomi memang menyukai peletakkan jack audio di bagian atas, meskipun ada juga yang lebih memilih untuk diletakkan di bawah menemani port USB.

1.2. Build Quality dan Dimensi

Seperti sudah dibahas sebelumnya, smartphone ini memiliki body yang terbuat dari bahan polikarbonat yang cukup nyaman digunakan. Meski tidak terlalu licin, sebaiknya perlu menambahkan case agar lebih aman dan tidak mudah terjatuh.

Jika diukur, smartphone ini memiliki dimensi yang cukup lebar dan memanjang ke bawah. Untuk lebih detailnya, ukuran dari smartphone ini adalah 164.9 x 77.1 x 9 mm (6.49 x 3.04 x 0.35 inci) dengan berat 196 gram. Meski agak besar, smartphone ini masih nyaman digenggam dengan satu tangan.

1.3. Display

Beralih ke sektor display, Xiaomi Redmi 9a memiliki bentang layar yang cukup luas. Layarnya sama dengan Redmi Note 9, yaitu sebesar 6,53 inch dengan resolusi HD+ atau 720 x 1600. Dengan rasio screen to body 20:9, smartphone ini menghasilkan kerapatan ~269 ppi density.

Secara umum, gambar yang ditampilkan cukup detail meskipun tidak sebaik Redmi Note 9 karena memang kerapatan layarnya yang lebih tinggi. Untuk panel layar yang digunakan, Redmi 9a sudah menyematkan panel IPS yang menghasilkan warna yang tajam dengan sudut pandang yang baik.

Agar lebih aman, sebaiknya bagian layar dilapisi dengan tempered glass. Hal itu mengingat layarnya yang belum dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass. Dengan begitu, layar smartphone ini akan lebih aman dari goresan ataupun benturan benda-benda tumpul.

1.4. Spesifikasi Hardware

Sama seperti Redmi Note 9, Xiaomi Redmi 9a juga tidak menggunakan chipset dari Qualcomm dan lebih memilih chipset dari MediaTek, yaitu Helio G25 (12nm). Performa di smartphone ini akan ditopang oleh prosesor Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A53 & 4x1.5 GHz Cortex-A53).

Untuk RAM, Redmi 9a dibagi ke dalam tiga varian, yaitu 2/32 GB, 3/32 GB dan 6/128 GB. Meski saat ini kebanyakan aplikasi sudah mensyaratkan RAM 3 GB ke atas, Redmi 9a masih menyediakan versi RAM 2 GB karena sepertinya ingin menjangkau seluruh konsumen di entry level.

Untuk mengolah grafis, HP ini mempercayakannya pada GPU PowerVR GE8320 yang siap menjalankan berbagai kebutuhan grafis di Redmi 9a saat digunakan. Jika memori dari smartphone ini masih dirasa kurang, Anda juga bisa menambahkan microSD di dalamnya.

1.5. Kamera

Hadir dengan single kamera di bagian belakang sejatinya memang sangat wajar mengingat harga Xiaomi Redmi 9a yang hanya sekitar 1,2 jutaan saja. Secara spesifik, kamera belakang 13 MP yang dilengkapi dengan lampu flash di smartphone ini sudah mendukung mode perekaman 1080p.

Sementara di sektor depan terdapat kamera 5 MP dengan fitur HDR yang juga mampu merekam video 1080p. Dengan kedua kamera tersebut, Anda tidak akan kesulitan untuk berbagi foto maupun video ke media sosial meskipun hasilnya juga bukanlah yang terbaik.

1.6. Baterai

Daya tahan baterai pada smartphone bagi seseorang yang memiliki aktivitas padat setiap harinya merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi. Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang ada di Redmi 9a pastinya akan mampu menemani Anda seharian tanpa perlu khawatir akan mati.

Dengan harga Xiaomi Redmi 9a yang sangat terjangkau, baterai 5.000 mAh merupakan salah satu keunggulan yang jarang dimiliki oleh smartphone dari merk lainnya. Kebanyakan dari mereka tidak menjadikan kapasitas baterai sebagai prioritas yang utama.

Sayangnya, smartphone ini masih menggunakan port micro USB dan bukan type-C seperti pada Redmi 8a. Meski begitu, kelebihan dari penggunaan micro USB adalah kemudahan dalam menemukan perangkat pendukungnya, seperti charger, USB OTG, dll.

1.7. Fitur

Dengan harga Xiaomi Redmi 9a yang terbilang murah, tidak banyak fitur yang bisa diharapkan dari smartphone ini. Absennya fitur fingerprint, USB type-C, hingga infrared blaster yang biasa digunakan sebagai remote membuat smartphone ini tidak bisa digunakan untuk mendukung keseharian Anda.

Meski begitu, masih ada mode radio yang bisa digunakan di smartphone ini tanpa harus menggunakan earphone. Di samping itu, masih ada beberapa sensor yang disematkan di smartphone entry level ini. Sensor-sensor tersebut di antaranya Accelerometer dan proximity.

Kedua sensor tersebut sangat berguna untuk keperluan sehari-hari. Sensor Proximity misalnya. Sensor ini akan mematikan fungsi touchscreen saat sedang melakukan panggilan telepon. Sensor ini biasanya diletakkan di bagian depan di dekat kamera.

Sementara sensor Accelerometer membantu Anda saat ingin mengukur kecepatan Anda melaju di atas kendaraan atau saat berlari. Selain itu, sensor ini juga berguna untuk merubah orientasi smartphone Anda dari landscape ke portrait atau sebaliknya.

1.8. OS

Di sektor perangkat lunak atau software, smartphone ini menggunakan OS Android 10 Oreo yang dipadukan dengan MIUI 11. Seperti dijanjikan pihak Xiaomi, perangkat ini akan mendapatkan update ke MIUI 12 beberapa waktu ke depan.

Agar lebih jelas, berikut telah dirangkum spesifikasi lengkap dari smartphone Xiaomi Redmi 9a dalam bentuk list dibawah ini:

2. Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 9a

  • OS: Android 10 (Oreo)
  • Versi MIUI: MIUI 11 (update ke MIUI 12)
  • Ukuran Layar: 6,53 inch
  • Resolusi: 720 x 1600 px, 20:9 ratio (~269)
  • Chipset: MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 dan 4x2.0 GHz Cortex-A53 )
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1.0µm, PDAF
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm
  • Type Screen: IPS
  • RAM/Storage: 2/32, 3/32, 6/128 (di China)
  • Kapasitas Baterai: 5.000 mAh, (Fast charging 10W)
  • Type USB Type-C: Tidak
  • Fingerprint: Tidak
  • Infrared Port: Tidak
  • Harga Pasaran: Rp 1,2 – 1,4 juta

3. Kesimpulan

Dengan harga Xiaomi Redmi 9a yang sangat terjangkau membuat smartphone ini cukup worth it untuk dimiliki. Meski tidak banyak fitur yang dimiliki oleh Redmi 9a, Anda masih bisa menggunakan smartphone ini untuk menopang keseharian yang Anda jalani sepanjang hari. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!