Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 6s 2020 (Paling Baru)

iPhone 6s 2020

Review Spesifikasi dan Harga iPhone 6s 2020 (Paling Baru)

Setiap seri iPhone yang terbaru akan selalu ditunggu oleh para pecinta smartphone. Sebab setiap ada produk baru, selalu menawarkan fitur-fitur dan kelebihan seperti iPhone 6s. Walaupun harga iPhone 6s termasuk mahal, tapi selalu banyak yang mencarinya.

Berbeda dengan beberapa seri sebelumnya, iPhone 6s memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan bisa memenuhi keinginan para pecinta iPhone untuk menggunakan ponsel ukuran besar. Lalu bagaimana spesifikasi lengkap produk iPhone yang satu ini? simak berikut ulasannya!

1. Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 6s

1.1. Build Quality

Ulasan pertama membahas pada masalah build quality yang dibawa oleh iPhone 6s ini. Dengan ukuran yang lebih besar, secara otomatis itu menyebabkan bobot ponsel pintar ini juga melebihi seri sebelumnya.

Apalagi Anda bisa melihat body iPhone 6s ini memiliki material utama berupa aluminium seri 7000. Bahan ini akan membuat tampilan body iPhone 6s menjadi lebih mewah, kokoh dan juga berkelas tinggi.

Sayangnya meski kuat, jika terbentur dengan keras maka akan menyebabkan penyok yang bisa terlihat. Dari sisi warna, iPhone 6s menawarkan pilihan yang sangat baik sekali.

Anda bisa memilih sebanyak 3 varian warna yang masing-masing menawarkan kesan yang berbeda-beda. Pertama ada Space Grey yang membuat ponsel tampak mewah, simple dan kokoh.

Lalu Gold yang bisa menghadirkan kesan elegan dan mahal serta Rose Gold yang cantik, mewah dan menawan. Rose Gold menjadi pilihan terbaru yang hanya tersedia pada iPhone 6s dan tidak Anda temukan pada beberapa seri lainnya.

Dengan harga iPhone 6s yang sangat mahal, tampilan sekilas akan terlihat memiliki kesamaan dengan desain Android. Tenang saja, persamaan itu hanya ada pada ketebalan yang relatif tipis dan juga bentang layar yang lebar.

Anda tetap bisa melihat bahwa ini adalah ponsel iPhone karena memiliki ciri khas yang membuatnya mudah dikenal meski memiliki ukuran yang sama dengan Android.

Ciri khas itu adalah adanya garis pemisah yang membatasi sisi belakang perangkat antara bawah tengah dan atas. Desain seperti ini hanya ada pada iPhone saja dan membuatnya lebih mudah dikenal.

1.2. Display

Beralih ke sektor layar, iPhone tidak pernah main-main ketika menyematkan teknologi di dalamnya. Harga iPhone 6s yang mahal akan sepadan dengan teknologi yang bisa Anda nikmati seperti Retina Display yang bergabung dengan tipe layar IPS LCD.

Tapi dengan harga yang mahal, tipe layar IPS LCD ini sepertinya cukup mengecewakan. Seharusnya dengan kisaran yang lebih mahal mampu menawarkan tipe layar yang lebih bagus lagi.

Walaupun juga sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass yang melindungi layar dari segala goresan. Teknologi itu dan tipe layar tersebut membuat nyaman ketika dilihat dan digunakan sehari-hari.

Sudut pandang bisa menjadi lebih luas ditambah dengan ukuran bentang layar yang mencapai 4,7 inch. Sangat lebar sekali jika dibandingkan dengan generasi-generasi lama yang hanya 4 inch dan di bawahnya.

Layar 4,7 inch digabung dengan resolusi 750 x 1334 pixels membuat tampilan lebih memukau. Anda akan merasakan pengalaman menggunakan smartphone dengan tampilan layar yang sangat berbeda.

Dengan tingkat sensitivitas yang lebih baik dan spesifikasi layar cukup mumpuni, membuat tampilan lebih terkesan halus, ringan dan sangat nyaman di mata.

1.3. Spesifikasi Hardware

Hardware menjadi bagian utama yang tidak pernah lupa diulas. Meski harga iPhone 6s termasuk sangat tinggi, Anda tidak akan kecewa dengan performanya. iPhone 6s membawa chipset Apple A9 11 nm dengan bergabung bersama CPU Dual-core 1,84 GHz Twister.

Kecepatan CPU itu akan membantu proses menjadi jauh lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya. Dari segi pengolahan grafis ada PowerVR GT7600 yang membuat grafis cukup halus dan bagus. Kemudian RAM yang diberikan masih relatif standar yaitu 2GB.

Tapi besaran RAM itu sudah cukup untuk memainkan game-game yang tidak terlalu berat. Storage atau penyimpanannya juga sangat bervariasi mulai dari 16GB, 32GB, 64GB dan terakhir 128GB dan tidak tersedia slot microSD.

1.4. Kamera

Kamera menjadi sektor yang sangat diandalkan dari produk iPhone. Produk ini terkenal dengan megapixel yang kecil tapi mampu memberikan hasil foto dan video yang sangat bagus sekali mengalahkan kamera megapixel besar yang banyak beredar saat ini.

Spesifikasi kamera iPhone 6s ini adalah sisi belakang 12MP dengan tambahan aperture f/2.2 dual flash dan juga Autofocus. Cobalah menggunakan kamera iPhone 6s ini dengan resolusi 12 MP dan bandingkan dengan Android yang bisa sampai 16 MP.

Anda akan bisa membedakan bagaimana harga iPhone 6s yang mahal akan sepadan dengan kualitas produk yang diberikan. Keunggulan kamera iPhone 6s ini akan terlihat lebih jelas jika digunakan untuk merekam video.

Kamera depan mampu mengambil video sampai Full HD+ 4K dengan 30fps, lalu 1080p dengan 60fps, 1080p 120fps dan 720p sampai 240fps. Semakin besar fps maka hasil video bisa sangat halus dan jernih sekali.

Pada sisi depan dilengkapi dengan lensa beresolusi 5 megapixel dengan aperture f/2.2. Fitur lain di dalam lensa bagian depan ini adalah face detection, fitur HDR dan juga panorama. Kemudian lensa depan juga bisa untuk merekam video sampai 1080p 30fps.

1.5. Sistem Operasi dan Fitur

Sistem operasi yang dibawakan pada iPhone 6s adalah iOS 9. Tapi Anda bisa meningkatkannya bahkan sampai ke iOS 14.2 yang lebih canggih dengan berbagai menu-menu menarik di dalam OS tersebut.

Apple memberikan banyak sekali fitur di dalam produk iPhone 6s ini. salah satunya yang sangat jarang ditemui pada smartphone terkini adalah sensor NFC. Sayangnya sensor NFC yang ada pada iPhone 6s ini hanya terbatas untuk sistem pembayaran Apple Pay saja.

Kemungkinan tidak akan bisa digunakan untuk metode-metode pembayaran lainnya seperti saat di jalan tol dan lain-lain. Anda harus sedikit kecewa dengan sensor NFC ini. Lalu iPhone 6s juga belum mendukung fitur fast charging yang sedang ramai digunakan.

Padahal kapasitas baterainya termasuk sangat kecil sekali hanya 1.715 mAh saja. Jadi Anda harus menyiapkan Power Bank dan charger untuk berjaga-jaga.

Untuk melihat spesifikasi lebih ringkas, berikut ini list nya:

2. Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 6s

  • Operasi Sistem: iOS 9, bisa diupgrade ke iOS 14.2
  • Bahan: Gorilla Glass Depan, Aluminium belakang dan frame
  • Ukuran Layar: 4,7 inch
  • Resolusi: 750 x 1334 pixels, ~326 ppi density
  • Type Layar: IPS LCD
  • Berat: 143 gram
  • SIM: Single SIM Nano
  • Kamera Utama: 12MP f/2.2 29mm 1/3” 1.22um PDAF, Dual LED dual-tone flash, fitur HDR, Video 4K dengan 30fps, 1080p 60fps, 1080p 120fps dan 720p 240fps
  • Kamera Depan: 5MP f/2.2 31mm,HDR, Panorama, video 1080 30fps
  • Chipset/Processor: Apple A9 (14nm)
  • CPU: Dual-core 1.84 GHz Twister
  • GPU: PowerVR GT7600 six-core graphics
  • Card slot: No
  • Internal dan RAM: 16GB /2GB RAM, 32GB/2GB RAM, 64GB/2GB RAM, 128GB/2GB RAM
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Tipe Baterai dan Kapasitas: Li-ion 1.715 mAh, non-removable battery
  • Harga Baru: Rp. 3.100.000 – Rp. 3.600.000

iPhone 6s menawarkan banyak sekali keunggulan-keunggulan layaknya produk iPhone lainnya. meskipun harga iPhone 6s termasuk menengah ke atas, tapi banyak yang merasa puas dengan semua fiturnya. Sebab iPhone selalu menawarkan sisi yang berbeda dibandingkan Android. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!