Skip to main content

Cara Membuat Kamera Android Seperti iPhone

Google Camera

Cara Membuat Kamera Android Seperti iPhone

Cara membuat kamera Android seperti iPhone merupakan salah satu trik yang banyak dicari. Di zaman serba canggih seperti saat ini, ponsel tidak hanya digunakan untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan saja. Namun, bisa digunakan untuk mengambil gambar, baik itu foto atau video.

Seperti yang telah diketahui, bahwa keunggulan dari ponsel pintar iPhone yang paling menonjol adalah kualitas kameranya. Hal ini yang menjadi penyebab para pengguna Android untuk mencari cara, bagaimana agar ponsel yang digunakan mampu mengambil gambar seperti pada iPhone.

Dua Cara Membuat Kamera Android Seperti iPhone

Untuk saat ini, ada 2 cara atau metode yang memungkinkan Anda selaku pengguna Android, untuk menghasilkan gambar layaknya menggunakan iPhone. Kedua cara tersebut ada yang mengatur setting pada kamera, dan juga menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga.

  • 1. Melakukan Setting Pada Kamera Android

    Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengoptimalkan kamera Android agar foto atau video yang dihasilkan mirip seperti dari kamera iPhone. Untuk pengoptimalan tersebut, Anda dapat melakukan beberapa setting pada kamera dengan cara sebagai berikut ini.

    • Pertama, bukalah aplikasi kamera bawaan yang ada di HP Android Anda terlebih dahulu. Trik ini berlaku untuk semua jenis perangkat Android.
    • Lalu perhatikan menu yang ada di bagian bawah layar. Pilih tab Photos atau Foto.
    • Lanjut dengan membuka Setting atau Pengaturan pada kamera Android Anda. Pengaturan kamera ini ditandai dengan ikon roda bergerigi, dan biasanya terletak di bagian pojok kiri atau kanan atas layar.
    • Nah, pada pengaturan tersebut, Anda perlu mengubah settingan Foto Beruntun menjadi Fokus, Bingkai Gambar jadi Standar, Kualitas Gambar jadi Tinggi, Kontrak menjadi Tinggi, Saturasi jadi Normal, dan Keamanan menjadi Lebih Tinggi.
    • Setelah Anda mengubah semua settingan tersebut, maka cobalah untuk mengambil gambar atau video.

    Dapat dikatakan bahwa metode yang sudah dijelaskan di atas, akan membuat kualitas hasil gambar dari kamera Android Anda semakin tinggi. Meskipun begitu, hasil gambar tersebut juga tetap bergantung pada kualitas kamera di smartphone Android yang Anda gunakan.

  • 2. Menggunakan Bantuan Aplikasi Ketiga

    Apabila Anda merasa masih kurang puas dengan metode yang sebelumnya, maka bisa mencoba untuk menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga. Beberapa aplikasi ini memang sengaja diciptakan untuk membuat hasil kamera Android mirip seperti iPhone. Berikut aplikasi yang bisa Anda coba.

    • 2.1. Google Camera

      Aplikasi pertama yang bisa membantu Anda untuk menghasilkan gambar seperti iPhone, adalah Google Camera atau yang sering disebut dengan GCam. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa Google Camera mampu membantu memperbaiki kualitas gambar dari kamera Android.

      Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda bisa menyesuaikan setting kamera pada ponsel Android seperti yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa membuat foto bokeh atau background blur. Aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur yang menarik untuk dicoba.

    • 2.2. Selfie for iPhone 11 Camera – OS 13 Camera

      Untuk membuat hasil gambar kamera Android serasa seperti iPhone, Anda bisa mengandalkan aplikasi yang bernama Selfie for iPhone 11 Camera – OS 13 Camera. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membuat foto selfie Anda menjadi seperti selfie menggunakan HP iPhone.

      Ciri khas iPhone juga akan Anda rasakan dengan adanya berbagai macam filter kamera seperti yang ada di kamera iPhone. Jadi tidak heran lagi, jika Selfie for iPhone 11 Camera – OS 13 Camera ini merupakan salah satu aplikasi yang sedang hits di kalangan pengguna Instagram.

    • 2.3. Kamera iPhone 11 – Kamera OS13

      Jika Anda sedang mencari filter seperti yang ada di kamera iPhone, maka bisa menggunakan aplikasi bernama Kamera iPhone 11 – Kamera OS13. Tidak hanya filter, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur seperti pada kamera iPhone.

      Intinya, Kamera iPhone 11 – Kamera OS13 ini mampu memberikan pengalaman yang menarik dalam penggunaan kamera Android. Anda bisa membuat hasil foto atau video di Android yang kualitasnya mirip seperti menggunakan iPhone.

    • 2.4. Efectum – Slow Motion, Reverse Cam, Fast Video

      Salah satu fitur kamera iPhone yang banyak disukai adalah slow motion. Bagi Anda yang menginginkan hasil slow motion menggunakan kamera HP Android layaknya pada kamera iPhone, maka bisa mencoba dengan bantuan aplikasi Efectum – Slow Motion, Reverse Cam, Fast Video.

      Aplikasi ini akan membantu untuk mengedit gerak cepat dan lambat pada sebuah video, sehingga hasilnya mirip seperti kamera iPhone. Tidak usah khawatir karena aplikasi yang satu ini bersifat gratis, dengan banyak fitur yang sudah bisa Anda gunakan.

    • 2.5. Camera for iPhone 11 Photo Editor & Beauty Camera

      Aplikasi selanjutnya yang mampu membuat kamera Android Anda menjadi seperti kamera iPhone, adalah Camera for iPhone 11 Photo Editor & Beauty Camera. Jika dilihat dari namanya saja tentu Anda sudah bisa menebak, jika aplikasi ini akan membuat kamera Android jadi seperti kamera iPhone 11.

      Fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini, yakni kamera bokeh dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu, ada juga beberapa fitur kamera iPhone yang bisa Anda sesuaikan dengan mudah pada saat melakukan editing foto dan yang lainnya.

    • 2.6. ProShot

      Dengan menggunakan aplikasi ProShot, Anda dapat menciptakan keseruan editing foto. Aplikasi ini mempunyai banyak sekali fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat foto seolah-olah dijepret dari kamera iPhone.

      Beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini seperti white balance, ISO, eksposur dan yang lainnya. Penggunaan dari aplikasi ProShot ini juga sangat mudah. Nah, jika Anda ingin melakukan penyesuaian pada foto yang dimiliki, maka bisa menggunakan fitur Custom Mode Presets.

    • 2.7. Hydra – Amazing Photography

      Salah satu aspek yang membuat foto hasil kamera iPhone terlihat bagus, adalah pencahayaannya. Jika Anda tertarik untuk mengatur tingkat pencahayaan dari sebuah foto, maka penggunaan aplikasi Hydra – Amazing Photography adalah tindakan yang tepat.

      Untuk membantu Anda dalam mengatur pencahayaan yang lebih kompleks, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak filter yang telah disediakan. Dengan aplikasi ini, maak foto yang sudah diedit akan terlihat lebih unik dan menarik. Dan yang paling penting mirip seperti dari kamera iPhone.

    • 2.8. YouCam Perfect

      Rekomendasi aplikasi kamera iPhone untuk Android yang terakhir adalah YouCam Perfect. Menurut para penggunanya, aplikasi yang satu ini mampu memberikan efek sentuhan magic pada hasil foto yang diedit dengan menggunakannya.

      YouCam Perfect ini dapat mengubah serta memperbaiki foto dengan baik dan juga sempurna hanya dalam waktu beberapa detik saja. Garis kulit yang tidak rata, noda hitam, keriput pada wajah, dan masalah lainnya, bisa Anda hilangkan dengan aplikasi ini.

Dengan menggunakan dua cara membuat kamera Android seperti iPhone seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa menghasilkan foto keren seperti dari kamera iPhone hanya menggunakan HP Android yang dimiliki.