Skip to main content

Penting! 7 Manfaat Biologi Di Bidang Kesehatan

Manfaat Biologi Di Bidang Kesehatan

Penting! 7 Manfaat Biologi Di Bidang Kesehatan

Biologi disebut pula ilmu hayat. Ilmu ini mempelajari tentang organisme hidup dan kehidupannya. Yang termasuk di dalamnya fungsi, struktur, evolusi, pertumbuhan dan perkembangannya, taksonomi, serta persebarannya. Kajian ilmu biologi merupakan kajian yang sangat luas cakupannya. Meskipun begitu, para ilmuwan biologi sudah membagi kajiannya menjadi beberapa cabang.

Berdasarkan skala organisme yang dipelajari, metode, serta jenis organismenya, cabang bilogi dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah biokimia, biologi molekuler, botani, biologi seluler, fisiologi, dan biologi evolusioner.

Karena begitu eratnya kajian biologi dengan kehidupan manusia, tentu ada banyak manfaat yang bisa didapat setelah mempelajari ilmu tersebut. Manfaat biologi sudah dapat dilihat dalam berbagai bidang. Misalnya bidang pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, farmasi, lingkungan, energi, bioteknologi, industri, nuklir, serta kesehatan.

Nah, kali ini bahasan yang akan diangkat adalah manfat biologi di bidang kesehatan. Kesehatan sangat erat dengan kelangsungan hidup manusia.

Apa saja ya manfaat biologi di bidang kesehatan? Simak penjelasan di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

1. Bisa Mengetahui Organ Penyusun Tubuh Manusia

Oleh karena biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, sudah tentu manusia termasuk objek kajiannya. Dalam biologi, kajian tentang manusia dilakukan sedemikian kompleksnya. Dari ujung rambut hingga ujung kaki detail dikaji oleh biologi.

Organ penyusun tubuh manusia dapat diketahui setelah mempelajari ilmu biologi. Tubuh manusia sendiri dibagi menjadi lima bagian, yaitu kepala, badan, anggota gerak bagian atas, dan anggota gerak bagian bawah. Dengan adanya ilmu biologi, dapat diketahui rangka penyusun tubuh manusia.

Back to Content ↑

2. Bisa Mengetahui Cara Kerja Tubuh

Organ-organ tubuh bergabung membentuk sistem organ. Dari sistem organ tersebut, tercipta suatu sistem kerja. Sistem kerja tubuh dapat dibagi antara lain yaitu sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernapasan, sistem koordinasi, dan sistem hormon.

Masing-masing memiliki mekanisme kerjanya. Setiap sistem juga memiliki fungsi dan perannya bagi tubuh. Sistem pencernaan tentu akan mengurusi pencernaan dalam tubuh. Begitu juga dengan sistem peredaran darah. Dikenal dalam tubuh manusia sistem peredaran darah ganda, yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Peredaran darah kecil hanya melibatkan organ jantung saja. Sementara peredaran darah besar melibatkan seluruh bagian tubuh.

Sistem pernapasan mengatur bagaimana pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam alveolus.

Sistem koordinasi atau dikenal dengan sistem saraf tersusun atas jutaan serabut sel saraf yang bekerja menerima rangsang kemudian diteruskan ke otak. Otak akan mengembalikan rangsangan ini dalam bentuk gerak kerja otot.

Sistem hormon mengatur berbagai fungsi organ tubuh.

Back to Content ↑

3. Bisa Mengetahui Cara Mengatasi Penyakit Yang Menyerang Tubuh

Salah satu cabang ilmu biologi adalah epidemiologi. Ilmu ini mempelajari tentang jenis-jenis penyakit yang menyerang tubuh. Melalui kajian ilmu ini, manusia dapat mengetahui penyakit apa yang dideritanya dan bagaimana cara penyembuhan penyakit itu.

Manfaat biologi yang satu ini sangat penting. Berkembangnya peradaban menjadikan terus berkembangnya penemuan penyakit baru. Dengan jenis virus dan bakteri yang berbeda. Namun tenang, semua ada obatnya. Tenaga medis pun telah banyak sehingga penanganan penyakit dapat lebih cepat. Keselamatan manusia pun dapat tetap terjaga.

Back to Content ↑

4. Bisa Mengetahui Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Kesehatan tubuh sangatlah penting. Sebab, tubuh yang sehat dapat melakukan berbagai aktivitas dengan stamina optimum. Apabila seseorang sakit, ia akan beraktivitas seperti biasanya. Daya tahan tubuh yang lemah menjadikan penyakit mudah menyerang tubuhnya. Tentu setiap orang ingin selalu sehat, bukan?

Dengan adanya ilmu biologi, antibodi-antibodi yang diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh dapat diketahui. Contohnya, dengan rutin mengkonsumsi vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Akibatnya tubuh lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, ilmu biologi mengajarkan agar tetap mempertahankan stamina tubuh. Cara-cara menjaga kesehatan bisa kamu ketahui setelah mempelajari biologi. Berolahraga adalah salah satu caranya. Melalui olahraga, seseorang akan mendapatkan kondisi tubuh yang lebih bugar.

Back to Content ↑

5. Bisa Mengetahui Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Secara Tepat

Selain antibodi, yang tak kalah penting adalah nutrisi. Setiap harinya tubuh diisi dengan makanan bergizi. Makanan itu tentu adalah makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, kebutuhan nutrisi tubuh akan terpenuhi.

Dalam ilmu biologi, dipelajari makanan empat sehat lima sempurna. Empat sehat lima sempurna itu terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta susu. Pastikan setiap harinya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang tersebut. Karena dengan beragamanya makanan yang dikonsumsi, menyebabkan sistem tubuh melakukan fungsinya dengan maksimal

Back to Content ↑

6. Bisa Menemukan Vaksin Untuk Peningkatan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya mengetahui berbagai jenis penyakit, biologi juga telah mempelajari penemuan-penemuan vaksin yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pengetahuan tentang vaksin dapat dipelajari melalui cabang ilmu biologi yaitu imunologi.

Vaksin adalah bahan yang digunakan untuk membantu kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Vaksin terdiri dari berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Vaksin mengandung bakteri, racun, atau virus yang ketika dimasukkan ke dalam tubuh akan memacu tubuh membentuk antibodi. Proses pembentukan antibodi ini dikenal sebagai imunisasi. Imunisasi ini biasanya diberikan kepada anak balita (bawah lima tahun) yang lebih rentan terkena penyakit dibandingkan anak remaja ataupun orang dewasa.

Back to Content ↑

7. Bisa Menemukan Antibiotik

Antibiotik adalah zat yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang dalam kadar rendah sudah mempunyai kemampuan untuk menghambat penyebaran atau menghancurkan bakteri. Obat ini bekerja membunuh bakteri di dalam tubuh. Jenis antibiotik antara lain penisilin, sefalosporin, aminoglikosida, tetrasiklin, dan sebagainya.

Melalui pembelajaran biologi, dapat diketahui apa saja antibiotik yang membantu membunuh bakteri. Bakteri yang jahat dalam tubuh dapat berbahaya menimbulkan penyakit. Oleh karenanya, harus segera diobati dengan antibiotik.

Back to Content ↑

Setiap cabang ilmu pengetahuan pasti berguna bagi kehidupan manusia. Sama halnya dengan ilmu biologi. Terlebih, ilmu biologi ini mempelajari tentang makhluk hidup. Sangat erat kaitannya dengan manusia. Sebab manusia sendiri merupakan objek kajian biologi. Beragam manfaat tentunya ditujukan untuk kehidupan manusia.

Penemuan-penemuan di bidang biologi diciptakan untuk semakin memudahkan kegiatan manusia. Di bidang kesehatan, biologi sangat berperan penting. Di antaranya seperti yang telah dijelaskan di atas. Mulai dari mengetahui rangka tubuh, cara kerja tubuh, penyakit dan penanganannya, imun, vaksin, dan nutrisi. Semua hal tersebut sangat berguna bagi keberlangsungan hidup manusia.

Pada prinsipnya, biologi di bidang kesehatan ini mempelajari bagaimana penyakit dan cara menanganinya. Orientasi kesehatan manusia telah banyak dipelajari masyarakat. Contohnya dengan adanya program studi kedokteran ataupun farmasi di perguruan tinggi. Hal itu sudah turut berperan dalam manfaat biologi di bidang kesehatan. Sudah sepantasnya dengan segala ilmu yang ada, manusia memanfaatkannya dengan benar. Selalu menjaga kesehatan dan tidak merugikan orang lain merupakan salah satu contoh penerapannya.