Skip to main content

5 Merk Tinta Printer Terbaik dan Tips Memilih Tinta Printer

5 Merk Tinta Printer Terbaik dan Tips Memilih Tinta Printer
Hewlett-Packard GT52 Original Ink Bottle

5 Merk Tinta Printer Terbaik dan Tips Memilih Tinta Printer

Gambar atau dokumen yang dihasilkan oleh printer sangat tergantung dari tintanya. Printer menjadi perangkat penting untuk mencetak gambar atau dokumen. Tinta yang bagus bisa menghasilkan cetakan yang baik serta menjaga performa dan daya tahan printer. Ada beberapa merk tinta printer yang dijual di pasaran. Seperti tinta untuk printer Epson L3110, Brother DCP-T310, Canon MP287, dan lain sebagainya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5+ Printer Canggih Masa Kini

5 Rekomendasi Merk Tinta Printer Terbaik

Sebelum Anda membeli tinta printer, Anda harus memperhatikan kualitas tinta tersebut. Berikut ini 5 (lima) rekomendasi merk tinta printer terbaik yang bisa digunakan untuk mencetak gambar atau dokumen.

Back to Content ↑

1. Hewlett-Packard GT52 Original Ink Bottle

Hewlett-Packard GT52 Original Ink Bottle

Merk tinta printer yang pertama adalah Hewlett-Packard GT Original Ink Bottle. Anda bisa mendapatkan tinta printer ini dengan kisaran harga mulai dari Rp.84 ribuan saja.

Tinta printer ini bisa digunakan untuk mencetak gambar yang warna-warni. Anda dapat mencetak dokumen atau gambar berwarna mencapai 8.000 lembar, jika menggunakan tinta printer ini. Selain itu, Anda bisa menghemat budget dengan membeli tinta printer Hewlett-Packard GT Original Ink Bottle ini. Produk ini sangat cocok untuk mengisi tinta printer di rumah atau sekolahan.

Back to Content ↑

2. Brother Tinta Printer BTD60BK

Brother Tinta Printer BTD60BK

Merk tinta printer berikutnya adalah Brother Tinta Printer BTD60BK. Tinta printer ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp.110 ribu saja.

Tinta printer merk ini cocok untuk digunakan di kantor, karena bisa mencetak dokumen lebih banyak. Satu botol tinta printer bisa Anda gunakan untuk mencetak kurang lebih 6.500 lembar dokumen. Selain itu, hasil cetakan dari tinta printer Brother Tinta Printer BTD60BK juga tahan air atau tidak mudah luntur. Sehingga dokumen penting Anda akan tetap terjaga.

Back to Content ↑

3. Brother Ink Cartridge LC-3617

Brother Ink Cartridge LC-3617

Brother Ink Cartridge LC-3617 merupakan salah satu rekomendasi merk tinta printer terbaik. Tinta printer ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp.130 ribuan saja.

Tinta printer merk ini dirancang secara khusus untuk printer MFC-J3530. Tinta dari Brother Ink Cartridge LC-3617 bisa menghasilkan kualitas cetakan terbaik, bahkan ketika Anda menggunakan kertas berukuran A3. Tinta ini bisa Anda gunakan untuk mencetak dokumen sekitar 550 lembar.

Back to Content ↑

4. Epson T673 Ink Bottle

Epson T673 Ink Bottle

Epson T673 Ink Bottle menjadi salah satu pilihan merk tinta printer terbaik saat ini. Anda bisa mendapatkan tinta ini dengan kisaran harga mulai dari Rp 131 ribuan saja.

Tinta printer ini bisa Anda gunakan untuk mencetak gambar dengan tajam, tahan lama, dan tanpa noda. Produk tinta printer ini memiliki enam varian warna berbeda yang bisa menghasilkan perpaduan warna yang lebih mendetail. Anda bisa menggunakan merk tinta printer ini untuk printer Epson dengan sistem enam warna.

Back to Content ↑

5. Canon Tinta Cartridge CL-811 Colour

Canon Tinta Cartridge CL-811 Colour

Rekomendasi merk tinta printer yang terakhir adalah Canon Tinta Cartridge CL-811 Colour. Tinta printer ini dibanderol dengan kisaran harga Rp.305 ribuan.

Tinta printer ini memiliki fitur Chromalife yang bisa menjadikan foto Anda lebih tahan lama. Selain itu, foto yang dihasilkan akan lebih tahan kelembaban, gas, dan juga sinar UV.

Merk tinta printer ini bisa menjadi favorit bagi anda yang suka mencetak gambar atau foto. Kelebihan lain dari tinta printer ini yaitu tetap bisa mencetak walaupun tinta hanya tersisa 5 persen saja. Sehingga Anda masih bisa mencetak dokumen dalam keadaan darurat.

Back to Content ↑

4 Tips Memilih Tinta Printer

Selain mengetahui merk tinta printer terbaik, Anda juga harus memahami tips memilih tinta printer terbaik. Simak penjelasannya berikut ini.

Back to Content ↑

1. Tinta Sesuai dengan Printer

Tinta Sesuai dengan Printer

Tips memilih tinta printer yang pertama adalah kesesuaiannya dengan printer. Anda harus memilih merk tinta printer yang sesuai dengan merk printer. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tipe printer yang digunakan. Karena tinta yang digunakan untuk printer biasanya memiliki jenis yang berbeda-beda.

Tingkat kekentalan masing-masing tinta juga berbeda. Untuk itu, Anda harus memilih tinta yang sesuai agar tidak merusak printer. Bagi Anda yang sedang mencari tinta printer, telitilah ketika melihat kemasan tinta tersebut. Dalam kemasan tersebut biasanya tertulis tipe printer dan merk yang cocok dengan tinta.

Back to Content ↑

2. Memahami Jenis Tinta Printer

Memahami Jenis Tinta Printer

Tips memilih tinta printer berikutnya yaitu memahami jenis-jenis tinta. Jenis tinta yang Anda gunakan bisa mempengaruhi hasil cetakan. Ada 3 (tiga) jenis tinta yang beredar di pasaran, antara lain:

Back to Content ↑

  • 2.1. Tinta Dye Based

    Tinta jenis ini memiliki bahan dasar air. Air dicampurkan dengan pewarna yang bisa larut dalam air, sehingga pewarna bisa menyatu dengan sempurna. Jika Anda menggunakan Tinta Dye Based, Anda bisa mengurangi risiko tersumbatnya Printhead Cartridge.

    Selain itu, tinta jenis ini harganya lebih ekonomis dan hasil cetakannya mempunyai warna yang cerah. Namun, sayangnya tinta printer ini lebih cepat pudar dan luntur jika terkena air.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Tinta Durabrite Pigment

    Tinta jenis ini bisa menghasilkan cetakan yang tahan air dan lebih tajam. Tinta Durabrite Pigment bisa Anda gunakan untuk mencetak diberbagai media dengan kertas foto ataupun kertas biasa. Namun, jika Anda tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama, maka tinta jenis ini bisa menyumbat Nozzle Head.

  • Back to Content ↑

  • 2.3. Tinta Solvent

    Tinta solvent biasanya digunakan untuk mencetak banner atau spanduk. Tinta jenis bisa lebih tahan sinar UV dan air, sehingga hasil cetakannya tidak cepat pudar. Tinta solvent bisa menghasilkan cetakan yang kuat untuk disimpan di luar ruangan.

    Namun, tinta jenis ini memiliki aroma yang cukup menyengat. Selain itu, ada Tinta Eco Solvent yang biasanya digunakan untuk indoor printing. Aroma dari Eco Solvent tidak menyengat seperti Tinta Solvent, tapi lebih cepat pudar saat terkena sinar matahari.

  • Back to Content ↑

3. Memilih Tinta yang Original

Memilih Tinta yang Original

Terkadang, Anda sering tergoda ketika melihat merk harga printer dengan harga yang sangat murah dan berbeda dengan harga yang di rekomendasikan. Anda harus berhati-hati dengan produk yang sangat murah tersebut, karena bisa jadi produk tersebut palsu.

Sebagian produsen tinta, sering mencampurkan tinta dengan alkohol agar larut dengan cepat. Kandungan alkohol tersebut bisa merusak printer Anda. Tinta printer original tidak memiliki kandungan alkohol, sehingga aman untuk printer milik Anda.

Jika Anda memiliki printer dengan merk Canon, maka Anda bisa memilih tinta atau Cartridge dari merk Canon juga.

Back to Content ↑

4. Memperhatikan Pemilihan Warna

Memperhatikan Pemilihan Warna

Beberapa merk tinta printer dijual secara terpisah masing-masing warna. Namun, ada juga tinta printer yang dijual satu paket dengan warna lain. Untuk itu, Anda harus memperhatikan pemilihan warna tinta yang sesuai dengan kebutuhan printer Anda.

Tentu saja, membeli tinta dalam bentuk satu paket warna memang lebih murah. Tetapi, ketika Anda hanya membutuhkan satu atau dua warna saja, Anda bisa membeli tinta yang dijual satuan. Menyimpan tinta printer di rumah terlalu lama, bisa membuat tinta mengendap, sehingga tidak bisa Anda gunakan kembali.

Back to Content ↑

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!