Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2

Review Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J2

Perkembangan ponsel dari waktu ke waktu semakin pesat dan selalu memberikan perbedaan yang sangat signifikan. Perkembangan juga terlihat pada salah satu produsen smartphone ternama yaitu Samsung. Saat ini salah satu produk yang terjangkau dari produsen itu adalah Samsung Galaxy J2.

Dibandingkan dengan beberapa seri Galaxy lainnya, untuk Galaxy J2 ini memang termasuk sangat terjangkau sekali. Apalagi smartphone Samsung yang satu ini sudah memiliki spesifikasi internet super cepat 4G. Tentunya Galaxy J2 juga menawarkan beberapa fitur andalan lainnya.

1. Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J2

  • Ukuran Layar: 4,7 inch
  • Resolusi: 540 x 960 pixels
  • Kerapatan: 234 ppi
  • Type Layar: Super AMOLED
  • Berat: 130 gram
  • Sim: Dual Sim
  • Kamera Utama: 5MP f/2.2, AF
  • Kamera Depan: 2MP f/2.2
  • Operasi Sistem: Android 5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset/Prosesor: Exynos 3475 Quad (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU: Mali-T720
  • Card slot: microSDXC (Dedicated slot)
  • Internal: 8GB 1GB RAM
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth: 4.1, A2DP
  • Internet: 4G/LTE
  • Tipe Baterai: Li-Ion 2000 mAh, removable battery

2. Desain

Layaknya beberapa Samsung Galaxy seri J yang lainnya, untuk seri J2 ini juga tidak memiliki perbedaan desain yang signifikan. Salah satu ciri khas seri Galaxy J adalah memiliki desain body ponsel yang terkesan sederhana dan tidak menampilkan kesan mewah.

Seri J memiliki desain seperti beberapa ponsel kelas menengah ke bawah lainnya. Begitu juga pada Samsung Galaxy J2 ini yang memiliki desain tidak begitu jauh dari pendahulunya seperti J1. Walaupun untuk seri J menengah ke atas juga memiliki desain mewah seperti J7 dan lain-lain.

Biasanya para pengguna smartphone yang bodynya terbuat dari plastik akan mengeluhkan mudah jatuh karena licin. Tapi masalah itu tidak akan Anda temukan pada Galaxy J2 ini. Meski material utamanya plastik, ketika digenggam tetap kuat dan pas ditangan.

Dari segi ukuran, produk Samsung ini memiliki lebar sekitar 69 milimeter, panjang 136 milimeter dan tebalnya 8,3 milimeter serta beratnya sekitar 130 gram. Dengan ukuran dan berat tersebut membuat J2 sangat nyaman dipegang dan dibawa untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk warna, Samsung memberikan pilihan yaitu hanya tersedia hitam dan putih saja.

3. Layar

Kemudian selanjutnya mengenai spesifikasi layar dari Galaxy J2 ini. Untuk dari sektor layar, mungkin produk Samsung yang satu ini sangat bisa diandalkan sekali. Meskipun termasuk pada kelas smartphone kelas menengah kebawah, J2 sudah dibekali dengan layar berteknologi tinggi.

Layar yang disematkan adalah Super AMOLED dengan ukuran yang mencapai 4,7 inch. Bagi smartphone low end tentunya fitur ini sudah sangat bagus sekali. Mengingat masih jarang sekali smartphone low end yang dibekali layar Super AMOLED berteknologi tinggi.

Sementara itu masalh resolusi, Samsung Galaxy J2 memiliki tingkat resolusi mencapai 540 x 960 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 234 ppi. Jadi secara keseluruhan dengan semua spesifikasi layar yang dibawahnya, membuat tampilan akan lebih terang.

Namun sayangnya Galaxy J2 belum memiliki fitur sensor cahaya pada layarnya. Sehingga Anda tidak bisa mencari fitur pengaturan tingkat pencahayaan layar secara otomatis.

4. Processor

Bagi para pengguna smartphone yang sangat memperhatikan sektor processor, mungkin akan cukup tertarik menggunakan Galaxy J2 ini. Untuk processor, produk ini dibekali dengan processor Samsung Exynos 3475. Kemudian didukung CPU Quad Core kecepatan 1,3 GHz.

Spesifikasi processor yang dibawah tersebut membantu J2 untuk bisa menjalankan kinerja sistem dengan tingkatan yang sedang. Tapi yang paling penting, perangkat tidak akan cepat panas dengan spesifikasi processor tersebut.

Meskipun sebenarnya banyak juga pihak yang mengharapkan Galaxy J2 seharusnya bisa dibekali dengan prosesor dan CPU yang memiliki tingkatan lebih baik lagi. Lalu masalah pengolahan grafis, J2 memiliki GPU Mali-T720.

Walaupun bukan merupakan GPU yang sangat baik untuk sektor grafis, namun untuk smartphone kelas low end sudah cukup digunakan bermain beberapa game ringan. Jadi bukan merupakan masalah besar jika GPU J2 tidak begitu bagus.

Oleh karena itu sangat disarankan jangan memaksa memainkan beberapa game berat yang membutuhkan pengolahan grafis tingkat tinggi. Karena kartu grafis yang dimiliki oleh Galaxy J2 tidak akan mampu membuka dan memproses game yang berat.

5. Penyimpanan

Selain mempertimbangkan sektor prosesor, biasanya para pengguna smartphone juga sangat mempertimbangkan sektor penyimpanan. Apalagi saat ini sebagian besar aplikasi memiliki ukuran yang cukup besar. Oleh karena itu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar dari biasanya.

Untuk Galaxy J2 sendiri memiliki penyimpanan telepon atau internal sebesar 8GB dengan RAM 1GB. Tapi ukuran tersebut masih hitungan kotor. Ketika sudah dipasang beberapa aplikasi sistem dan bawaan maka sisa yang tersedia hanya sekitar 4,36 GB saja.

Untuk mengatasi penyimpanan terbatas itu, Galaxy J2 dibekali juga dengan slot microSD. Anda bisa memasukkan microSD sampai dengan 128 GB untuk melengkapi kebutuhan media sehari-hari seperti foto, video, musik dan lain-lain.

6. Konektivitas

Mungkin untuk sektor konektivitas ini tidak begitu masalah. Karena spesifikasi pada konektivitas di J2 ini sudah sangat cukup untuk bisa mendukung aktivitas sehari-hari yang sudah serba digital. Sehingga mungkin tidak begitu menjadi pertimbangan.

Pertama Anda tidak perlu khawatir jika memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi. Karena J2 sudah dibekali dengan dua slot sim card yang akan sangat membantu sekali untuk aktivitas sehari-hari dan bisnis.

Kemudian selanjutnya Samsung Galaxy J2 memiliki jaringan yang sudah sangat cepat sekali dengan 4G LTE. Jaringan ini beberapa tahun terakhir sangat diidam-idamkan oleh banyak orang. Karena kecepatan internetnya yang sangat tinggi jauh lebih baik dari jaringan 3G dan H+.

Sayangnya Anda tidak bisa menerapkan jaringan internet super cepat 4G pada kedua sim card secara bersamaan. Meskipun sebenarnya keduanya sama-sama bisa diaktifkan 4G, tapi Anda hanya bisa memilih salah satu saja jika ingin menggunakannya.

Lalu fitur unggulan pada konektivitasnya yaitu Smart Dual Sim. Jadi ketika panggilan pada Sim 2 sedang sibuk, maka secara otomatis akan dialihkan langsung ke Sim 1. Kemudian konektivitas pendukung lain seperti WiFi 802.11 b/g/n, lalu Bluetooth v4.1 dan juga GPS.

Selain itu Galaxy J2 juga mendukung untuk fitur USB On-The-Go.

7. Baterai

Dari segi baterai, Galaxy J2 memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2.000 mAh dengan removable baterai atau baterai bisa dilepas. Bagi Anda yang sangat aktif bermain sosial media, mungkin kapasitas ini sangat kurang sekali. Tapi jika hanya untuk chatting harian, sudah mencukupi.

8. Kamera

Kemudian kamera juga cukup bisa diandalkan dengan bagian depan 2MP, lalu utama yang memiliki ukuran sampai 5 MP dengan fitur autofocus dan juga aperture f/2.2. Bagi smartphone kelas low end ini sudah sangat cukup sekali untuk foto harian.

9. Harga Samsung Galaxy J2

No Samsung Galaxy J2 Harga
1. Harga Baru Rp. 1.700.000,00
2. Harga Bekas Rp. -

Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, maka tidak ada salahnya memilih Samsung Galaxy J2 ini. mengingat beberapa seri mid end seperti Samsung Galaxy J7 juga masih memiliki harga yang cukup tinggi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!