Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Cara Membuat Laporan Keuangan untuk UMKM

Cara Membuat Laporan Keuangan untuk UMKM
Cara Membuat Laporan Keuangan untuk UMKM

Cara Membuat Laporan Keuangan untuk UMKM

Laporan keuangan adalah catatan formal dari aktivitas keuangan perusahaan. Rencana ini memberikan gambaran tentang bisnis kecil Anda saat ini dan memperkirakan visi dan rencana bisnis di masa depan.

Membuat laporan keuangan untuk bisnis kecil Anda dimulai dengan pembukuan harian Anda. Anda akan menggunakan penarikan dan pengorganisasian data dari catatan ini untuk menyusun laporan keuangan Anda.

Laporan keuangan adalah bagian penting dari rencana bisnis yang akan membantu bisnis Anda menarik. investor atau mendapatkan pinjaman bank.

Berikut ini jenis-jenis laporan keuangan dan tips pembuatannya:

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: https://bukuwarung.com/format-laporan-keuangan-untuk-umkm/

Neraca Keuangan

Saldo menunjukkan aset, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham selama periode tertentu. Untuk membuat neraca, mulailah dengan mencantumkan aset Anda di sisi kiri halaman termasuk uang tunai yang Anda miliki dan di bank, nilai peralatan yang Anda miliki, nilai inventaris yang Anda miliki di saham dan keuangan lainnya. aktiva. Di sisi kanan halaman daftar kewajiban Anda termasuk hutang dagang, saldo kartu kredit, pinjaman bank dan uang lain yang dimiliki perusahaan Anda. Terakhir, jumlahkan aset dan liabilitas Anda lalu kurangi liabilitas Anda dari aset Anda. Jumlah yang tersisa dikenal sebagai ekuitas pemilik.

Back to Content ↑

Lembar Penghasilan

Lembar pendapatan menunjukkan pendapatan, pengeluaran dan pendapatan atau kerugian untuk suatu periode. Pertama, kumpulkan semua jenis pendapatan selama periode waktu yang akan dicakup oleh laporan. Sumber pendapatan ini bisa berupa penjualan grosir dan eceran atau pendapatan dari menyewakan kepatutan. Selanjutnya jumlahkan semua pengeluaran Anda seperti uang yang dihabiskan untuk bahan, penggajian, iklan, utilitas, peralatan, dan sewa di properti bisnis. Anda dapat menemukan keuntungan Anda dengan mengurangkan total pengeluaran Anda dari total pendapatan Anda.

Back to Content ↑

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menunjukkan arus masuk dan arus kas keluar dan saldo akhir selama suatu periode. Laporan arus kas memiliki tiga bagian aktivitas operasi , aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Back to Content ↑

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Laporan Keuangan?

Laporan keuangan melaporkan kesehatan dan aktivitas keuangan kepada calon investor dan kreditor.

Karena laporan dikirim ke pemangku kepentingan eksternal, bisnis harus menyiapkan laporan mereka sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima secara umum. Hal ini memudahkan investor dan kreditor untuk membandingkan kesehatan keuangan perusahaan Anda dengan perusahaan lain dengan membandingkan laporan keuangan.

Oleh karena itu, merupakan praktik standar untuk memasukkan elemen-elemen ini ke dalam laporan keuangan Anda.

Aset: kemungkinan manfaat ekonomi yang diperkirakan diperoleh atau dikelola oleh entitas eksternal karena transaksi masa lalu.

Pendapatan komprehensif: Perubahan ekuitas (aset bersih) selama periode transaksi dan peristiwa dan keadaan lain dari sumber eksternal. Ini mencakup semua perubahan ekuitas selama suatu periode kecuali yang dihasilkan dari investasi oleh pemilik dan distribusi kepada pemilik.

Distribusi kepada pemilik: Penurunan aset bersih akibat transfer aset, pemberian layanan, atau menimbulkan kewajiban kepada pemilik. Distribusi kepada pemilik mengurangi minat kepemilikan.

Ekuitas: Hak sisa atas aset yang tersisa setelah dikurangi kewajibannya. Di perusahaan Anda, ekuitas adalah kepentingan kepemilikan.

Pengeluaran: Arus keluar, penggunaan aset, atau kewajiban yang timbul selama periode pengiriman atau produksi barang atau jasa yang membentuk operasi pusat Anda.

Keuntungan: Peningkatan ekuitas (aset bersih) dari transaksi bisnis dan dari semua transaksi lain kecuali yang dihasilkan dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.

Investasi oleh pemilik: Peningkatan aset bersih yang dihasilkan dari transfer dari entitas lain yang memiliki nilai untuk mendapatkan atau meningkatkan kepemilikan (atau ekuitas) di dalamnya.

Kewajiban: Kemungkinan pengorbanan masa depan manfaat ekonomi dari kewajiban sekarang untuk mentransfer aset atau memberikan layanan di masa depan karena transaksi atau peristiwa masa lalu.

Kerugian: Penurunan ekuitas (aset bersih) dari semua transaksi bisnis dan peristiwa dan keadaan yang mempengaruhi bisnis selama suatu periode kecuali yang diakibatkan oleh pengeluaran atau distribusi kepada pemilik.

Pendapatan: Arus masuk atau peningkatan aset bisnis atau penyelesaian kewajibannya selama periode pengiriman atau produksi barang, pemberian layanan, atau aktivitas lain yang merupakan operasi pusat bisnis yang sedang berjalan.

Back to Content ↑

Bagaimana Saya Menulis Rencana Keuangan untuk Bisnis Saya?

Perencanaan atau peramalan bisnis adalah pandangan bisnis Anda mulai hari ini dan menuju masa depan. Anda tidak melakukan keuangan dalam rencana bisnis dengan cara yang sama seperti Anda menghitung detail dalam laporan akuntansi Anda. Untuk mengetahui informasi keuangan lainnya bisa kunjungi catatan keuangan.

Ada dua tujuan utama bagian keuangan dari rencana bisnis Anda. Pertama, informasi ini dibutuhkan oleh calon investor, pemodal ventura, investor malaikat, dan siapa pun yang memiliki kepentingan finansial dalam bisnis Anda. Yang kedua, dan bisa dibilang, tujuan terpenting dari bagian keuangan dari rencana bisnis Anda adalah untuk keuntungan Anda sendiri, sehingga Anda memahami bagaimana memproyeksikan bagaimana bisnis Anda akan berjalan.

  • Langkah 1: Buat Perkiraan Penjualan

    Buat spreadsheet yang memproyeksikan penjualan Anda selama tiga tahun. Tetapkan bagian yang berbeda untuk jalur penjualan dan kolom yang berbeda untuk setiap bulan di tahun pertama dan setiap tiga bulan untuk tahun kedua dan ketiga. Anda harus spreadsheet blok yang mencakup satu blok untuk penjualan unit, satu blok untuk harga, blok ketiga yang mengalikan unit dengan biaya unit untuk menghitung biaya penjualan. Anda biaya penjualan dalam perkiraan penjualan Anda karena Anda ingin menghitung margin kotor. Margin kotor adalah penjualan dikurangi biaya penjualan.

  • Langkah 2: Buat Anggaran untuk Pengeluaran Anda

    Anda perlu memahami berapa biaya yang akan Anda keluarkan untuk benar-benar melakukan penjualan yang telah Anda perkirakan. Pertimbangkan biaya tetap Anda (yaitu, sewa dan gaji) dan biaya variabel (Yaitu, sebagian besar biaya iklan dan promosi) saat Anda membuat anggaran. Dengan banyaknya angka ini, Anda harus memperkirakan hal-hal seperti bunga dan pajak. kalikan taksiran keuntungan dengan taksiran tarif persentase pajak untuk memperkirakan pajak, lalu kalikan taksiran saldo utang Anda dengan taksiran suku bunga untuk memperkirakan bunga.

  • Langkah 3: Kembangkan Laporan Arus Kas

    Ini adalah pernyataan yang menunjukkan uang fisik masuk dan keluar dari bisnis Anda. Anda mendasarkan laporan arus kas Anda sebagian pada prakiraan penjualan, item-item neraca, dan asumsi lainnya. Bisnis yang ada harus memiliki laporan keuangan historis untuk digunakan memproyeksikan arus kas mereka. Bisnis baru harus mulai dengan memproyeksikan laporan arus kas yang dipecah menjadi 12 bulan.

    Untuk mendapatkan proyeksi ini, penting untuk mengetahui bagaimana Anda akan membuat faktur. Apakah Anda berharap pelanggan Anda membayar segera atau dalam waktu 30 hingga 90 hari? Anda tidak ingin terkejut bahwa Anda hanya mengumpulkan 70 persen dari faktur Anda dalam 30 hari pertama ketika Anda mengandalkan 100 persen untuk membayar pengeluaran Anda. Beberapa program perangkat lunak perencanaan bisnis memiliki formula ini untuk membantu Anda membuat proyeksi ini.

  • Langkah 4: Proyek Laba Bersih

    Langkah ini adalah laporan untung dan rugi proforma Anda yang merinci prakiraan untuk bisnis Anda selama tiga tahun ke depan. Gunakan angka yang Anda masukkan ke dalam perkiraan penjualan, proyeksi pengeluaran dan laporan arus kas. Laba bersih adalah margin kotor dikurangi biaya, bunga dan pajak.

  • Langkah 5: Menangani Aset dan Liabilitas Anda

    Anda harus berurusan dengan aset dan kewajiban yang tidak ada dalam laporan laba rugi dan memproyeksikan kekayaan bersih bisnis Anda pada akhir tahun fiskal. Kumpulkan dan perkirakan uang apa yang akan Anda miliki dari bulan ke bulan termasuk piutang (uang yang terhutang kepada Anda), inventaris jika Anda memilikinya, tanah, bangunan, dan peralatan. Kemudian cari tahu kewajiban atau hutang Anda termasuk hutang dagang (uang hutang bisnis Anda) dan hutang dari pinjaman yang belum dibayar.

  • Langkah 6: Temukan Titik Impas

    Titik impas adalah ketika pengeluaran bisnis Anda sesuai dengan volume penjualan Anda. Proyeksi pendapatan tiga tahun Anda harus memungkinkan Anda memperoleh analisis ini. Jika bisnis Anda layak, pendapatan keseluruhan Anda pada akhirnya akan melebihi pengeluaran Anda secara keseluruhan. Ini adalah informasi penting bagi calon investor yang ingin mengetahui bahwa mereka berinvestasi di perusahaan yang sedang berkembang pesat dengan strategi keluar.

Back to Content ↑