Skip to main content

11 Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Cocok untuk Pemula

Duolingo

11 Aplikasi Belajar Bahasa Korea yang Cocok untuk Pemula

Demam lagu Korea telah merambah berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Akibatnya banyak orang yang menginginkan untuk mempelajari bahasa Korea. Salah satu media yang sering digunakan adalah aplikasi belajar bahasa Korea.

Aplikasi belajar bahasa ini sangat membantu terutama bagi pemula yang baru belajar tentang Korea. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi aplikasi belajar bahasa, berikut ini terdapat 11 aplikasi belajar bahasa Korea yang bisa Anda gunakan terutama untuk para pemula.

11 Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Terdapat banyak aplikasi belajar bahasa Korea yang tersedia secara online baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Berikut ini telah dikumpulkan 11 aplikasi belajar bahasa yang bisa Anda gunakan sehingga meningkatkan kemampuan dan pemahaman mengenai bahasa Korea.

1. Duolingo

Aplikasi pertama yang wajib Anda coba adalah aplikasi Duolingo. Duolingo terkenal sebagai aplikasi belajar bahasa yang telah banyak digunakan di seluruh dunia. Duolingo menyediakan 20 bahasa yang bisa Anda pelajari.

Salah satu bahasa yang bisa Anda pelajari adalah bahasa Korea. Duolingo Duolingo menyediakan pembelajaran yang bisa digunakan sehari-hari mulai dari kosakata hingga kalimat percakapan yang bisa Anda terapkan.

Selain itu, Duolingo juga menyediakan berbagai jenis kuis untuk melatih seberapa jauh Anda memahami materi yang diberikan oleh Duolingo. Jika Anda berhasil menyelesaikan kuis dengan nilai yang baik, maka Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya dalam pelatihan.

2. Learn Korean-Grammar

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Korea adalah aplikasi Learn-Korean Grammar. Aplikasi ini berfokus pada struktur kalimat yang digunakan dalam bahasa Korea. Sehingga Anda bisa mengetahui penggunaan struktur bahasa Korea yang benar.

Selain itu, tampilan aplikasi ini tergolong sederhana. Anda dapat mencari tata bahasa yang Anda inginkan melalui kolom pencarian dan mempelajari penjelasan yang berada di dalamnya.

3. Hangul Punch

Aplikasi untuk belajar bahasa Korea yang ketiga adalah Hangul Punch. Konsep yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup berbeda dikarenakan aplikasi ini memiliki konsep permainan. Anda harus mencocokkan antara suku kata dengan klip audio yang keluar.

Suku kata yang keluar pada audio adalah suku kata pecahan sehingga memudahkan Anda untuk membaca sekaligus melafalkan bahasa Korea. Selain itu, Anda tidak akan bosan dengan aplikasi ini karena konsepnya adalah permainan.

Bermain sambil belajar menjadi kunci utama dalam aplikasi ini. Jika Anda berhasil menyelesaikan semua misi, maka Anda akan mendapatkan poin yang besar. Anda juga bisa mengulang permainan untuk mendengarkan pelafalan bahasa Korea dengan tepat.

4. TenguGo

Aplikasi keempat yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Korea adalah TenguGo. Aplikasi ini cukup berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya dikarenakan aplikasi ini berfokus pada pembelajaran huruf-huruf Korea atau hangul.

Anda akan belajar hangul melalui animasi-animasi yang ada di dalam aplikasi. Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai sejarah terbentuknya huruf Korea. Selain belajar bahasa, Anda juga mendapatkan informasi budaya Korea dari aplikasi ini.

5. Memrise

Aplikasi kelima yang bisa Anda coba untuk belajar bahasa Korea adalah aplikasi Memrise. Aplikasi ini memiliki konsep yang mirip dengan Duolingo karena Anda akan belajar tata bahasa Korea, kosakata, hingga kuis untuk menguji pemahaman Anda.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya video seseorang yang berbicara menggunakan bahasa yang kita pilih. Anda bisa belajar banyak bahasa selain Korea melalui satu aplikasi ini dengan mudah dan cepat.

6. Korlink

Aplikasi keenam yang bisa Anda coba sebagai media belajar adalah Korlink. Aplikasi ini dikembangkan oleh situs belajar bahasa Korea yaitu Talk To Me in Korean (TTMIK) dan diberi nama Korlink.

Anda bisa mengakses semua pelajaran bahasa Korea dari situs atau aplikasi yang mereka tawarkan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya tutor yang langsung berasal dari Korea. Anda bisa belajar bahasa Korea melalui tulisan, audio, atau video pada situs ini.

Selain itu, aplikasi ini memberikan penuturan bahasa menggunakan bahasa Inggris. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika pembelajaran tidak bisa dimengerti karena semua penuturan menggunakan bahasa Inggris yang memudahkan Anda untuk lebih memahami bahasa Korea.

7. Hello Talk

Aplikasi ketujuh yang bisa Anda coba adalah Hello Talk. Aplikasi ini memiliki konsep yang berbeda dibandingkan beberapa aplikasi sebelumnya. Sebagian besar aplikasi mengusung konsep self-learning, aplikasi Hello Talk memiliki konsep Group-Learning.

Anda akan menemukan dan memilih teman belajar yang sama-sama berminat untuk belajar bahasa yang ingin Anda kuasai. Setelah Anda menemukan teman yang sesuai, Anda bisa saling bertukar bahasa dan belajar.

Anda bisa mengirimkan voice note untuk memberikan koreksi terhadap ucapan atau kalimat yang diucapkan oleh lawan bicara Anda. Sehingga pembelajaran tidak bersifat satu arah melainkan dua arah. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar bahasa.

8. Naver Dictionary

Naver sebagai salah satu pionir dalam industri Korea juga mengeluarkan sebuah aplikasi belajar bahasa Korea bernama Naver Dictionary. Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi paling akurat dan terlengkap dibandingkan aplikasi belajar lainnya.

Dalam aplikasi Naver Dictionary, Anda akan menemukan berbagai kosakata, kata kerja, kalimat populer dalam Korea, hingga idiom-idiom yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Adanya fitur audio dapat mempermudah Anda untuk melatih pelafalan berbagai kosakata yang Anda temukan melalui aplikasi ini. Selain itu, Naver Dictionary juga dapat menerjemahkan beberapa kalimat kompleks sehingga Anda lebih mudah memahami.

9. Bravo Language

Aplikasi kesembilan yang wajib Anda coba adalah aplikasi Bravo Language. Aplikasi ini dibuat oleh Bravolol Language Learning yang memiliki banyak fitur seperti pencarian kosakata instan hingga ukuran huruf dalam aplikasi yang bisa diubah.

Anda juga bisa melakukan perekaman dan pemutaran ulang audio untuk evaluasi terhadap pelafalan dan kemampuan berbahasa Korea Anda. Setiap kosakata dalam aplikasi ini menggunakan hangul, latin, dan audio pelafalan.

10. Rosetta Stone

Aplikasi kesepuluh yang bisa Anda coba adalah Rosetta Stone. Aplikasi ini telah memiliki 24 bahasa yang bisa dipelajari dan salah satunya adalah bahasa Korea. Metode pembelajaran di dalam aplikasi telah dipatenkan dan berfokus pada pengulangan kata.

Aplikasi ini dapat memandu Anda untuk cara berbicara yang baik dan benar untuk bahasa yang Anda inginkan, kemudian peningkatan penggunaan tata bahasa seperti idiom atau slang yang ada di dalam bahasa Korea.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah biaya untuk menggunakan aplikasi ini tergolong tidak murah. Sehingga jika Anda ingin benar-benar belajar, Anda bisa mencoba aplikasi ini. Namun jika hanya sekedar mencoba, aplikasi ini tidak cocok untuk Anda.

11. Drops: Language Learning

Aplikasi terakhir adalah Drops: Language Learning. Aplikasi Drops merupakan aplikasi populer untuk belajar bahasa di seluruh dunia. Tidak hanya bahasa Korea, Drops memilih lebih dari 20 bahasa di dalam aplikasi yang bisa dipelajari.

Anda nantinya akan belajar kosakata yang digunakan, struktur dan frasa kalimat yang benar, serta beberapa penerapan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu kuis dan bermain permainan.

Belajar bahasa Korea dengan era digital tidak perlu lagi mengikuti bimbingan belajar offline. Cukup dengan menggunakan aplikasi, semua bahasa bisa Anda pelajari dari rumah dan mudah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!