Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak dokumen digital ke media cetak, dimana setiap printer mempunyai media cetak yang berbeda-beda. Seperti printer laserjet yang berguna untuk mencetak di beragam jenis kertas.

Umumnya printer tinta hanya bisa mencetak di kertas HVS saja, namun beda halnya dengan printer laserjet yang dapat mencetak di berbagai macam kertas. Seperti kertas glossy, kertas HVS, kertas foto, dan beragam jenis kertas lainnya.

1. Pengertian Print Laserjet

Seperti namanya printer laserjet bekerja dengan menggunakan sistem laser, dimana ia akan menembakkan laser yang berisi bubuk toner ke media kertas. Printer ini dapat mencetak berbagai objek, mulai dari tulisan, grafik, gambar, foto, dan lain sebagainya.

Hal tersebutlah yang membuatnya sering digunakan untuk berbagai keperluan, terutama percetakan yang tidak dapat dilakukan oleh printer biasa. Misalnya saja untuk mencetak foto, cover buku, hingga pembuatan sertifikat sekalipun.

Printer jenis ini cenderung mempunyai kualitas terbaik dari jenis printer lainnya, tak heran ia termasuk ke dalam printer paling mahal saat ini. Hal tersebut dikarenakan biaya produksi seperti toner warna ataupun laser membutuhkan biaya yang besar.

2. Fungsi Printer Laserjet

Pada dasarnya printer ini mempunyai fungsi yang sangat jelas, yaitu mencetak dokumen di berbagai macam kertas yang tidak dapat dilakukan oleh printer biasa. Namun untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini :

2.1. Mencetak Dokumen di Beragam Jenis Kertas

Fungsi utama printer ini adalah untuk mencetak di berbagai jenis kertas, terutama yang tidak bisa dicetak melalui printer biasa. Misalnya saja kertas yang tebal, kertas glossy, kertas doff, kertas foto, dan beragam jenis kertas lainnya.

Sistem laserjet memang dapat digunakan untuk mencetak di beragam media kertas tersebut, hal ini karena ia bekerja dengan menempelkan objek bukan hanya menuangkannya saja. Sehingga tinta dapat menempel dengan lebih kuat dan dapat diaplikasikan pada berbagai media kertas.

2.2. Mencetak Berbagai Jenis Gambar atau Foto

Selain itu printer laserjet berguna untuk mencetak berbagai objek, salah satunya ialah objek berupa gambar dan foto. Printer ini dinilai lebih bagus dalam melakukan hal tersebut, karena gambar atau foto yang dicetak dapat terlihat sangat detail dan juga jelas.

Apalagi kekuatan tempelnya yang sangat erat cocok untuk digunakan dalam mencetak foto, seperti foto keluarga, foto profil, hingga foto ijazah yang digunakan untuk jangka waktu lama. Disini foto yang dihasilkan sangat tahan terhadap air dan minim mengalami pemudaran.

2.3. Mencetak Brosur dengan Kualitas Terbaik

Ada kalanya Anda membutuhkan printer yang dapat mencetak dengan kualitas terbaik, baik digunakan untuk mencetak sampul buku, sebuah brosur, daftar menu, dan keperluan lainnya. Maka printer laserjet bisa menjadi pilihan yang tepat.

Karena selain hasil cetakannya yang bisa bertahan lama, sistem laserjet dinilai mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas terbaik. Baik dari segi detail, warna, kecerahan, dan hasil cetakan yang lebih terlihat hidup.

Hal tersebut menjadikannya cocok untuk digunakan dalam mencetak dokumen publik, yang biasanya dipajang ataupun diberikan kepada orang-orang sebagai branded atau promosi.

2.4. Mencetak di Media Kartu

Selanjutnya printer ini berfungsi untuk mencetak di media kartu, seperti kartu pengenal, kartu anggota organisasi, kartu layanan, dan beragam jenis kartu lainnya. Sifatnya yang tahan air dan cuaca ekstrem, membuatnya cocok untuk digunakan dalam hal tersebut.

Apalagi printer laserjet dapat mencetak dengan cepat dan beragam jenis ukuran, sehingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan untuk mencetak kartu. Dimana biasanya kebutuhan cetak kartu seringkali dalam jumlah yang banyak sekaligus.

2.5. Mencetak Dokumen Penting

Printer yang satu ini seringkali digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting, fungsinya tersebut memang sudah ada sejak dulu. Hal ini tidak bisa dilepaskan oleh kualitasnya yang bagus dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Umumnya ia digunakan untuk mencetak berbagai dokumen, seperti surat-surat, sertifikat, dokumen kepemilikan, dan banyak lagi dokumen penting lainnya. Tak heran penggunaannya sangat sering dijumpai pada lembaga atau tempat yang mengeluarkan dokumen-dokumen tersebut.

3. Cara Kerja Printer Laserjet

Sistem kerja printer laserjet sangatlah berbeda dengan printer lainnya, dimana printer ini mempunyai cara kerja yang lebih spesifik. Berikut adalah tahap-tahap percetakan menggunakan sistem laserjet :

  • Pertama printer akan melakukan proses yang dinamakan gambar raster, tahap ini berfungsi untuk mengubah segala bentuk dokumen ke bitmap halaman printer.
  • Kemudian bitmap akan diproyeksikan ke sebuah komponen bernama drum fotosensitif dengan menggunakan muatan elektrostatik.
  • Lalu sinar laser akan ditembakkan ke cermin poligon yang akan memantulkannya ke drum fotosensitif, disini akan tercipta sebuah gambar listrik laten yang dapat dibaca.
  • Dari gambar yang tercipta, laser akan memberikan muatan negatif pada toner mengikuti bentuk gambar.
  • Setelah itu toner yang sudah berbentuk gambar, akan ditempelkan pada media kertas yang telah dimasukkan ke dalam printer laserjet.
  • Selanjutnya kertas akan melewati media penggabung, dimana toner dan kertas akan dipanaskan hingga menempel satu sama lain.
  • Berikutnya kertas akan melewati sebuah tangkai untuk membersihkan sisa toner di kertas, ia juga berguna untuk membersihkan sisa toner di drum.
  • Terakhir hasil print yang sudah selesai akan keluar secara otomatis.

4. Kelebihan dan Kekurangan Printer Laserjet

4.1. Kelebihan Printer Laserjet

Selain dapat digunakan untuk mencetak di beragam media kertas, printer ini juga mempunyai beberapa kelebihan lainnya. Berikut adalah kelebihan printer yang menggunakan sistem laserjet tersebut :

  • Mempunyai kecepatan cetak hingga 30-60 ppm, bisa juga disebut setara 30 sampai 60 lembar per menitnya.
  • Dapat menghasilkan tulisan atau foto dengan sangat detail, sehingga cocok digunakan untuk mencetak foto pribadi.
  • Hasil cetakan dengan kualitas terbaik, baik dari segi warna, kontras, kejelasan, hingga hasilnya yang terlihat lebih hidup.
  • Mampu mencetak di berbagai ukuran yang berbeda-beda, mulai dari kecil, sedang, hingga ukuran yang besar sekalipun.
  • Hasil cetakan yang bisa bertahan lama, sehingga cocok untuk digunakan dalam mencetak foto atau dokumen penting.
  • Penggunaan tinta toner yang sangat hemat, hal ini karena penggunaan tinta benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.
  • Perawatan yang mudah dan minim akan kerusakan, karena printer ini menggunakan tinta yang bersifat kering.

4.2. Kekurangan Printer Sistem Laserjet

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun printer yang satu ini juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut :

  • Harga printer terbilang sangat mahal bila dibandingkan jenis printer lainnya.
  • Harga toner warna untuk printer ini juga cukup mahal, namun untuk toner warna hitam lebih terjangkau.
  • Hasil cetakan laserjet membuat kertas sedikit melengkung, karena terjadi proses pemanasan di dalam printer untuk memperkuat cetakan tinta.

Printer laserjet menjadi salah satu jenis printer yang banyak digunakan, hal ini karena ia dapat melakukan banyak tugas dan memiliki hasil yang lebih bagus. Terlepas dari harganya yang tinggi, namun ia tetap disukai untuk menghasilkan cetakan dengan kualitas terbaik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaaat!