Skip to main content

3 Cara Mereset Samsung Galaxy J2 Prime dengan Mudah

3 Cara Mereset Samsung Galaxy J2 Prime dengan Mudah

3 Cara Mereset Samsung Galaxy J2 Prime dengan Mudah

Hampir semua smartphone memiliki beberapa khusus untuk melakukan hard reset atau reset ulang. Tapi sebagian orang bingung bagaimana cara mereset Samsung Galaxy J2 Prime karena termasuk smartphone generasi baru. Jadi susah sekali menemukan cara meresetnya.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan beberapa cara melakukan hard reset pada smartphone Galaxy J2 Prime. Lalu bagaimana dan apa saja tahapan yang harus dilakukan? Simak di bawah ini penjelasan lengkapnya!

3 Cara Mereset Samsung Galaxy J2 Prime

Banyak pengguna smartphone memilih reset ulang atau hard reset untuk mengatasi masalah yang rumit. Masalah itu seperti lupa pola, lupa sandi dan lain-lain. Berikut ini beberapa cara hard reset pada Samsung Galaxy J2 Prime:

1. Melalui Menu Bawaan

Salah satu cara mereset Samsung Galaxy J2 Prime yang paling mudah dan tidak membingungkan adalah dengan menggunakan menu bawaan. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk mengembalikan pengaturan pabrik. Berikut ini caranya:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa sisa baterai yang ada di atas 40%. Agar selama proses pembersihan smartphone dari data-data bisa berjalan dengan lancar dan tidak terhenti di tengah proses yang berlangsung.
  2. Langkah selanjutnya bukalah smartphone Galaxy J2 Prime Anda. Jika sudah tekan tombol “Pengaturan” yang bisa Anda temukan di dalam kumpulan menu-menu
  3. Saat Anda sudah berada di dalam menu pengaturan tersebut, carilah pilihan menu dengan tulisan “Buat cadangan dan setel ulang”. Tekan pada menu pilihan tersebut dan Anda diberikan beberapa menu lanjutan.
  4. Cari tulisan “Setel ulang perangkat” untuk memulai proses pembersihan smartphone Galaxy J2 Prime dari data-data yang ada di dalamnya.
  5. Jika sudah Anda tekan tulisan itu, maka akan ada pilihan “Hapus Semua” yang berarti semua data di perangkat akan terhapus tanpa pengecualian. Jadi jangan lupa untuk membackup sebuah file-file penting agar tidak hilang akibat hard reset ini.

Tunggulah sampai proses pembersihan ini selesai. Sebab hard reset membutuhkan proses yang cukup lama. Mengingat ada banyak sekali file di dalam perangkat yang harus dibersihkan.

Saat proses sudah selesai, maka perangkat Samsung Galaxy J2 Prime Anda akan merestart sendiri dengan otomatis.

Tunggu kembali sampai tampilan perangkat Anda normal seperti saat baru pertama kali dipakai. Cek setiap menu dan kinerja tombol-tombol apakah sudah berfungsi dengan normal atau belum.

2. Melalui Mode Recovery

Cara mereset Samsung Galaxy J2 Prime adalah dengan lewat mode recovery. Cara ini bisa dikatakan sedikit lebih rumit dan harus memperhatikan tahap demi tahap untuk menghindari kesalahan. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Tahap pertama pastinya menyiapkan baterai pada perangkat Samsung Galaxy J2 Prime Anda di atas 40%. Anda bisa menchargernya sampai penuh untuk mengambil posisi yang aman.
  2. Kemudian tahap selanjutnya tekan tombol daya dan tahan sampai perangkat tersebut mati.
  3. Setelah itu, Anda harus masuk ke dalam mode recovery yang ada pada setiap smartphone. Caranya saat dalam kondisi mati, tekan secara bersama-sama kombinasi tombol “Home” + “Power/Daya” + “Volume Naik”.
    Jangan ada satu tombol yang terlewat dan tekan bersamaan. Sebab jika ada salah satu saja tombol yang tidak ada pencet secara bersamaan, maka proses masuk ke dalam mode recovery akan mengalami kegagalan.
    Tekan tiga tombol itu selama lima sampai sepuluh detik hingga ponsel kembali menyala.
  4. Disaat Anda melihat logo Samsung sudah muncul, lepaskan tombol “Power/Daya” dan tetap tahan tombol “Volume Naik” + “Home”. Tekan dan tahan terus dua tombol itu sampai muncul logo Android dan masuk ke mode recovery.
    Pada mode ini Anda akan melihat banyak sekali pilihan menu.
  5. Jika ingin melakukan hard reset atau pengaturan ulang ke setelan pabrik, cari tulisan “Wipe data/factory reset”. Perlu diketahui Anda tidak bisa menggunakan touchscreen untuk memilih menu-menu di dalam mode recovery.
  6. Cara menggeser menunya bisa dilakukan dengan menekan tombol volume naik untuk menggeser ke atas dan volume turun untuk menggeser ke bawah. Kemudian untuk memilih menunya, bisa dengan menekan tombol “Power/Daya”.
  7. Setelah memilih menu untuk hard reset, Anda bisa menempatkan ke pilihan “Yes” agar proses pembersihan data perangkat bisa dimulai.
  8. Tunggu beberapa menit karena proses ini memakan waktu yang cukup lama. Jika takut baterai tiba-tiba habis, Anda bisa menghubungkannya ke charger.
  9. Lihat kembali pada layar Galaxy J2 Prime, jika ada tulisan “Done” berarti proses pembersihan data internal sudah selesai.
  10. Langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengarahkan menuju ke menu bertuliskan “Reboot System Now”. Secara otomatis ponsel Galaxy J2 Prime akan merestart ulang dan tunggu sampai menyala normal lagi.
  11. Proses restart ulang setelah hard reset juga memerlukan waktu sampai beberapa menit. Jadi tunggulah dan jangan khawatir karena prosesnya memang lama.

3. Melalui Odin

Setelah membaca beberapa cara mereset Samsung Galaxy J2 Prime dengan cara yang cukup umum, selanjutnya ada cara yang lebih rumit yaitu lewat Odin dengan bantuan PC. Ini adalah cara melakukan pembersihan total dengan proses flashing. Berikut ini tahapannya:

  1. Tahap pertama Anda harus mendownload beberapa file dan simpan ke PC. File itu adalah Samsung USB Driver, Odin versi terbaru, dan Firmware Samsung Galaxy J2 Prime seri SM-G532G.
    Carilah semua file tersebut di mesin pencarian Google karena bisa didapatkan dengan bebas dan gratis.
  2. Tahap selanjutnya jika semua file sudah Anda dapatkan, instal terlebih dahulu Samsung USB Driver ke PC. Kemudian instal juga aplikasi Odin versi terbaru.
  3. Setelah itu matikan perangkat Samsung Galaxy J2 Prime yang akan di hard reset dengan cara lewat Odin.
  4. Tahap berikutnya Anda bisa menekan tombol secara bersamaan yaitu “Volume turun” + “Home” + “Power/Daya”. Tekan dan tahan ketiga tombol itu sampai layar Galaxy J2 Prime menyala dengan tulisan “Downloading”.
    Ini adalah Download Mode khusus proses flashing firmware Samsung.
  5. Colokkan kabel USB ke Samsung Galaxy J2 Prime dan ke PC yang sudah terinstal Samsung USB Driver.
  6. Setelah melewati tahap diatas, cari file aplikasi Odin yang sudah Anda download tadi. Klik kanan dan klik juga tulisan “Run as administrator” lalu “Yes” dan aplikasi Odin akan terbuka.
  7. Lihat pada layar Odin dan cek pastikan ada sebuah kolom dengan warna hijau bersama tulisan “ID:COM”. Jika tulisan dan kolom hijau tidak ada, berarti perangkat Samsung tidak terdeteksi di laptop.
  8. Jika ada, tahap selanjutnya tekan tulisan “AP” dan setelah itu carilah file Firmware Samsung yang sudah Anda siapkan tadi dan pilih file tersebut. Secara otomatis file akan berada di halaman aplikasi Odin.
  9. Untuk memulai proses, tekan tulisan “Start” yang berada di sisi bawah aplikasi dan tunggu proses flashing Galaxy J2 Prime selesai.
  10. Ciri kalau proses selesai adalah ada tulisan “PASS!” dan perangkat juga akan restart secara otomatis. Proses restart akan berjalan lama dan tunggu saja sampai menyala normal lagi.

Memang ada banyak sekali cara mereset Samsung Galaxy J2 Prime. Anda bisa menggunakan cara-cara itu untuk mengatasi masalah seperti lupa kata sandi, lupa pola atau adanya kegagalan sistem. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!