Skip to main content

Review dan Spesifikasi HP Oppo A33 Lengkap + Terbaru

Oppo A33

Review dan Spesifikasi HP Oppo A33 Lengkap + Terbaru

Oppo selalu melakukan inovasi yang sangat baik pada setiap smartphone. Termasuk juga pada HP Oppo A33 yang memiliki banyak keunggulan spesifikasi. Walaupun masih jauh dibawah saudaranya yaitu Oppo A53.

Tapi untuk smartphone kelas bawah atau low end, Oppo A33 ini sudah sangat mumpuni sekali. Jika Anda penasaran ada apa saja di dalam smartphone ini, berikut ini ulasannya!

1. Spesifikasi Lengkap HP Oppo A33

1.1. Build Quality

Masalah desain, sebenarnya Oppo A33 ini cukup bagus secara keseluruhan. Namun penempatan kamera sebanyak tiga buah pada sisi belakang terkesan memenuhi ruang. Walaupun memang kamera tersebut memberikan pengalaman fotografi tingkat tinggi.

Selain masalah kamera, semua bagian body terbilang sangat bagus dengan ketebalan yang tidak begitu besar. Kemudian pantulan cahaya memberikan kesan silau dan mewah pada produk Oppo yang satu ini.

1.2. Display

Sektor display yang ditawarkan oleh smartphone Oppo A33 ini memiliki fitur yang terbaru yaitu layar Neo-Display 90Hz.

Fitur tersebut kemudian dikombinasikan dengan ukuran bentang layar yang termasuk sangat lebar sekali yaitu mencapai 6,5 inch dan resolusi HD+ 1600 x 720 pixel. Layar yang sangat besar itu sangat cocok sekali digunakan untuk memainkan game.

Selain itu Anda juga bisa menonton film maupun drama dengan sensasi yang lebih puas. Ukuran layar yang besar tersebut dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang sangat bermanfaat.

Touch sampling rate mencapai 120Hz sehingga mampu memberikan respon sentuhan yang sangat sensitif sekali. Anda tidak perlu takut layar akan baret jika terkena benda yang tajam.

Karena layar Oppo A33 ini sudah memiliki teknologi Gorilla Glass 3 yang melindungi dari segala benda tajam. Spesifikasi display yang berteknologi tinggi tersebut tentunya menjadi keunggulan bagi produk keluaran Oppo ini.

Mengingat sebenarnya Oppo A33 ini merupakan smartphone low end. Jadi cukup puas sekali memiliki smartphone low end dengan bentang layar 6,5 inch.

1.3. Spesifikasi Hardware

Sektor selanjutnya yang wajib di bahas pada Oppo A33 adalah hardware. Meskipun banyak yang menilai Oppo A33 ini masih memiliki hubungan dengan mid end Oppo A53, tapi masalah spesifikasi bisa dinilai sangat jauh berbeda.

Dari rentan harganya, tentu Anda sudah bisa menilai bahwa Oppo A33 ini spesifikasi hardwarenya lebih rendah dari Oppo A53.

Pertama masalah processor, seri A33 dibekali dengan produk terbaru dari Qualcomm yaitu processor Snapdragon seri 460 low end yang bagus untuk kelas bawah.

Anda bisa merasakan sebuah processor dengan performa yang sangat tangguh namun tidak akan menghabiskan banyak daya. Snapdragon 460 dikenal mampu memberikan konsumsi daya yang sangat efisien sekali dibandingkan seri low end yang lainnya.

Walaupun sebenarnya seri 400-an merupakan seri kelas bawah khusus smartphone yang terjangkau. Untuk mendukung processor tersebut, Oppo memberikan CPU yaitu Kryo Octa-core 240, 4x 1,8 GHz + 1,6 GHz bersama dengan pengolahan grafis Adreno 610.

Untuk memainkan beberapa game berat mungkin tidak akan masalah. Namun Anda harus memperhatikan waktu permainan. Jangan terlalu lama karena akan memaksa perangkat bekerja lebih keras lagi.

1.4. Kamera

Oppo selalu menaruh keunggulan pada sektor kamera dimana ada sebanyak tiga kamera di sisi belakang. Pertama kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 dan didukung bersama dua lensa lain yaitu 2 MP portrait dan 2 MP makro.

Ini akan memberikan pengalaman fotografi yang sangat bagus bagi Anda. Lensa portrait akan memberikan kesan bokeh pada sisi belakang objek utama. Di dalam aplikasi kamera juga tersedia filter-filter yang menarik.

1.5. Baterai

Walaupun HP Oppo A33 memiliki processor yang mampu melakukan efisiensi konsumsi daya, namun produsen tetap memberikan kapasitas baterai besar. Besaran kapasitasnya mencapai 5.000 mAH yang membuat baterai bisa sangat awet sekali saat digunakan seharian penuh.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya ketika sedang beraktivitas diluar ruangan yang jauh dengan stop kontak.

Bagi Anda yang suka bermain game, Oppo A33 juga sangat cocok sekali karena dengan kapasitas baterai 5.000 mAH mampu digunakan untuk memainkan game sampai berjam-jam.

Tidak hanya itu saja, untuk memanjakan para penggunanya, Oppo menyematkan teknologi fast charging generasi terkini yang sangat canggih sekali. Oppo A33 memiliki teknologi Fast Charging 18W yang membuat pengisian daya berlangsung sangat cepat sekali.

1.6. Penyimpanan

Penyimpanan HP Oppo A33 ini bisa dikatakan cukup kecil karena hanya mampu menampung file sebesar 32GB saja. Padahal di zaman sekarang sudah ada banyak sekali smartphone yang menawarkan kapasitas penyimpanan internal sampai 64GB.

Untungnya Anda masih bisa menggunakan microSD yang memiliki tempat khusus di bagian samping body perangkat. Anda bisa menggunakan slot microSD tersebut sampai dengan 256GB. Bisa Anda gunakan untuk mengisi banyak file-file penting.

Kemudian A33 juga memiliki RAM sebesar 3GB yang membuat pemrosesan aplikasi lebih ringan. Tapi sebenarnya RAM 3GB ini masih sangat kurang jika digunakan untuk aktivitas multitasking yang sangat intens sekali.

Namun jika hanya sekedar pendukung aktivitas maka bukan menjadi masalah. RAM yang hanya 3GB ini mungkin juga akan membatasi kinerja dapur pacu Oppo A33 yang cukup tangguh.

1.7. Sistem Operasi

Masalah sistem operasi atau OS, Anda mungkin akan merasa sangat puas jika menggunakan produk ini. sebab OS yang di bawah A33 mirip dengan apa yang ada pada A53 yaitu Android 10 Oreo dengan tampilan ColorOS 7.2 yang sangat memukau.

Bagi Anda yang belum tahu, ColorOS 7.2 merupakan salah satu tampilan yang dikembangkan oleh Oppo dan menjadikan setiap produk yang dikeluarkan menjadi sangat menarik untuk digunakan.

Tampilan yang penuh warna dan menarik membuat Anda tetap nyaman menggunakan smartphone dari Oppo untuk aktivitas sehari-hari.

1.8. Fitur

Ada juga beberapa fitur tambahan yang ditanamkan di dalam HP Oppo A33 ini seperti WiFi 802. 11 a/b/g/n/ac dual band, hotspot dan juga Wi-Fi Direct. Bluetooth yang dipasang juga versi terbaru 5.0 A2DP, LE, aptX HD.

Sayangnya Anda tidak bisa menikmati fitur NFC pada produk dari Oppo yang satu ini. Selain itu juga tidak dilengkapi dengan port infrared yang biasanya bisa dimanfaatkan sebagai remot dan lain-lain.

Meskipun termasuk produk terbaru, tapi Oppo A33 juga belum dilengkapi dengan fitur Wireless Charging. Tapi Anda juga bisa menikmati Fast Charging 18Watt.

Beberapa sensor utama juga sudah terpasang seperti Fingerprint, Compass, Proximity, Accelerometer dan lain-lain. Di bawah ini tabel spesifikasi lebih lengkapnya:

2. Spesifikasi Lengkap dan Harga

  • Operasi Sistem: Android 10 Oreo, ColorOS 7.2
  • Ukuran Layar: 6,5 inch 90Hz Neo Display, 20:9
  • Resolusi: 1520 x 720 pixels
  • Tipe Layar: TFT LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Dimensi dan Berat: 163,9 x 75,1 x 8,4 mm, 186 gram
  • SIM: Dual SIM Nano
  • Kamera Utama: 13MP f/2.2 utama, 2MP f/2/4 portratir, 2MP f/2.4 macro
  • Kamera Depan: 8MP f/2
  • Chipset/Processor: Qualcomm Snapdragon 460 SoC (11nm)
  • CPU: Kryo Octa-core 240, 4x 1,8GHz + 1,6 GHz
  • GPU: Adreno 610
  • Card slot: microSD up to 256GB
  • Internal dan RAM: 32GB UFS 2.1, 3GB LPDDR4X
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Tipe Baterai dan Kapasitas: Li-Po 5.000 mAh, non-removable battery
  • Fingerprint: Ya
  • USB Tipe-C: Ya
  • Fast Charging: 18W Fast Charging
  • Harga Terbaru 2020: Rp. 2.299.000

Meski memiliki beberapa sisi yang kurang memuaskan, Anda masih bisa menjadikan HP Oppo A33 sebagai referensi smartphone low end. Mengingat masih banyak kelebihan lain yang bisa terus Anda jelajahi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!