Skip to main content

Review dan Harga Oppo Reno 4 F Terbaru 2020

Oppo Reno 4 F

Review dan Harga Oppo Reno 4 F Terbaru 2020

Oppo terus berusaha mengembangkan produk yang bisa menjangkau pasar lebih luas lagi. Untuk smartphone kelas mid end, Oppo merilis produk yang bernama Oppo Reno 4 F. Apalagi harga HP Oppo Reno 4 F juga sangat bersaing.

Desain yang stylish dikombinasikan dengan spesifikasi tangguh membuat Oppo Reno 4 F menjadi dambaan para pengguna smartphone. Apa saja yang ditawarkan ponsel pintar kelas menengah ke atas ini? simak berikut ulasan lengkapnya!

1. Spesifikasi Lengkap Oppo Reno 4 F

Produk dari Oppo dengan seri Reno 4 memiliki beberapa jenis yaitu Reno 4, Reno 4 Pro dan juga Reno 4 F. Anda bisa menemukan banyak perbedaan pada produk Reno 4 F dibandingkan dua produk lainnya, meski harga HP Oppo Reno 4 F tidak jauh berbeda. Di bawah ini uraian lengkapnya:

1.1. Build Quality

Tampilan desain yang dibawa oleh Oppo Reno 4 F memiliki perbedaan signifikan dengan dua versi lain seperti Reno 4 dan Reno 4 Pro. Anda bisa menemukan pada sisi bagian belakang smartphone yang seperti tampak gradasi warna yang menarik dan indah.

Kemudian terdapat sebanyak empat lensa kamera yang memiliki fitur super canggih yang bersandingan dengan LED Flash. Sekilas tampak seperti sebuah kamera digital model lama yang memiliki bentuk LED Flash memanjang.

Anda bisa menikmati desain body yang sangat tipis sekali hanya 7,48 mm dengan berat hanya 164 gram saja. Ini akan membuat ponsel Oppo sangat nyaman di pegang dan digunakan serta menampilkan ponsel premium dari warna body yang mengkilap.

Pilihan warna juga sangat beragam sekali yaitu Matte Black, Metallic White. Uniknya lagi warna Metallic White bisa memunculkan warna pink ketika Anda pandang dari sudut yang lainnya.

1.2. Display

Untuk mendukung desain Oppo Reno 4 F yang elegan dan mewah, sektor display juga turut diberikan spesifikasi yang sangat bagus. Anda akan melihat sebuah layar LCD dengan tipe Super AMOLED yang berkualitas.

Tentunya layar tipe ini akan membantu ketika sedang berada di bawah sinar matahari langsung. Selain itu juga dilengkapi dengan perlindungan maksimal dari segala macam goresan dengan penyematan Corning Gorilla Glass 3+.

Resolusi layar Full HD+ dengan tingkat 1080 x 2400 pixel dan bentar layar 6,43 inch menawarkan pengalaman menggunakan smartphone berkualitas tinggi. Sangat cocok sekali untuk digunakan melihat film atau juga drama.

Namun ukuran layar yang mencapai 6,43 inch tersebut kurang nyaman jika Anda memiliki mobilitas kerja yang tinggi. Dengan ukuran sebesar itu, tentunya tidak mungkin bisa dimasukkan ke dalam saku.

Paling tidak Anda harus menyiapkan tas atau pouch khusus agar smartphone tetap terjaga dengan baik. Lalu tingkat refresh ratenya hanya berada di 60Hz saja. Padahal sebagian besar di kelas low sampai mid end biasanya sudah memiliki refresh rate 90Hz.

1.3. Spesifikasi Hardware

Bagi sebagian orang akan merasa kecewa ketika produk dengan desain terkini ternyata menggunakan processor buatan Mediatek dibandingkan menggunakan Qualcomm. Produk chipset atau processor buatan Mediatek terkenal memiliki harga yang sangat terjangkau.

Tidak heran jika harga HP Oppo Reno 4 F ini ternyata lebih murah. Tujuan utamanya mungkin demi menjangkau para pengguna dengan budget yang terbatas namun performa maksimal. Produk Oppo ini membawa chipset MediaTek Helio P95 12nm.

Kemudian chipset itu dikombinasikan bersama CPU Octa-core 2,2GHz dengan RAM yang mencapai 8GB. Dengan semua itu, Anda bisa menjalankan aktivitas multitasking tanpa perlu khawatir macet atau lag.

Ketika digunakan untuk game-game berat juga mampu memberikan performa yang maksimal.

1.4. Kamera

Fitur unggulan pada kamera Oppo Reno 4 F menjadi daya tarik utama yang sangat diminati banyak orang. Ada sebanyak 6 AI untuk portrait kamera dengan rincian dua untuk kamera depan dan empat untuk kamera utama.

Kamera depan untuk selfie memiliki spesifikasi 16MP aperture f/2.4 bersama 2MP f/2.4. Lalu kamera belakang memiliki ukuran sampai 48MP aperture 48MP f/1.8 dengan kemampuan video sampai 4K, namun bukan sensor Sony seperti pada Reno 4.

Kamera utama ekstra besar dikombinasikan dengan 8MP f/2.2 ultra wide dan dua sensor ukuran 2MP mono f/2.4. Anda akan kecewa karena dua sensor tambahan ini bukan merupakan makro atau foto jarak dekat.

Tapi pada kamera depan bisa untuk video sampai kualitas 1080p. Ada banyak sekali teknologi yang bisa Anda temukan di dalam kamera Oppo Reno 4 F. Teknologi itu seperti AI Super Night Portrait khusus selfie minim cahaya, mode profesional dan lain-lain.

Anda akan bisa melihat sebuah perbedaan pada dua hasil foto antara kamera belakang dan kamera depan. Itu terjadi disebabkan kedua kamera memiliki penggunaan sensor yang berbeda.

Dengan harga HP Oppo Reno 4 F yang terjangkau, Anda sudah mendapatkan fitur kamera yang melimpah.

1.5. Baterai

Sektor baterai Oppo Reno 4 F ini juga lebih rendah dari Oppo Reno 4. Produk ini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 4.000 mAh. Meski cenderung lebih kecil, Anda tetap bisa menggunakannya untuk durasi yang cukup lama.

Fitur fast charging yang disematkan juga membuat banyak penggunanya kecewa. Berbeda dengan seri lain, pada Oppo Reno 4 F hanya memiliki fitur fast charging 18W. Dari sisa 10% sampai ke penuh Anda membutuhkan waktu selama 90 menit.

1.6. Sistem Operasi dan Fitur

Oppo Reno 4 F memiliki sistem operasi Android 10 dengan ColorOS 7.2 seperti ponsel pintar dari Oppo yang lain. Anda bisa menikmati aplikasi tambahan yang khusus ada pada smartphone seperti So Loop dan juga OPPO LAB.

Jika Anda belum tahu apa itu So Loop, itu merupakan aplikasi untuk pengeditan video dengan praktis dan cepat. Lalu OPPO LAB merupakan aplikasi yang isinya pintasan dan menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Oppo.

Pintasan itu seperti screenshot tiga jari, screen-off gesture dan lain-lain.

Berikut tabel spesifikasi Oppo Reno 4 F lebih lengkap:

2. Spesifikasi Lengkap dan Harga

  • Operasi Sistem: Android 10 Oreo, ColorOS 7.2
  • Ukuran Layar: 6.43 inch
  • Resolusi: 1080x 2400 pixel, ~409 ppi density
  • Tipe Layar: Super AMOLED 430 nits typ, 800 nits peak
  • Dimensi dan Berat: 160,1 x 73,8 x 7,5 mm, 164 gram
  • SIM: Dual SIM Nano
  • Kamera Utama: 48MP f/1.7 26mm wide 1/2.0” 0,8 um PDAF, 8MP f/2.2 119” 16mm ultrawide 1/4.0” 1.12 um, 2MP f/2.4 depth, 2MP f/2.4 depth, 4K Video 30 fps, 1080p 30-120 fps
  • Kamera Depan: 16MP f/2.4 wide 1/3.09”, 1,0 um, 2MP f/2.4 depth, HDR, 1080p 30 fps
  • Chipset/Processor: Mediatek MT6779V Helio P95 (12nm)
  • CPU: Octa-core 2x 2,2GHz Cortex-A75 & 6 x 2.0 GHz Cortex-A55
  • GPU: PowerVR GM9447
  • Card slot: microSDXC
  • Internal dan RAM: 128GB UFS 2.1 dan 8GB RAM
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Tipe Baterai dan Kapasitas: Li-Po 4.000 mAh, non-removable battery
  • Fingerprint: Ya
  • USB Type-C: Ya
  • Fast Charging: 18W Fast Charging
  • Harga: Rp. 4.300.000-an

Dengan harga HP Oppo Reno 4 F yang sangat bersaing, tapi Anda bisa mendapatkan spesifikasi unggulan layaknya beberapa seri Reno 4 lainnya. Meski masih ada beberapa bagian yang dinilai kurang, tapi itu tidak menjadi masalah utama. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!