Skip to main content

Mengenal Letak Posisi Tinta Warna Canon

Posisi Tinta Warna Canon

Mengenal Letak Posisi Tinta Warna Canon

Mengisi ulang tinta merupakan hal yang wajib dilakukan dalam penggunaan printer, cara ini dinilai lebih efektif daripada harus mengganti cartridge. Namun ada kalanya pengguna kurang tahu letak tinta printer, terutama posisi tinta warna Canon yang letaknya tersembunyi.

Bagi Anda yang belum tahu sama sekali jenis tinta, posisi, serta cara untuk mengisinya. Maka Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu, karena bila salah melakukannya bisa menimbulkan kerusakan pada printer Canon yang Anda miliki.

1. Jenis-jenis Tinta Warna Canon

Umumnya terdapat banyak sekali jenis tinta warna dalam sebuah printer, dimana setiap jenisnya memiliki kelebihan masing-masing. Tentu saja sebelum Anda membeli tinta, alangkah baiknya mengetahui jenis-jenis tinta printer terlebih dahulu.

1.1. Tinta Pigment Canon

Tinta Pigment Canon merupakan jenis yang paling sering digunakan, tinta ini bekerja dengan cara menempelkan warna di atas objek kertas. Sifatnya tidak akan meresap ke dalam kertas, melainkan hanya menempel di atasnya. Sehingga lebih hemat dan bisa bertahan lebih lama.

Posisi tinta warna Canon ini biasanya terletak di bagian cartridge, cara mengisinya ialah bisa dengan menuangkan atau menyuntikkannya. Selain tinta berwarna, tinta pigment Canon juga tersedia versi hitam. Biasanya tinta ini digunakan untuk mencetak tulisan atau objek hitam putih.

1.2. Tinta Dye Base

Selanjutnya ada tinta Dye Base atau biasa disebut tinta cair, hal ini karena ia memiliki bentuk cair dan dapat meresap di media cetaknya. Penggunaan tinta ini lebih condong ke media yang lebih tebal, seperti HVS, kulit, canvas, banner, dan masih banyak lainnya.

Dye Base cenderung memiliki warna yang lebih terang, sehingga cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan printing di berbagai media cetak. Terutama proses printing yang membutuhkan detail lebih tinggi dan warna yang lebih terang, maka tinta inilah yang lebih cocok untuk Anda pilih.

1.3. Tinta Sublimation Ink

Sublimation Ink merupakan jenis tinta yang dapat digunakan pada media selain kertas, misalnya saja keramik, kain, mug, dan lain sebagainya. Beda halnya dengan tinta sebelumnya yang bersifat atau berbahan cair, tinta ini sendiri berbasis minyak dan zat perekat yang kuat.

Sehingga dapat digunakan pada media yang tidak dapat menyerap zat cair. Selain itu posisi tinta warna Canon yang satu ini berbeda dengan lainnya, karena ia diletakkan di bagian luar printer. Ini dilakukan agar pengguna dapat melihat kapasitasnya, dimana ia tidak boleh sampai habis.

1.4. Tinta Solvent

Jenis tinta printer Solvent dikhususkan untuk media outdoor, seperti billboard, spanduk, neon box, dan masih banyak lainnya. Hal ini karena sifatnya yang tahan air serta cuaca ekstrem sekalipun, bahkan tinta Solvent sangat minim mengalami degradasi warna.

2. Posisi Tinta Warna Canon

Sebelum mengisi printer Canon Anda dengan salah satu jenis tinta printer, Anda terlebih dahulu harus tahu posisi setiap warnanya. Karena apabila salah dalam memasukkan warna, maka bisa merusak cartridge yang ada di printer tersebut.

2.1. Warna Merah

Warna merah atau biasa disebut dengan Magenta, dimana warna ini digunakan sebagai warna dasar dalam pencampuran warna seperti warna coklat dan orange. Posisinya sendiri terletak di bagian tengah atas, tepatnya di tengah atas warna biru dan warna kuning.

2.2. Warna Biru

Selanjutnya terdapat warna biru atau bisa disebut juga cyan, posisi warna tinta Canon ini terletak di bagian kiri dari cartridge. Tepatnya berada di sebelah kiri warna kuning dan sebelah kiri bawah warna merah.

Warna biru sendiri digunakan untuk menyeimbangkan pencampuran dalam proses pewarnaan, hal ini karena ia memiliki tone warna yang lebih gelap. Warna biru juga menjadi dasar untuk menciptakan warna primer lainnya yaitu hijau, coklat, dan juga warna ungu.

2.3. Warna Kuning

Lalu ada juga warna kuning atau yellow, pastinya ia terletak di bagian kanan dari cartridge. Lebih tepatnya ada di kanan warna biru dan di kanan bawah warna merah. Warna kuning ini digunakan untuk membuat campuran warna yang lebih cerah, terutama pembuatan warna muda atau warna sekunder.

3. Langkah-langkah Mengisi Tinta Warna Canon

Perlu diketahui untuk dapat mengisi tinta warna Canon, Anda harus tahu posisi warna tinta Canon beserta cara isi yang baik dan benar. Bagi Anda yang belum pernah mengisi tinta warna dan belum mengetahuinya, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengisi tinta warna Canon berikut ini :

  • Pertama nyalakan terlebih dahulu printer Canon Anda, lalu buka cover atas yang ada di printer tersebut.
  • Lihatlah cartridge yang berjalan dan tunggu hingga sampai di tengah, kemudian matikan lagi printer Anda.
  • Selanjutnya lepaskan cartridge dengan hati-hati dari dudukannya, usahakan jangan sentuh bagian lain selain cartridge tersebut.
  • Setelah Anda berhasil melepaskan cartridge dari printer, lihatlah disitu terdapat dua jenis cartridge yaitu Black dan Color.
  • Pisahkan dulu cartridge hitam dan ambil yang warna, disini Anda bisa melepas stiker atau label yang biasanya terdapat pada cartridge.
  • Setelah itu Anda akan melihat tiga posisi warna tinta Canon di cartridge, perbesarlah lubang tersebut dengan menggunakan jarum yang tersedia pada box tinta.
  • Jangan lupa siapkan tinta warna yang sesuai dengan merek printer, hal ini agar printer dapat menghasilkan warna yang lebih maksimal.
  • Siapkan pula jarum suntik yang bersih dan mempunyai ukuran kapasitas, ini digunakan untuk menentukan banyaknya tinta yang akan dimasukkan.
  • Lalu isilah suntikan tersebut dengan warna merah, biru, ataupun kuning. Isikan tinta di suntik sekitar 5 sampai 10 ml.
  • Jika ketiga suntikan sudah terisi dengan warnanya masing-masing, maka Anda bisa mulai membersihkan area yang akan disuntik dan menyiapkan suntikan di posisi warna tinta Canon yang sama.
  • Kemudian masukkan suntikan di lubang warna tadi satu persatu, walaupun tidak bisa dilihat namun Anda akan merasakan suntikan menembus suatu gabus.
  • Disinilah Anda bisa mulai memasukkan tinta warna secara perlahan, usahakan jangan sampai terlalu penuh atau sampai tumpah keluar.
  • Jangan lupa siapkan tisu sesaat Anda mencabut suntik, bersihkanlah tinta yang sedikit keluar atau tercecer di sekitar dengan menggunakan tisu tersebut.
  • Bila dirasa belum terisi penuh, maka isilah suntikan dan masukkan lagi pada cartridge dengan tinta warna yang sama.
  • Lalu lakukan hal yang sama di pengisian posisi warna tinta Canon yang lainnya yaitu warna biru dan kuning.
  • Setelah semua warna di cartridge terisi penuh, maka biarkan sebentar agar tinta dapat meresap terlebih dahulu. Setelah itu barulah pasang kembali cartridge ke printer.
  • Terakhir aktifkan printer dan tunggu hingga ia dalam keadaan stand by, setelah itu Anda sudah dapat menggunakan printer Anda seperti semula lagi.

Tinta warna pada printer memang perlu perawatan khusus, mengingat fungsinya sangat vital saat melakukan printing. Hal tersebutlah yang membuat Anda harus tahu jenis tinta warna, posisi warna tinta Canon, serta langkah-langkah mengisi tinta warna yang baik dan benar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!