Skip to main content

Fakta Mengagumkan Najwa Shihab yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Mengagumkan Najwa Shihab yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Mengagumkan Najwa Shihab yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa yang tak kenal dengan seorang Najwa Shihab? Seorang jurnalis cerdas putri ulama terkenal ini menjadi influencer bagi generasi Indonesia. Najwa Shihab banyak dijadikan panutan dalam hal kehidupan demokrasi, politik, hukum, dan sebagainya. Hal ini didasari atas latar belakangnya sebagai lulusan program studi hukum.

Tak jarang para lulusan SMA pun ingin menjadi seperti Najwa. Banyak dari mereka yang kemudian mengikuti jejak Nana, begitulah Najwa Shihab dipanggil. Ternyata pengaruh mindset Nana sangat kuat bagi generasi dari berbagai kalangan. Lantas, akhirnya mereka banyak penasaran seperti apa sosok Najwa Shihab sebenarnya? Nah, fakta mengagumkan ini sudah kamu ketahui?

1. Kuliah S1 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Siapa yang tak ingin berkuliah di kampus nomor satu di Indonesia? Kamu sebagai pelajaran tentu pernah mengidam-idamkan impian itu kan? Selama masih ada waktu, cobalah untuk terus berusaha. Namun, jika memang kamu ditakdirkan berada di jalan lain, jalanilah pendidikanmu dengan sepenuh hati dan bertanggung jawab. Jadikan perguruan tinggi sekarang menjadi batu lompatan untuk karir masa depan.

Ternyata pembawa berita cantik ini merupakan lulusan hukum Universitas Indonesia. Kok bisa ya mbak Namun justru menggeluti dunia jurnalistik dan pembawa acara? Bukan malah memilih menjadi pengacara, kenapa ya? Esensi itu tak pernah terbatas. Jurusan yang sedang kamu tempuh tidak berarti mencerminkan pekerjaanmu di masa depan.

Kendati sebagai lulusan hukum, Najwa Shihab justru lebih memilih jurnalistik. Mungkin telah banyak orang mengetahui tentang fakta ini. Dari cerita tersebut, saat mendengar pendidikan Najwa, kamu pasti kagum bukan? Sebab, jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa, hanya sebagian kecil dari mereka yang bisa menghasilkan karya. Dengan arti lain, Najwa menjadi orang berpengaruh dengan karyanya.

Mungkin saja setiap mahasiswa ingin berkontribusi terhadap negara. Akan tetapi, tak banyak yang benar-benar mewujudkannya. Perlu keberanian untuk membuat hal itu menjadi nyata.

2. Raih Young Global Leader Awards

Young Global Leader (YGL) adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh World Economic Forum (WEF). Lembaga yang berkedudukan di Geneva, Swiss, ini memberikan penghargaan nominasi pemimpin muda setiap tahunnya. Setaio tahun komite seleksi melakukan penyaringan terhadap pemimpin hebat dari seluruh dunia.

Pada 2011 Najwa Shihab menyabet penghargaan paling berkelas tersebut. Mengagumkannya lagi, penghargaan itu menempati persaingan paling ketat. Seleksinya saja mencakup ribuan profesional muda dari berbagai disiplin ilmu dalam berbagai bidang. Tentu bukan sembarang orang yang dipilih secara asal. Dengan kata lain, komite seleksi memberikan awards mereka kepada yang benar-benar berkualitas.

Sebagai pemimpin muda yang visioner, Najwa Shihab semakin banyak menuai karya. Oleh karena telah mendapat penghargaan tersebut, Nana semakin aktif dalam dunia jurnalistik. Narasi TV merupakan salah satu media buah karya Najwa.

3. Penghargaan Lagi, Beasiswa Penuh Australian Leadership Awards

Meskipun Najwa memutuskan untuk menekuni dunia jurnalistik dan TV broadcast, ia tetap ingin menambah wawasan keilmuannya. Jenjang S2 ditempuh dengan mengambil fokus studi bidang hukum media di Melbourne Law School Australia. Tepat pada 2008 lalu saat masa studinya akan dimulai, Najwa mendapat beasiswa penuh Australian Leadership Awards.

Beasiswa Australian Leadership Awards adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk berkuliah di Australia. Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk pengembangan kepemimpinan. Selain itu, beasiswa ini juga bertujuan menjalin hubungan kerja sama Se-Asia Pasifik.

Namun, perlu diingat beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang akan melanjutkan program magister. Nah, kamu yang masih duduk di jenjang sarjana, bisa noted informasi ini ya. Seperti beasiswa studi pada umumnya, seleksi beasiswa ini sangatlah ketat. Najwa Shihab sebagai penerimanya berarti merupakan orang yang luar biasa bukan?

Siapa yang ingin mengikuti jejak mulia ini? Jika kamu berkesempatan berkuliah di luar negeri, manfaatkan untuk berkarya kepada negeri ya.

4. Najwa Pernah Menjadi Pembicara di Konvensi Jurnalis Asian American Journalist Association

Waduh, mendengar judulnya saja sudah bikin merinding nggak itu? Menjadi pembicara pada seminar nasional saja sudah kerennya minta ampun. Bagaimana dengan menjadi pembicara pada acara internasional? Kurang menginspirasi apa lagi?

Najwa Shihab menjadi sosok jurnalis cerdas yang pernah mengisi acara konvensi Asian American Journalist Association. Pencapaian ini bermula dari terpilihnya Najwa sebagai jurnalis terbaik Metro TV pada 2006 silam. Pada tahun yang sama juga Najwa masuk dalam nominasi pembaca berita terbaik pada ajang Panasonic Global Awards.

Lantas, di tahun itu juga, Najwa terpilih mengikuti seminar Senior Journalist yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Sekaligus dirinya menjadi pembicara dalam sebuah konvensi terkait. Sekadar informasi, lembaga jurnalis Asia Amerika ini memang seringkali menyelenggarakan seminar. Sementara itu, tujuan adanya lembaga ini adalah untuk mendukung partisipasi yang lebih besar dalam media berita.

Dengan adanya lembaga tersebut, para jurnalis Asia dan Amerika sering mengadakan pertemuan. Para anggota yang tergabung dalam persekutuan dua benua besar ini antara lain wartawan, penyiar, produser, penulis, penyunting, videografer, kolumnis, foto jurnalis, dan kontributor maya.

Sebagai pembicara, Najwa pantas mendapatkan kesempatan itu. Meskipun berlatar dari bidang hukum, pengalamannya di dunia jurnalistik tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itulah, dirinya dipercaya menjadi pembicara dalam forum jurnalis dunia tersebut.

Setelah mengetahui fakta mengagumkan dari berbagai prestasi Najwa Shihab, kamu tentu penasaran apa yang menjadi kunci suksesnya. Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut ini mindset keren Najwa dalam meniti karirnya.

  • Membangun Relasi Seluas Mungkin

    Apakah masih ada yang tidak setuju bahwa relasi yang luas akan mendukung karier seseorang? Jika selama ini kamu sering mendengar “privilege”, relasi seperti inilah yang membangun privilege dirimu. Nantinya, orang-orang hebat yang kamu kenal, menjadi orang yang kamu butuhkan di masyarakat.

  • Menurut Najwa, Investasi Waktu Jadi Kunci Sukses

    Pengalaman Najwa sebagai jurnalis dalam waktu 14 tahun membuatnya menyadari investasi waktu sangat penting. Contohnya saja saat menunggu narasumber berbicara, ini yang menjadi investasi waktu bagi mereka yang berprofesi sebagai wartawan. Artinya, setiap tujuan dirimu harus mengorbankan waktu yang kamu punya.

    Hal ini merupakan konsekuensi logis atas segala impian yang ingin kamu capai. Gunakanlah waktumu untuk melakukan proses menuju hasil yang ingin kamu raih.

  • Persistensi dalam Bekerja

    Persistensi atau kegigihan menjadi salah satu kunci sukses Najwa. Lagi-lagi, sukses tidak pernah datang secara instan. Perlu pengorbanan baik tenaga, pikiran, maupun waktu. Kegigihan itulah yang membedakan orang sukses dengan mereka yang mudah menyerah. Kembali lagi kamu ingin menjadi seperti apa?

Nah, cukup terinspirasi dengan sosok Najwa Shihab? Jadikan inspirasi ini sebagai pemicu semangatmu untuk lebih baik lagi, terutama dalam meraih mimpi. Sukses bukan lagi pilihan, melainkan kewajiban. Sebab, banyak orang yang harus dibahagiakan olehmu.