Skip to main content

5 Tips Memilih Smart TV 4K Terbaik dan Berkualitas

5 Tips Memilih Smart TV 4K Terbaik dan Berkualitas
Smart TV 4K

5 Tips Memilih Smart TV 4K Terbaik dan Berkualitas

Smart TV 4K banyak dijual dengan harga yang bervariasi dan memiliki performa yang relatif tinggi. Ada juga beberapa Smart TV 4K yang dilengkapi dengan fitur tambahan lain yang tidak bisa Anda temukan pada Smart TV sebelumnya. Maka tidak heran, jika Anda merasa kesulitan untuk memilih produk yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa merk yang bagus dan terkenal seperti Samsung, LG, Sony, dan lain sebagainya. Berikut ini tips memilih Smart TV 4K yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

TOC / Daftar Isi

5 Tips Memilih Smart TV 4K Berkualitas

Agar Anda mendapatkan kualitas gambar Smart TV 4K yang terbaik, Anda harus memilih produk yang tepat. Simak beberapa tips di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Memilih Smart TV 4K dengan Layar dan Performa Baik

Smart TV 4K

Tips memilih Smart TV 4K yang pertama yaitu Anda harus mempertimbangkan jenis layar dengan performa yang baik dan gambar yang indah. Ada dua jenis layar TV 4K, yaitu LCD dan OLED. Jenis layar tersebut juga memiliki dua tipe, yang pertama layar LCD direct dan kedua layar LCD edge. Yuk cari tahu perbedaannya berikut ini:

Back to Content ↑

  • 1.1. LED Memiliki Kualitas Gambar Tinggi di Belakang Layar

    TV LED merupakan TV LCD yang memiliki lampu LED pada bagian belakang layarnya. LCD tidak mampu menghasilkan layar sendiri. Selain itu, LCD hanya berupa layer yang dapat menyaring cahaya sehingga bisa menghasilkan warna yang berkualitas. Ada berbagai macam jenis LED, namun yang sering dijumpai adalah direct LED dan edge LED.

    Perbedaan dari direct LED dan edge LED yaitu ketika Anda melihat gambar pada malam hari atau pemandangan. Gambar yang dihasilkan dari layar LCD edge pada bagian tengahnya cenderung kurang tajam.

    Sedangkan pada layar LED direct semua gambarnya bisa Anda lihat dengan jelas dan juga tajam. Jadi, jika Anda akan membeli Smart TV 4K pertimbangkan untuk memilih antara layar tipe Edge atau Direct yang sesuai budget Anda.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. QLED Memiliki Teknologi Terbaru

    QLED (Quantum LED) menggunakan quantum dots yang bisa meningkatkan kualitas tampilan warna yang lebih dibandingkan TV LED. Hal ini karena tingkat kecerahan warnanya lebih terang.

    Kualitas warna hitam milik QLED lebih gelap jika dibandingkan dengan TV LED, walaupun belum hitam sempurna. Selain itu, ada contrast rasio yang tinggi pada QLED yang menawarkan tampilan warna lebih indah.

    TV OLED memiliki harga yang cenderung lebih tinggi daripada LED biasa. Tentu saja sebanding dengan teknologi dan kualitas yang diberikan. Namun, harganya tidak semahal TV OLED.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. OLED yang Ringan, Tipis dan Memiliki Warna Gelap Sempurna

    OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organik yang bisa memancarkan cahaya dengan sendirinya. Layar OLED tidak membutuhkan backlight, beratnya lebih ringan, dan lebih tipis dari pada layar LCD. Layar OLED juga bisa memproduksi warna gelap dengan baik dan sempurna dari pada layar LCD.

    Keindahan dan reputasi gambar dari layar OLED sudah terbukti. Tidak heran jika Anda akan mengeluarkan budget lebih tinggi dari TV LCD. Selain itu, ketahanan TV OLED hanya separuh dari TV LCD. Namun, jika Anda ingin kualitas baik dan tidak memperhatikan ketahanan dan harga, TV dengan layar OLED ini cocok untuk Anda.

  • Back to Content ↑

2. Memilih Layar LCD dengan IPS Tajam

Memilih Layar LCD dengan IPS Tajam

Smart TV 4K memiliki ukuran yang lebih lebar, TV biasa mungkin saja berbeda. Tergantung dengan dari mana Anda melihatnya. Ada dua sistem layar LCD yang bisa mempengaruhi tampilan layar, yakni sistem IPS (in-place switching) dan VA (vertical alignment).

Panel IPS bisa menciptakan warna dengan kualitas yang bagus dengan sudut pandang luas, dari samping ataupun dari depan. Kelemahan dari IPS yaitu kemampuan kontrasnya yang sangat rendah. Walaupun demikian, TV yang memiliki panel IPS yang bisa dilihat dari sudut pandang lebih luas sangat bermanfaat ketika diletakkan di ruang keluarga.

Panel VA hadir mempunyai kontras warna yang lebih tinggi dan color depth yang baik. Tetapi, sudut pandangnya sangat terbatas, yakni dari depan saja. TV yang memiliki panel VA lebih cocok untuk digunakan di kamar pribadi.

Back to Content ↑

3. Memilih Produk dengan HDR untuk Gambar Lebih Nyata

Memilih Produk dengan HDR untuk Gambar Lebih Nyata

Sama dengan game software dan DVD, Smart TV 4K juga bisa mendukung dan tidak mendukung fitur HDR. HDR atau High dynamic range adalah teknologi layar yang bisa membuat gambar menjadi terlihat lebih nyata. Sama dengan penampilan manusia, HDR bekerja dengan cara menambahkan warna yang cerah dan warna yang gelap pada gambar.

Anda bisa merasakan gambar dengan kualitas yang terlihat lebih nyata dari layar, karena HDR bisa menghasilkan gradasi warna dan perubahan warna lebih baik. Anda juga harus memastikan Smart TV 4K juga mendukung fitur HDR. Karena Anda akan lebih menikmati keindahan dari TV 4K.

Back to Content ↑

4. Memeriksa Built-in Tuner

Memeriksa Built-in Tuner

Tips memilih Smart TV 4K selanjutnya yaitu memastikan bahwa TV 4K sudah dilengkapi dengan tuner bawaan yang mendukung siaran dari 4K. Selain itu, Anda juga harus memeriksa tipe tuner TV Anda. Jika TV tidak mempunyai tuner bawaan, Anda tidak akan bisa menikmati siaran dari 4K.

Sebagian produsen Smart TV 4K memisahkan tuner dan antena pada TV yang berbasis 4K. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus membeli tuner eksternal. Agar Anda tidak merasa kecewa, Anda harus memeriksa keberadaan tuner built-in pada TV.

Back to Content ↑

5. Mempertimbangkan Adanya Input HDMI 2.1

Mempertimbangkan Adanya Input HDMI 2.1

Bagi Anda yang ingin membeli TV untuk bermain game dengan PC atau console, tentu saja Anda harus mempertimbangkan adanya input HDMI 2.1. Input HDMI ini akan mendukung tampilan 4K dengan refresh rate 120Hz dan 8K dengan refresh rate mencapai 60 Hz. Performa ini bisa membuat tampilan game Anda menjadi lebih mulus, karena bisa meminimalisir screen tearing.

HDMI 2.1 juga memiliki dukungan terhadap enhanced audio return channel (eARC). Dukungan ini bisa meningkatkan kecepatan sinyal dan bandwidth yang dikirimkan oleh TV ke soundbar atau AV receiver. Kualitas suara dari HDMI 2.1 bisa lebih baik. Tetapi Anda juga harus memastikan bahawa speaker milik Anda support dengan sistem ini.

Back to Content ↑

Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik

Smart TV 4K

Masih bingung untuk membeli Smart TV 4K terbaik yang sesuai dengan kebutuhan? Di bawah ini beberapa rekomendasi Smart TV 4K terbaik yang bisa Anda pilih.

Back to Content ↑

1. Polytron PLD 65UV5901

Smart TV 4K dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 17,9 jutaan. Anda bisa mengupgrade resolusi siaran kesayangan Anda dengan teknologi 4K Upscaling TV ini.

Back to Content ↑

2. LG 65″ Ultra HD TV – AI ThinQ 65UK6540PTD

Smart TV 4K dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 13,9 jutaan. Anda bisa menikmati gambar dan warna dengan jelas lewat teknologi Ultra Luminance TV LG ini.

Back to Content ↑

3. Sharp AQUOS 4K Ultra-HDR Easy Smart 50 LC-50UA6500X

Smart TV 4K selanjutnya adalah Sharp AQUOS 4K Ultra-HDR Easy Smart 50 LC-50UA6500X. Smart TV ini bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp7,4 jutaan saja.

Back to Content ↑

4. Hisense 55 inch 4K UHD Android Smart TV

Smart TV 4K dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6,9 jutaan. Smart TV ini memiliki mode gaming, sehingga cocok bagi Anda yang hobi bermain game.

Back to Content ↑

Demikian, uraian singkat beberapa tips memilih Smart TV 4K berkualitas. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!