Skip to main content

Sudah Dapat Kuota Belajar? Cek 19 Daftar Aplikasi yang Bisa Kamu Pakai (Bagian 1)

Rumah Belajar

Sudah Dapat Kuota Belajar? Cek 19 Daftar Aplikasi yang Bisa Kamu Pakai (Bagian 1)

Cie yang dapat kuota gratis dari Kemendikbud. Bagaimana belajar daring selama ini, lancar? Dengan dukungan kuota tersebut sebaiknya kamu semakin rajin belajar ya! Kondisi belajar online tak lantas membuat semangatmu turun. Apalagi setelah subsidi kuota diberikan. Kamu harus menjalani perkuliahan dengan niat menuntut ilmu.

Selamat bagi kamu yang sudah mendapatkan kuota gratis. Karena ternyata, banyak mahasiswa yang belum menikmati akses internet gratis dari subsidi pemerintah tersebut. Untuk menunjang pemanfaatan kuota, kamu perlu mengetahui daftar aplikasi apa saja yang bisa diakses dengan kuota Kemendikbud tersebut. Yuk simak uraian berikut ini!

TOC / Daftar Isi

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kemendikbud yang menyediakan bahan belajar. Aplikasi ini ditujukan bagi siswa mulai dari PAUD, SD, SMP, SMU (SMA dan SMK). Dengan begitu, aplikasi pilihan ini memang menjangkau seluruh jenjang pendidikan bukan?

Aplikasi yang memfasilitasi para pelajar di Indonesia ini dibangun dengan konsep industri 4.0. Artinya, pembelajaran digital bisa diakses melalui aplikasi ini. Dengan sistemnya yang digital, portal Rumah Belajar bisa diakses di mana saja. Hal ini menjadikan kamu lebih leluasa dalam belajar. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis oleh para pelajar.

Back to Content ↑

2. Google Classroom

Semenjak pandemi, aplikasi Google Classroom meningkat drastis dalam hal jumlah unduhan. Dianggap sederhana dan memiliki fitur yang mudah dipahami, berbagai kalangan pelajar dan guru memanfaatkan aplikasi ini sebagai platform belajar. Secara singkat, Google Classroom merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk mendukung pembelajaran pada suatu ruang kelas (classroom).

Aplikasi ini mempertemukan guru dan murid pada satu forum secara daring. Baik guru maupun murid mendapat keuntungan ketika menggunakan Google Classroom. Misalnya dari sisi murid, ia mendapat keuntungan bisa mengakses materi secara lengkap. Materi ini biasanya sudah diupload guru sebelum pembelajaran dimulai. Sementara dari sisi guru, guru dimudahkan dalam merekap tugas siswa. Sebab, dalam Google Classroom terdapat fitur assignment yang membantu mengumpulkan seluruh tugas murid dalam satu menu.

Back to Content ↑

3. Microsoft Education

“Memberdayakan peserta didik di seluruh dunia untuk meraih hasil lebih.” adalah slogan dari aplikasi Microsoft Education. Portal website ini ditujukan bagi siswa untuk mendukung keterlibatan pembelajaran di luar kelas. Dalam masa pandemi seperti ini, ruang kelas tersebut dibangun secara daring. Menariknya, aplikasi ini memberikan akses gratis untuk sekolah dan universitas. Nah, kuota Kemendikbud bisa kamu gunakan untuk mengakses aplikasi ini ya!

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapat adalah materi tambahan yang menunjang informasi yang dibutuhkan di dunia kerja. Siapa yang tidak ingin mencapai impian melalui profesi tujuan? Tentu semua orang menginginkan hal tersebut bukan? Nah, aplikasi ini bisa mendukungmu untuk mewujudkan hal tersebut.

Back to Content ↑

4. Sekolah.Mu

Sudah kenal dengan aplikasi pendidikan yang satu ini? Aplikasi Sekolah.mu menjadi aplikasi yang menghadirkan program-program terbaik untuk murid. Nah, aplikasi ini sudah masuk daftar aplikasi yang bisa diakses dengan kuota Kemendikbud lho! Sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkannya. Adapun fitur yang ditawarkan antara lain kelasmu, ujianmu, tanya.mu, dan kelasmu.

Tak hanya itu, Sekolah.mu juga menyediakan artikel yang sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan pengguna. Misalnya saja artikel tentang cara belajar dan macam-macam metode belajar. Bahkan, artikel cara orang tua mendampingi belajar pun tersedia. Jangan sampai kamu melewatkan ilmu-ilmu penting tersebut.

Back to Content ↑

5. Quipper

Quipper sebagai bimbel online yang banyak diminati siswa dari berbagai jenjang pendidikan ternyata masuk dalam daftar ini. Quipper memiliki fitur menarik yang membantu kamu dalam belajar materi. Ada video learning, rangkuman materi, dan SUPER (Solusi Quipper). Rangkaian materi tersebut sangat potensial membantu para pengguna dalam belajar.

Tak kalah keren, tutor dari Quipper merupakan orang yang ahli di bidang pendidikan terkait. Tak diragukan lagi, siswa Quipper banyak yang lolos masuk PTN maupun banyak menjadi juara di kelasnya. Apa kamu sudah pernah menggunakan fitur terbaik dari Quipper? Jangan lupa manfaatkan aplikasi ini untuk menambah sumber belajar kamu ya.

Back to Content ↑

6. Zenius

Siapa lagi yang masih tidak kenal dengan Zenius? Jika kamu aktif sebagai pengguna instagram, Zenius pasti sudah banyak muncul pada beranda aplikasimu. Zenius ini menjadi aplikasi bimbel yang diidam-idamkan banyak pelajar. Apalagi saat Zenius membuka akses gratis, jumlah unduhan melonjak drastis. Selain itu, memang Zenius sudah banyak diincar oleh para pelajar.

Menjadi sebuah aplikasi berbasis teknologi, Zenius memiliki visi mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak insight keren yang diajarkan oleh tutor Zenius. Saat kamu menggunakan aplikasi ini, selain diberikan materi, kamu juga dilatih mindset menjadi orang yang kritis. Nah, kurang apalagi, aplikasi ini sudah mendapat akses dari Kemendikbud, yuk manfaatkan!

Back to Content ↑

7. Ruang Guru

Aplikasi yang mendapat akses Kemendikbud selanjutnya adalah Ruang Guru. Sejak pertama muncul, aplikasi inilah yang paling friendly di mata siswa. Slogan “Bimbel Online Nomor Satu di Indonesia” pasti sudah sangat akrab terdengar. Apalagi Ruang Guru sering muncul di televisi nasional. Tentu tidak asing lagi buatmu bukan?

Nah, kuota Kemendikbud bisa kamu manfaatkan untuk mengakses aplikasi ini. Manfaatkan fitur yang tersedia. Jika perlu, kamu bisa mencoba berlangganan agar mendapatkan fitur premium. Akan tetapi, untuk sekadar akses pun kamu tetap diperbolehkan kok. Pada intinya, Ruang Guru ini memperluas akses pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan akses masa depan.

Sistemnya yang online memungkinkanmu untuk mengakses layanan tanpa batas waktu. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan aplikasi ini ya.

Back to Content ↑

8. Kipin School 4.0

Memiliki slogan “Aplikasi pendidikan terlengkap untuk belajar di rumah”, Kippin Scholl 4.0 masuk dalam daftar aplikasi yang diberi akses kuota Kemendikbud. Bagi kamu yang belum mengenal aplikasi ini, kamu bisa langsung mengetikkan kata kunci “Kippin School 4.0” pada seacrh engine milikmu.

Dibangun dengan tujuan membantu belajar di rumah, Kippin School 4.0 memberikan akses belajar online. Mulai dari materi, video, buku, sampai dengan komik pendidikan bisa kamu temukan di sini. Selain itu, manfaat tidak hanya didapat oleh siswa saja. Guru dan pihak sekolah pun terbantu karena Kippin Scholl 4.0 tidak membutuhkan akses kuota yang besar.

Back to Content ↑

Itulah bagian pertama aplikasi yang bisa kamu akses dengan kuota Kemendikbud. Sejumlah aplikasi lainnya akan kamu temukan pada bagian kedua aplikasi ini ya!