Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

Printer merupakan alat elektronik yang banyak digunakan di berbagai tempat, dimana printer sendiri mempunyai jenis yang beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu yang cukup sering digunakan ialah printer thermal.

Tentu saja bagi orang awam banyak yang belum tahu printer yang satu ini, padahal penggunaannya sudah sering dijumpai di banyak tempat. Misalnya saja di kasir supermarket, ATM, pintu masuk tol, loket, dan masih banyak lagi lainnya.

1. Pengertian Thermal Printer

Seperti namanya printer thermal adalah printer yang bekerja dengan media panas, cara kerjanya ialah dengan memanaskan kertas hingga timbul warna hitam. Sehingga ia tidak menggunakan tinta lagi sebagai alat cetaknya.

Umumnya panas akan disalurkan ke media kertas sesuai dengan perintah, baik berupa tulisan, nomor, logo, hingga barcode sekalipun. Printer ini menggunakan gulungan kertas sebagai media cetaknya, kertas tersebut berjenis kertas glossy.

Penggunaan printer yang satu ini memang sangat digemari untuk berbagai kebutuhan, tak heran mengingat ia mempunyai banyak kelebihan. Seperti penggunaan yang mudah, ukuran kecil, minim akan kerusakan, hingga penggunaan yang hemat biaya.

2. Fungsi Printer Thermal

Secara garis besar printer jenis ini mempunyai beberapa fungsi utama, dimana ia bertugas untuk mencetak data digital ke media kertas. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah beberapa fungsi thermal printer :

2.1. Sebagai Tanda Bukti

Fungsi yang pertama ialah sebagai tanda bukti, baik berupa nota pembayaran, nomor antrean, jumlah uang, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuatnya sering digunakan di berbagai alat publik, karena bisa menjadi tanda bukti dari penggunaan alat elektronik yang bekerja secara otomatis.

Meski demikian bukti ini hanyalah bersifat sementara saja, karena tulisan dalam kertas bisa hilang dalam hitungan hari. Sehingga tidak cocok untuk digunakan dalam kebutuhan atau tanda bukti dalam jangka waktu yang lama.

2.2. Menunjukkan Waktu dan Tempat

Printer thermal juga berfungsi untuk mencetak waktu dan tempat, biasanya hal ini dibutuhkan untuk memperkuat keaslian dari hasil cetakan printer tersebut. Keterangan waktu dan tempat ditunjukkan agar kedua belah pihak bisa saling mempercayai.

Biasanya keterangan waktu dan tempat bisa disetel secara otomatis, dimana Anda tidak perlu mengaturnya lagi saat ingin menggunakannya. Cukup masukkan informasi yang dibutuhkan saja, maka otomatis ia akan dicetak bersama dengan waktu, tanggal, dan tempatnya.

2.3. Memberi Informasi Daftar Barang yang Dibeli beserta Harganya

Selain itu printer ini juga berguna untuk menampilkan daftar sesuatu hal, seperti daftar barang, daftar resep, daftar harga, daftar keuangan, dan banyak lagi lainnya. Hal inilah yang membuatnya dapat digunakan sebagai transaksi jual beli.

Adanya fungsi ini tentu akan mempermudah pembeli mengetahui informasi lengkap apa saja yang dibelinya. Apalagi untuk pembeli yang ingin menjual lagi produk tersebut, bisa tahu harga setiap barang dan dapat menjualnya dengan harga baru.

2.4. Mencetak Barcode

Selanjutnya printer thermal bisa mencetak sebuah barcode, dimana adanya fungsi ini membuatnya dapat terkoneksi dengan sistem digital. Seperti barcode barang, harga barang, jenis produk, link web, dan lain sebagainya.

Dengan begitu printer ini memiliki penggunaan yang lebih luas lagi, cocok untuk Anda gunakan dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang bisnis makanan, produk kemasan, jasa online, dan banyak lagi lainnya.

3. Jenis-jenis Printer Thermal

Perlu diketahui bahwa printer thermal dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, setiap jenisnya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini :

3.1. Printer Kasir

Jenis printer yang pertama ialah printer kasir, seperti namanya ia digunakan untuk mencetak transaksi jual beli. Seperti yang ada pada minimarket, restoran, apotek, cafe, pom bensin, dan beragam tempat berbelanja lainnya.

Printer ini dapat menampilkan beragam jenis informasi jual beli, mulai dari waktu, jenis barang, jumlah pembelian, jumlah kembalian, dan berbagi informasi lainnya. Kelebihan printer ini ialah dapat mencetak dengan sangat cepat, bahkan semua informasi dapat tercantum dengan sempurna.

Semakin berkembangnya zaman, printer kasir juga semakin canggih. Bahkan kini sudah ada printer kasir otomatis, printer kasir barcode, printer kasir digital, dan beragam kecanggihan lainnya. Hal ini ditunjukkan agar proses jual beli bisa semakin cepat, terutama saat terdapat banyak antrean.

3.2. Barcode Thermal Printer

Selanjutnya terdapat printer thermal barcode, printer jenis ini dikhususkan untuk mencetak barcode yang berbeda-beda. Biasanya printer barcode diterapkan pada pintu masuk sebuah tempat, misalnya saja pintu tol, wahana bermain, bioskop, dan lain sebagainya.

Selain mencantumkan nomor serta informasi dalam bentuk barcode, printer ini juga mampu mengidentifikasi setiap barcode tersebut. Sehingga dapat digunakan juga untuk mengubah barcode menjadi informasi yang dapat dibaca manusia.

3.3. Printer Thermal Terminal Pos

Printer terminal pos merupakan jenis printer terbaru yang berbasis digital, dimana ia dapat memasukkan data lalu mencetaknya secara langsung. Apalagi ia sudah dibuat dengan banyak varian, seperti versi terminal pos, portable pos, Android pos, mini pos, dan masih banyak lainnya.

Terminal pos sendiri dinilai lebih mudah digunakan dan hemat biaya, sehingga mulai diterapkan di berbagai tempat. Fungsinya sendiri juga lebih beragam, mulai dari print barcode, print list barang, nomor antrian, hingga print data keuangan.

Hal inilah yang membuatnya dapat menggantikan berbagai thermal printer lainnya, karena dapat semua tugas dapat dilakukan dalam satu alat saja. Anda juga tidak perlu bingung untuk menghubungkannya lagi ke komputer, karena semuanya sudah menggunakan sistem mobile.

3.4. Bluetooth Thermal Printer

Berbeda dengan sistem printer thermal lainnya, Bluetooth thermal printer menggunakan sistem bluetooth untuk mengirimkan informasi dari komputer. Sehingga dapat dibawa kemana-mana sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Walaupun tidak secanggih printer terminal pos, namun bluetooth thermal unggul di beberapa sektor. Seperti print otomatis, pengoperasian lebih luas, dapat mencetak dalam jumlah banyak sekaligus, dan berbagai kelebihan lainnya.

4. Kelebihan dan Kekurangan Printer Thermal

4.1. Kelebihan Printer Thermal

Secara umum printer ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding printer lainnya, hal tersebut karena fungsinya yang juga lebih sederhana. Lebih lengkapnya berikut adalah kelebihan dari thermal printer :

  • Mudah digunakan.
  • Hemat biaya karena tidak menggunakan cartridge dan tinta.
  • Ukuran yang minimalis membuatnya dapat digunakan dimanapun.
  • Printer ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan minim perawatan
  • Dapat bekerja secara semi otomatis.

4.2. Kekurangan Printer Thermal

Selain itu ia juga mempunyai beberapa hal yang tidak bisa dilakukan, sehingga dapat dikatakan sebagai kekurangan dari pinter ini yaitu sebagai berikut :

  • Tidak bisa digunakan untuk mencetak objek berwarna.
  • Tidak bisa mencetak teks panjang.
  • Hasil cetak/print tidak bisa bertahan lama
  • Terkadang terdapat hasil print yang buram dan tidak dapat terlihat.

Printer thermal memang mempunyai fungsi yang sangat penting di era modern ini, dimana ia dapat mencetak data atau informasi penting dengan cepat. Apalagi printer ini bekerja tanpa menggunakan tinta dan penggunaan kertas yang sangat minim. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!