Skip to main content

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Layar Burn In

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Layar Burn In

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Layar Burn In

Screen burn-in atau biasa disebut ghosting merupakan cacat layar yang membuat layar smartphone kamu menjadi berbayang dan bisa cukup mengganggu. Istilah burn in atau ghosting yang dimaksud adalah muncul atau tercetaknya tampilan gambar yang terjadi akibat durasi yang lama pada smartphone, misalkan bar notifikasi yang selalu menampilkan itu-itu saja.

Secara teknis, screen burn-in ini banyak terjadi pada tipe layar berteknologi OLED atau AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) atau LCD. Cacat layar ini disebabkan oleh pixel LCD tertentu atau sebagian yang menyala dan sudah mulai berumur, semakin terang kecerahan pada layar kamu maka semakin berumur pixel pada layar di smartphone mu.

Lalu bagaimana cara memperbaiki nya ? Secara teknis ada beberapa macam cara untuk memperbaiki cacat layar ini, hingga kasus terberatnya adalah mengganti layar LCD itu sendiri.

Tapi masih ada alternatif lain untuk mengakali screen burn-in ini dengan gratis dan cepat mudah , lalu bagaimana caranya? Yuk simak tips cara mengatasi masalah screen burn-in pada smartphone yang bisa kamu lakukan.

Jika kamu memiliki masalah yang mengakibatkan layar kamu berbayang atau ada bayangan pada Layar HP kamu, itu berarti layar smartphone kamu mengalami burn-in atau ghosting. Banyak Cara alternatif untuk bisa mengatasi screen yang burn in atau ghosting adalah dengan mengurangi pencahayaan blue light atau memperbaiki pixel itu sendiri dengan aplikasi. Berikut adalah langkah dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi screen burn-in pada smartphone OLED/AMOLED dan LCD.

TOC / Daftar Isi

1. Mengatasi Screen Burn-In pada Layar AMOLED

Untuk bisa menghilangkan screen burn-in dengan cepat, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan sebuah aplikasi sFilter yang dapat kamu unduh di Play Store atau google.

Berikut ini adalah langkah dan cara penggunaan sFilter untuk layar burn in:

  • Pertama, Buka aplikasi sFilter setelah kamu install dan download
  • ADVERTISEMENT
  • Lalu Hidupkan Blue Light Filter layar hp
  • Setelah itu, Sesuaikan Filter Opacity diantara 20% hingga 40%
  • Lanjut Pilih warna kuning pada Color yg tersedia

Nah, Dengan melakukan filter terhadap blue light ini seharusnya burn-in smartphone kamu sudah berkurang drastis. Dengan satu catatan layar smartphone kamu akan terlihat agak kekuningan karena layar kuning akan menghemat agar tidak burn in.

Jika cara ini tidak berhasil, kamu juga dapat melakukan pemulihan pixel dengan aplikasi OLED Tools yang juga dapat kamu unduh di Play Store dan AppStore.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan menampilkan warna RGB pada layar smartphone kamu dengan kecerahan Secara maksimum untuk melatih dan memastikan tidak ada pixel yang tetap menyala pada satu area tertentu.

Nah, Berikut ini adalah langkah untuk menggunakan Aplikasi OLED Tools untuk layar HP yang burn in :

  • Pertama, Buka aplikasi OLED Tools yang sudah kamu install dari playstore atau google.
  • Setelah itu, Kamu boleh melakukan uji coba pada burn-in layar kamu dengan klik burn- in test untuk memastikan apakah layar kamu benar-benar sudah mengalami burn-in atau tidak.
  • Lalu setelah itu, Klik burn-in reduce untuk melakukan pemulihan pixel layar dari burn-in. Lakukan hal ini selama 2 jam per hari atau tepatnya 12 jam sekali pakai.

Untuk Tingkat keberhasilan dengan pemulihan pixel ini tergantung dengan layar smartphone kamu, selanjutnya adalah cara pemulihan layar HP burn-in bagi pengguna smartphone dengan tipe layar LCD.

Back to Content ↑

2. Mengatasi Screen Burn-In di Layar LCD

Sama konsepnya dengan pemulihan pada pixel di layar bertipe AMOLED, kamu akan melatih layar LCD kamu dengan menampilkan bergantian warna RGB selama berjam-jam. Aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pemulihan layar burn in tipe LCD adalah LCD Burn-in Wiper yang dapat kamu unduh di Play Store atau google.

Berikut ini adalah langkah untuk menggunakan LCD Burn-in Wiper pada layar hp kamu yang mengalami burn in:

  • Pertama, Buka aplikasi LCD Burn-in Wiper yang sudah kamu download di play store atau google
  • Selanjutnya, Pilihlah mode select di color rotation pada menu aplikasi
  • Kamu bisa pilih timer dan auto shutdown dari aplikasi tersebut dan bisa menyettingnya
  • Lalu Langsung Klik start
  • Dan cara Untuk menutupnya kamu hanya cukup sekali klik di layar hp kamu. Nah, Begitulah cara untuk mengatasi masalah burn-in pada layar smartphone kamu.

Back to Content ↑

3. Tindakan Yang bisa dilakukan untuk Mencegah Burn In

Jika layar Anda sudah terkena cacat "burn-in", tidak akan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan / memperbaiki kerusakan. Ada aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat memulihkan dan memperbaiki masalah, tetapi ini hanya akan "membakar" sisa layar yang tidak terkena burn in untuk mencocokkan warna, yang sebenarnya hal ini sangat tidak ideal.

Jika Anda khawatir dengan masalah ini, ada sejumlah tindakan yang bisa dilakukan sebagai pencegahan yang dapat Anda ambil untuk memperpanjang waktu tampilan dan membantu mencegah efek ghosting layar HP yang cukup menakutkan.

Yang penting, Jaga kecerahan tampilan Anda agar selalu pada level rendah. Kecerahan yang tinggi akan membutuhkan lebih banyak lagi arus dan karenanya hanya akan mempersingkat masa pakai LED.

Setting waktu untuk mematikan layar otomatis ke waktu yang paling singkat. Mematikan layar saat Anda tidak menggunakan HP akan mencegah muncul gambar statis ditampilkan.

Gunakanlah Mode Immersive, jika tersedia pada smartphone kamu. Ini menyembunyikan bilah notifikasi di atas, jadi ikon statis tidak akan ditampilkan yang bisa berakibat menjadi bayangan. Atau, pilih launcher non bawaan yang menawarkan fitur serupa, serta bilah navigasi yang transparan dan opsi app drawer.

Pilihlah wallpaper dengan warna yang lebih gelap dan selalu perbaharui bisa juga gunakan mode gelap.

Gunakan keyboard yang menawarkan tema yang lebih gelap atau bisa menggunakan dark mode untuk mencegah degradasi warna di bagian bawah layar smartphone.

Jika Anda menggunakan sebuah aplikasi navigasi secara teratur untuk perjalanan jauh, pilihlah salah satu yang tidak memiliki banyak elemen UI statis yang menggunakan kecerahan terang.

Seringkali Dikatakan bahwa, layar yang menyala bukanlah sesuatu yang harus terlalu diperhatikan banyak pengguna jika mereka ingin membeli ponsel pintar dengan OLED baru. Panel layar hp modern biasanya memiliki daya tahan yang jauh lebih lama daripada smartphone OLED yang awal, dan bahkan kemudian membakar lebih jarang daripada normal. Dan jangan tinggalkan gambar statis di layar 24/7 dengan kecerahan yang disetel maksimal karena akan memicu terjadinya burn in.

Back to Content ↑

Nah itulah cara mengatasi layar burn in pada HP. Dan sedikit tips yang bisa dilakukan agar tidak burn in.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.