Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9

Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9
Xiaomi Redmi Note 9

Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9

Tahun 2020 merupakan salah satu momentum bagi Xiaomi untuk menunjukkan pada dunia bahwa mereka lah penguasa smartphone di kelas Low End. Hadirnya Xiaomi Redmi Note 9 membuat nama Xiaomi kian bersaing keras dengan Realme yang sempat membuat pengguna Xiaomi hijrah.

Bukan Xiaomi namanya jika tidak bisa merusak harga pasar. Pasalnya, beberapa varian dari HP dengan jeroan gahar dan menggunakan komponen terbaru ini bisa didapatkan dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan saja. Apakah benar? Berikut ulasannya:

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Harga dan Spesifikasi Samsung A11

Review Xiaomi Redmi Note 9

Secara umum, pengguna Xiaomi mengaku puas dengan performa HP Xiaomi sebelumnya, yaitu Xiaomi Redmi Note 8 yang dirilis tahun 2019 lalu. Bahkan HP tersebut masih sangat layak digunakan hingga saat ini.

Hadirnya Xiaomi Redmi Note 9 mampu menambah gairah para Mi Fans untuk melengkapi gadget mereka dengan yang lebih baru. Agar lebih jelas, berikut adalah spesifikasi Redmi Note 9 dari berbagai sektor:

Back to Content ↑

1. Build Quality

Dari segi build quality, Xiaomi Redmi Note 9 memiliki body yang terbuat dari bahan polikarbonat yang cukup nyaman saat digenggam. Hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu midnight grey, polar white, dan juga forest green membuat HP ini cukup ngeblend untuk digunakan di banyak momen.

Bagian layarnya sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih aman dari goresan benda-benda padat, seperti kunci, koin, atau jarum saat dimasukkan ke dalam saku atau tas.

Dimensi dari HP ini cukup besar namun masih cukup nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Secara detail, HP ini memiliki ukuran 162.3 x 77.2 x 8.9 mm (6.39 x 3.04 x 0.35 inch), serta bobot 199 gram. Ukuran ini sedikit lebih besar dibanding pendahulunya, Redmi Note 8.

Back to Content ↑

2. Display

Menatap layar Redmi Note 9 akan memanjakan mata Anda berkat ukuran layarnya yang lebar, yaitu 6,53 inch yang didukung dengan resolusi yang juga tinggi 1080 x 2340 pixels. Menggunakan rasio 19,5 : 9, kerapatan layar yang dihasilkan oleh HP ini adalah ~395 ppi density.

Dengan layar tersebut, objek yang ditampilkan di layar Redmi Note 9 akan terlihat lebih detail dan tajam. Bagi Anda yang suka menikmati video di Youtube, memutar film, atau melihat hasil foto HD di smartphone akan semakin optimal.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa HP ini memiliki pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 untuk mencegah terjadinya goresan. Meski begitu, sebaiknya Anda menambahkan tempered glass di depan layar agar lebih aman lagi, terutama saat terjatuh atau terjadi benturan dengan benda keras.

Back to Content ↑

3. Spesifikasi Hardware

Salah satu yang menjadi daya tarik para pecinta gadget tidak lain adalah sektor dapur pacunya. Pada HP Xiaomi Redmi Note 9, spek yang disuguhkan tidaklah main-main. Dimulai dari chipset yang digunakan, Xiaomi menyematkan MediaTek Helio G85 (12nm).

Penggunaan Mediatek Helio G85 sendiri mampu mengalahkan chipset Adreno 665 pada saat peluncuran Redmi Note 9 beberapa waktu lalu oleh pihak Xiaomi. Dalam pengujian tersebut, skor AnTuTu Benchmark yang dihasilkan sebesar 205.946.

Untuk perpaduan RAM dan storage, HP ini memiliki varian 3/64 GB, 4/64 GB, 4/128 GB, 6/128 GB. Spesifikasi ini memang sudah sangat sesuai dengan kebutuhan smartphone saat ini untuk memaksimalkan multitasking serta banyaknya file yang berukuran besar.

Back to Content ↑

4. Kamera

Untuk keperluan foto ataupun perekaman video, HP ini cukup bisa diandalkan. Hadir dengan mode 4 kamera di bagian belakang, masing-masing terdiri dari 48 MP kamera utama, 8 MP ultrawide kamera, 2 MP macro dan 2 MP depth.

Sementara di bagian depan terdapat kamera 13 MP yang bisa Anda gunakan untuk berselfie. Baik kamera depan maupun belakang telah mendukung mode perekaman video 1080p sehingga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan perekaman sederhana untuk dokumentasi atau media sosial.

Back to Content ↑

5. Baterai dan Konektivitas

Jika Anda sering berada di luar rumah dalam waktu yang lama, HP ini siap menemani Anda tanpa khawatir harus selalu mengisi daya. Hal itu berkat kapasitas baterai sebesar 5020 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 1 - 2 hari untuk pemakaian normal.

Xiaomi Redmi Note 9 juga telah mendukung mode fast charging 18W agar proses pengisian daya tidak memakan waktu terlalu lama. HP ini juga telah mendukung penggunaan USB type-C untuk keperluan isi ulang daya atau penggunaan USB On The Go (OTG).

Back to Content ↑

6. Fitur

Pihak Xiaomi tidak pelit dalam urusan fitur untuk produk-produk yang dikeluarkannya, termasuk di Redmi Note 9 ini. Beberapa fitur seperti infrared port yang bisa dimanfaatkan untuk remote, fingerprint untuk keamanan, dan juga bisa memutar radio tanpa perlu menggunakan earphone.

Berbagai fitur tersebut tentu saja membuat HP Xiaomi ini bisa digunakan untuk banyak keperluan. Tidak hanya untuk kebutuhan komunikasi saja, tetapi juga untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi keuangan, menyimpan data, berbagi file, dll.

Back to Content ↑

7. Sensor

Salah satu hal yang juga penting untuk dihadirkan di sebuah smartphone adalah sensor yang lengkap. Di HP ini Xiaomi memenuhi sebagian besar sensor. Beberapa di antaranya adalah sensor accelerometer, gyro, proximity, hingga compass.

Kehadiran sensor-sensor tersebut secara tidak langsung membuat keperluan-keperluan saat menggunakan smartphone ini semakin maksimal, seperti saat bermain game, menjalankan mode Augmented Reality (AR), menggunakan aplikasi kompas dll.

Back to Content ↑

8. Operating System (OS)

Bagian utama dari sebuah smartphone yang digunakan oleh manusia tentu saja adalah user interfacenya. Hal ini tercermin dari OS yang digunakan. Di keluaran terbaru ini, Xiaomi menggunakan MIUI 11 yang dipastikan akan mendapat update ke MIUI 12.

MIUI 12 ini berbasis Android 10 Oreo yang memiliki fitur-fitur unggulan seperti dark mode, window mode, dll. Tentu sistem navigasi di Redmi Note 9 akan semakin optimal jika nanti MIUI 12 sudah resmi diluncurkan.

Back to Content ↑

Secara lengkap, spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 bisa Anda lihat pada lisr berikut ini:

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9

  • OS: Android 10 (Oreo)
  • Versi MIUI: MIUI 12
  • Ukuran Layar: 6,53 inch
  • Resolusi: 1080 x 2340 px, 19.5:9 ratio (~395)
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (6x1.8 GHz Cortex-A55 dan 2x2.0 GHz Cortex-A75)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Kamera Belakang:
    • 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF
    • 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm
    • 2 MP, f/2.4, (macro), AF
    • 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 13 MP, f/2.3, 29 mm (standard)
  • Type Screen: IPS
  • Pelindung Layar: Corning Gorilla Glass 5
  • RAM/Storage: 3/64, 4/64, 4/128, 6/128
  • Kapasitas Baterai: 5020 mAh, (Fast charging 18W)
  • Tipe USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • Infrared Port: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 2 – 2,5 juta

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9

Sebagai salah satu pendatang baru yang cukup menghebohkan dunia gadget tanah air, kehadiran Xiaomi Redmi Note 9 tidak melulu memberikan banyak kelebihan pada perangkat tersebut. Masih ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh HP ini.

Back to Content ↑

1. Kelebihan Xiaomi Redmi Note 9

  • HP dengan desain yang keren
  • Memiliki performa tangguh
  • Bisa memainkan game berat
  • Baterai besar dan awet
  • Memiliki Infrared
  • Memiliki fitur Fingerprint untuk keamanan
  • Sensor cukup lengkap
  • Bisa memutar radio tanpa earphone
  • Dijual dengan harga yang terjangkau

Back to Content ↑

2. Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8

  • Belum memiliki fitur NFC
  • Meskipun memiliki fitur fast charging, namun eksekusinya masih tergolong lambat

Back to Content ↑

Kesimpulan

Dari berbagai sektor, Xiaomi Redmi Note 9 merupakan sebuah smartphone yang memiliki fitur yang lengkap. Mulai dari baterai yang besar, chipset yang tangguh dan mampu memainkan game berat, serta kamera utama 48 MP yang jernih. Satu hal yang utama, harga jual HP ini cukup terjangkau. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑